Inovasi bisnis memang tiada hentinya, seperti juga dengan ide kreatif makanan dan minuman. Salah satu minuman yang nggak ada matinya adalah cappucino cincau atau capcin.

Ingin buka usaha ini? Simak dulu 8 langkah memulainya dalam artikel Finansialku berikut.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Minuman Cappucino Cincau: Variasi 2 Minuman

Cappucino cincau sendiri merupakan variasi 2 jenis minuman yang dapat dikonsumsi sekaligus, yaitu perpaduan antara cappuccino (kopi) dan juga cincau.

Biasanya kita menyeduh kopi sebagai minuman hangat ataupun dingin, kini divariasikan dengan cincau hitam yang biasanya dijadikan sebagai bahan tambahan pada es campur.

Variasi rasa inilah yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga digemari oleh siapapun, apalagi ketika musim sedang kemarau dan panas di siang hari, maka jumlah pembeli akan meningkat drastis.

Tidak hanya disajikan dingin, cappucino cincau  juga enak disajikan hangat dan cocok diminum ketika cuaca sedang dingin.

 

Banyaknya Penggemar Cappucino Cincau Adalah Peluang Usaha

Cappucino cincau atau biasa disebut dengan capcin, merupakan jenis varian minuman yang sangat trending dan difavoritkan oleh kebanyakan orang dari berbagai usia dan kalangan untuk rentan beberapa tahun ini.

Rasanya yang identik dengan manis serta segar dan kenyal karena cincau, menjadi daya tarik tersendiri bagi minuman tersebut.

Peluang Usaha Cappucino Cincau yang Menguntungkan, Ikuti 8 Langkah Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Saatnya Lirik Modal dan Keuntungan dari Bisnis Es Jeruk]

 

8 Langkah Peluang Usaha Cappucino Cincau yang Menguntungkan

Dengan antusiasme pecinta minuman terhadap cappucino cincau, maka tak heran apabila kita mudah sekali menemukan berbagai etalase penjualan cappucino cincau.

Baik melalui penjualan gerobak, café, bahkan juga sajian pada restoran.

Namun  tak ada salahnya untuk memulai bisnis cappucino cincau ini, akan tetapi dengan varian rasa yang berbeda sehingga bisa menarik para pembeli.

Berikut adalah 8 langkah yang dapat dilakukan untuk memulai usaha cappucino cincau:

 

Langkah 1: Memilih Varian Rasa yang Tidak Monoton

Sudah pasti kualitas produk adalah nomor satu karena akan meningkatkan kepuasan para pelanggan, dan salah satunya adalah varian rasa yang diberikan.

Biasanya minuman yang terjual identik dengan rasa cappuccino saja, akan tetapi boleh saja Anda memulainya dengan rasa lain.

Sebagai contoh varian rasa yang bisa Anda gunakan adalah varian rasa coklat seperti dark choco, choco brown, choco oreo dan sebagainya.

Bisa juga Anda menambahkan varian rasa buah seperti durian, mangga, strawberry dan sebagainya. Semakin lengkap varian rasa yang disediakan, maka semakin banyak pilihan para konsumen dan kepuasan pun meningkat.

 

Langkah 2: Tidak Pelit dengan Pemberian Topping

Selain varian rasa yang harus diperhatikan, maka langkah selanjutnya adalah dalam pemberian topping pun juga harus diperhatikan. Pertama, Anda harus menyediakan varian topping yang unik dan juga enak serta pastinya digemari.

Berbagai macam topping yang bisa Anda gunakan selain meses adalah biskuit oreo, biskuit coklat, parutan keju, choco chips, sirup, caramel, dan mungkin bisa juga dengan penambahan bubuk coklat.

Tidak hanya varian toppingnya saja yang harus diperhatikan, Anda juga harus memperhatikan jumlah topping yang diberikan, jangan terlalu sedikit agar konsumen pun merasa puas dan senang.

Peluang Usaha Cappucino Cincau yang Menguntungkan, Ikuti 8 Langkah Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Dapat Modal UMKM? Begini Langkah Jitu Memajukan Bisnis UMKM Anda!]

 

Langkah 3: Variasi Cincau

Selain variasi bubuk cappucino dan topping, bahan utama dalam pembuatan cappucino cincau adalah cincau itu sendiri. Mungkin selama ini Anda melihat cincau yang digunakan adalah cincau hitam yang dipotong atau dibuat serutan.

Akan tetapi Anda juga bisa bereksperimen dengan cincau variasi baru. Pertama dimulai dari variasi rasa cincau, bisa menggunakan tambahan bahan cincau seperti vanilla, bubuk strawberry, ataupun coklat.

Selanjutnya Anda juga bisa membuat varian bentuk cincau yang unik, selain kotak-kotak kecil, buatkan bentuk cincau dengan cetakan seperti boneka, hati, huruf, atau juga bulat-bulat seperti bubble.

Maka dijamin minuman cappucino Anda tidak hanya unik namun juga disukai pelanggan.

 

Langkah 4: Melakukan Promosi Besar-Besaran

Tentunya promosi adalah nyawa penting dari pelaksanaan usaha cappucino Anda. Promosi dijadikan sebagai ajang pembuka dalam hal menarik para pelanggan baru. Dimulai dari mendesain logo usaha Anda yang unik.

Kemudian lakukan promosi tidak hanya mengandalkan media sosial saja. Akan tetapi berbuatlah mitra kerja agar koneksi pelanggan Anda semakin luas.

Karena sesungguhnya berhubungan langsung dengan mitra kerja adalah cara  tercepat agar bisnis Anda langsung dikenal dengan pelanggan.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 02 - Discount - Finansialku

[Baca Juga: Kekinian! 10 Bisnis Waralaba Modal Kecil yang Menguntungkan]

 

Langkah 5: Memberikan Sampel Minuman Demi Menarik Pelanggan

Selanjutnya setelah promosi Anda lakukan, maka ada baiknya Anda melakukan turun lapangan langsung dalam hal memberikan sampel minuman yang telah Anda buat kepada para calon pelanggan.

Anda bisa memulainya di tempat-tempat umum, namun tetap tanpa harus merusak ketertiban sarana dan prasarana.

Misalnya Anda bisa memberikan varian minuman Anda kepada para penumpang kereta api atau bus yang sedang menunggu, lihatlah apakah mereka sedang tampak kelelahan dan haus maka itu adalah waktu yang tepat.

Tawari dengan sopan dan ramah serta meyakinkan, lalu apabila para calon pelanggan merasa tertarik berikan sekertas iklan produk Anda sambil memberikan informasi detail lokasi penjualan dan varian rasa yang disediakan.

 

Langkah 6: Merekrut Karyawan dengan Kriteria Terbaik

Dalam memulai usaha bisnis maka tak ada salahnya untuk menjalin kerjasama dengan karyawan karena apabila Anda melakukan bisnis sebagai sambilan dari pekerjaan tetap Anda, maka akan semakin sulit untuk dilakukan sendiri.

Pilihlah karyawan sesuai dengan kriteria terbaik menurut Anda. Terutama yang mampu meracik cappucino dengan baik dan sempurna.

Peluang Usaha Cappucino Cincau yang Menguntungkan, Ikuti 8 Langkah Ini! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Melirik Bisnis Waralaba Cendol yang Menggiurkan Keuntungannya]

 

Langkah 7: Mengadakan Harga Promo di Awal Penjualan

Tidak ada salahnya untuk memulai awal penjualan dengan harga promosi karena tujuannya adalah untuk menarik para calon pelanggan.

Pelanggan akan merasa puas dengan harga minuman yang terjangkau dengan promosi dan juga dengan varian harga yang unik maka akan menjadi nilai plus tersendiri.

 

Langkah 8: Pastikan Selalu Menganalisis Keuangan Secara Benar

Apabila bisnis cappucino Anda sudah mulai berjalan, maka  satu hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah analisis keuangan bisnis yang sudah berjalan.

Pastikan dengan benar jumlah nominal uang yang sudah keluar dalam pembelian bahan dan juga biaya karyawan dengan biaya masukan yang didapatkan.

Karena analisis yang tepat akan memberikan informasi detail apakah usaha Anda mengalami laba maupun kerugian.

Nah, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar Anda bisa mengelola keuangan pribadi dan bisnis Anda dengan tepat.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Mulai Berbisnis Cappucino Cincau? Siapa Takut!

Nah itulah beberapa tips mudah untuk Anda yang ingin memulai usaha cappucino cincau, si minuman kekinian dengan rasa yang unik.

Pastikan Anda dalam memulai bisnis tersebut dimulai dengan keberanian dan tidak takut untuk jatuh karena pada dasarnya berani memulai dalam hal kebaikan akan membawa perubahan ke arah positif kepada hidup Anda.

Anda juga bisa tonton video ide usaha tambahan pemasukan melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Jadi, trik manakah yang akan Anda eksekusi terlebih dahulu untuk memulai usaha?

Bagilah informasi di atas pada sebanyak-banyaknya rekan dan teman sesama pengusaha muda yang inovatif, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Peluang Usaha Es Cappucino Cincau yang Mudah Dijalankan. Pengusahasukses.com – http://bit.ly/2MsnDly
  • Admin. Resep Cappucino Cincau. Cappucinocincaujakarta.com – http://bit.ly/2KKOvuW
  • Admin. Rahasia Cara Membuat Es Capcin Enak | Kemitraan Cappucino Cincau. Cappucinocincau.org – http://bit.ly/2ZfXOuP

 

Sumber Gambar:

  • Peluang Usaha Cappucino Cincau 1 – http://bit.ly/2NmgoeH
  • Peluang Usaha Cappucino Cincau 2 – http://bit.ly/2ZaEpM7
  • Peluang Usaha Cappucino Cincau 3 – http://bit.ly/2TPjVmH
  • Peluang Usaha Cappucino Cincau 4 – http://bit.ly/2TNKXLr