Belakangan ini banyak beredar pelayanan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) palsu di tengah masyarakat. Lalu, bagaimana ciri aplikasi BPJSTK asli?

Tentunya hal ini bisa sangat merugikan Anda. Oleh karena itu, disini Finansialku akan memberi panduan mengenai ciri aplikasi BPJSTK yang asli. Mari kita simak pembahasannya bersama:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Waspada! Beredar Banyak Aplikasi BPJSTK Palsu

Sebelum Anda memanfaatkan fiturnya yang asli, ada baiknya Anda mengenal dan mempelajari mengenai bantuan sosial dari pemerintah ini.

Mengapa harus mengenal terlebih dahulu? Faktanya, banyak masyarakat yang gagal menikmati benefitnya akibat tidak mengetahui kebijakan dan prosedurnya dengan benar.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah program jaminan sosial bagi warga Indonesia yang memiliki status pekerja. UU No. 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja mencakup seluruh ketentuan mengenai BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Apa Benar Dapat Diskon Pakai Kartu BPJS Ketenagakerjaan Saat Berbelanja 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Registrasi dan Cara Mudah Menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan!]

 

Per 1 Januari 2014, ditambahkan bahwa seluruh perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini agar dapat memperoleh sejumlah program yang diselenggarakan.

Sebagai contoh Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun, dan lainnya.

Tidak hanya itu, prosedur BPJS Ketenagakerjaan sudah semakin dipermudah dengan adanya beberapa teknologi terbaru, salah satunya adalah dengan aplikasi BPJS dan BPJSTK yang bisa diakses secara mobile.

Sayangnya belum lama ini dikabarkan banyak beredar aplikasi BPJSTK palsu yang mengatasnamakan BPJSTK dengan iming-iming memberikan pelayanan yang instan seperti jasa pencetakan kartu kepesertaan, klaim JHT, aplikasi palsu dan lainnya.

Sayangnya mereka justru memanfaatkan data kita untuk pencurian dan memanipulasi data.

Tidak hanya sebatas disitu saja, mereka juga tak segan untuk meminta sejumlah uang yang biasanya dijadikan sebagai uang administrasi atau pelicin agar semua kebutuhan yang diinginkan masyarakat bisa diproses dengan cepat.

Bahkan ada kasus dimana uang JHT dibawa kabur oleh oknum tidak bertanggung jawab tersebut.

Tentunya penipuan berkedok BPJSTK ini meresahkan masyarakat Indonesia secara umum. Oleh karena itu, Finansialku siap membantu Anda mengenali aplikasi BPJSTK asli agar Anda bisa menikmati fasilitasnya dengan aman dan tenang.

Yuk simak ulasan bagaimana ciri aplikasi BPJSTK yang asli di bawah ini:

 

Ciri Aplikasi BPJSTK yang Asli

Menanggapi banyaknya aplikasi yang mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan di Play Store, BPJS Ketenagakerjaan menyatakan hanya memiliki satu aplikasi online

Melansir dari laman BPJSTK, pemerintah juga menghimbau masyarakat terutama pada anggota kepesertaan BPJSTK untuk lebih berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan dan harus sadar akan penggunaan situs pelayanan BPJSTK yang asli.

Oleh karena itulah, disini Finansialku siap menjabarkan beberapa ciri aplikasi BPJSTK asli agar Anda bisa mengakses dan menikmati fiturnya dengan aman.

 

#1 Nama Aplikasi Resmi: BPJSTKU

Apakah Anda bingung dengan nama aplikasi resmi BPJS Ketenagakerjaan? Yuk cari tahu jelasnya disini. Pada awalnya, aplikasi BPJS Ketenagakerjaan bernama BPJSTK mobile.

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja mengatakan, nama aplikasi BPJS Ketenagakerjaan tak lain adalah BPJSTK mobile.

Waspada!!! Ketahui Ciri Aplikasi BPJSTK Asli Supaya Aman 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Gembira! Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sekarang Berubah Menjadi Digital!]

 

Aplikasi berbasis Android ini bisa diperoleh di Play Store atau App Store. Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan dan hanya satu-satunya. Ia menjelaskan:

“Yang asli cuma BPJSTKU mobile. Yang lain nama developernya bukan BPJS Ketenagakerjaan. Fitur BPJSTK Mobile terdapat data upah yang dilaporkan, pengecekan saldo JHT, bahkan pelaporan jika upah tidak sesuai.”

 

Beliau juga menuturkan bahwa aplikasi itu terintegrasi dengan data KTP elektronik. Dengan demikian, foto dalam BPJSTK Mobile menggunakan foto yang terekam dalam KTP elektronik.

Namun guna mempermudah peserta dalam melakukan pengecekan saldo, klaim online, pendaftaran online dan layanan informasi lainnya kapan pun dan di mana pun, BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan aplikasi mobile berbasis android bernama BPJSTKU.

Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono menjelaskan, aplikasi BPJSTKU merupakan aplikasi generasi kedua yang dikembangkan dari BPJSTK mobile.

Dengan mengetahui nama aplikasi resmi ini, diharapkan masyarakat tidak lagi tertipu dengan maraknya aplikasi BPJSTK palsu yang beredar. Sumarjono memaparkan:

“Pengguna harus mampu memilih aplikasi yang terpercaya dan resmi dari BPJS Ketenagakerjaan. Kanal informasi yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di media sosial dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk melakukan verifikasi resmi tidaknya aplikasi jika pengguna merasa kurang yakin.”

 

#2 Fitur Resmi

Dalam BPJSTKU, terdapat berbagai macam fitur tambahan yang menyempurnakan aplikasi sebelumnya. Seperti cek saldo JHT, pelaporan ketidaksesuaian upah atau jumlah karyawan, hingga promo diskon di merchant kerja sama.

Agar tidak tertipu dan memasukkan data yang bisa dengan mudah dicuri serta dipalsukan, pastikan fitur aplikasi Anda memang sesuai dengan yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan, antara lain sebagai berikut:

  1. Peserta bisa melakukan pendaftaran sebagai Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara langsung di aplikasi hanya dengan menggunakan data kependudukan.
  2. Peserta bisa melakukan pengecekan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) secara online dengan cepat dan akurat.
  3. Pada aplikasi ini peserta juga dimudahkan dengan adanya simulasi perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT).
  4. Peserta bisa lebih mudah mendapatkan berbagai macam informasi mengenai program BPJSTK.
  5. Peserta BPJS juga dapat melihat informasi mengenai kantor cabang terdekat.
  6. Adanya pemberian informasi pusat pelayanan dan media sosial.
  7. Bagi peserta yang mengalami kendala atau penipuan, peserta bisa langsung melaporkan kepada pihak BPJS dengan layanan ‘pelaporan dan pengaduan’.
  8. Aplikasi tersebut juga memberikan laporan kecelakaan kerja secara real time.
  9. Peserta juga akan mendapatkan kartu digital.

 

Perlu Anda ketahui juga bahwa sementara ini aplikasi BPJSTK baru dapat diakses oleh ponsel berbasis Android. Oleh karena itu, bagi pengguna iOS untuk sementara baru dapat mengakses datanya melalui aplikasi berbasis situs di www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

 

#3 Situs Resmi: www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Selain aplikasi BPJSTKU, Anda juga bisa mengakses situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Situs resmi yang asli hanyalah www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Banyak yang bisa diperoleh dari website resmi milik BPSJTK.

Selain bisa mendaftar, Anda juga bisa mengetahui ragam informasi, seperti:

  • Sejarah terbentuknya BPJS
  • Visi dan misi
  • Informasi mengenai program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun
  • Peraturan dan keputusan yang terkait BPJS
  • Deretan penghargaan yang diraih BPJS
  • dan masih banyak lainnya.

 

#4 Media Sosial Resmi

BPJS Ketenagakerjaan juga diketahui memiliki beberapa media sosial dengan tujuan mempermudah masyarakat memperoleh informasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan.

Selain lebih mudah, media sosial juga dikenal bisa menjangkau berbagai lapisan usia masyarakat sehingga otomatis memperluas penyebaran informasi BPJS Ketenagakerjaan.

Milenial Terlilit Utang Hindari Perilaku Konsumtif dan Bijak Menggunakan Media Sosial 02 Media Sosial - Finansialku

[Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Online: E-Payment System (EPS) Untuk Kemudahan Pembayaran]

 

Sayangnya, bukan hanya aplikasi saja yang dipalsukan, banyak juga media sosial palsu yang mengatasnamakan BPJSTK untuk melakukan penipuan.

Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono kembali mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada dan teliti dalam mengenali media sosial resmi BPJSTK. Ia menjelaskan:

“Masyarakat juga perlu waspada dengan akun media sosial yang tidak resmi, apalagi akun yang menawarkan kemudahan pencairan dengan membayarkan sejumlah uang. Kanal media sosial yang kami miliki seluruhnya sudah terverifikasi, pastikan hanya menghubungi kanal informasi resmi kami jika ada yang ingin ditanyakan.”

 

Agar informasi yang Anda peroleh selalu akurat, maka lihatlah media sosial resmi milik BPJS Ketenagakerjaan, yakni sebagai berikut:

  • Facebook: BPJS Ketenagakerjaan
  • Instagram: bpjs.ketenagakerjaan
  • Twitter: @bpjstkinfo
  • Youtube: BPJS Ketenagakerjaan dan BPJSTK News

 

#5 Contact Center Resmi

BPJS Ketenagakerjaan juga siap melayani pertanyaan bagi masyarakat yang kurang jelas mengenai informasi yang sudah tercantum pada aplikasi, website atau media sosialnya.

Anda bisa segera memperoleh informasi cepat via contact center BPJS Ketenagakerjaan.

Contact center resmi yang bisa Anda hubungi dulunya bernomor 1500910, namun sekarang resmi berubah menjadi 175. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi BPJS Ketenagakerjaan via e-mail di care@bpjsketenagakerjaan.go.id.

Untuk kantor resminya, Anda juga bisa berkunjung langsung ke alamat kantor pusatnya yang berada di Jalan Jendral Gatot Subroto No.79 Jakarta Selatan, Indonesia 12930 dengan nomor telepon (021) 5207797.

Khusus bagi Anda para Pekerja Migran Indonesia (TKI) di Luar Negeri, Anda bisa menanyakan seputar BPJSTK ke Care Contact Center melalui Whatsapp 0811-9115910 atau 0855-1500910.

Layanan yang satu ini bisa melayani Anda mulai dari pukul 06:00 hingga 22:00 WIB. 

 

Kenali dan Hindari BPJSTK yang Palsu

Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, menjelaskan kemajuan teknologi yang memudahkan ini harus bisa diimbangi dengan kecerdasan pengguna dalam memanfaatkan teknologi tersebut.

Sumarjono menjelaskan, hal ini sudah sangat meresahkan dan merugikan masyarakat sehingga pemerintah mengimbau masyarakat untuk lebih teliti dan berhati-hati, Sumarjono mengatakan:

“Hal ini kami sampaikan karena maraknya laporan dari peserta kami yang menerima email mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan dan meminta beberapa data pribadi sebagai bahan verifikasi, hal ini kami pastikan tidak benar dan merupakan info yang menyesatkan.”

 

Maraknya aplikasi palsu sejenis BPJSTKU perlu diwaspadai. Oleh karena itu, selain memastikan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang Anda gunakan asli, Anda juga perlu mengenal dan menghindari yang palsu.

Saat ini terdapat beberapa aplikasi palsu yang mengatasnamakan aplikasi resmi milik BPJS Ketenagakerjaan seperti Ku BPJS, Saldo JHT On Line, Iman Ethika, dan diprediksi masih akan bermunculan lagi yang lainnya.

Jadi, yuk teliti dan identifikasi keaslian aplikasi BPJSTK Anda supaya bisa menikmati fiturnya dengan aman dan tenang.

Oh iya, jika Anda belum merencanakan keuangan dengan matang, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai ciri aplikasi BPJSTK asli supaya aman lainnya?

Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriyandi Al Fajri. Selasa, 9 Oktober 2018. Tiga Aplikasi Palsu Ini Ditengarai Jual Nama BPJS-TK dan Tipu Masyarakat. Wartakota.tribunnews.com – http://bit.ly/31tQb1o
  • Admin. 9 Oktober 2018. Hanya BPJSTKU Aplikasi Resmi BPJS Ketenagakerjaan. Bpjsketenagakerjaan.go.id – http://bit.ly/2KGMUoF
  • Siti Nur Azzura. 7 Oktober 2018. Waspada penipuan, ini aplikasi hingga sosmed asli BPJS Ketenagakerjaan. Merdeka.com – http://bit.ly/2YMkm76
  • Muhammad Iqbal. 9 Oktober 2018. Awas! Beredar Aplikasi Palsu BPJS Ketenagakerjaan di Android. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2z0vCxf
  • Achmad Dwi Afriyadi. 24 Januari 2018. Ada Banyak Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, Ini yang Asli. Liputan6.com – http://bit.ly/2Z4G7up

 

Sumber Gambar:

  • Logo BPJSTK – http://bit.ly/2ORRcPx
  • BPJSTKU – http://bit.ly/2OSOHfX