Ada 6 cara promosi murah yang efektif dan jitu untuk bisnis Anda! Mau tahu apa saja cara promosi tersebut?

Hampir sebagian besar dari kita saat ini tidak bisa lepas dari internet, baik untuk menggunakan email, sosial media, berbelanja online. Segala hal yang berkaitan dengan pemasaran dapat dihadirkan melalui web, blog, online marketplace, atau fan page Facebook.

Anda perlu menentukan rencana dan cara promosi produk Anda dengan efektif dan jitu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

6 Cara Promosi Murah yang Efektif dan Jitu

Bila kita berjualan hanya terbatas dengan memasarkan produk ke teman-teman, maka kegiatan pemasaran produk memiliki terbatas oleh jangkauan pemasaran (networking).

Sedangkan bila kita membuka toko, batasan pemasaran kita adalah berapa banyak calon pembeli yang datang ke toko kita dan biasanya juga jangkauan pemasaran toko kita terbatas pada suatu daerah atau kota.

Tetapi dengan adanya internet, maka keterbatasan tersebut menjadi hilang! Anda perlu menentukan rencana pemasaran produk Anda, apakah Anda akan melayani pelanggan dari seluruh dunia atau hanya khusus pembelian dari negara Indonesia saja.

 

Di dunia bisnis online, orang bebas memasarkan berbagai jenis produk dan/atau jasa, selama tidak melanggar hukum. Berikut ini cara promosi berbiaya terjangkau namun efektif dan jitu:

 

#1 Go Write

Sebuah survei menyatakan bahwa 40% pembelanja online akan melihat online review terlebih dulu sebelum berbelanja.

Tulisan masih memegang peranan penting, sebab para pembelanja online melakukan pencarian di search engine seperti Google dengan menggunakan keyword atau kata kunci. Mereka mengetikkan keyword yang berhubungan dengan kebutuhannya.

Jika Anda ingin menampilkan bisnis online secara menarik, maka tulislah sesuatu yang amat sangat menarik, “menjual” dan detail, seputar produk atau jasa yang ditawarkan. Segala tulisan ini bisa dihadirkan melalui web, blog, online marketplace, atau fan page Facebook.

Tuliskan semuanya secara jelas, menarik, detail, interaktif, dan mengundang banyak orang untuk terlibat. Tentu saja semua perlu didukung dengan tampilan grafis yang sesuai.

 

#2 Go Social Media

Membuat akun perusahaan di media sosial juga bisa dilakukan. Meski demikian, agar akun-akun tersebut benar-benar efektif, Anda harus benar-benar memeliharanya. Dengan kata lain, Anda benar-benar memanfaatkan akun itu untuk berinteraksi dengan calon konsumen Anda.

Anda harus menuliskan secara jelas, menarik, detail, interaktif, dan mengundang banyak orang untuk terlibat.

Tidak hanya menyebar spam berisi informasi produk yang Anda jual, Anda juga membalas pertanyaan dan bahkan aktif memberikan materi yang informatif kepada calon konsumen terkait produk yang Anda jual.

Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penuhi Kepuasan Pelanggan Dengan Mengenali Karakter Pelanggan Agar Strategi Promosi Berhasil]

 

#3 Go Ads

Mengiklankan usaha yang Anda jalankan juga dapat menjadi pilihan yang efektif.

Jajaki beberapa pilihan yang mengiklankannya. Anda bisa menggunakan servis iklan online yang dapat membantu meningkatkan kunjungan lamanmu. Salah satu yang terpopuler adalah pay per click (PPC) dari AdWords milik Google.

Hal ini merupakan cara promosi paling cepat, setidaknya bisa membantu laman bisnis online muncul di hasil pencarian Google.

Bila menggunakannya dengan tepat, bisa mendongkrak kunjungan ke lamanmu dengan cepat.

 

#4 Go Chat

Untuk melayani konsumen yang beragam, ada baiknya Anda juga memiliki banyak Channel yang dapat dihubungi.

Jika Anda hanya menyediakan layanan lewat telepon atau SMS saja, secara tak langsung Anda sebenarnya sudah “menyisihkan” banyak calon konsumen potensial dari daftar pelanggan Anda.

Tidak harus semua layanan chat dipakai, cukup beberapa yang populer saja, seperti Whatsapp, dan Line.

 

#5 Go Opt

Setiap online marketplace menyediakan sejumlah fitur untuk meningkatkan traffic, seperti Bukalapak dengan fitur widget yang bisa dipasang di blog atau akun media sosial.

Ada pula fitur push yang memungkinkan laman seller selalu muncul di urutan terdepan homepage web. Manfaatkan fitur-fitur itu, walau berbayar.

Sebagai pebisnis online pemula, Anda perlu menegaskan eksistensi Anda.

 

#6 Go Blog

Jika tidak memungkinkan untuk menulis di media cetak/online lain, membuka blog pribadi juga dapat dilakukan.

Tulis pengetahuan Anda terkait usaha yang sedang Anda geluti. Semakin tampak ahli Anda dalam bidang Anda, semakin mudah calon konsumen mempercayai Anda.

Dengan blog, Anda juga dapat leluasa berbagi banyak hal yang membuat orang berpotensi semakin tertarik pada bisnismu. Tautan ke blog ini dapat diintegrasikan ke laman online marketplace, juga sebaliknya.

Apa Benar Pengasilan dari Blog Disebut Passive Income 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tempat Mempromosikan Blog yang Tepat untuk Mengundang Para Pembaca yang Banyak]

 

Bill Marriott, CEO dan Chairman Marriott Internasional, adalah salah satu pimpinan perusahaan yang mengisi konten blog bisnisnya sendiri.

Perusahaan waralaba sekaligus operator hotel di seluruh dunia tidak ragu untuk menghadirkan sang pimpinan sebagai sang blogger. Blog yang diberi nama Marriott on the move itu berisi berbagai penawaran program hotel mereka di berbagai negara, dengan gaya sangat elegan.

Ada cerita tentang perjalanan, kehidupan keluarga, dan aktivitas mereka sehari-hari.

Blog ini memungkinkan para pembaca berinteraksi langsung dengan Bill Marriott. Semua tulisan dibuat berdasarkan perspektif Bill, dipadu dengan seluk beluk industri perhotelan, tips untuk sukses berbisnis, serta kehidupan pribadinya.

 

Jangan lupa cek juga informasi pada video berikut ini jika Anda ingin membuat bisnis online!

 

Setelah membaca artikel ini hingga selesai, apa pendapat Anda? Selain 6 cara promosi tersebut, bagaimana cara promosi murah lainnya, menurut Anda?

Silakan beri jawaban dan pandangan Anda pada kolom yang tersedia di bagian bawah ini!

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Budi Safa’at. 2016. 99 Perbedaan Kebiasaan Pengusaha vs Karyawan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Husnan, Fathul & Jawa Creativity. 2016. Cari Uang di Pasar Online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  • Mira R & Linda Irawati. 2017. 99 Langkah Sukses Berbisnis E-Commerce. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Parsaoran Sirait. 2015. 99 Perbedaan Kebiasaan Miliarder vs Orang Biasa. Jakarta: Grasindo.
  • Mira R & Linda Irawati. 2016. 99 Perbedaan Pola Pikir Pengusaha vs Karyawan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

 

Sumber Gambar:

  • Cara Promosi Murah – https://bit.ly/2XfC1Bs