Mau mulai bisnis tanpa modal? Ngapain ribet? Mulai aja dari sekarang dengan apa yang ada.

Simak 5 bisnis tanpa modal berikut ini, ya! Kamu pasti bisa sukses kok!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bisnis Tanpa Modal? Serius Bisa, Lho!

 

Mau mulai bisnis di era milenial sekarang ini udah sangat mudah banget, lho guys! Kok bisa? Ya bisalah, apalagi dengan kecanggihan teknologi yang kini udah semakin melejit! Bersyukurnya kita bisa hidup di era milenial, ya!

Tahu ga, sih kalo hanya dengan gadget murah yang kita punya dan ditambah dengan koneksi internet (ga perlu super kenceng, sih), kamu sudah bisa mulai bisnis suksesmu, bahkan kamu bisa sambil kayang di atas kasur pun, duit bisa ngalir, coy!

Cek, 5 Jenis Bisnis Tanpa Modal! Mulai Sekarang Kuy! 07 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Pasangan Muda yang Harus Diketahui Agar Terhindar Utang dan Hidup Sejahtera]

 

5 Bisnis Tanpa Modal Era Milenial!

5 bisnis tanpa modal di bawah ini bisa jadi inspirasi buat kamu memulai usaha suksesmu.

 

#1 Bisnis Online & Dropship!

Bisnis pertama tanpa modal yang bisa kamu jalankan hanya dengan gadget dan kuotamu adalah dengan menjadi seorang dropshipper! Enaknya jadi dropshipper itu, kamu ga perlu ada gudang buat stok barang, lho!

Kamu cuma tinggal jadi ‘kepanjangan tangan’ dari sebuah agen dari produk dengan memasarkan barang mereka melalui akun sosial media yang kamu bikin sendiri.

Kamu ga perlu pusing buat poster atau gambar dari produk barang mereka karena agennya tentu udah bikinin buat kamu.

Tugas kamu hanya tinggal memasarkan saja. Intinya, balik lagi ke niatmu untuk gencar-gencarnya memasarkan produk yang dijual dari agen tersebut.

Tidak hanya dari satu agen, kamu bisa jual berbagai produk dari agen yang lain. Jadi dropshipper itu tidak terikat, kok. Jadi kamu bisa jualan produk dari agen lainnya. Enak, kan?

Mengenai target, tentu saja ada target-target tertentu yang bisa kamu capai sesuai kesepakatan dengan agen supaya bonus dan penghasilan yang kamu dapat bisa lebih optimal.

Mengenai perjanjiannya, tentu saja kamu perlu bisa chit-chat langsung dengan bagian agennya, ya! Beda perusahaan, tentu akan beda peraturan dan juga pembagian hasilnya.

Timbang-timbang saja mana yang menurut kamu menguntungkan!

 

#2 Food Blogger/Enthusiast

Tentu kamu punya hobi, kan? Atau mungkin kamu antusias dengan sesuatu yang buat kamu ingin berbagi informasi dengan orang lain.

Misalnya, kamu hobi main sepeda, koleksi mainan gundam, hobi olahraga seperti fitness bahkan hobi makan pun, kamu bisa jadikan bisnis tanpa modal berikutnya.

Kita ambil contoh, kalau kamu suka makan dan hobi dengan yang namanya kuliner. Kamu bisa jadi food blooger, lho!

Cek, 5 Jenis Bisnis Tanpa Modal! Mulai Sekarang Kuy! 03 - Finansialku

Food Blogger/Enthusiast

 

Kamu bisa keliling dari satu resto ke resto lainnya, dari yang di pinggiran jalan di kaki lima sampai yang pakai table manner di resto-resto mahal kalau ada budget lebih.

Kamu bisa review makanan yang disediakan. Dari cara penyajian, cita rasa hingga packaging-nya.  Ada banyak, kok yang suka tonton tayangan dan ulasan para food blogger.

Kamu hanya tinggal niat buat konten setidaknya seminggu sekali dan buat para followers-mu semakin banyak. Apalagi kalau bikin para subscriber tambah nempel jadi penonton setiamu.

Jangan heran kalau kamu nanti jadi kebanjiran banyak tawaran untuk add-sense, ya alias iklan-iklan dari berbagai produk di tayanganmu.

Cek, 5 Jenis Bisnis Tanpa Modal! Mulai Sekarang Kuy! 08 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kisah Inspirasi Usaha Para Pengusaha Sukses di Indonesia. 5 Diantaranya Usia 20 an – 30 an]

 

Selain itu, kamu bisa saja diminta untuk me-review makanan tertentu dari sebuah perusahaan kuliner tertentu. Ciamik gila!

Selain food blogger, kamu juga bisa mengulas berbagai hal yang bikin kamu antusias untuk bahas dari A to Z, misalnya tentang olahraga dan dunia fitness.

Dari cara gerakan-gerakan simpel untuk olahraga di rumah dengan menggunakan perlengkapan seadanya sampai berbagai makanan dan pola asupan yang sehat serta seimbang untuk yang mau hidup sehat.

 

#3 Traveller

Siapa, sih yang ga suka jalan-jalan? Bahkan seorang introvert sekalipun yang sukanya menyendiri dengan comfort zone-nya, tentu senang jalan-jalan.

Apalagi kalau jalan-jalan sambil dapat duit, plus dibayarin orang karena di-endorse jadi travel blogger buat review sebuah tempat wisata.

Wuiiih, senengnya! Jalan-jalan gratis, dibayarin pula!

Cek, 5 Jenis Bisnis Tanpa Modal! Mulai Sekarang Kuy! 04 - Finansialku

Traveller

 

Awalnya, kamu bisa review tempat-tempat unik di kotamu sendiri, lho. Misalnya jalanan kota tua atau bangunan peninggalan zaman kuno hingga museum.

Kamu bisa melatih cara kamu mengedit video, cara membawakan materi dan berbagai gesture via Youtube.

Sudah banyak, kok yang bikin beginian, tapi bisnis ini masih tetap hijau dan tentunya bisa menyalurkan hobimu jalan-jalan.

 

#4 Selebgram

Para milenial sudah tidak asing dengan yang namanya selebgram. Tidak perlu ikut-ikutan ajang jadi model di dunia keartisan, kamu bisa jadi selebgram dan mengukir kariermu jadi artis hanya dengan akun media sosialmu.

Ternyata, jadi selengram itu tidak hanya punya tampang yang rupawan, lho. Dengan berbagai skill atau pembawaan serta energimu, atau berbagai ulasan menghibur serta mengedukasi pun, kamu bisa jadi selebgram.

Dari selebgram dengan followers yang hingga menjadi ribuan bahkan jutaan, tidak heran kalau kamu nanti bisa di-endorse untuk memasarkan produk mereka.

 

 

#5 Jual Foto & Desain

Buat kamu yang senang buat desain dan mengulik soal mengedit foto, jadi desainer foto bisa jadi lahan hijau buat kamu eksplor skill kamu sambil kebanjiran orderan, lho!

Tidak harus lulusan DKV atau IT, ilmu ini bisa kamu dapat dari berbagai sumber, apalagi dengan jaringan internet yang bikin kamu bisa eksplor banyak ilmu soal desain dan bikin foto semakin ciamik.

Cek, 5 Jenis Bisnis Tanpa Modal! Mulai Sekarang Kuy! 06 - Finansialku

Jual Foto & Desain

 

Ada banyak aplikasi kekinian yang bisa mengedit foto atau video dengan mudah. yang rumit pun, banyak guys! Mau pilih yang mana? Tentunya semua itu akan nambah sense art kamu jadi semakin keren!

 

Kembali Ke Niat!

So, mau bisnis tanpa modal yang mana? Tentunya balik lagi ke niatmu ya, guys!  Meski tanpa modal tapi jika tidak dibarengi dengan niat, tentu semuanya jadi loyo dan hambar alias tidak menghasilkan apapun! Buka bisnis jadi semakin mudah bukan?

Namun, apapun bentuk usaha yang akan kamu rintis, keuangan kamu harus tetap teratur, lho. Jangan sampai pendapatan kamu dari usaha yang kamu jalankan habis karena hal yang kurang penting.

Oleh karena itu, mengatur keuangan untuk para milenial begitu penting. Kamu bisa mulai dengan mencatat keuangan kamu dengan aplikasi Finansialku, guys.

Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang tercatat dan diawasi OJK, lho. Dengan aplikasi ini kamu bisa mencatat dan mengatur keuangan kamu, serta kamu bisa merencanakan dana keuangan dan besarannya.

Bermanfaat banget, kan. Yuk, download aplikasinya sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Kamu bisa bagikan artikel di atas atau berbagai artikel Finansialku lainnya ke teman-teman atau rekanmu yang membutuhkan ya!

Kamu juga bisa menuliskan komentar, tanggapan dan saranmu di kolom komentar yang tersedia di bawah ini, guys!

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis 1 – https://bit.ly/3eV3G0k
  • Bisnis 2 – https://bit.ly/2E947HL