Apa saja hadiah yang cocok diberikan kepada mereka penggemar travelling? Bagaimana syarat hadiah berkesan untuk orang yang suka travelling? Kali ini Finansialku akan membahas hadiah-hadiah untuk orang yang suka melakukan travelling.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Travelling

Travelling memang merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Memiliki kenalan yang gemar melakukan perjalanan ke berbagai tempat merupakan sebuah keunikan tersendiri dalam menjalin relasi atau hubungan dekat. Ada kalanya seseorang perlu memberi bingkisan, kado atau hadiah untuk orang yang satu ini. Lalu, apa saja hadiah yang cocok untuk penyuka travelling? Berikut ulasannya!

Pada dasarnya, hadiah untuk setiap pencinta travelling sebaiknya bermanfaat. Akan lebih baik lagi jika hadiah relevan dengan kegemaran seseorang sehingga bisa lebih banyak digunakan terhadap hal-hal yang disukainya. Berikut adalah contoh hadiah yang bisa dijadikan rekomendasi dalam memberi untuk mereka yang suka travelling.

 

Hadiah 1: Kompas

Kompas mungkin hal yang cukup sepele, tetapi memiliki segudang manfaat bagi pemiliknya. Terutama untuk orang yang suka sekali pergi ke beberapa tempat baru. Ada dua jenis traveller yang membutuhkan kompas lebih banyak dibandingkan orang lain yaitu traveller tipe backpacker dan traveller pendaki.

Backpacker biasanya memilih tempat-tempat baru dalam berpetualang. Oleh karena itu, mereka akan membutuhkan bantuan kompas dalam menentukan arah serta membaca peta. Berbeda lagi dengan pendaki. Di atas gunung yang tinggi, kadang GPS sudah sulit dijangkau sehingga mencari arah secara manual tidak hanya berguna, tetapi bisa menyelamatkan jiwa.

Berikan Hadiah Ini untuk Orang yang Suka Travelling 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pertama Buat Rencana Perjalanan Terlebih Dahulu, Agar Perjalanan Lebih Aman]

 

Hadiah 2: Buku Catatan

Orang yang suka travelling biasanya suka mencatat beberapa hal penting. Jadi, buku catatan bisa menjadi salah satu hal yang banyak dibutuhkan para traveller. Buku catatan yang dipilih bisa beragam. Mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, polos atau berwarna, dan sebagainya.

Namun, ada satu jenis buku catatan yang bisa dipilih. Beberapa jenis agenda atau notes mempunyai kelengkapan tambahan seperti kalender, peta sekitar, kolom alamat, dan nomor telepon penting di dunia. Buku catatan jenis ini bisa jadi merupakan hal yang sangat dibutuhkan para traveller.

 

Hadiah 3: Obor

Mungkin bagi beberapa orang, obor bukanlah hal yang penting. Namun, beberapa orang yang suka travelling bisa menganggap obor merupakan bagian dari setiap perjalanannya. Bagaimana tidak, seseorang yang kerap bepergian ke objek wisata alam seperti gua akan sangat akrab dengan beberapa jenis penerangan. Jadi, obor bisa jadi salah satu alternatif hadiah untuk orang yang suka travelling.

Sebaiknya pemberi hadiah memilih obor berkualitas baik. Bertanya terlebih dahulu pada penjual merupakan hal yang bijaksana. Mulai dari bahan, ukuran hingga berbagai spesifikasi lain harus di pertimbangkan sebagai langkah memilih hadiah yang terbaik.

Berikan Hadiah Ini untuk Orang yang Suka Travelling 03 - Finansialku

[Baca Juga: Travelling Bukan Pemborosan Keuangan, Karena Memiliki Banyak Manfaat]

 

Hadiah 4: Buku Panduan

Buku panduan sebaiknya disesuaikan dengan selera orang yang akan diberi hadiah. Kemana biasanya si penerima pergi travelling? Pasti ada banyak jawaban yang bisa ditemukan. Oleh karena itu, buku panduan yang dipilih sebaiknya relevan dengan keseharian penerima.

Contohnya saja bagi orang yang suka travelling di beberapa negara dengan cuaca dingin. Maka buku panduan bertahan pada cuaca dingin serta alternatif cara untuk survive ditengah badai mungkin cocok. Berbeda dengan orang yang suka travelling di alam. Maka buku panduan yang sesuai adalah buku tentang berkreasi dengan bahan dari alam.

Selain buku panduan yang eksplisit, ada juga buku motivasi yang bisa memberikan panduan dan pandangan secara lebih luas. Dengan demikian, saat menunggu di pesawat atau jika senggang, traveller yang menerima buku tersebut bisa lebih terinspirasi dalam mengembangkan hobi travelling secara lebih maksimal untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain di masa mendatang.

 

Hadiah 5: Teropong

Saat melihat dari kejauhan, seseorang yang menyukai travelling pasti sangat membutuhkan teropong. Teropong bisa membantu melihat hal-hal yang letaknya jauh. Bagi beberapa traveller seperti penikmat opera, lomba dan pertunjukan lain, hadiah berupa teropong akan sangat berkesan.

Berikan Hadiah Ini untuk Orang yang Suka Travelling 04 - Finansialku

[Baca Juga: Traveller Harus Tahu Kartu Kredit Bonus Airmiles untuk Travelling]

 

Karena orang yang suka travelling biasanya membawa banyak barang, sebaiknya pilih teropong yang memiliki ukuran kecil. Hal ini akan memudahkan teropong untuk disertakan dalam perjalanan. Selain itu, pilihan teropong dengan bahan yang ringan juga bisa menjadi pertimbangan agar tidak membebani perjalanan traveller.

Mempelajari jenis-jenis teropong sebelum memberikannya merupakan langkah tepat sebelum memutuskan benda ini menjadi pilihan. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, maka pemberi hadiah bisa mencocokkan karakter penerima dengan teropong tersebut. Mana yang paling “klik”, itulah pilihannya.

 

Hadiah 6: Kamera

Pada era ini, smartphone berkamera super sudah banyak digunakan oleh para traveller sebagai sarana mengabadikan momen berharga. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan kamera masih sangat banyak diminati para traveller klasik karena kenyamanan tersendiri yang tidak bisa dirasakan orang lain.

Jenis kamera yang dapat dijadikan hadiah sangat beragam. Ada jenis kamera digital, kamera pocket, kamera DSLR dan polaroid. Semuanya bisa dipilih, namun tidak mungkin digunakan bersamaan. Bisa jadi, si penerima akan menentukan sendiri kapan menggunakan kamera yang mana untuk keperluan-keperluan tertentu.

Meskipun sudah memiliki kamera, hadiah tersebut tetap bisa diberikan. Karena traveller memang membutuhkan lebih dari satu penyimpan data untuk mengantisipasi rusaknya kamera yang lain. Pada umumnya orang yang suka travelling memiliki 2 hingga 3 kamera dan bisa jadi membawanya sekaligus.

Berikan Hadiah Ini untuk Orang yang Suka Travelling 05 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 8 Tips Buruk ini Saat Anda Melakukan Travelling]

 

Berikan Hadiah yang Berkesan

Berbagai macam barang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan sebagai hadiah atau kado kepada teman terdekat atau bahkan keluarga untuk orang yang menyukai travelling. Ketika Anda memberikan barang-barang ini, mereka pasti akan menyukai. Anda pun memberikan hadiah kepada mereka barang yang sangat berguna bagi mereka. Tapi tetap ingat, dalam membeli hadiah tersebut Anda harus merencanakan keuangan terlebih dahulu, jangan sampai keuangan pribadi Anda terganggu untuk kebutuhan dan masa depan Anda.

 

Jenis hadiah apa yang akhirnya Anda putuskan? Mengapa demikian? Jelaskan opini Anda tentang pertanyaan di atas pada kolom di bawah ini. Jangan lupa menginformasikan kepada orang terdekat atas informasi penting ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • National Geographic. 06 Februari 2016. 6 Ide Hadiah untuk Pecinta “Traveling”. Nationalgeographic.co.id – https://goo.gl/H0E6j3

 

Sumber Gambar:

  • Giving  Gift – https://goo.gl/A03VX8
  • Kompas – https://goo.gl/tM93l7
  • Obor – https://goo.gl/rbsRXK
  • Teropong – https://goo.gl/NXN8vP
  • Kamera – https://goo.gl/Ka0grt

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku