Penasaran dengan cara mengatasi stres untuk ibu rumah tangga? Pusing karena anak di rumah terus dan pengeluaran membengkak?

Jangan bingung, cari solusinya di artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ternyata, Pandemi Bisa Bikin Ibu Rumah Tangga Jadi Stress

Cara mengatasi stres untuk ibu rumah tangga adalah hal yang harus diketahui oleh para ibu. Sebab, ketika stres itu datang, maka semua bisa menjadi kacau.

Barangkali stres ada karena penat yang menumpuk, sehingga tubuh kurang istirahat. Selain itu, kondisi bumi yang sedang tidak sehat karena Covid-19 juga dapat memicu pertumbuhan stres.

 

Cara Mengatasi Stres untuk Ibu Rumah Tangga Selama Pandemi

Terlebih, di situasi pandemi seperti saat ini, refreshing untuk berlibur sangat tidak dianjurkan. Oleh karena itu, artikel ini akan menguraikan cara-cara yang tepat untuk mengatasi stres agar ibu selalu bahagia, yang dapat dilakukan walau di rumah saja.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

 

#1 Usahakan Untuk Tetap Tenang

Di tengah wabah Coronavirus, banyak berita simpang siur yang belum tentu kebenarannya. Mendengar hal yang demikian, sebaiknya para ibu tetap tenang ya, hindari panik.

Rasa panik akan mengantarkan pada stres, yang dapat mengurangi kekebalan tubuh.  Jadi, lebih teliti ketika membaca berita, ya. Jangan langsung gempar terhadap berita yang belum pasti.

Cara Mengatasi Stres Untuk Ibu Rumah Tangga Selama Pandemi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Kiat Sukses Dalam Mengajarkan Anak Hidup Sederhana]

 

#2 Menjaga Pola Tidur

Saat tidur, tubuh beristirahat dari semua kegiatan. Tidur yang cukup dapat mengurangi stres, karena tubuh mengalami relaksasi dari seluruh beban yang ada.

Menjaga pola tidur adalah cara mengatasi stres untuk ibu rumah tangga yang tepat, juga dapat meningkatkan sistem imun.

Ketika tidur tidak tertata, tubuh menjadi kurang prima. Tidur hanya selama 2 atau 3 jam dalam satu hari bukanlah hal baik. Pikiran juga perlu istirahat, sehingga alangkah baiknya menjaga pola tidur agar stres ibu rumah tangga bisa dilawan.

 

#3 Memberi Penjelasan Kepada Anak

Untuk mengurangi rasa khawatir terhadap kesehatan anak di saat seperti sekarang ini, sangat baik apabila ibu memberikan penjelasan yang akurat dan rinci tentang Covid-19.

Penjelasan tersebut dapat berupa langkah-langkah preventif sebagai pencegahan penularan Coronavirus dan sikap yang benar untuk diambil, seperti penggunaan masker, jaga jarak di tempat umum, dan rajin mencuci tangan.

 

 

#4 Membatasi Penggunaan Sosial Media

Selain memberi hiburan, sosial media juga dapat mendorong stres karena di dalamnya banyak berita-berita yang menggemparkan, padahal belum ada kepastian mengenai kebenarannya.

Tidak hanya sampai di situ, terlalu banyak menggunakan sosial media akan membuat para ibu terfokus pada layar smartphone, sehingga menyebabkan penat datang.

 

#5 Meditasi Sejenak

Meditasi, mudah tetapi sangat bermanfaat. Bagi yang masih asing dengan meditasi, meditasi merupakan cara mengatasi stres untuk ibu rumah tangga yang dapat dilakukan di manapun, asalkan dalam situasi yang tenang.

Caranya, dengan menarik nafas secara mendalam dan perlahan, lalu hembuskan lagi dengan pelan. Lakukan selama beberapa kali, maka otak akan kembali segar, sehingga  mampu memukul mundur stres yang datang.

 

#6 Olahraga Ringan Dalam Rumah

Olahraga tidak selalu dilakukan di luar rumah. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan untuk berolahraga di rumah, misalnya senam.

Telah terbukti bahwa olahraga bisa meredakan stres yang muncul, sehingga sangat tepat sebagai cara mengatasi stres untuk ibu rumah tangga.

 

Usirlah Stres yang Datang, dan Hiduplah Dengan Tenang

Cara mengatasi stres untuk ibu rumah tangga yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya sangat recommended untuk digunakan, karena dapat mengusir stres yang datang.

Pengelolaan stres yang terjadi pada ibu sebaik mungkin akan berdampak baik pula untuk keluarga.

Cara Mengatasi Stres Untuk Ibu Rumah Tangga Selama Pandemi 03 - Finansialku

 [Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

Pastikan di masa pandemi ini, Anda tetap stabil secara psikologis, sehingga bisa memikirkan strategi financial planning selama masih PSBB atau new normal.

Anda bisa berkonsultasi dengan ahli keuangan jika masih mengalami kesulitan dalam perencanaan keuangan agar Anda tidak semakin stres.

Anda bisa terhubung dengan perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa membantu Anda merencanakan keuangan rumah tangga Anda di masa pandemi ini.

Yuk, download aplikasinya dan hilangkan stres Anda di masa pandemi.

playstore icon
appstore icon

 

Siap untuk bebas stress selama pandemi dengan mengikuti cara mengatasi stres untuk ibu rumah tangga di atas? Yuk, bagikan artikel bermanfaat ini pada sesama happy moms yang selalu positif dalam keadaan apapun, terima kasih.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Vedyana Ardyansah. 30 Juni 2020. Ibu Rumah Tangga Berpotensi Alami Stress Saat Pandemic Covid-19. Ayosemarang.com – https://bit.ly/3b6h2qi
  • Redaksi. 20 Maret 2020. Stres di Tengah Pandemi Virus Corona? Ini 3 Tips Mengatasinya. Halodoc.com – https://bit.ly/3ltgobl
  • Yunia Pratiwi. 24 Agustus 2018. Ibu Rumah Tangga Juga Rentan Stres, Redakan dengan 5 Cara Ini. Tempo.co – https://bit.ly/34KcapV

 

Sumber Gambar:

  • Cara 1 – https://bit.ly/3ltgobl
  • Cara 2 – https://bit.ly/2G6whUN
  • Cara 3 – https://bit.ly/2QD7vxM