Ingin tahu berbagai macam budget dalam laporan keuangan bisnis online? Apakah budget tersebut perlu diperhitungkan dalam laporan keuangan?

 

Laporan Keuangan

Dalam membuat laporan keuangan bisnis pastinya banyak hal yang perlu diperhitungkan terutama masalah budget. Buat Anda yang baru mau memulai bisnis online, sudah tahu belum budget apa saja sih kategori budget yang ada di dalam laporan keuangan?

Sebelum lanjut rencanakan bisnis Anda, pelajari juga ya cara membuat laporan keuangan dan bagian-bagiannya. Yuk simak sampai habis artikel berikut ini!

 

Pentingnya Budget dalam Laporan Keuangan

Mengapa budget sangat penting dalam laporan keuangan bisnis? Sama halnya dengan rencana keuangan pribadi Anda, dalam bisnis Anda perlu juga ada budgeting yang pastinya dapat mengontrol uang Anda tetap aman.

Aman? Ya, aman berarti uang Anda terpakai untuk hal yang semestinya, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Berikut adalah keuntungan Anda melakukan budgeting dalam bisnis online Anda.

  • Mampu Menjadi Pedoman Kerja

Budgeting akan membantu Anda untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan semula, yakni tujuan jangka panjang. Dengan begitu, target bisnis Anda akan tetap tercapai dengan baik.

  • Review Keuntungan

Sangat mudah untuk melihat sumber keuntungan dari usaha Anda melalui budgeting. Setiap bagian yang tidak produktif juga terlihat dengan jelas sehingga Anda dapat melakukan sesuatu terhadap bagian tersebut, baik itu langkah perbaikan diri atau mungkin harus melakukan efisiensi karyawan.

  • Dapat Menjadi Evaluasi Kerja

Anda dapat bekerja bersama karyawan Anda untuk membantu membangun tujuan mereka dalam sebuah periode budgeting, atau mungkin bisa juga menganggarkan insentif sekaligus bonus ketika dia mampu mencapai tujuan mereka.

Hal ini juga sekaligus memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan diri lebih baik lagi di kemudian hari.

  • Koordinasi Kerja Lebih Baik

Karena memiliki tujuan yang sama, setiap karyawan akan dengan mudah berkoordinasi dengan baik dan mampu bekerja sama sebagai tim untuk mencapai tujuan tersebut.

Saling menunjang satu sama lain dan bekerja sama adalah kunci keberhasilan sebuah perusahaan dan tidak diragukan lagi akan dicapai oleh bisnis Anda bila menerapkan budgeting.

Di Laporan Keuangan Ada Budget Ini Nih, Jangan Lupa Dimasukkan Ya - 02 - Finansialku

[Baca Juga: Laporan Keuangan untuk Cek Kesehatan Bisnis Kamu]

 

Kategori Budget dalam Laporan Keuangan

Budgeting sangat penting dalam bisnis, lalu apa saja kategori budget dalam laporan keuangan?

Untuk Anda yang bergelut dalam bisnis online tidak perlu pusing memikirkan banyak budget, cukup budget ini saja.

 

#1 Budget Produksi

Budget produksi merupakan budget yang berhubungan dengan kegiatan produksi misalkan harga pokok penjualan, biaya bahan baku, biaya barang setengah jadi, biaya packaging barang sebelum dikirim dan biaya lainnya.

Untuk bisnis online pastinya tidak sesulit di perusahaan besar ya, jadi list budget produksi bisnis online Anda dengan baik.

 

#2 Budget Pemasaran

Namanya pemasaran pasti ga jauh dari marketing ya. Nah budget marketing ini merupakan budget yang dibutuhkan untuk kegiatan memasarkan produk bisnis online Anda.

Untuk melakukan pemasaran di digital marketing ada biaya pemasaran seperti biaya promosi di sosial media, promosi di market place, biaya pengelolaan web bisnis Anda, biaya untuk meningkatkan traffic, biaya untuk email marketing, biaya konten marketing, dan biaya pemasaran lainnya.

Biayanya harus dipersiapakan berapa sih perbulan nya? Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya.  

Nah untuk mengetahui biaya pemasaran bisnis Anda bandingkan dengan harga jual kalian pastinya.

Cek berapa keuntungan Anda jika menggunakan biaya pemasaran, kalau masih menguntungkan mungkin Anda bisa hire orang untuk membuat konten dan berlangganan aplikasi untuk membayar design untuk website bisnis Anda.

 

#3 Budget Tenaga Kerja

Bagi Anda yang baru memulai bisnis online pastikan ada budget untuk tenaga kerja.

Gimana nih misalkan kalau ga ada budget untuk tenaga kerja? Nah mungkin bisa saja Anda sendiri dulu yang merangkap menjadi beberapa bagian atau minta tolong kepada kerabat Anda untuk bekerja bersama Anda.

[Baca Juga: Ketahui 5 Contoh Laporan Keuangan Akuntansi Perusahaan]

#4 Budget Biaya Variabel

Biaya variabel tuh apa saja sih? Biaya variable merupakan biaya yang berubah-rubah sesuai dengan aktivitas bisnis.

Seperti biaya tagihan air, biaya listrik, internet, logistik, transportasi dan banyak hal lainnya.

Nah sebagai contoh biaya listrik, jika aktivitas bisnis Anda sedikit maka sudah jelas sangat berpengaruh terhadap biaya listrik yang Anda keluarkan.

 

#5 Budget Pemeliharaan

Budget pemeliharaan sangat perlu ada di laporan keuangan, apalagi kalau Anda sudah memiliki aset bisnis yang banyak.

Biaya pemeliharaan digunakan untuk memelihara aset dan sistem untuk kegiatan operasional bisnis Anda.

Sebenarnya biaya pemeliharaan jarang ada di laporan keuangan, tetapi sekali keluar jumlah nominalnya bisa sangat besar loh.

Yang termasuk biaya pemeliharaan seperti biaya sewa working space, pemeliharaan kendaraan, perbaikan mesin produksi dan masih banyak hal lainnya.

[Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Beserta Contohnya]

#6 Budget Biaya Kewajiban

Buat pebisnis pemula ini yang harus Anda pelajari ya, dalam usaha bisnis pasti ada pajak. Pastinya, Anda harus membayar kewajiban Anda yaitu membayar pajak usaha Anda.

Selain itu biaya kewajiban yang perlu Anda penuhi misalkan Anda meminjam uang untuk modal usaha, maka Anda memiliki kewajiban untuk membayar cicilan dan bunga kepada pihak peminjam ya.

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

Jangan Sampai Laporan Keuangan Anda Ada Kategori Di Luar Budget Ya!

Jangan lupa lakukan budgeting, sehingga Anda mudah menganalisa laporan keuangan Anda. Apakah Anda untung atau malah bunting (alias rugi).

Atur budgeting bisnis online Anda dengan baik ya, mulailah bisnis Anda dengan budgeting yang baik dan buatlah laporan keuangan dengan baik juga agar tidak bingung melihat laporan keuangan bisnis Anda sendiri.

Buat Anda yang masih kebingungan bagaimana sih cara membuat laporan keuangan yang baik, atau masih bingung gimana sih cara menentukan budget dalam bisnis online Anda. Jangan khawatir yak arena di Finansialku ada para ahli keuangan yang siap banget untuk membantu Anda para pebisnis online.

Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut.

  • Install aplikasi Finansialku melalui playstore atau appstore
  • Buka aplikasi Finansialku yang telah diinstal
  • Pilih fitur Financial Check Up untuk melakukan cek kondisi finansial saat ini, kemudian isi semua formulirnya dengan data yang sebenar-benarnya.
  • Selesai mendapatkan hasil Financial Check Up, Sobat Finansialku akan diberikan pilihan untuk konsultasi langsung bersama perencana keuangan dari Finansialku.
  • Jangan lupa untuk pilih perencana keuangan yang spesialisasinya sesuai dengan fokus atau tujuan keuangan Sobat Finansialku, ya!
  • Nantinya, hasil Financial Check Up tersebut akan secara otomatis terlampir ke ruang obrolan perencana keuangan terkait.
  • Setelah itu, Sobat Finansialku bisa melakukan konsultasi secara eksklusif dan mencapai tujuan keuangan dengan perencanaan keuangan yang benar

 

Semoga setelah membaca artikel ini Anda dapat menjalani bisnis online Anda dengan lebih baik.

Bagaimana artikel ini apakah bermanfaat? Jika bermanfaat bagi Anda, bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 29 November 2016. Apa Itu Budgeting? Apa Keuntungan Dari Melakukan Budgeting Bisnis? Sleekr.co – https://bit.ly/2OzVeg6

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/3srLSAP
  • https://bit.ly/3sydh3X
  • https://bit.ly/3dsydoZ
  • https://bit.ly/3ecI4OL