PT Adaro Energy Indonesia Tbk. dengan emiten ADRO siap tancap gas untuk melakukan ekspansi di sektor Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Lalu, seperti apakah kinerja saham ADRO, analisa, dan rekomendasinya? Simak selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

ADRO Bersiap Ekspansi ke Sektor EBT

PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) menegaskan komitmennya dalam transisi energi dengan ekspansi agresif ke sektor Energi Baru Terbarukan (EBT) (Jakarta, 22 Maret 2024).

Langkah ini sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai bauran energi nasional 23% EBT pada tahun 2025.

ADRO (1)

Logo PT Adaro Energy, Tbk./Reuters-Beawiharta

 

Beberapa fokus utama yang akan dilakukan ADRO dalam ekspansi di bisnis EBT antara lain sebagai berikut:

  • Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS): ADRO telah mengembangkan PLTS dengan total kapasitas 140 megawatt (MW) dan berencana untuk meningkatkannya hingga 500 MW dalam waktu dekat.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB): ADRO menjalin kerjasama dengan PLN Nusantara Renewables (PLN NR) untuk membangun PLTB berkapasitas 75 MW di Tanah Laut, Kalimantan Selatan.
  • Energi Hijau Lainnya: ADRO juga mengeksplorasi peluang di bidang energi hijau lainnya, seperti energi panas bumi dan bioenergi.

 

Presiden Direktur ADRO, Garibaldi Thohir, menyatakan Ekspansi ke EBT merupakan bagian integral dari strategi ADRO untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan mendukung upaya pemerintah dalam transisi energi.

“Kami berkomitmen untuk menjadi pemain utama dalam sektor EBT di Indonesia,” ujar Garibaldi Tohir, melansir Kontan.co.id (22/03).

 

ADARO Targetkan Penjualan 67 Juta Ton Batu Bara

Di sisi lain, PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO) juga menargetkan penjualan batu bara mencapai 67 juta ton di tahun 2024. Target ini 1,7% lebih tinggi dari total produksi pada 2023.

Ada pun optimisme ADARO dalam target tersebut didasarkan oleh beberapa aspek, meliputi:

  • Permintaan batu bara yang stabil di pasar global.
  • Harga batu bara yang stabil di level yang relatif tinggi.
  • Kapitalisasi produksi ADRO yang terus meningkat.

[Baca Juga: GOTO Lampaui Ekspektasi: Pendapatan Melejit 30%, Ini Faktanya!]

 

Analisa Emiten ADARO, Kapitalisasi Pasar, dan Valuasi

Berikut ini adalah analisa emiten ADRO lengkap dengan informasi kapitalisasi pasar hingga valuasi perusahaan.

ADRO (2)

Sumber: RTI Business

 

  • Kapitalisasi pasar: 80,08 T
  • PER: 3,37 X
  • ROE: 24,24%
  • ROA: 15,67%

Untuk mendapatkan update informasi, Anda bisa cek artikel ADRO lainnya untuk menambah bahan riset dan analisis.

 

Perbandingan PE Band dan PBV Band ADRO

Selain analisa emiten dan kapitalisasi pasar, berikut ini penjelasan seputar perbandingan PE Band dan PBV Band ADRO.

ADRO (3)

Sumber: Stockbit

 

PER Band mengukur PE Ratio ADRO dalam satu tahun terakhir, hal ini berguna untuk menunjukkan mahal/murahnya ADRO dibandingkan dengan dirinya sendiri.

Berdasarkan grafik analisis di atas, PE ADRO berada di atas rata-rata (garis hijau). Artinya harga saham ADRO cukup diatas rata-rata dalam satu tahun ini.

ADRO (4)

Sumber: Stockbit

 

BVPS Band artinya analisis saham menggunakan BVPS yang serupa dan dikelompokkan ke dalam “band” atau kategori tertentu. Berdasarkan hasil di atas, saham ADRO saat ini dibandingkan dirinya sendiri selama satu tahun di atas rata-ratanya (garis hijau).

Sobat Finansialku, sebelum berlanjut ke pembahasan berikutnya, apakah Anda punya rencana untuk investasi tapi masih ragu atau banyak pertimbangan?

Jangan sampai kondisi tersebut menjadi halangan untuk Anda dalam mendongkrak kekayaan dengan effort seminimal mungkin melalui investasi.

Melalui program Bookplan Finansialku, Finansialku siap membantu Anda merealisasikannya dengan strategi tepat dan manajemen investasi yang efektif.

Cari tahu lebih lanjut mengenai program ini dengan cara klik banner di berikut atau hubungi Customer Advisory via WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

bookplan

 

Kembali ke pembahasan, analis menilai target ADRO itu ambisius namun realistis.

Hal ini terlihat dari rekam jejak yang baik dalam mencapai targetnya dan didukung oleh fundamental yang kuat. Berikut hasil analis dan target harga dari ADRO.

ADRO (5)

Sumber: Stockbit

ADRO (6)

Sumber: Stockbit

[Baca Juga: 10+ Daftar Sektor Saham di Bursa Efek Indonesia dan Emitennya]

 

Komparasi ADRO dengan Kompetitor

Berikut komparasi ADRO, PTBA, dan ITMG berdasarkan kapitalisasi pasar, PER, dan PBV.

ADRO (7)

Sumber: RTI Business

ADRO (8)

Sumber: RTI Business

 

Berdasarkan komparasi tersebut, harga saham ADRO masih dihargai lebih murah dibandingkan dengan PTBA dan ITMG dengan kapitalisasi pasar terbesar.

 

Tertarik Mengoleksi Saham ADRO?

Sobat Finansialku, demikian pembahasan seputar saham ADRO dan analisisnya. Apakah Anda tertarik untuk mengoleksi emiten ini?

Jika masih ragu dalam mengambil keputusan berinvestasi, Anda bisa meminta advice dari ahli, Perencana Keuangan Finansialku.

Sebagai tambahan referensi untuk Anda yang tertarik dengan dunia saham, yuk, baca ebook gratis dari Finansialku Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham.

Selain itu, Anda juga wajib tonton video yang tersemat berikut ini untuk mengetahui strategi berinvestasi saham untuk pemula. Jangan lupa subscribe, ya!

 

 

Disclaimer:  Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi. 

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Apa tanggapan Anda mengenai informasi dalam artikel kali ini? Silakan tulis di kolom komentar, ya.

Jangan lupa bagikan informasinya kepada rekan sesama investor lainnya untuk menambah wawasan seputar emiten ADRO. Terima kasih.

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Diki Mardiansyah. 22 Maret 2024. Geber ke Bisnis EBT, Adaro Energy (ADRO) Kembangkan Sejumlah Energi Ini. Katadata.co.id – https://tinyurl.com/58c7v86m
  • Verda Nano Setiawan. 21 Maret 2024. Melejit! Adaro (ADRO) Bidik Penjualan Batu Bara 67 Juta Ton Tahun Ini. Cnbcindonesia.com – https://tinyurl.com/2dv6wxa8

 

Sumber Gambar:

  • Cover: Adaro.com