Tentunya, Anda pernah melihat kios Yongki Komaladi atau pajangan sepatu bermerek Yongki Komaladi bukan? Bagaimana kisah sukses Yongki Komaladi?

Walaupun sudah terkenal dimana-mana, ada rintangan dan hambatan di balik kesuksesannya. Artikel ini akan menceritakan perjalanan Yongki Komaladi dan memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin memulai bisnis atau usaha dari nol.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kwok Joen Sian

Perusahaan sepatu Yongki Komaladi didirikan pada tahun 1992. Pendirinya bernama Kwok Joen Sian, dari pasangan orang tua A Ho dan Kwok Pit Tjong. Yongki merupakan anak ke-14 dari 15 bersaudara.

Kwok Joen Sian sering dipanggil dengan nama sebutan Yongki karena selalu memakai gelang emas pemberian kakaknya yang bertuliskan “Yongki”. Pada masa kecilnya, keluarga Yongki dapat terbilang cukup. Keluarganya memiliki usaha bangunan.

Kisah Sukses Yongki Komaladi 02 - Finansialku

[Baca Juga: [Video] Kisah Sukses M Choliq Mantan Direktur Utama Waskita Karya]

 

Yongki pun mendapatkan pendidikan hingga ke Singapura. Ia kuliah di Singapura, di Stamford College Singapore dengan jurusan bisnis manajemen.

Namun sayangnya, karena berita duka atas meninggalnya ibunda Yongki, Yongki kembali ke tanah air walaupun belum genap setahun berkuliah.

 

1977 – 1992

Sepulangnya Yongki dari Singapura, ia bekerja sebagai penjaga butik pakaian impor milik orang tua angkat Yongki. Butik yang berlokasi di Duta Merlin ini sering didatangi oleh para pejabat dan pelaku di industri bisnis serupa.

Dari penjaga butik, Yongki ditawari pekerjaan menjadi model kaca mata, model busana ternama bahkan menjadi asisten desainer.

Di puncak kariernya sebagai model, Yongki berhenti dan berubah pekerjaan. Ia kemudian menjadi Chief Merchandiser untuk salah satu department store terkenal di Indonesia.

Dari posisi inilah Yongki mulai belajar mengenai desain produk, khususnya sepatu.

Kisah Sukses Yongki Komaladi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Marie Tussaud, Pendiri Madame Tussaud]

 

Ketika suatu saat, atasan Yongki mengeluhkan penjualan sepatu yang kurang laris, Yongki menawarkan diri untuk menjadi desainer sepatu.

Yongki memang dinilai memiliki bakat oleh para temannya, oleh karena itu, ia didorong oleh teman-temannya untuk membuat desain sepatu pada tahun 1989. Dari sinilah produk sepatu Yongki Komaladi hadir.

Sebelum lanjut pada pembahasan lainnya, Anda bisa juga lho memulai bisnis dari nol. Perencanaan dan perhitungan dana usaha harus Anda siapkan. Kemajuan teknologi akan mempermudah Anda dalam menghitung berapa dana yang Anda butuhkan.

Gunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung rencana keuangan bisnis Anda! Download aplikasi secara gratis di Google Play Store!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Memulai Yongki Kamaladi

Tanpa pelajaran khusus, Yongki nekat memulai usaha sepatunya di tahun 1992.

Di tahun ini juga, Yongki mencoba untuk membuat desain untuk sepatu pengantin dan mendapatkan respon positif.

Sepatunya diberi merek Yongki Komaladi, sesuai dengan nama yang telah dipatenkannya tersebut. Yongki dari nama dirinya, Komaladi adalah nama yang diberikan untuk membedakannya dari merek dengan nama serupa.

Kisah Sukses Yongki Komaladi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Raam Punjabi, Raja Sinetron Indonesia]

 

Yongki menyadari dengan pengetahuan dan ilmu bisnis seadanya, ia harus lebih rajin dan bekerja keras. Yongki rutin melakukan riset pasar untuk membantunya memprediksi model dan desain yang akan disukai oleh masyarakat.

Selain itu, berbekal koneksi yang didapatkannya ketika masanya menjadi model, Yongki bekerja sama dengan desainer untuk memasarkan sepatunya. Beberapa desainer tersebut seperti Didi Budiarjo, Eddy Betty, Chossy Latu dan nama-nama hebat lainnya.

Dengan kolaborasi di panggung fashion show nasional dan internasional, produk Yongki yang dulunya dicibir menjadi semakin dikenal dan diterima. Yongki pun percaya tanpa promosi, merek sepatunya tidak akan dikenal di masyarakat.

Oleh karena itu, tidak hanya kolaborasi dengan desainer, Yongki pun bekerja sama dengan stasiun televisi dan mensponsori sepatu untuk acara besar seperti Indonesian Idol di stasiun televisi RCTI, Akademi Fantasi Indosiar di stasiun televisi Indosiar, Kontes Dangdut Indonesia di stasiun televisi TPI.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Kesuksesan Yongki Komaladi

Yongki Komaladi yang sekarang berada di bawah naungan perusahaan PT Sumber Kreasi Fumiko telah menjadi salah satu kebanggaan Indonesia. Mulai dari produk untuk pria, wanita hingga anak-anak dapat ditemukan di setiap gerai Yongki Komaladi.

Yongki selalu berpesan kepada karyawan-nya untuk mengedepankan kepuasan dan kesenangan pelanggan.

Dengan bermodalkan misi tersebut, Yongki mulai merambah ke bisnis tas pria, tas wanita, tas pesta dan aksesori lainnya.

Kisah Sukses Yongki Komaladi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Richard Branson, Pendiri Virgin Group]

 

Yongki adalah salah satu pengusaha di Indonesia yang mendukung industri lokal, seluruh jasa hingga bahan yang digunakan adalah dari lokal. Hingga saat ini, Yongki telah bekerja sama dengan lebih dari 80 UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk membuat sepatunya.

Penghargaan nasional dan internasional pun diborong oleh Yongki. Salah satu penghargaan yang baru saja diterima adalah penghargaan di International Footwear Design Competition yang diadakan di Tiongkok tahun 2015.

Seluruh produk Yongki Komaladi pun dapat dibeli tidak hanya dari toko fisik, tetapi juga dari platform jual beli online.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Hal yang Dapat Dipetik dari Kisah Sukses Yongki Komaladi

Yongki Komaladi yang bermula hanya dari seorang penjaga butik, mampu meniti kariernya hingga sukses seperti sekarang. Tentu perjalanan yang telah dilalui tidak mulus dan penuh dengan lika liku.

Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari kisah sukses Yongki Komaladi.

Yang pertama adalah jangan ragu untuk keluar dari zona aman.

Jika Yongki memutuskan untuk terus menjadi penjaga butik, mungkin hingga sekarang ia tidak akan memiliki toko sepatu pertamanya.

Walaupun terdengar menakutkan, tetapi keluar dari zona nyaman dapat membuka peluang yang lebih besar untuk perkembangan Anda.

Kisah Sukses Yongki Komaladi 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses: Intip Gudang Kekayaan Reino Barack]

 

Yang kedua adalah jangan ragu untuk mencoba.

Mencoba sesuatu yang baru adalah hal yang dapat membantu Anda belajar dan mendapatkan pengetahuan baru.

Selanjutnya, jangan pernah berhenti belajar.

Dibutuhkan ketekunan untuk meniti sebuah usaha yang sukses. Jika Yongki tidak mempelajari minat pasar, mungkin sepatunya tidak akan selaku sekarang.

Belajar untuk membuat produk yang lebih baik dari sebelumnya, belajar untuk memberikan yang terbaik dan belajar untuk memperbaiki kesalahan adalah karakteristik pebisnis yang akan sukses.

Kemudian, ingat bahwa pengenalan produk adalah hal yang sangat penting.

Jika masyarakat tidak mengenal produk Anda, maka Anda tidak dapat menambah basis pelanggan. Untuk itu, marketing adalah hal utama yang menjadi poros sebuah bisnis.

Yang terakhir adalah mengutamakan pelanggan.

Pelanggan adalah jantung dari usaha Anda, tanpa dukungan dari pelanggan, maka usaha Anda akan sia-sia. Dengan menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama, Anda akan lebih mudah mengambil strategi bisnis.

 

Tantangan adalah Pelajaran

Dalam perjalanan menuju kesuksesan, Anda pasti akan dihalang dengan berbagai hambatan dan tantangan. Seluruh hambatan ini harus dijadikan pelajaran untuk dapat lebih baik dari yang sekarang.

Oleh karena itu, jangan mudah menyerah dan teruslah bermimpi.

 

Dari artikel ini, diharapkan Anda terinspirasi untuk menjadi lebih baik dari sekarang. Dengan kerja keras dan usaha yang tepat, pasti seluruh impian Anda akan terwujud.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan bagikan pengalaman inspirasional Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 11 Oktober 2018. Yongki Komaladi, Kisah Sukses si Penjaga Butik Populerkan Sepatu Lokal. Moneysmart.id – https://goo.gl/pxHkYc

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Yongki Komaladi 01 – https://goo.gl/1MvToz
  • Kisah Sukses Yongki Komaladi 02 – https://goo.gl/QJY43m
  • Kisah Sukses Yongki Komaladi 03 – https://goo.gl/pQKTd9
  • Kisah Sukses Yongki Komaladi 04 – https://goo.gl/ZpytDW
  • Kisah Sukses Yongki Komaladi 05 – https://goo.gl/Y516LB
  • Kisah Sukses Yongki Komaladi 06 – https://goo.gl/mda8Ua