Sudah pernah denger “Money works for you” atau Uang bekerja untukmu? Keadaan itu dinamakan financial freedom atau kebebasan keuangan. Apakah dengan membangun bisnis bisa mencapai financial freedom?

Simak ulasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bisnis Financial Freedom

Semua orang yang mau makan, tentu mereka harus bekerja. Jika kita tidak bekerja, dapat uang dari mana untuk dapat membeli makanan?

Setiap orang pada umumnya pasti mengawali karier hidupnya dengan bekerja, kecuali kalau kamu lahir dari keluarga konglomerat yang uangnya ga bakal habis sampai keturunan ke 12, atau seenggaknya jadi anak raja.

Dari pada berkhayal, mendingan kita jawab pertanyaan berikut ini:

Apakah dengan melakukan bisnis bisa mencapai financial freedom?

Sebelum masuk ke jawabannya, kita lihat proses menjadi seorang financial freedom dari Robert T. Kiyosaki.

4 Sumber Pendapatan - ESBI Quadrant - Cashflow Quadrant - RichDad - Robert T. Kiyosaki - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Financial Freedom untuk Entrepreneur, Seperti Apa dan Bagaimana Caranya?]

 

Diagram di atas adalah hasil dari penelitian Robert T. Kiyosaki dalam melihat perjalanan kesuksesan orang-orang yang telah merasakan financial freedom, termasuk dirinya sendiri.

Berdasarkan diagram tersebut, mereka yang ingin masuk pada kategori I (Investor) dimana uang bekerja untukmu, mereka harus memulainya dari awal sebagai seorang Employee atau pekerja.

Setelah mengalami pengalaman sebagai seorang pekerja atau Employee, ia harus melakukan berbagai strategi, salah satunya mengumpulkan modal untuk membuka usaha sendiri atau bisnis pribadi sehingga mereka menjadi seorang Self Employed yang mempekerjakan orang lain sebagai karyawan.

Kemudian, dengan berbagai proses yang terjadi, naik turun dan mungkin mengalami kebangkrutan tapi tetap teguh pada tujuan untuk mencapai financial freedom, mereka akan berusaha untuk menciptakan sistem yang dapat bekerja untuknya sehingga ia tidak harus setiap hari memantau para pekerja atau karyawannya.

 

Tahap ini dinamakan Business Owner atau pemilik bisnis yang sudah membuat sistem semakin lebih baik.

Ia hanya tinggal memantau segala sesuatu yang tidak bekerja dengan semestinya, yaitu sistem yang membuat perusahaan atau bisnisnya dapat berjalan dengan baik tanpa ia harus turun tangan secara langsung.

Setelah sukses dengan bisnisnya, biasanya mereka “sambil menyelam minum air”, dimana mereka akan menggunakan instrumen investasi untuk melipatgandakan uang mereka dan menjadi seorang Investor.

Mereka yang sudah mengerti akan pentingnya investasi tentu akan memulainya dari awal mereka mendapat gaji sebagai seorang karyawan.

Dalam tahap menjadi seorang Investor inilah biasanya mereka berada pada posisi financial freedom.

Mereka tidak perlu lagi berpikir bagaimana untuk mendapatkan uang karena uang yang bekerja untuk mereka sendiri.

Kebanyakan orang-orang yang sudah berada di tahap financial freedom akan menjadi seorang filantropis yang seringkali mendonasikan uang mereka untuk kegiatan sosial dan membantu sesama manusia melalui harta yang mereka miliki.

Jadi, apakah dengan membangun bisnis bisa menjadi jembatan bagi seseorang untuk mencapai financial freedom?

Jawabannya adalah SANGAT BISA!

 

Tips Mencapai Financial Freedom!

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencapai kebebasan finansial, apapun kondisi dan juga posisimu saat ini, entah kamu sebagai pegawai, mahasiswa, wiraswasta, atau startup sekalipun.

 

#1 Buat dan Atur Anggaran Bulanan

Setiap orang tentu akan melakukan transaksi atas kebutuhannya sehari-hari. Dengan membuat anggaran, seseorang akan menjadi lebih teratur dalam memanfaatkan uang yang ia peroleh dari gaji atau pendapatan.

Anggaran yang telah dibuat pun perlu diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan setiap bulannya yang tak jarang akan berubah sesuai dengan kondisi.

Serba-serbi-Anggaran-Keuangan-Karyawan-1-Finansialku

[Baca Juga: Mau, Tetap Menghasilkan Uang Waktu Tidur dan Bisa Financial Freedom ?]

 

Misalnya jika di bulan Ramadhan atau di bulan Natal dimana hari raya tiba, tentu pengeluaran akan lebih besar dari bulan-bulan pada biasanya.

Atau misalnya saat musim liburan dan waktu masuk sekolah. Tentu anggaran yang dibuat akan berbeda setiap pada bulan tersebut, mengikuti kebutuhan yang harus dikeluarkan pada bulan yang bersangkutan.

Membuat anggaran tidak seribet atau sesulit yang dibayangkan lho. Gunakan saja Aplikasi Finansialku yang bisa membantumu bikin rancangan anggaran dengan lebih praktis melalui gadget pintar yang ada di genggamanmu.

Aplikasi Finansialku juga bisa mengingatkanmu kalau anggaran di salah satu pos pengeluaran sudah melebihi anggaran yang telah ditentukan sebelumnya. Serasa punya asisten keuangan pribadi deh dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Anda bisa dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Catat Pengeluaran Harian

Pernahkah kamu melacak kemanakah uangmu pergi untuk dibelanjakan? Mencatat pengeluaran harian sangat penting, apalagi jika kamu mau jadi seorang financial freedom.

Jika kamu setia dalam hal kecil, maka kamu akan mendapat tanggung jawab untuk hal yang lebih besar. Ini sangat berlaku juga pada prinsip mengatur keuangan dan pencatatan pengeluaran pribadi.

Membiasakan diri untuk mencatat pengeluaran pribadi bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan ketika kamu nantinya sudah memiliki usaha pribadi, tentu kamu akan terbiasa dengan pencatatan pengeluaran harian dan melakukan rekap keuangan.

 

#3 Menabung

Masih banyak masyarakat terutama di Indonesia yang masih memiliki pandangan tentang cara menabung yang salah. Tak jarang menabung adalah kegiatan menyisihkan uang.

Jika kita berpikir bahwa menabung adalah untuk masa depan, sudah seharusnya kita MEMPRIORITASKAN masa depan, bukan? Dengan demikian, menabung bukanlah menyisihkan uang dari sisa uang bulanan, gaji atau pendapatan.

Menabung sudah seharusnya merupakan alokasi dana yang diambil sebelum pengeluaran kebutuhan bulanan. Sudahkah kamu memprioritaskan uangmu untuk ditabung demi masa depan yang lebih baik?

 

#4 Hindari untuk Berutang Konsumtif

Utang biasanya dibagi menjadi 2, yaitu utang konsumtif dan utang produktif. Secara keuangan, utang konsumtif sangat tidak disarankan jika kamu ingin memiliki kondisi keuangan yang sehat dan mencapai financial freedom.

Berbeda dengan utang produktif yang akan menghasilkan uang atau pendapatan tambahan untukmu.

Misalnya, kamu membeli motor atau menyicilnya, tapi motor tersebut digunakan untuk hal-hal yang produktif alias menghasilkan pendapatan tambahan seperti untuk berjualan atau berdagang. Dengan demikian pembelian motor dengan cicilan adalah sebuah utang produktif.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

#5 Miliki Dana Darurat

Seperti namanya, dana darurat diperuntukkan untuk situasi di masa mendesak atau genting. Menurutmu, apa situasi genting yang pernah menimpamu dan membutuhkan sejumlah dana?

Misalnya, ketika ban motormu bocor dan kamu harus menggantinya, atau ketika salah satu anggota keluarga sakit, entah itu kecelakaan atau sesuatu musibah yang dialami. Tentu kamu butuh dana untuk membayar biaya tagihan rumah sakit dan biaya penggantian ban yang bocor bukan?

Padahal dalam anggaran, kamu tidak mengalokasikan dana tertentu untuk hal itu. Oleh sebab itu, dana darurat sangat diperlukan.

Contoh ekstrim lainnya ketika kamu kehilangan pekerjaan atau misalnya rumahmu terkena bencana puting beliung dan menghancurkan rumahmu. Dana darurat akan sangat menolong dan meringankan beban serta masalah keuanganmu tentunya.

Pertanyaannya, berapa besarnya dana darurat yang harus disiapkan?

Setiap orang tentu punya dana darurat yang berbeda satu dengan yang lain, tergantung dari besaran pengeluaran rutin bulanan yang harus ia keluarkan dari kas.

Mau tahu besarnya dana daruratmu? Pakai Aplikasi Finansialku untuk menghitungnya dan ketahui besarnya dana darurat yang harus kamu siapkan segera!

 

#6 Terus Belajar

Seorang yang mau sukses dalam keuangan dan menjadi financial freedom tidak boleh merasa diri sudah pintar.

Orang-orang sukses dengan harta melimpah dan bahkan kini menjadi para filantropis yang memberikan sejumlah dana besar untuk kemanusiaan, mereka adalah orang-orang yang ingin terus belajar dan menambah pengetahuan mereka dari berbagai sumber yang bisa mereka akses.

Akses setiap pengetahuan untuk menambah pengetahuanmu. Mau tahu cara melipatgandakan uangmu lewat investasi?

Tambah buku bacaanmu dan ketahui cara berinvestasi dengan mengunduh secara gratis ebook Panduan Berinvestasi Bagi Pemula dari Finansialku.

 

#7 Buat Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan membuat kita lebih fokus dengan apa yang menjadi sasaran kita. Misalnya, kamu sedang mengumpulkan dana untuk masuk kuliah master degree dalam waktu beberapa tahun ke depan atau mempersiapkan uang muka untuk rumah pertamamu.

Tujuan keuangan memberikan langkah nyata di setiap tindakanmu dalam melakukan transaksi dan juga menata pengeluaran serta anggaranmu.

 

#8 Perluas Jaringan Relasi

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial. Kita sebagai manusia tidak dapat hidup sendiri, oleh sebab itu, kita saling membutuhkan satu dengan yang lain.

Tidak ada orang yang bisa melakukan segala hal sendirian. Kamu pun membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan.

Relasi sangat penting dalam setiap lini kehidupan. Perluas jaringan relasimu akan meningkatkan kemungkinan untuk mencapai financial freedom.

 

#9 Belajar Hidup Sederhana

Mark Zuckerberg sang penemu Facebook dan salah satu orang terkaya di dunia menerapkan gaya hidup sederhana.

Jika kamu lihat dalam setiap penampilannya, Mark Zuckerberg seringkali dan bahkan hampir selalu mengenakan kaos yang warnanya sama.

Bukan artinya dia tidak pernah mengganti bajunya, tapi ia mengaku bahwa ia membeli banyak kaos yang sama karena ia tidak mau menghabiskan waktunya untuk memilih pakaian dari lemari bajunya.

Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini 6 Formula Menuju Kesejahteraan, Kebahagiaan Dan Financial Freedom]

 

Ia menerapkan hidup sederhana meskipun sebenarnya ia mampu untuk hidup dalam keglamoran dan hingar bingar yang memperlihatkan kekayaannya.

Dengan hidup sederhana, kamu akan lebih bisa mengendalikan dirimu untuk tidak mengeluarkan biaya yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

 

#10 Bersyukur

Mengejar harta tidak akan pernah ada habisnya karena pada dasarnya manusia tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang mereka miliki.

Meski di atas langit masih ada langit, seringkali manusia ingin lebih unggul dari yang lainnya dan membuat mereka menjadi haus akan kejayaan, haus akan kekayaan, haus akan ketenaran dan lupa untuk bersyukur dengan apa yang telah mereka capai.

Menjadi financial freedom bukan berarti menjadi seorang yang tamak dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kekayaan.

Menjadi seorang financial freedom yang tetap humble dan selalu bersyukur akan menjadi nilai lebih bagi karakter hidupmu.

 

Rayakan Keberhasilan dari Langkah Kecil

Proses menjadi seorang financial freedom tidak sama satu dengan yang lain.

Ikuti setiap proses yang kamu alami dengan berpegang teguh dan yakin bahwa kamu bisa meraihnya, tanpa melupakan untuk selalu bersyukur dengan setiap pencapaian kecil yang kamu raih.

Pencapaian yang besar adalah kumpulan dari keberhasilan atas setiap langkah kecil dan konsistensi untuk terus berusaha keras.

 

Sudah melakukan kiat untuk menjadi financial freedom? Mana yang menjadi hambatan terbesarmu? Berikan komentar dan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Jangan lupa upgrade Aplikasi Finansialku ke mode PREMIUM untuk bisa mengakses setiap fiturnya dengan lebih leluasa dan berbincang dengan Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Bagikan Artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Matt Danielsson. 21 Agustus 2018. These 12 Habits Will Help You Reach Financial Freedom. Investopedia.com – https://goo.gl/mrmm5Y
  • Tiffany. 2 Mei 2017. Ini Dia 10 Kiat Mencapai Kebebasan Finansial ala Robert Kiyosaki. Moneysmart.id – https://goo.gl/K54J7E
  • Chris Hogan. How Do I Achieve Financial Freedom?. Daveramsey.com – https://goo.gl/nHxra4

 

Sumber Gambar:

  • Financial Freedom – https://goo.gl/MfX4NP