Anda seorang pebisnis online dan sedang mencari produk investasi, tapi bingung dengan pilihannya?

Sebagai pebisnis online, apa yang dapat dilakukan agar menemukan produk investasi paling tepat?

Jawabannya ada di artikel Finansialku berikut ini.

 

Pentingnya Memilih Produk Investasi yang Tepat

Memilih produk investasi yang tepat sudah bukan jadi pilihan, melainkan kewajiban. Jika sudah ada kesadaran bagi pebisnis online untuk mulai berinvestasi, bisa diawali dengan mencari tahu mana produk investasi yang bisa diandalkan.

Intinya adalah untuk main aman-aman saja, dengan mengesampingkan iming-iming untung besar. Namun agaknya sepatah saran ini saja akan sulit untuk diterapkan. Dibutuhkan penjelasan lebih lengkap tentang bagaimana cara mendapatkan produk yang tepat untuk diinvestasikan.

 

Cara Ampuh Tentukan Produk Investasi

Dari banyaknya produk dan jenis investasi yang sudah ada sekarang ini, ikuti beberapa cara berikut untuk bisa memilih mana yang paling tepat versi Anda.

Waktu dan Ilmu Terbatas Ini Cara Pebisnis Online Dapatkan Produk Investasi yang Tepat - 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja 5 Pantangan Dalam Investasi Saham? Ketahui Sekarang]

 

#1 Pilih yang Ada Manajer Investasi

Waktu Anda terbatas, pengalaman Anda terbatas, apalagi wawasan untuk berinvestasi. Paling aman menggunakan manajer investasi yang menawarkan produk investasi. Biasa dipanggil sebagai MI, ada dalam beberapa jenis investasi, seperti misalnya reksa dana dan obligasi.

Investasi dengan manajer investasi, adalah investasi yang Anda jalankan dengan bantuan pihak lain untuk membuat modal Anda menjadi ada keuntungannya.

Namun bukan sampai sini saja cara untuk memilih produk investasi yang tepat, sebab berikutnya Anda juga harus pastikan Manajer Investasi yang dipilih punya rekam jejak bagus.

Coba saja cek apakah ada berita yang membahas MI yang dipilih, tentu harus ditinggalkan jika benar pernah ada penipuan atau kesalahan dalam memperlakukan nasabah.

 

#2 Gunakan Jasa Financial Planner

Tidak ada salahnya untuk menggunakan professional financial planner demi mendapatkan produk investasi terbaik versi Anda sendiri. Setiap investor yang merangkap jadi pebisnis punya kondisi keuangan yang berbeda-beda.

Ada yang sudah stabil keuangannya, ada yang belum, ada yang bisnisnya masih dirintis sehingga butuh banyak modal, dan kemungkinan kondisi-kondisi lainnya.

Tidak masalah harus bermodal sedikit untuk mendapatkan jasa ini, namun hasilnya Anda sangat bisa mengandalkannya. Anda akan mendapatkan hasil valid atau saran yang tepat sasaran ketika diterapkan. Akan diketahui produk mana yang paling sesuai dengan skill investasi dan modal yang ada.

Jika Anda butuh jasa ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Di dalamnya terdapat fitur Konsultasi Keuangan yang bisa membuat Anda langsung terhubung dengan saya, Robby Christy, CFP® maupun CFP Finansialku lainnya.

 

#3 Lakukan Financial Check Up

Financial check up dilakukan untuk mengetahui kondisi keuangan Anda, apakah sehat atau tidak, hingga berapa yang harus diinvestasikan.

Berbeda dengan menggunakan jasa professional financial planner, financial check up dilakukan sendiri dengan cara mengisikan beberapa data keuangan. Di mana Anda bisa mendapatkan pengalaman ini secara gratis ada di akhir artikel.

 

#4 Luangkan Waktu untuk Belajar

Luangkan waktu Anda untuk mulai belajar. Belajar tentang investasi secara umum, belajar tentang jenis investasi yang membuat Anda tertarik, dan hal-hal yang spesifik di dalamnya.

Belajar juga tidak butuh waktu lama-lama, namun jika Anda punya waktu lebih pun tak masalah mempelajarinya lebih lama.

 

#5 Ikut Kelas Investasi

Anda memang memiliki waktu yang terbatas, namun belum tentu berarti sama sekali tak punya waktu. Arti ‘waktu terbatas’ bagi setiap orang berbeda, ada yang memang bisa luangkan berhari-hari, juga ada yang bisa luangkan beberapa jam saja.

Untuk bisa dapatkan investasi yang tepat, coba alokasikan waktu sisa Anda untuk mengikuti kelas investasi. Tidak sedikit yang menawarkan kelas ini, dan ilmunya bisa diserap untuk diaplikasikan ke depannya. Sama saja berinvestasi, sebab Anda menukar waktu yang dimiliki dengan sebuah ilmu.

 

#6 Langsung Pilih yang Risikonya Kecil

Baiknya pastikan produk investasi yang dipilih memiliki risiko rendah. Tidak tahu cara memilih investasi dengan risiko rendah? Beberapa yang disarankan adalah reksa dana, deposito, dan emas. Investasi lainnya yang belum disebutkan boleh jadi juga ada yang risikonya rendah, bisa saja.

Sebab yang namanya investasi, merupakan produk yang dinamis, bisa berubah-ubah kondisinya. Anda tidak disarankan untuk melakukan trial and error, apalagi jika modal untuk investasi masih rendah, semakin harus dihemat saja supaya finansial dalam bisnis Anda tetap baik-baik saja.

Jika bisa pilih investasi namun langsung yang benar-benar aman, mengapa harus coba-coba dan berspekulasi siap menerima kerugian?banner -mudah cara memilih reksa dana yang tepat

 

#7 Jangan Langsung Tergiur dengan Untung Besar

Jangan langsung tergiur dengan sesuatu yang tidak logis. Bunga yang diberikan produk investasi berbasis online seharusnya tidak lebih dari 10%, walaupun Anda menemukan yang bunganya sekitar 8 sampai 9 persen dan ternyata aman-aman saja, maka itu merupakan sesuatu yang sangat langka.

Umumnya, yang paling banyak ditemukan, bunga diberikan dengan persentase antara 3, 4, 5, hingga 6 persen saja dalam satu bulan. Bahkan banyak yang di bawah persentase ini.

Intinya, tetap menggunakan logika dalam berinvestasi nanti. Boleh jadi  memang Anda cukup sibuk dalam berbisnis dan menjalani kehidupan pribadi.

Namun tetap saja, Anda harus sempatkan untuk belajar dan melakukan identifikasi mana investasi yang memberikan keuntungan di dalam nalar.

 

Di Sini! Anda Bisa Lakukan Financial Check-Up

Seperti yang telah dibahas, salah satu cara memastikan mana produk investasi yang tepat adalah untuk melakukan financial check up. Sebab cara memastikan mana yang tepat bukan hanya soal keamananya saja, melainkan sesuai tidaknya dengan kondisi keuangan Anda dan keuangan bisnis.

Untuk bisa melakukan check up ini, Anda bisa gunakan Aplikasi Finansialku. Aplikasi yang telah menyuguhkan layanan untuk mengecek kondisi finansial, sehingga didapatkanlah beberapa saran yang bisa diterapkan dalam berinvestasi.

Mulai dari persentase yang harus diinvestasikan, produk yang tepat, dan hal lainnya yang Anda butuhkan untuk waktu dan pengalaman yang terbatas ini.

  

Pastikan dapat produk investasi tepat setelah melakukan financial check-up. Share juga artikel ini pada teman-teman Anda yang membutuhkannya ya, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Pebisnis Online 1 – https://bit.ly/3dOJjn2
  • Pebisnis Online 2 – https://bit.ly/39SCmQR
  • Pebisnis Online 3 – https://bit.ly/2OuMYOf
  • Pebisnis Online 4 – https://bit.ly/3t2ZPWX