Belajar dari orang sukses yang satu ini memang ga ada habisnya. Mau tahu cara kaya ala Tony Robbins?

Pembicara dan motivator terkenal ini ga cuma omong doang, tapi dia buktikan sendiri dengan pengalamannya dari sejak ia jadi seorang tukang pembersih toilet, sebelum akhirnya ia dikenal sebagai salah satu pebisnis, motivator dan filantropis yang sukses.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Mau Kaya Seperti Tony Robbins?

Mimpi mau jadi orang kaya? Jika hanya mengandalkan gaji tiap bulan dengan posisi sebagai karyawan atau pekerja saja, nampaknya tidak cukup.

Para pengusaha sukses, bahkan motivator kesuksesan terkenal dan terlaris seperti Tony Robbins juga menyatakan bahwa, bisnis adalah jalan menuju kekayaan. Tentunya dengan usaha kerja keras dan peluang dari investasi yang bisa melipatgandakan uang, asalkan kita tahu bagaimana caranya.

Mau kaya seperti Tony Robbins dan pengusaha sukses lainnya?

Simak pembahasan berikut ini yang akan memberikan banyak inspirasi dan pengetahuan untuk menjadi orang sukses dan kaya ala Tony Robbins.

“The secret of success is learning how to use pain and pleasure instead of having pain and pleasure use you. If you do that, you’re in control of your life. If you don’t, life controls you.” Tony Robbins”

“Rahasia sukses adalah belajar bagaimana menggunakan rasa sakit dan kesenangan daripada sebaliknya dimana rasa sakit dan kesenangan yang memperalatmu. Jika kamu melakukan itu, kamu sedang mengendalikan hidupmu. Jika tidak, maka sebaliknya, hidup inilah yang mengendalikanmu.”

 

Pandangan Tony Robbins Tentang Sukses

Tak perlu muluk-muluk dan berbelit-belit. Menurut Tony Robbins, menjadi sukses dan kaya itu begitu sederhana konsepnya.

Menurutnya, kamu hanya perlu melihat cara dan peluang untuk bekerja lebih banyak daripada yang orang lain lakukan. Menjadi pribadi yang lebih berani dan melakukan yang lebih dari orang lain.

Jika orang lain berjalan satu meter, berjalanlah dua atau tiga meter lebih jauh.

Artinya, kalau mau sukses, kamu harus lebih dari yang lain. Bekerja lebih rajin, belajar lebih disiplin, berpikir lebih keras.

Gini Cara Kaya Ala Tony Robbins yang Harus Kamu Lakukan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Bisnis Kreatif Kisah UMKM Sandal Jepit Mengukir Pundi-Pundi Rezeki]

 

Apa yang kamu tabur, itu yang kamu tuai. Kamu menabur banyak, tentu kamu juga akan menuai banyak.

Orang-orang yang sirik hanya melihat keberuntungan pada orang-orang sukses.

Sebenarnya, mereka tidaklah mengalami keberuntungan, tetapi karena mereka melakukan sesuatu yang berbeda dan berusaha untuk konsisten dengan usahanya, haus untuk terus belajar dan mengisi diri dengan pengetahuan dan semakin berkembang, bertumbuh menggapai target pencapaian.

Mengisi diri dengan segala hal yang bermanfaat dan positif, belajar dari langkah sukses orang-orang pendahulu yang telah meraih keberhasilan, itu semua beberapa nasihat sukses bagi para pendengar setia Tony Robbins.

“If you do what you’ve always done, you’ll get what you’ve always gotten.” Tony Robbins

“Jika kamu melakukan apa yang selalu kamu lakukan, kamu akan mendapatkan apa yang selalu kamu dapatkan.”

 

Cari Contoh, Panutan dan Idola Orang Kaya

Belajar dari orang sukses layaknya belajar dari seorang yang memiliki tubuh atletis dan sehat, dan kamu ingin punya kondisi kesehatan seperti idolamu itu.

Banyak contoh orang-orang sukses yang terbuka akan diri mereka sehingga banyak orang bisa mengenal kiat sukses yang mereka lakukan.

Ambil beberapa contoh orang-orang kaya yang kamu bisa jadikan panutan dalam usaha dan karakter dalam diri mereka, sehingga kamu bisa meniru bahkan memodifikasi kiat sukses mereka dan disesuaikan dengan kondisimu.

10 Rahasia Memiliki Produktivitas Kerja ala Tony Robbins 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi Jeff Bezos, Pendiri Amazon Sekaligus Orang Terkaya Di Dunia Tahun 2018]

 

Lihat contoh orang-orang kaya di Indonesia berikut ini:

  • Budi dan Michael Hartono, pemilik Djarum dan pemilik saham sekitar 50% di PT Bank Central Asia Tbk dengan total kekayaan sebesar US$35 miliar setara Rp507,5 triliun.
  • Susilo Wonowidjojo, pemilik PT Gudang Garam Tbk, kekayaannya mencapai US$9,2 miliar setara Rp133,4 triliun.
  • Eka Tjipta Widjaja, dengan pabrik teh seluas 1000 hektar, kekayaan totalnya sekitar US$8,6 miliar (Rp124,7 triliun) dan pemilik dari PT Sinar Mas Group.
  • Sri Prakash Lohia, pemilik Indorama Synthetics ini memiliki total kekayaan sebesar US$7,5 miliar Rp108,75 triliun.
  • Anthoni Salim, pemilik PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills dengan total kekayaan sebesar US$5,3 miliar setara Rp98,05 triliun.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Daftar di atas adalah contoh dari orang-orang terkaya di Indonesia.

Masih belum cukup? Simak orang-orang terkaya di kancah dunia internasional berikut ini.

  • Jeff Bezos, pemilik e-commerce Amazon dengan total kekayaan sebesar US$115,7 miliar (Rp1.561,95 triliun).
  • Bill Gates dengan perusahaan mega Microsoft-nya memiliki kekayaan hingga US$90,5 miliar (Rp1.221,75 triliun).
  • Warren Buffett, pemilik Berkshire Hathaway dengan sekitar 60 perusahaan lainnya yang sukses dan total kekayaan sekitar US$84,6 miliar (Rp1.142,1 triliun).

 

“If you want to be successful, find someone who has achieved the results you want and copy what they do and you’ll achieve the same results.” Tony Robbins

“Jika kamu ingin sukses, carilah seseorang yang telah mencapai hasil yang kamu inginkan dan tiru apa yang mereka lakukan sehingga kamu akan mencapai hasil yang sama.”

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Mengapa Orang Susah Kaya Menurut Tony Robbins

Banyak orang bertanya, mengapa saya susah kaya? Mengapa saya tidak bisa sesukses mereka? Mengapa saya tidak seberuntung mereka?

Sebenarnya apa yang menghalangi seseorang untuk meraih sukses dan kekayaan?

Menurut Tony Robbins, hanya sebagian orang yang memiliki pengetahuan yang tidak dimiliki orang lain. Itulah yang membuat mereka berbeda dan mampu sukses dan meraih kekayaan.

Setiap orang pasti mengalami krisis keuangan masing-masing, tapi bagi mereka yang bisa melihat peluang, krisis ekonomi menjadi sebuah evaluasi yang akan memberikan pembelajaran tersendiri agar mereka mampu menghadapi krisis selanjutnya.

Resep-Mengembangkan-Bisnis-Ala-Tony-Robbins-04-Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Berikut Ini Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial]

 

“The only problem we really have is we think we’re not supposed to have problems! Problems call us to higher level- – face & solve them now!” Tony Robbins

“Satu-satunya masalah yang benar-benar kita miliki adalah kita pikir kita seharusnya tidak memiliki masalah! Masalah memanggil kita ke level yang lebih tinggi – selesaikan masalah itu sekarang juga!”

 

Pasti Berhasil, Ini Rahasianya dari Tony Robbins

Menjadi wirausaha dan mengumpulkan pundi keuntungan untuk dilipatgandakan melalui investasi. Tapi, bagaimana caranya? Banyak yang sudah mencoba tapi kenapa masih gagal?

“We can change our lives. We can do, have, and be exactly what we wish.” – Tony Robbins

“Kita bisa mengubah hidup kita. Kita bisa melakukan, memiliki, dan menjadi apa yang kita inginkan.”

 

Simak rahasia yang Tony Robbins lakukan dan sarankan kepada para pendengarnya.

 

#1 Miliki Visi dan Misi

Visi akan mengarahkanmu untuk mencapai tujuan yang akan kamu raih. Misi adalah cara yang kamu tempuh untuk mencapai target tersebut.

Visi akan memberikan kekuatan atau energi kepada misi untuk bergerak dan melakukan usaha pencapaian visi.

Misi tanpa visi seakan bepergian tanpa arah.

Oleh sebab itu, visi dan misi memang tak bisa terpisahkan.

Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Bisnis Mahasiswa dan Fresh Graduate Sambil Menunggu Panggilan Kerja]

 

Singkatnya, tetapkan tujuanmu dan bagaimana kamu akan melangkah dan mencapai tujuanmu.

Berikan energi yang kuat kepada misi agar dapat bergerak semakin kencang.

Menurut Tony Robbins, orang yang mau sukses perlu punya passion. Semakin besar passion yang kamu miliki, semakin besar kekuatan untuk mencapai tujuanmu.

“Beliefs have the power to create and the power to destroy. Human beings have the awesome ability to take any experience of their lives and create a meaning that disempower them or one that can literally save their lives.” Tony Robbins

“Keyakinan memiliki kekuatan untuk menciptakan dan kekuatan untuk menghancurkan. Manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk mengambil pengalaman hidup mereka dan menciptakan makna yang melemahkan mereka atau sebuah kepercayaan yang benar-benar dapat menyelamatkan nyawa mereka.”

 

#2 Miliki Usaha Sendiri

Para karyawan menukar waktu mereka dengan uang.

Mereka bekerja 8 jam sehari bahkan lebih, menukar waktu mereka untuk sebuah bayaran tetap setiap bulannya, meski ada bonus atau tambahan yang sebetulnya tak tentu.

Memiliki usaha sendiri adalah salah satu rahasia sukses dimana kamu tidak perlu menukar waktumu dengan uang, karena kamulah yang memiliki usaha itu dan mempekerjakan karyawan untuk bekerja dan menghasilkan keuntungan bagimu.

Bukan kamu lagi yang harus diawasi oleh atasan, tetapi kamulah yang menjadi atasan dan mengontrol kinerja mereka.

Punya Uang Gabungan per Bulan 6 Juta, Bagaimana Cara Mengaturnya 02 Uang Rupiah - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Cerdas Karyawan Memulai Bisnis Tanpa Mengabaikan Pekerjaan Utama]

 

#3 Bersyukur

Menurut Tony Robbins, orang yang kaya adalah mereka yang selalu bersyukur, bahkan ketika orang berpikir ia tidak memiliki apa-apa.

Bersyukur membuat orang lebih baik dan positif.

Kegagalan membuat seseorang bisa jauh dari rasa bersyukur dan menyalahkan keadaan yang sedang terjadi.

Pikiran positif sangat penting untuk terus memupuk semangatmu agar bangkit dari keterpurukan. Jangan sampai kamu menyerah begitu menghadapi satu masalah dalam berwirausaha.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#4 Disiplin Diri Menabung untuk Investasi

Sukses dalam finansial memang tak lepas dari usaha investasi yang berhasil. Demikian juga saran dari Tony Robbins dalam membuka tabir kesuksesannya untuk mendisiplinkan diri memprioritaskan tabungan demi investasi dan menambah biayanya agar dapat berlipat kali ganda.

Miliki ebook Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini.

 

#5 Fokus Pada Solusi

Menyalahkan dan melemparkan kesalahan cenderung memperlihatkan sifat arogansi seorang pemimpin.

Seorang sukses yang sejati berfokus pada solusi dari setiap permasalahan, mengingat masalah adalah sebuah peluang untuk naik level ke tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

“Leaders spend 5% of their time on the problem & 95% of their time on the solution. Get over it & crush it!” “One reason so few of us achieve what we truly want is that we never direct our focus; we never concentrate our power. Most people dabble their way through life, never deciding to master anything in particular.” Tony Robbins

“Pemimpin menghabiskan 5% waktu mereka untuk mengatasi masalah dan 95% waktunya pada solusi. Selesaikan dan hancurkan masalah itu! Salah satu alasan mengapa hanya sedikit dari kita yang mencapai apa yang sebenarnya kita inginkan adalah bahwa kita tidak pernah mengarahkan fokus kita; Kita tidak pernah memusatkan kekuatan kita. Kebanyakan orang mencoba hidup dengan baik, tapi tidak pernah memutuskan untuk menguasai sesuatu secara khusus.”

 

 

Buktikan sendiri bahwa kamu juga bisa sukses dengan tips dan pandangan dari Tony Robbins. Sudah banyak orang yang berhasil mengikuti jejaknya, kira-kira, apakah kamu salah satunya?

Kamu bisa bagikan rahasia agar berhasil kaya ala Tony Robbins di atas kepada rekan atau kenalanmu yang kamu rasa membutuhkannya.

 

Sumber Referensi:

  • Anthony Robbins. 2015. Money Master The Game. Phoenix: USA
  • Tony Robbins. 10 Ways to Get More Done. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/a6yq5R
  • Harriet Geenever. Productivity vs Time: The Best Time Management Strategy. Redbooth.com – https://goo.gl/PNGxv8
  • John C Maxwell. 11 Juni 2008. Make Today Count.
  • Cat Alford. 12 Maret 2016. Tony Robbins’ 10 Tips for Living Rich. Time.com – https://goo.gl/s1uIrN
  • Admin. 18 Agustus 2016. Top 20 Most Inspiring Tony Robbins Quotes. Goalcast.co – https://goo.gl/KkwQKr
  • Joel Brown. 50 Powerful Tony Robbins Quotes That Have Changed My Life. Addicted2success.com – https://goo.gl/HKSn1s
  • Robert Lewis. Tony Robbins-American Motivational Speaker and Businessman. Britannica.com – https://goo.gl/SvgAHS
  • Admin. Tony Robbins Biography. Thefamouspeople.com – https://goo.gl/nyK977
  • Admin. Tony Robbins is an Entrepreneur, Best-selling Author, Philanthropist, and The Nation’s #1 Life and Business Strategist. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/QGxgKa
  • Arya Sarimata. 26 Desember 2018. Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2018 Versi Forbes! Idntimes.com – https://goo.gl/YQfFFz
  • Vina A Muliana. 7 Maret 2018. Daftar 10 Orang Terkaya Dunia 2018, Siapa Jawaranya? Liputan6.com – https://goo.gl/VTkP4N
  • Tucker Ferwerda. 29 Mei 2018. 4 Hours Listening to Tony Robbins Will Teach You More About Business Than 4 Years in College. Entrepreneur.com – https://goo.gl/Ndvnaq

 

Sumber Gambar:

  • Cara Kaya Ala Tony Robbins 01 – https://goo.gl/opyxyS
  • Cara Kaya Ala Tony Robbins 02 – https://goo.gl/AM9aZq