Dengan perkembangan teknologi saat ini, apa yang dimaksud dengan KIS digital? Bagaimana pula prosedur KIS digital yang kekinian tersebut?

Yuk, kita simak informasi penting dari artikel Finansialku yang akan membahas tentang KIS digital berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

KIS Digital: Teknologi BPJS Kesehatan yang Kekinian

Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini telah disikapi oleh pihak BPJS untuk mengeluarkan KIS Digital.

Adanya terobosan ini akan menjadikan masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan keinginan untuk memperoleh layanan kesehatan.

Masyarakat Indonesia pada saat ini telah sangat bergantung dengan yang namanya teknologi.

Terlebih lagi hampir semua orang memiliki ponsel sehingga adanya inovasi pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi ini akan sangat membantu.

Pada saat ini masyarakat juga telah terbiasa dengan berbagai teknologi modern berbasis ponsel. Ada berbagai macam kebutuhan masyarakat yang memanfaatkan teknologi-teknologi seperti ini.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dalam berbelanja dan transportasi misalnya, cukup hanya dengan menggunakan Handphone saja apapun bisa didapatkan. Seseorang hanya perlu memanfaatkan aplikasi di Handphone mereka untuk transportasi online dan juga belanja.

 

Tujuan dan Manfaat KIS Digital

BPJS Kesehatan pada saat ini meluncurkan yang namanya KIS digital agar masyarakat dapat dilayani dengan semakin nyaman. Kemajuan teknologi yang ada pada saat ini dimanfaatkan agar bisa mempermudah layanan kesehatan.

Sebelumnya orang yang sakit dan berobat ke fasilitas-fasilitas kesehatan, harus selalu membawa kartu KIS asli. Seseorang yang lupa tidak membawa saat mengurus kesehatannya maka akan bolak-balik ke rumah untuk mengambilnya.

Tentu ini akan membuat waktu, tenaga serta biaya menjadi terkuras, sehingga dengan adanya KIS Digital itu tak perlu terjadi lagi.

Adanya KIS Digital menjadikan seseorang hanya perlu membawa KIS Digitalnya yang ada di ponsel sehingga sangat memudahkan.

Anda tidak perlu lagi ribet mencari kartu, namun hanya membawa ponsel yang sudah ada KIS Digitalnya saja.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Prosedur KIS Digital yang Tanpa Ribet

Bagi orang yang ingin memiliki KIS Digital cara mengurusnya sangat mudah. Anda jangan berpikir mengurus ini akan lama dan berbelit-belit, namun tenang saja karena ini akan sangat cepat dan terlayani dengan baik.

Seseorang yang ingin mendapatkan layanan dengan menggunakan KIS ini cukup meluangkan sedikit waktu, dan tenaganya.

Kemudahan yang diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan ini sebaiknya dimanfaatkan oleh masyarakat sebaik mungkin. Berikut adalah prosedur yang harus dilakukan.

 

#1 Melengkapi Berkas Pendaftaran

Pada saat akan mendaftarkan diri untuk memperoleh KIS Digital maka yang harus dilakukan adalah melengkapi berkas pendaftarannya.

Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan telah dimiliki dan juga sudah ada dalam bentuk photocopy.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Usahakan juga pada saat akan melakukan pengurusan terhadap segala sesuatu maka Anda memilikinya dokumen tersebut dalam bentuk photocopy.

Tujuannya adalah agar pada saat petugas meminta photocopy dari dokumen tersebut maka sudah tersedia.

Hal ini juga dapat menghemat waktu, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik untuk melakukan photocopy dulu, baru kembali lagi ke tempat yang sama untuk menyerahkan dokumen ke petugas.

Dokumen dalam bentuk asli juga sebaiknya dibawa agar pada saat petugas meminta untuk ditunjukkan maka sudah siap juga.

 

Pastikan bahwa berbagai dokumen tersebut dalam tempat aman agar tidak hilang, terutama dokumen yang asli, Usahakan agar Anda selalu disiplin saat akan menyimpannya.

Karena bila dokumen yang asli tersebut hilang atau rusak, maka Anda harus mengurus kembali pembuatan ulang dokumen tersebut. Hal ini akan memakan waktu dan tenaga Anda.

KIS Digital 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan Untuk Karyawan Kontrak?]

 

#2 Datang Ke Kantor BPJS dan Mengambil Antrian

Seseorang yang ingin memiliki KIS Digital dapat mempermudah segala urusan kesehatannya. Karena itu sebaiknya Anda segera mendatangi kantor BPJS terdekat.

Anda tidak perlu memikirkan jarak yang jauh dan sebagainya, namun lihat apa yang akan didapat jika sudah memiliki KIS Digital.

 

Ketika Anda sampai di kantor BPJS Kesehatan maka segeralah mengantri nomor antrian agar bisa dilayani. Apabila ragu-ragu maka carilah bagian informasi untuk mendapatkan penjelasan dimana antrian untuk mengurus KIS Digital.

Anda juga bisa bertanya ke satpam untuk masalah seperti ini.

KIS Digital 03 - Finansialku

[Baca Juga: Alasan Inilah Yang Menyebabkan BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan]

 

#3 Menerima SMS Virtual Account

Pada saat melakukan pendaftaran KIS Digital maka biasanya seseorang akan memperoleh SMS yang isinya virtual account. Setiap langkah yang dilakukan pada saat ingin mendapatkan KIS Digital sebaiknya dibaca dengan cermat.

Pastikan langkah-langkah yang dilakukan sudah sesuai prosedur dan petunjuk yang ada. Kode SMS ini biasanya menunjukkan bahwa proses pengurusan KIS Digital yang dilakukan sudah dalam proses.

Tahapan-tahapan yang dimiliki juga telah dilalui sehingga akan segera mendapatkan KIS Digital.

Pada saat memasukkan kode yang ada di SMS virtual account jangan sampai salah karena dapat menghambat proses ke tahap berikutnya.

KIS Digital 04 - Finansialku

[Baca Juga: BPJS Kesehatan Tak Lagi Tanggung Pembayaran 100% Untuk 8 Penyakit Ini]

 

#4 Melakukan Pembayaran Virtual

Adanya KIS Digital ini menjadikan seseorang bisa melakukan pembayaran dengan virtual. Pemanfaatan teknologi ini dapat mempermudah orang-orang dalam melakukan pembayaran-pembayaran yang ada sehari-hari.

Banyak orang yang sudah mulai terbiasa untuk melakukan pembayaran secara virtual ini.

KIS Digital 05 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Karyawan Resign atau Kena PHK, Bagaimana Status Kepesertaan BPJS Kesehatan?]

 

#5 Unduh Aplikasinya di Google Playstore

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan aplikasinya, maka bisa diperoleh dengan mudah dengan cara download aplikasi tersebut di Google Playstore.

Aplikasi yang disediakan di Google Playstore terbebas dari berbagai macam virus. Karena aplikasi tersebut sudah dijamin oleh Google Playstore sendiri.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang dapat membantu kehidupan sehari-hari, seperti contohnya aplikasi untuk transportasi, komunikasi, makanan, hingga hiburan.

KIS Digital 06 - Finansialku

[Baca Juga: Layanan BPJS Kesehatan: Kenali Ciri-ciri Penyakit Tipes dan Gejala Tipes]

 

Ikuti Prosedur dan Maksimalkan Proteksi

Dengan inovasi-inovasi baru dari BPJS Kesehatan ini, maka kita harus menjadi masyarakat yang tertib dan mengikuti keseluruhan prosedur dengan baik.

Untuk memaksimalkan proteksi, maka jangan lupa juga menyiapkan setiap dokumen yang dibutuhkan untuk rujukan atau pemeriksaan rutin sehingga kita bisa terbebas dari biaya lain yang ada di ketentuan penanggungan.

 

Apakah Anda tertarik untuk membuat KIS Digital yang akan memberikan banyak manfaat ini? Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel bermanfaat ini kepada orang-orang di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 01 Maret 2018. Sebaiknya Anda Tahu Apa Itu KIS Digital. Infopublik.id – https://goo.gl/UdsVio
  • Admin. 01 Maret 2018. Kekinian dengan KIS Digital. Jamkesnews – https://goo.gl/utHDRK
  • Admin. 11 April 2018. Lupa Bawa Kartu? Tenang Ada KIS Digital! Bpjs-kesehatan.go.id – https://goo.gl/hJU2m2

 

Sumber Gambar:

  • BPJS Kesehatan – https://goo.gl/fMTU7w