Siapa sih yang tidak ingin memiliki anak yang pintar? Moms ternyata kepintaran anak sudah bisa dilihat sejak ia masih kecil.

Ingin tahu apa saja ciri-cirinya? Ayo kita bahas!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ciri Anak Pintar

Memiliki anak yang pintar adalah impian setiap orang tua, apalagi orang tua zaman now, mereka akan rela melakukan apa saja, salah satunya mengikut sertakan anaknya dalam kegiatan-kegiatan yang dapat merangsang daya pikir anak.

Membiasakan anak-anak untuk main ke tempat baru sembari membebaskan anak untuk mengeksplorasi hal-hal baru pun menjadi salah satu rangsangan untuk mengasah kepintaran anak, tapi tetap ya moms, jangan sampai tidak terpantau.

Lalu apa saja ciri-ciri anak yang pintar?

 

#1 Fokus Terhadap Satu Hal

Jika anak Anda fokus terhadap satu hal, contoh ingin menggambar terus-terusan, jangan larang dia, karena biasanya anak-anak (tidak pintar) sulit untuk diajak fokus terhadap satu hal. Jadi, selama ia melakukan hal yang positif, dukung terus moms.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Sangat Aktif

Hal yang harus diingat yaitu bedakan anak aktif dan anak hiperaktif.

Anak aktif mempunyai fokus perhatian yang baik, lebih sabar, dan suka dengan kegiatan yang butuh banyak gerakan fisik, sedangkan anak hiperaktif biasanya tidak fokus, tidak bisa diam, tidak sabar, dan cenderung agresif.

Ketika anak banyak gerak (tidak bisa diam) biarkan saja, selama yang dia lakukan tidak membahayakan dirinya dan orang lain. Jangan senang melihat anak hanya duduk terdiam sembari bermain gadget.

Ciri Anak Pintar 02 Anak Pintar 2 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Pendidikan Anak: Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas, Lebih Baik Mana?]

 

#3 Memiliki Kosakata Tinggi

Kecerdasan anak juga ditandai dengan penguasaan kosakata yang tinggi. Mereka bisa menggunakan kosakata yang sulit dengan tepat, dan bisa mengucapkannya dalam kalimat yang lengkap.

Penelitian juga menemukan bahwa anak-anak dengan kosakata lisan yang baik, akan cenderung lebih cerdas di sekolah.

 

 #4 Suka Berimajinasi

Suka berimajinasi merupakan salah satu ciri anak cerdas.

Biasanya anak suka berimajinasi dengan menirukan hal-hal yang ada di sekitarnya, misalnya dengan membayangkan awan berbentuk burung, atau membuat gambar dengan cerita yang dibuatnya sendiri.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#5 Daya Ingat Kuat

Anak yang cerdas biasanya memiliki ingatan yang kuat terhadap berbagai macam informasi yang pernah dilihat atau didengarnya.

Dengan daya ingat yang baik ini nantinya anak akan lebih mudah memahami dan menangkap pelajaran di sekolah. Selain itu daya ingat juga bermanfaat untuk membangun rasa percaya diri dan kemandirian anak.

 

#6 Mempunyai Bakat Seni

Anak dengan bakat seni seperti menggambar dan menyanyi juga termasuk dalam kategori anak cerdas.

Ketika balita biasanya mereka mampu menggambar sesuatu dengan jelas atau menyanyi dengan nada yang tepat. Hal ini menunjukkan keseimbangan antara otak kiri dan kanan mereka.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#7 Membaca Lebih Awal

Anak cerdas mempunyai rasa ingin tahu yang cukup tinggi terhadap segala sesuatu.

Karena itu Anda bisa memperkenalkan mereka dengan buku cerita bergambar yang sesuai dengan usianya, biasanya mereka akan penasaran dan ingin membaca sendiri buku tersebut.

Secara alami, rasa penasaran itu akan mendorong anak untuk belajar membaca.

Oh ya, selain membiasakan anak-anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sosialnya, asupan nutrisi pun dipercaya dapat mempengaruhi kepintaran anak lho Moms, tak percaya?

Lihat saja anak-anak zaman sekarang yang sejak balita sudah makan salmon, mereka lebih cepat menyerap ilmu dan mengimplementasikan hal-hal baru.

Ciri Anak Pintar 03 Asupan Nutrisi 1 - Finansialku

[Baca Juga: Hubungan Ibu dan Anak Bisa Makin Rukun dengan Mempraktikkan 6 Cara Ini]

 

Nutrisi Terbaik Agar Anak Anda Menjadi Pintar

Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai usia 3 tahun, akan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap perkembangan tubuh dan sel-sel otak anak.

Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, maka semakin bagus fungsi sel-sel otak bayi dan balita.

Karena tumbuh kembang otak sejak kehamilan 6 bulan sampai umur 2 tahun sangat cepat dan penting, maka bayi membutuhkan banyak protein, karbohidrat dan lemak.

Hal ini dikarenakan sampai berumur 1 tahun, 60% energi makanan bayi digunakan untuk pertumbuhan otak.

Selain itu, bayi dan balita membutuhkan Vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, sphyngomyelin, sialic acid, dan asam-asam amino, seperti tyrosine dan tryptophan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dan ASI mengandung semua kebutuhan nutrisi tersebut, termasuk AA, DHA, sphyngomyelin dan sialic acid.

Berikut adalah 8 Nutrisi penting yang wajib Moms ketahui, dan ini penting untuk tumbuh kembang anak Anda.

 

#1 AA (Arachidonic acid) dan DHA (Docosahexanoid Acid)

Zat gizi ini termasuk golongan long chain polyunsaturated fatty acid (LC PUFA), yaitu golongan asam lemak esensial, di mana asam lemak tidak bisa dibentuk oleh tubuh dan harus didapat dari luar.

AA dan DHA ini bisa ditemukan dalam ASI, dan juga bisa didapatkan dalam ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, telur.

Ciri Anak Pintar 04 Asupan Nutrisi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Anak Susah Makan? Ini Caranya Meningkatkan Nafsu Makan]

 

#2 Asam Lemak Omega 3, 6, 9

Nutrisi ini penting untuk membentuk pembungkus saraf.

Asam-asam lemak omega-3 sering disebut sebagai yang paling penting di antara asam-asam lemak karena memiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah.

Asam-asam lemak omega-3 juga baik bagi sistem saraf pusat dan otak.

 

#3 Asam Amino

Asam amino berguna untuk membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel saraf.

Asam amino menghasilkan asparagin yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam sistem saraf pusat, yang kemudian diubah menjadi asam aspartat, dan melepaskan energi bagi sel-sel saraf otak dan sistem metabolisme.

 

#4 Tyrosine

Tyrosine merupakan bahan baku pembuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang memengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian (konsentrasi), emosi dan perilaku anak. Tyrosine pertama kali di temukan dalam keju.

 

#5 Triyptophane

Ini merupakan asam amino yang penting, karena juga sebagai bahan baku pembuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang memengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian (konsentrasi), emosi dan perilaku anak.

 

#6 Vitamin B

Vitamin B dapat membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak yang pada akhirnya bisa meningkatkan memori.

Penurunan memori pada otak sering dikaitkan dengan kekurangan Vitamin B.

Makanan seperti telur, daging dan bayam, memiliki jumlah Vitamin B kompleks yang tinggi.

Ciri Anak Pintar 05 Asupan Nutrisi 3 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Lakukan 5 Gaya Hidup Hemat Ala Ibu Rumah Tangga Jepang Demi Kesejahteraan Keuangan]

 

#7 Zat Besi

Zat besi adalah unsur penting dalam produksi dan pemeliharaan mielin serta mempengaruhi aktivitas saraf. Zat besi membantu kerja enzim yang penting untuk perangsangan saraf.

Zat besi ditemukan dalam otak secara tidak merata, sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian otak tersebut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kecerdasan.

 

#8 Seng  

Seng dibutuhkan untuk pembelahan dan kemampuan membran sel-sel otak. Zat zinc atau seng adalah unsur dalam tubuh yang berjumlah kecil tetapi sangat dibutuhkan. Zat seng membentuk ratusan jenis enzim tubuh dan pemberi vitalitas.

Ciri Anak Pintar 06 Asupan Nutrisi 4 - Finansialku

[Baca Juga: Mainan Anak Bayi, Usia 0 – 12 bulan untuk Tumbuh Kembang Anak]

 

Pendidikan Anak Adalah yang Terpenting

Ke 8 nutrisi ini akan sangat bermanfaat untuk anak-anak. Ketika anak Anda pintar saya yakin Anda juga akan merasa bangga. Nutrisi yang baik diimbangi dengan kualitas pendidikan yang baik pula dan akan menjadi modal kesuksesan bagi anak Anda kelak.

Sebagai orang tua, pasti ada perasaan bersalah dalam diri Anda jika tidak mampu menyekolahkan anak di sekolah favorit, apalagi jika Anda sendiri dulu disekolahkan oleh orang tua di tempat favorit. Orang tua saja bisa masa saya tidak bisa?

Oleh karena itu, pendidikan anak pun harus sangat diperhatikan.

Terlebih lagi jika mengingat biaya pendidikan yang semakin tahun semakin mahal, tidak ada salahnya untuk merencanakan biaya pendidikan anak sejak dini, apalagi jika anak Anda masih bayi.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Karena merasa setiap tahun biaya sekolah semakin mahal, hal umum yang dilakukan oleh orang tua adalah menabung untuk menyiapkan dana pendidikan anaknya. Namun apakah menabung saja cukup?

Berdasarkan data, biaya pendidikan naik sebesar 10% hingga 15% per tahun. Misal tahun ini biaya masuk sekolah Rp10 juta, maka tahun depan bisa naik menjadi Rp11 juta sampai 11,5 juta.

Di sisi lain produk tabungan berjangka hanya memberikan hasil investasi sebesar 6%-7%, per tahun.

Jika seperti ini, otomatis bunga hasil tabungan tersebut tidak bisa mengejar inflasi dari biaya pendidikan.
Bisa di bilang tabungan pendidikan saja tidak cukup untuk memenuhi biaya pendidikan. Sebagai solusinya, Moms bisa mulai berinvestasi sesuai dengan jumlah dan periode (waktu).

Berikut adalah gambar grafik yang menunjukkan periode investasi untuk masing-masing tingkatan sekolah.

Ciri Anak Pintar 07 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Perkembangan Psikologi Anak dari Bayi Hingga Dewasa]

 

Coba perhatikan gambar di atas, setiap jenjang pendidikan memiliki waktu persiapan yang berbeda-beda, misal:

  • Jika saat ini ada seorang ibu memiliki anak yang baru baru lahir, maka waktu menuju playgroup hanya tinggal tiga tahun.
  • Jika saat ini ada seorang ibu memiliki anak berusia 10 tahun, maka waktu menuju kuliah hanya tinggal delapan tahun.

 

Bagaimana dengan Anda? Berapa lama waktu yang Anda? Jangan tunggu lagi untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

Moms bisa mulai mencari tahu tentang investasi apa saja yang bisa memberikan imbal hasil diatas 15% untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang disekitar Anda ya, dan jika ada pertanyaan, Anda bisa meninggalkannya pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

Sumber Referensi:

  • Alex. 9 Ciri Anak Cerdas Yang Wajib Diketahui Orangtua. Pendidikan.karakter.com – https://goo.gl/qgpCPd
  • Asep Candra. Inilah 13 Nutrisi Penting untuk Cerdaskan Anak. Lifestyle.kompas.com – https://goo.gl/q7wrgk

 

Sumber Gambar:

  • Anak Pintar 1 – https://goo.gl/XMx3xn
  • Anak Pintar 2 – https://goo.gl/EDnNyp
  • Asupan Nutrisi 1 – https://goo.gl/Rxbq8e
  • Asupan Nutrisi 2 – https://goo.gl/KPjvLH
  • Asupan Nutrisi 3 – https://goo.gl/rWMQgf
  • Asupan Nutrisi 4 – https://goo.gl/9uYLZK