8 beasiswa kuliah S2 ini bisa jadi incaran demi kelanjutan studi dan tuntutan jenjang karier kamu. Cek, pelajari, dan tentukan pilihanmu. 

Sobat Finansialku ingin melanjutkan studi? Sedang mencari beasiswa kuliah S2? Nah… sobat Finansialku sedang membaca artikel yang tepat. Silakan disimak…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Biaya Kuliah Mahal, Ini Daftar Beasiswa Kuliah S2 Paling Populer

Siapa bilang kuliah itu murah? Biaya kuliah tuh mahal lho! Apalagi kalau mau lanjutin studi ke jenjang S2. Belum pengeluaran harian, biaya kuliah, biaya hidup, biaya riset, beli buku fisik ataupun e-book, semua pasti perlu pengeluaran.

Mau naikin jenjang karier memang ga mudah. Tapi, buat kamu yang punya mimpi mengejar karier dan meningkatkan taraf hidup dengan pendidikan.

Ada kabar baik lho buat sobat Finansialku. Meski kocek terbatas, sobat Finansialku masih bisa lanjutin studi dan menggapai mimpi dengan menggunakan peluang cerdas dari beasiswa.

Ga perlu jauh-jauh, di dalam negeri juga ada banyak beasiswa kuliah S2 yang paling dicari dan terfavorit. Ini dia daftarnya dan segera rencanakan studi lanjutan kamu untuk kuliah S2:

 

#1 Beasiswa Kuliah S2 Dari Universitas Pertahanan (Unhan)

Beasiswa kuliah S2 yang paling banyak diincar adalah Beasiswa Universitas Pertahanan (Unhan). Keunggulan dari program beasiswa ini sangat luas, mencakup masyarakat umum, Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota POLRI hingga anggota TNI.

Buat sobat Finansialku yang berminat dan dinyatakan lolos dalam uji seleksi penerimaan mahasiswa baru, akan secara otomatis mendapatkan program beasiswa ini. Lantas, apa saja cakupan beasiswa yang di-cover?

Tenang saja, Program Beasiswa Kuliah S2 Universitas Pertahanan ini mencakup biaya kuliah penuh, uang saku, biaya penelitian, biaya asrama hingga berbagai fasilitas penunjang akademik.

Beasiswa S2 1

[Baca Juga: 8 Kiat Jitu Bekerja Sambil Kuliah S2, Anti Gagal Patut Dicoba]

 

Menarik bukan? Setidaknya, ada 4 fakultas yang bisa menjadi pilihanmu untuk berkuliah dan mendapatkan Program Beasiswa di Universitas Pertahanan, diantaranya:

  • Fakultas Strategi Pertahanan (yang meliputi Program Studi Strategi Perang Semesta, Program Studi Peperangan Asimetris, dan Program Studi Diplomasi Pertahanan)
  • Fakultas Manajemen Pertahanan (yang meliputi Program Studi Manajemen Pertahanan, Program Studi Keamanan Energi, dan Program Studi Ekonomi Pertahanan)
  • Fakultas Keamanan Nasional (yang meliputi Program Studi Manajemen Bencana, Program Studi Keamanan Maritim, dan Program Studi Damai dan Resolusi Konflik)
  • Fakultas Teknologi Pertahanan (yang meliputi Program Studi Industri Pertahanan, Program Studi Teknologi Penginderaan, Program Studi Teknologi Persenjataan, dan Program Studi Teknologi Daya Gerak)

 

#2 Beasiswa Kuliah S2 dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pemerintah Republik Indonesia juga menyediakan program beasiswa. Bagi insan tunas bangsa untuk menaikkan pendidikan melalui Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Sejak Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini dibuka pada tahun 2013 silam, setiap tahunnya selalu bertambah jumlah calon pendaftar yang ingin mengajukan program beasiswa.

Itulah kenapa program ini menjadi salah satu program beasiswa kuliah S2 terfavorit dan paling diincar oleh masyarakat Indonesia. Program beasiswa dari LPDP ini menawarkan beberapa jenis beasiswa yang bisa menjadi pilihan bagi para calon peserta.

Di antaranya adalah Beasiswa LPDP umum (regular), Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis, Beasiswa Afirmasi & Beasiswa Targeted Group. Untuk Beasiswa Afirmasi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Beasiswa Daerah Afirmasi
  • Beasiswa Alumni Bidikmisi
  • Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
  • Beasiswa Santri
  • Beasiswa Prestasi Olahraga
  • Beasiswa Prestasi Seni
  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa Indonesia Timur

 

Sedangkan Beasiswa Targeted Group, tersedia beberapa jenis pilihan sebagai berikut:

  • Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
  • Beasiswa PNS/TNI/POLRI
  • Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Ekonomi

 

Bagi para penerima beasiswa atau awardee LPDP, berhak mendapatkan fasilitas yang terbilang lengkap selama masa studi yang dijalani. Selain itu berbagai biaya yang di-cover dalam beasiswa ini antara lain seperti biaya kuliah penuh hingga lulus, biaya hidup hingga biaya penelitian atau tesis.

Beasiswa S2 2

[Baca Juga: Mau Lanjut S2? Ini Contoh Surat Rekomendasi Kuliah yang Benar!]

 

Meski sobat Finansialku berencana mendapatkan beasiswa untuk lanjut studi, bukan berarti sobat Finansialku tidak perlu memiliki pendapatan pribadi bukan?

Nah oleh karena itu, simak panduan berinvestasi bagi pemula dari Finansialku berikut ini. Agar sobat Finansialku bisa memanfaatkan sela waktu berkuliah dengan memiliki pendapatan sendiri melalui investasi:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

#3 Beasiswa Kuliah S2 Dari Dexa Award: Science Scholarship

Sesuai namanya, Beasiswa Dexa Award: Science Scholarship adalah program beasiswa S2 bagi mereka yang ingin kuliah di bidang sains.

Bagi para lulusan S1 yang ingin melanjutkan studi S2 di berbagai universitas ternama di Tanah Air apalagi yang terakreditasi A oleh BAN-PT Program beasiswa Dexa Award Science Scholarship ini merupakan salah satu yang jadi incaran.

Bagi penerima beasiswa ini, biaya kuliah penuh akan didapatkan. Selain itu, penerima program beasiswa ini akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Dexa Group saat lulus nanti.

 

#4 Beasiswa Kuliah S2 Dari Beasiswa Masyarakat Unggulan Berprestasi

Bagi kamu yang mau kuliah S2 namun mengalami keterbatasan biaya, tak perlu patah arang. Karena kamu bisa mencoba Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Program beasiswa kuliah S2 ini terbuka untuk semua masyarakat berprestasi di segala bidang, asalkan para calon mahasiswanya sudah mendapatkan surat dari perguruan tinggi sebagai mahasiswa aktif.

Tidak hanya bagi mahasiswa baru, beasiswa ini juga bisa didapatkan oleh mereka yang sedang ongoing. Cakupan dari pembiayaan beasiswa ini antara lain seperti biaya kuliah, biaya hidup, termasuk biaya buku penunjang kuliah.

Bagi calon pendaftar, mereka harus terdaftar di universitas dengan nilai akreditasi B dari BAN-PT. Jika ingin mendaftar sebagai calon peserta penerima beasiswa ini, kamu perlu persiapkan diri dengan mengikuti tes TOEFL.

Kemudian mengikuti tes seleksi penerimaan mahasiswa baru di universitas yang menjadi tujuanmu. Selain itu, berbagai dokumen penunjang lainnya juga perlu kamu sertakan. Yuk atur keuangan sambil apply beasiswa kuliah S2?

Rencanakan anggaran untuk biaya tak terduga dengan Aplikasi Finansialku. Rencanakan juga setiap anggaran selama kamu studi dengan E-Book Gratis dari Finansialku berikut ini:

 

#5 Beasiswa Kuliah S2 Dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

Beasiswa kuliah S2 terfavorit lainnya datang dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Program beasiswa untuk jenjang S2 atau magister ini ditujukan kepada masyarakat umum dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah mengantongi pengalaman kerja minimal selama dua tahun.

Cakupan biaya yang di-cover dalam beasiswa ini antara lain seperti biaya kuliah berdasarkan universitas penerima beasiswa, biaya hidup senilai Rp 1.500.000 setiap bulan, serta biaya-biaya penunjang akademik lainnya.

Beasiswa S2 4

[Baca Juga: Mau Kuliah di Universitas Pelita Harapan? Ini Profil dan Biayanya]

 

Bagi kamu yang ingin mendaftar program beasiswa dari Kominfo ini, kamu diwajibkan untuk mendapatkan izin atau rekomendasi dari atasan atau pimpinan di kantor tempat kamu bekerja.

Setelah itu, kamu juga harus mendaftar dan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di salah satu universitas yang telah menjadi mitra dari program beasiswa ini.

Jika kamu telah lolos dari tahap uji seleksi, maka kamu bisa mengajukan permohonan beasiswa dari Kominfo ini yang disertai dengan izin dari pimpinan tempatmu bekerja.

 

#6 Beasiswa Kuliah S2 Dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Sekali lagi pemerintah Indonesia terus menerus mendorong kemajuan pendidikan di Tanah Air.

Dengan meningkatkan mutu pendidikan putera puteri tunas bangsa melalui Program Beasiswa PMDSU dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Program Beasiswa PMDSU ini telah ditawarkan kepada masyarakat sejak 2013.


Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) adalah program percepatan studi Magister dan Doktor selama empat tahun. Dilansir dari laman Indozone, tujuan program beasiswa ini untuk menciptakan dosen muda berkualifikasi Doktor (S3).

Dengan prestasi gemilang di mana kelak, para penerima beasiswa akan menerima tanggungan penuh biaya kuliah selama menjalani masa studi.

 

#7 Beasiswa Kuliah S2 Dari Tanoto Foundation

Setiap tahunnya, Lembaga filantropi Tanoto Foundation menawarkan program beasiswa S2 dalam negeri bagi lulusan perguruan tinggi ternama seperti perguruan tinggi negeri (PTN).

Yang sudah menjadi mitra dengan Tanoto Foundation, antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

Bagi calon pendaftar beasiswa program S2 ini, mereka harus sudah berstatus sebagai mahasiswa dan telah menerima surat yang menyatakan sebagai mahasiswa dari kampus yang bermitra dengan Tanoto Foundation.

Cakupan biaya beasiswa antara lain seperti bantuan kuliah dan juga tunjangan bulanan untuk keperluan studi mahasiswa penerima beasiswa.

 

#8 Beasiswa Kuliah S2 Dari Universitas Gadjah Mada

Sebagai salah satu universitas favorit di Tanah Air, Universitas Gadjah Mada membuka peluang beasiswa bagi calon mahasiswa S2 yang berminat melanjutkan studi namun memiliki keterbatasan dalam pembiayaan kuliah. Bagi kamu yang ingin mendaftar sebagai calon penerima beasiswa, kamu wajib terdaftar sebagai calon mahasiswa di salah satu program studi.

Di Universitas Gadjah Mada. Namun, program beasiswa ini memiliki batasan usia yaitu maksimal 25 tahun dan diwajibkan untuk memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500 serta Tes Potensi Akademik (TPA) dengan skor minimal 500. Beasiswa dari program ini bervariasi dari 50% hingga full 100%.

Itulah 8 program beasiswa kuliah S2 paling dicari yang bisa jadi incaranmu untuk melanjutkan studi S2.

 

Jadi mahasiswa S2 dapat dana dari beasiswa? Yuk nonton video satu ini supaya bisa mengatur keuangan dengan baik sehingga bisa digunakan dengan bijak setelah lulus.

 

Buat kamu yang butuh konsultasi untuk merencanakan dana pendidikan lanjutanmu, KONSULTASI GRATIS saja dengan Perencana Keuangan Finansialku, atau tinggalkan semua pertanyaan kamu di kolom komentar, perencana keuangan profesional kami akan menjawab untuk sobat Finansialku.

Mungkin ada teman dan saudara kamu yang berminat untuk lanjut studi S2, boleh donk mereka tahu apa yang baru saja kamu baca, dengan share artikel ini untuk mereka. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vera Nursyarah. 30 Maret 2020. 5 Rekomendasi Beasiswa S2 Dalam Negeri untuk Calon Mahasiswa Baru 2020. Scholarsofficial.com – https://bit.ly/2Yn1gkW
  • Admin. 26 Februari 2020. Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri Populer dan Banyak Diincar. Indozone.id – https://bit.ly/30stwFF

 

Sumber Gambar:

  • Beasiswa S2 1 – https://bit.ly/2UJOifY
  • Beasiswa S2 2 – https://bit.ly/2BbQKF7
  • Beasiswa S2 3 – https://bit.ly/3hr99i1
  • Beasiswa S2 4 – https://bit.ly/2B7Zr3y