Halo Sahabat Finansialku! Apa kabar? Semoga dalam keadaan yang sehat ya! Dalam rubrik kali ini kita akan menyajikan tips belanja di Chatuchak Market, Bangkok, Thailand!

Penasaran? Langsung aja yuk kita ke pembahasannya!

 

Rubrik Finansialku

 

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Chatuchak Market

Jalan-jalan ke Bangkok, Thailand enggak lengkap rasanya kalau enggak menikmati hiruk pikuk dan serunya belanja di Chatuchak Market yang terkenal.

Jika kamu sedang berlibur ke Negeri Gajah Putih ini, kamu perlu mengabadikan momen liburanmu dan belanja oleh-oleh di Chatuchak Market.

Chatuchak Market memang salah satu pasar tradisional di Bangkok, Thailand yang enggak pernah bisa dilewatkan oleh para turis, baik lokal maupun mancanegara.

Bahkan bagi mereka yang sudah beberapa kali liburan ke Bangkok, Thailand, Chatuchak Market memang jadi destinasi wisata belanja dan kuliner yang harus ada di jadwal perjalanan mereka.

Entah itu untuk berbelanja souvenir, belanja oleh-oleh ataupun mencicipi aneka kuliner khas Thailand, intinya Chatuchak Market sudah jadi agenda wajib bagi para traveler yang pergi menyambangi Negara Gajah Putih ini.

Chatuchak Market 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sederhana Mengatur Keuangan Bagi yang Punya Hobi Menguras Kantong]

 

Ada banyak barang dari kebutuhan rumah tangga, hobi, fashion, pernak-pernik hingga jajanan dan kuliner yang bisa kamu temukan di Chatuchak Market.

Tak heran jika pasar ini adalah pasar tradisional terfavorit karena Chatuchak Market memang adalah pasar tradisional terbesar di Thailand yang berlokasi di Kamphaeng Pet 2 dengan jumlah kios mencapai 8.000 unit yang terbagi ke dalam 27 area.

Karena luas dan besarnya area Chatuchak Market, tiap area pasar ini dibagi sesuai kelompok jenis barang kebutuhan guna memudahkan konsumen yang belanja sesuai dengan kebutuhan mereka lho.

Eits, sebelum siapkan dana liburan, sudahkah kamu mengumpulkan dana daruratmu? Segera ketahui besaran dana daruratmu dan lakukan perencanaannya dengan Aplikasi Finansialku!

Namun pastikan dulu untuk men-download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Selain itu, segera ketahui rencana keuanganmu sesuai usia agar dapat mengalokasikan dana sesuai kebutuhan usia melalui Ebook Gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Jam Operasional Chatuchak Market

Chatuchak Market memang paling seru dikunjungi di akhir pekan, tepatnya dari jumat malam hingga hari Minggu. Mengapa demikian?

Karena semua toko Chatuchak akan buka semua tokonya di akhir pekan, tidak seperti di hari-hari biasa – weekday, di mana hanya toko-toko tertentu saja yang akan buka.

Itulah sebabnya para pengunjung akan ramai mengunjungi Chatuchak Market di akhir pekan.

Chatuchak Market 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Mengatur Keuangan dengan Benar? Jika Anda Saat Ini Berusia 20-an Akhir, Maka Seharusnya Anda Sudah Melakukan Ini]

 

Jika kamu ingin ke Chatuchak Market, lebih baik jadwalkan perjalananmu ke pasar tradisional ini antara hari Jumat untuk menikmati Chatuchak Friday Night Market dari jam 10 malam hingga jam 4 pagi hari.

Kamu juga bisa memilih Chatuchak Weekend Market di hari Sabtu & Minggu jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

Sangat direkomendasikan jika kamu ingin berbelanja, datanglah pada pagi hari karena filosofi para pedagang di sana mempercayai bahwa dagangan yang laku di pagi hari pertama kali akan membawa keberuntungan.

Tak heran jika kamu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah jika kamu belanja di pagi hari.

 

Rute Menuju Chatuchak Market

Belanja ke Chatuchak sangat disarankan untuk menggunakan transportasi publik.

Tahu sendiri kan kalau tempat umum yang dipadati oleh para pengunjung, apalagi saat puncak waktu kedatangan para pengunjung di weekend.

Untuk menuju ke Chatuchak, rute perjalanan yang ditempuh sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan Bangkok Train Sky dan ambil jalur ke Mo Chit.

Apabila kamu menggunakan MRT, kamu bisa mengambil jalur Chatuchak Park.

Jangan lupa untuk menggunakan kartu Rabbit Card untuk mengamankan transportasimu selama di Bangkok atau BTS Pass.

Isi juga saldonya supaya mencukupi ya, jangan sampai kamu harus antri panjang untuk membeli kartu di counter.

 

Tips Belanja & Menjelajah Chatuchak Market

Siapkan harimu untuk menjelajah pasar terbesar di Thailand – Chatuchak Market dengan beberapa tips berikut ini:

 

#1 Hindari Dehidrasi

Sebelum belanja atau sekedar window shopping ke Chatuchak, kamu harus persiapkan tubuhmu agar tidak loyo saat menjelajahi luasnya area Chatuchak Market dan bikin liburanmu kurang sempurna.

Disarankan untuk banyak minum karena cuaca di Thailand lebih lembap dan terasa panas seperti Jakarta bahkan terkadang suhunya bisa mencapai 40 derajat lho.

Jadi, kamu harus banyak minum ya! Alangkah lebih baik jika kamu membawa botol minum sendiri agar sewaktu-waktu jika dibutuhkan, kamu dapat minum.

Jika ada budget lebih, kamu bisa menikmati kelapa segar di Chatuchak Market untuk memulihkan cairan tubuhmu yang hilang karena berkeringat.

Jangan lupa untuk menawar ya, karena semua barang di Chatuchak memang sangat bisa untuk ditawar.

Chatuchak Market 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, WAJIB PAHAM Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Tahun Ini]

 

#2 Bawa Topi & Pakai Sunblock

Untuk melindungi kulitmu dari teriknya panas dan paparan sinar matahari, kamu sangat disarankan membawa topi untuk melindungi kepala dan juga wajahmu.

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan sunblock agar paparan sinar matahari tidak merusak kelembapan kulitmu ya!

 

#3 Jangan Ragu Menawar

Namanya juga pasar tradisional, semua barang di Chatuchak Market sangat bisa untuk ditawar! Jadi kamu disarankan untuk menawar setiap barang yang akan kamu beli.

Kalau kamu bukan tipe orang yang bisa menawar, mungkin kamu perlu mengajak temanmu yang pandai menawar agar kamu bisa dapat harga yang sesuai dengan kocekmu.

Chatuchak Market 05 - Finansialku

[Baca Juga: Cerdas, Cara Mengatur Keuangan Ibu Rumah Tangga Meski Harga Bahan Makanan Naik]

 

#4 Bawa Uang Cash

Tidak semua toko atau kios menggunakan mesin EDC, jadi kamu perlu membawa uang cash sesuai dengan budget belanja yang kamu anggarkan.

Selain itu, ATM pun meskipun ada tersebar di sekitar Chatuchak Market, kamu tetap disarankan membawa uang cash agar kamu enggak kerepotan saat akan membayar jika uangmu kurang dan harus mencari ATM terlebih dahulu.

 

#5 Nikmati Fasilitas Lockers

Jika kamu ingin mengunjungi pasar Chatuchak langsung dari bandara dan membawa banyak barang bawaan karena belum sempat untuk check-in di hotel atau tempat penginapan, kamu bisa mengunakan fasilitas lockers yang tersedia di dekat Stasiun MRT Kamphaenng Phat (Exit 2).

Titipkan saja barang bawaanmu di sana sebelum berbelanja dan menjelajahi Chatuchak Market.

Di daerah ini juga kamu bisa menemukan es krim kelapa yang banyak diminati oleh para pengunjung dan wisatawan.

Chatuchak Market 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Lakukan Tips dan Cara Mengatur Keuangan Supaya Terhindar Bokek]

 

#6 Waspada Copet

Siapa yang tidak butuh uang? Bahkan mereka yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang pun ada di mana-mana, apalagi di tempat umum seperti pasar tradisional.

Copet sudah pasti ada di mana-mana. Bukan artinya kita harus jadi parno, tapi tetap berhati-hati itu penting. Apalagi kamu sedang tidak berada di negara sendiri.

Alangkah lebih baik jika kamu membuat dompet terpisah sebagai langkah preventif jika salah satu dompetmu hilang.

 

#7 Gunakan Aplikasi Penerjemah

Tentu kendala bahasa akan menjadi salah satu tantangan yang harus kamu hadapi ketika sedang liburan ke luar negeri, salah satunya Thailand yang menggunakan bahasa Thai dan kebanyakan masyarakatnya tidak menggunakan bahasa Inggris.

Aplikasi penerjemah sudah banyak tersebar di Google Play Store dan dapat kamu unduh dengan berbagai fasilitas yang bisa kamu pilih sendiri.

Kamu bisa gunakan aplikasi ini saat melakukan transaksi dan menawar barang kepada produsen atau pemilik toko.

Chatuchak Market 07 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Yongki Komaladi, Pendiri Toko Sepatu Ternama di Indonesia]

 

#8 Bawa Kantong Belanja Ekstra

Buat kamu yang hobinya belanja atau memang sudah punya daftar belanjaan yang banyak dan membuka layananan JasTip, kamu nampaknya perlu menyiapkan kantong belanjaan ekstra untuk memudahkanmu saat berbelanja.

Para pedagang memang memberikan kantong plastik, tapi jika belanjaanmu cukup banyak, kamu perlu tas atau keranjang khusus yang cukup besar untuk menampung semua belanjaanmu dan tentu saja membuat momen belanjamu tetap asyik dan enggak ribet.

 

#9 Cek Ramalan Cuaca

Setiap kali berlibur kemana pun destinasi wisata yang akan kamu tuju, pastikan kamu mengecek terlebih dahulu ramalan cuaca untuk mengetahui cuaca yang akan terjadi.

Hal ini menjadi salah satu strategi yang digunakan para traveler agar lebih nyaman saat berlibur.

Apabila cuaca pada hari tersebut hujan, maka kamu tentu perlu membawa jas hujan atau payung kan?

Apabila musim panas terik, kamu tentu menggunakan pakaian yang lebih tipis dan perlengkapan yang diperlukan untuk menghindari panasnya matahari.

Oleh sebab itu, selalu cek ramalan cuaca dan iklim dari destinasi wisata tujuanmu.

Jangan sampai kamu bawa baju bernuansa musim dingin saat liburan ke daerah yang bermusim panas.

Chatuchak Market 08 - Finansialku

[Baca Juga: [Video] Kisah Sukses M Choliq Mantan Direktur Utama Waskita Karya]

 

#10 Tentukan Meeting Point

Liburan biasanya dihabiskan bersama dengan orang-orang tercinta atau rombongan wisatawan lainnya jika kamu pergi bersama travel atau tour agent.

Agar tidak tersesat atau hilang arah saat menjelajah Chatuchak Market yang luas, kamu perlu menentukan titik meeting point agar jika kamu terpisah dari rombongan, kamu bisa janjian untuk bertemu di tempat yang telah disepakati sebelumnya.

 

Belanja di Chatuchak Market dengan Aplikasi Finansialku

Itu dia tips belanja seru dan menjelajah Chatuchak Market di Bangkok, Thailand.

Lengkapi keseruan belanjamu dengan mencatat setiap pengeluaranmu melalui Aplikasi Finansialku agar tidak terjadi kebocoran dana liburan yang sudah kamu siapkan!

Rasakan liburanmu semakin bernilai dengan orang-orang yang kamu cintai melalui perencanaan dana liburan yang terperinci dengan pencatatan yang akurat dan tentu saja mudah.

Selamat berlibur!

 

Pernah ke Chatuchak Market? Tuliskan pengalaman berhargamu menjelajah ke Chatuchak Market pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Bagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalanmu yang akan pergi merasakan keseruan berbelanja di Chatuchak Market.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 29 Desember 2017. 20 Tips & Panduan Lengkap Belanja & Kuliner di Chatuchak Weekend di Bangkok, Thailand. Marketshu-travelographer.com – https://bit.ly/2Nvmjzz
  • Christy Olivia. 24 Agustus 2018. Tips & Trik Jelajah Pasar Chatuchak Bangkok. Klook.com – https://bit.ly/2KWlpKm
  • Hestianingsih. 19 September 2016. Tips Belanja di Pasar Chatuchak, Bangkok. Wolipop.detik.com – https://bit.ly/2XmdfNl
  • Lianda Marta. Wisata Belanja di Chatuchak Bangkok. Liandamarta.com – https://bit.ly/2YrgxA5

 

Sumber Gambar:

  • Chatuchak Market 1 – http://bit.ly/2GvUT6R
  • Chatuchak Market 2 – http://bit.ly/2Y7HDQK
  • Chatuchak Market 3 – http://bit.ly/2ZezEhc
  • Chatuchak Market 4 – http://bit.ly/2JTDHKw
  • Chatuchak Market 5 – http://bit.ly/32ThhR0
  • Chatuchak Market 6 – http://bit.ly/2MbtzOW
  • Chatuchak Market 7 – http://bit.ly/2JVpahn
  • Chatuchak Market 8 – http://bit.ly/2JVuwcz