Kelahiran anak adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan manapun yang telah menikah. Karena itu, segala persiapan kelahiran harus dilakukan dengan baik untuk menyambut kedatangan si buah hati.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ketahui Persiapan Kelahiran untuk Menyambut Buah Hati

Menjadi seorang ibu memang bukan hal yang mudah. Namun bukan berarti sangat sulit untuk dilakukan.

Setiap perempuan memang sudah terlahir dengan insting seorang ibu dan akan menyayangi anaknya sebaik mungkin. Apalagi jika anak tersebut adalah anak yang sudah ditunggu-tunggu sekian lama.

Akan tetapi, perasaan seorang perempuan yang lembut kadang kala menimbulkan berbagai konflik batin. Apalagi jika perempuan tersebut sedang lelah dan persiapan kelahiran yang dilakukan sebelumnya terlalu minim.

Akibatnya, begitu si buah hati datang, ayah dan ibu malah baru sibuk mempersiapkan ini itu.

Padahal, ada beberapa persiapan menyambut si buah hati yang bisa Anda lakukan jauh-jauh hari.

Dengan mempersiapkan dari jauh-jauh hari, ibu bisa lebih fokus mengurus si buah hati dan beban pekerjaan yang harus dilakukan pun bisa lebih berkurang.

Apalagi jika Anda adalah orangtua baru, dengan adanya persiapan kelahiran sejak dini, risiko ibu terkena baby blues juga bisa diminimalisasi.

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa dipersiapkan bahkan sebelum si buah hati lahir?

 

#1 Ambil Kelas Prenatal

Begitu Anda tahu bahwa Anda akan menjadi orangtua, sebaiknya Anda segera mengambil kelas prenatal, khususnya bagi calon ibu. Dengan mengikuti kelas prenatal ini, Anda bisa memperkaya informasi Anda mengenai berbagai hal terkait kehamilan.

Di kelas prenatal, Anda akan dibantu untuk mewujudkan persalinan minim trauma, serta cara memberikan memori positif kepada seluruh anggota dan calon anggota keluarga. Khususnya ayah, ibu, dan bayi yang lahir.

Dengan mengetahui berbagai hal terkait persalinan, Anda juga bisa lebih percaya diri saat menghadapi proses persalinan dan juga bisa lebih memahami diri Anda. Anda juga lebih mengetahui apa saja yang Anda butuhkan sebelum persalinan hingga setelahnya.

Persiapan-Kelahiran-Kelas-Prenatal-1-Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Cara Hemat Uang Sebelum dan Setelah Operasi Melahirkan]

 

Pada umumnya, masalah utama yang dihadapi oleh ibu yang akan melahirkan adalah memilih antara persalinan caesar atau normal. Kebanyakan ibu tentu saja ingin bisa melahirkan secara normal. Namun, apakah kondisi Anda memungkinkan untuk bisa melahirkan secara normal?

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali diri Anda dan bagaimana kondisi Anda. Dengan mengikuti kelas persalinan, Anda bisa tahu metode persalinan apa yang sesuai dengan kondisi Anda. Dan Anda juga bisa tahu apa saja risiko dan kemungkinan yang akan Anda hadapi dengan metode persalinan yang telah Anda pilih.

 

#2 Buat Daftar Kebutuhan

Cara lain yang tidak kalah penting untuk menyambut kelahiran si buah hati adalah dengan mempersiapkan barang-barang yang akan dibutuhkan. Sudah jadi hal yang umum jika Anda ingin segala perlengkapan bayi bisa terpenuhi saat ia lahir.

Anda mungkin akan membelikan berbagai barang kebutuhan bayi. Mulai dari baju bayi, kaus kaki, alat makan, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Tapi jangan hanya terfokus pada pada persiapan barang-barang kecil saja. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan juga barang-barang besar yang nantinya akan dibutuhkan oleh si buah hati, seperti stroller, tempat tidur, atau mainan yang akan mendukung pertumbuhan buah hati.

Persiapan-Kelahiran-Perlengkapan-Bayi-2-Finansialku

[Baca Juga: Moms, Sudah Punya Asuransi Kesehatan, Apakah Perlu Asuransi Melahirkan?]

 

Saat Anda memilih barang-barang besar, cari yang kira-kira bisa awet hingga hitungan tahun. Jangan lupa untuk membandingkan spesifikasi dan harga barang tersebut.

Mencari barang terbaik memang penting, tapi akan lebih baik jika Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang Anda dan pasangan miliki atau sepakati. Hal ini untuk menghindari terjadinya pemborosan dan pengeluaran dana yang tidak terlalu penting.

Jika barang yang dibutuhkan buah hati adalah barang yang bisa dipakai hingga bertahun-tahun, ada baiknya Anda membeli barang yang memiliki kualitas baik.

Misalnya saat Anda membeli stroller atau tempat tidur untuk si buah hati. Pikirkan berapa lama barang tersebut bisa dipakai, dan pastikan produk yang Anda beli bisa mengakomodasi kebutuhan buah hati Anda selama masa tersebut.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Rajin Ikut Seminar Parenting

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menjadi orangtua memang bukan hal yang sangat sulit. Tapi bukan berarti sangat mudah juga sehingga Anda tidak perlu mempersiapkan hal tersebut dan benar-benar hanya mengandalkan insting sebagai orangtua saja.

Ada banyak hal yang perlu Anda pelajari saat Anda akan menjadi orangtua. Khususnya mengenai perubahan emosi yang bisa terjadi pada pasangan suami istri muda dan orangtua baru.

Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa meminimalisasi kemungkinan terjadinya baby blues syndrom, dan tahu bagaimana menghadapinya. Selain itu, cara komunikasi antar pasangan juga perlu diketahui agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Persiapan-Kelahiran-Kelas-Parenting-4-Finansialku

[Baca Juga: Halo Para Orangtua Baru, Begini Lho Cara Mengatur Keuangan Setelah Bayi Lahir]

 

Anda juga perlu tahu bagaimana fase tumbuh kembang anak, khususnya fase yang disebut golden age dan bagaimana memaksimalkan potensi anak pada fase tersebut. Karena fase tersebut bisa dikatakan sebagai fase paling baik dan merupakan fase investasi masa depan anak.

Cari tahu juga tentang kesehatan anak baik secara fisik maupun psikis sehingga Anda dapat membantunya dengan tepat dan memberikan kebutuhan yang paling sesuai dengan perkembangan usia anak.

Lalu, mengapa mengikuti kelas parenting tersebut sangat penting?

Sebagai orangtua, tentu Anda menginginkan segala hal yang terbaik untuk anak Anda dan juga pertumbuhannya.

Dengan memperkaya diri terhadap informasi yang berkaitan dengan anak, Anda bisa menjadi orangtua yang padat ilmu.

Dan jika Anda ingin memiliki anak-anak yang berkualitas, maka menjadi orangtua padat ilmu adalah suatu keharusan.

Informasi mengenai pasangan dan tumbuh kembang anak bisa Anda dapatkan dengan mudah di kelas-kelas parenting. Bahkan Anda juga bisa menanyakannya langsung kepada pengisi kelas yang memang sudah berpengalaman dan mengetahui apa saja yang diperlukan oleh sebuah keluarga.

Sebenarnya, kelas parenting ini bukan hanya perlu diikuti oleh orang yang sudah menikah dan akan memiliki anak saja. Anda yang baru menikah, bahkan belum menikah juga bisa mulai memperkaya diri tentang ilmu keluarga dengan mengikuti kelas parenting sejak sekarang.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Mulai Persiapan Sedini Mungkin

Idealnya persiapan-persiapan di atas dimulai setelah Anda mengetahui kehamilan Anda. Semakin dini Anda memulai, akan semakin banyak pula informasi dan ilmu yang bisa Anda dapatkan. Sehingga begitu Anda hamil atau melahirkan, Anda sudah mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan, dan Anda bisa mulai mempersiapkan kebutuhan buah hati Anda yang lainnya.

Bagi Anda yang baru saja menyiapkan persalinan pertama, Anda bisa membagikan pengalaman Anda selama menyiapkan persalinan pertama Anda. Apa saja yang Anda siapkan selama kehamilan dan bagaimana Anda menyambut kedatangan si buah hati?

 

Itulah 3 persiapan kelahiran yang penting Anda ketahui. Apakah Anda pernah melahirkan sebelumnya? Bagikan pengalaman Anda dan bagaimana Anda menyiapkan proses persalinan dengan memberi komentar di kolom komentar sehingga pembaca lainnya bisa mengambil manfaat dari cerita Anda.

 

Sumber Referensi:

  • AnitaThaTha. 3 Persiapan Penting Calon Ibu Jelang Kelahiran si kecil. Mommiesdaily.com – https://goo.gl/EKFvfi

 

Sumber Gambar:

  • Persiapan Kehamilan – https://goo.gl/EL4v3X
  • Keperluan Bayi – https://goo.gl/YdpfPb
  • Sepatu Bayi – https://goo.gl/JK8Thc
  • Seminar Parenting – https://goo.gl/KBCskK