Jangan tunda investasi meskipun Anda masih baru merintis menjadi pebisnis online. Lalu, bagaimana tips investasi yang tepat?

Kupas tuntas jawabannya di artikel Finansialku kali ini.

 

Meskipun Baru Merintis, Pebisnis Online Butuh Investasi

Adanya tips investasi yang tepat akan dibutuhkan untuk calon investor yang masih punya keterbatasan modal atau budget untuk berinvestasi.

Tujuan investasi bagi Anda yang baru merintis cukup kompleks. Mulai pembiayaan ke depan hingga dana darurat.

 

Tips Investasi Pebisnis Online Pemula

Kesadaran akan berinvestasi yang sudah dimiliki pebisnis online menandakan pebisnis yang bersangkutan sudah cukup visioner. Tidak hanya subjek individu saja yang akan membutuhkan investasi, pebisnis online pun juga butuh.

Untuk tujuan supaya bisnis bisa lebih mudah dalam berkembang, simak tips berikut ini.

 

#1 Buat Skala Prioritas

Poin pertama adalah cari tahu prioritasnya. Bisnis online tidak berjalan dengan hanya menerima pemasukan saja, ada kalanya suatu bisnis harus melakukan pengeluaran.

Apapun bidangnya, pasarnya, dan skalanya, pasti ada pengeluaran. Apa yang disarankan dalam tips bisa investasi kali ini adalah memastikan Anda tahu prioritas pengeluaran.

Kalaupun prioritas pertama dalam bisnis adalah untuk membayar sewa ruang usaha pun tak masalah, sebab di sini Anda harus benar-benar tahu prioritas, bagaimana urutannya.

Di saat pengeluaran untuk berinvestasi bisa menempati nomor-nomor atas, di situlah Anda bisa memulai investasi ini. Jangan sesekali paksakan investasi bila memang belum jadi prioritas.

Sebab kondisi finansial bisnis satu dengan lainnya berbeda, ada bisnis kecil yang saat ini siap berinvestasi, juga ada yang belum siap.

Baru Merintis Bisnis Online, Bagaimana Tips Investasinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Waktu dan Ilmu Terbatas? Ini Cara Pebisnis Online Dapatkan Produk Investasi yang Tepat]

 

#2 Sesuaikan Investasi dengan Skill Pebisnis

Bisa jadi Anda adalah seorang pebisnis solo, namun bisa juga memulai usaha dengan beberapa rekan. Apapun latar belakang bisnis yang didirikan, pastikan seorang investor berinvestasi sesuai dengan skill yang dimiliki.

Misalnya saja, punya pengalaman investasi di reksa dana, bisa dipertimbangkan untuk memilih produk yang sama.

Bisnis yang sudah punya banyak modal, boleh-boleh saja lebih ‘asal-asalan’ memilih produk investasi. Tidak disarankan untuk bisnis dengan modal yang masih terbatas, harus main aman supaya tidak rugi jatuhnya.

Tips investasi dengan modal yang terbatas ini wajib diterapkan.

 

#3 Atur Budget Secara Tepat

Setelah menyesuaikan dengan skill atau pengalaman, saatnya untuk menyesuaikan investasi dengan modal yang dimiliki bisnis.

Dengan begitu, Anda perlu memperhitungkan segalanya dengan matang supaya didapat nominal yang pas untuk diinvestasikan.

Memang ada hubungannya dengan tips pertama. Urutannya tentukan dulu prioritas untuk berinvestasi, setelahnya tentukan berapa yang bisa diinvestasikan.

Untuk Anda pebisnis online yang baru merintis, Anda bisa dengarkan audiobook berikut ini untuk mengetahui cara mengatur keuangan bisnis yang benar.banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

#4 Tingkatkan Keamanan Investasi

Investasi harus aman, berlaku untuk siapa saja subjeknya termasuk Anda sebagai pebisnis online.

Memilih produk investasi yang bisa dipercaya, manajer investasi yang memiliki rekam jejak bagus, hingga memilih produk yang memberikan bunga ‘wajar’ adalah beberapa yang bisa diupayakan.

Perlu diingat bahwa kondisi bisnis online yang masih kecil bisa membutuhkan modal lebih banyak daripada bisnis online yang sudah besar. Bisa itu untuk mempersiapkan segalanya, untuk memulai pun butuh modal juga bukan?

Apalagi, masih ditambah dengan modal atau budget berbisnis yang masih terbatas, semakin penting saja untuk menjaga pengeluaran supaya modal tetap cukup.

Memastikan keamanan investasi yang Anda jalankan nanti sama saja mengupayakan pengeluaran bisnis yang aman-aman saja.

 

#5 Seimbangkan Rencana Keuangan Bisnis

Kali ini yang jadi tips adalah keuangan atau finansial bisnis Anda saat ini. Jangan sampai karena investasi, finansial Anda sebagai pebisnis online malah memburuk.

Ini bisa jadi ada kaitannya dengan poin sebelumnya, yaitu untuk membuat prioritas supaya tahu kapan waktunya berinvestasi.

Sekalipun sudah dimulai investasinya, pastikan bisnis Anda tetap melakukan pengeluaran sesuai dengan rencana awalnya.

Jangan sampai salah perhitungan intinya, supaya keamanan keuangan tetap terjamin dan investasi bisa tetap jalan.

Baru Merintis Bisnis Online, Bagaimana Tips Investasinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Pebisnis Online Gunakan Keuntungan Investasi untuk Usaha]

 

#6 Pindah ke Produk Investasi Lain pada Waktunya

Satu lagi tips bisa investasi yang cenderung berbeda jauh dari tips-tips sebelumnya. Anda disarankan untuk pindah ke produk investasi lain tepat pada waktunya atau pada kesempatannya.

Bisa saja nanti Anda sekalinya mencoba produk investasi langsung ingin coba produk lainnya. Namun bisa juga sebaliknya, yaitu untuk terus berinvestasi di produk yang sama meski sebenarnya sudah tidak terlalu profit.

Oleh karena itu, di sini disarankan untuk berpindah atau memilih produk investasi lain tepat pada waktunya. Kapankah waktu yang tepat untuk berpindah?

Tentu di saat Anda menyadari bahwa investasi Anda kurang menguntungkan. Atau saat merasa investasi ini kurang aman, manajer investasi berperforma buruk, atau kondisi-kondisi lainnya yang memberikan risiko berinvestasi.

Anda bisa menghindari investasi yang kurang aman dengan tips dalam artikel ini.

Agar Aman dari Investasi Bodong, Inilah Tips Bagi Pebisnis Online

 

#7 Awasi Jalannya Investasi

Tips yang terakhir adalah untuk mengawasi investasi yang dijalankan. Bisnis kecil cenderung memiliki kemampuan berinvestasi yang terbatas, sebab modalnya terbatas.

Dengan begitu, jangan sampai investasi yang dijalankan sia-sia. Jangan sampai proses atau jalannya investasi ini menjadi hal yang tidak ada hasilnya.

Dengan begitu, bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk memantau atau mungkin mempelajari apa saja yang ada di dalam investasi tersebut.

Bisa dengan memantau tugas manajer investasi jika memang Anda menggunakannya, bisa mempelajari produk investasi yang Anda pilih, atau mungkin mulai mencari tahu produk investasi lain seperti yang dibahas dalam poin sebelumnya.

 

Awali dengan Financial Check Up

Financial check up merujuk pada proses pengecekan kondisi finansial untuk dijadikan pertimbangan ketika Anda berinvestasi. Bisa digunakan untuk mengecek kondisi finansial individu, juga bisa untuk skala bisnis.

Tips investasi untuk pebisnis online yang baru merintis yang terakhir adalah untuk melakukan pengecekan ini.

Di aplikasi Finansialku Anda bisa melakukannya, informasi yang diberikan valid sehingga bisa dijadikan acuan dalam berinvestasi ke depannya. Unduh aplikasi Finansialku di Playstore atau Appstore.

 

Siap untuk memulai investasi sebagai pebisnis online yang baru merintis? Yuk bagikan artikel penting di atas pada teman-teman sesama pebisnis, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pebisnis Online 1 – https://bit.ly/2QnBFrC
  • Pebisnis Online 2 – https://bit.ly/32cbSW6