Seperti apa sih ciri perempuan yang berkarakter kuat dan tangguh?

Tentunya setiap wanita memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda-beda. Wanita berkarakter kuat dan tangguh biasanya menarik perhatian lawan jenisnya. Apakah Anda adalah salah satunya?

Yuk cari tahu jawabannya disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tokoh Inspirasional: Najwa Shihab

Para pembaca, pernahkah Anda menonton acara Mata Najwa? Talk show yang tayang di stasiun televisi TRANS 7 ini menjadi salah satu acara andalan yang selalu dinanti pemirsanya.

Kesuksesan Mata Najwa ini tak terlepas dari sang pembawa acara, Najwa Shihab, yang dikenal kritis dan tajam dalam mengupas fenomena yang tengah jadi perbincangan publik.

Pertanyaan-pertanyaan tajam yang dilontarkan Najwa Shihab ke narasumber menjadi kunci menariknya acara bincang-bincang ini.

Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Hendy Setiono Pendiri Kebab Baba Rafi, 2 Outlet di 2003 Jadi Lebih Dari 1200 Outlet di 2015]

 

Apalagi bintang tamu yang dihadirkan bukan orang sembarangan. Hampir sebagian besarnya adalah para elit politik atau tokoh di bidangnya masing-masing.

Tak tanggung-tanggung bahkan Presiden dan Wakil Presiden pun bersedia hadir di acara ini.

Najwa Shihab atau yang akrab disapa Mbak Nana adalah sosok inspirasional yang tak henti-hentinya menoreh prestasi.

Wanita yang lahir pada 16 September 1977 ini dikenal masyarakat luas melalui kiprahnya sebagai jurnalis. Mbak Nana sudah malang melintang di dunia jurnalistik sejak 2001.

Selama 18 tahun berkarier sebagai jurnalis, Mbak Nana selalu berupaya memberikan informasi teraktual kepada pemirsa di seluruh Indonesia.

Dirinya dikenal sebagai jurnalis yang lugas dan kritis, sehingga pertanyaannya kerap membuat para tokoh besar kaget sekaligus terkesima.

Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer]

 

Prestasi Mbak Nana tampak pada banyaknya penghargaan yang berhasil diraihnya.

Salah satunya adalah penghargaan HPN Award yang diraihnya pada Hari Pers Nasional (HPN) 2005, ada pula penghargaan PWI Jaya Award yang diberikan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya.

Di tahun 2006, Najwa Shihab terpilih menjadi salah seorang peserta Senior Journalist Seminar yang diadakan di AS, serta menjadi seorang pembicara di Konvensi Asian American Journalist Association.

Ia juga meraih anugerah sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV di tahun tersebut.

Pada tahun 2011, ibu satu anak ini dianugerahi Young Global Leader oleh The World Economic Forum.

Masih di tahun yang sama, Mbak Nana juga meraih predikat Highly Commended dalam kategori Best Current Affairs Presenter pada ajang Asian TV Awards setelah sebelumnya meraih predikat yang sama di tahun 2007 dan 2009.

Di tahun 2015 Forbes Magazine mengumumkan sosoknya sebagai Most Progressive Figure, sementara Elle Magazine juga turut memberikan predikat sebagai The Influential Woman of The Year pada tahun 2016.

Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

Dalam perjalanan kariernya selama hampir 20 tahun, Najwa Shihab tak berhenti menginspirasi para jurnalis dan perempuan di Indonesia.

Dianggap menginspirasi banyak wanita Indonesia, Najwa Shihab hanya tersenyum dan berkata semua wanita menginspirasi. 

“Wanita kini semakin tangguh dan kuat serta dapat menyeimbangkan antara karier dan keluarga, mereka tidak melupakan kodratnya sebagai wanita serta bisa memposisikan sebagai ibu, istri dan anak.”

 

Kerendahan hatinya ini membuatnya semakin menginspirasi perempuan, terutama yang masih ragu dalam berkarier di bidang jurnalistik.

Sederhana dan rendah hati, namun berani dan cerdas dalam apapun yang dilakukannya. Sosok yang luar biasa bukan?

Mbak Nana mencerminkan seorang perempuan berkarakter kuat dan tangguh di sisi lain kecerdasannya. Dirinya tak henti-henti menjadi contoh wanita kuat yang dikagumi baik para wanita maupun pria.

Terinspirasi dari seorang Najwa Shihab, Finansialku ingin mengajak pembaca untuk melihat apakah Anda merupakan seorang perempuan kuat dan tangguh? Apa saja ciri-cirinya?

Mari kita cari tahu di bawah ini.

 

10 Ciri Perempuan Berkarakter Kuat dan Tangguh

Tahukah Anda? Perempuan yang tampak lemah lembut dan halus bukan berarti dirinya tak kuat dan tangguh.

Ada pepatah mengatakan, “Dibalik seorang pria sukses, ada seorang wanita hebat di belakangnya.”

Erick S. Gray pula pernah menuliskan sebuah quotes menarik yang berbunyi:

“Whatever you give a woman, she will make greater. If you give her sperm, she’ll give you a baby.. If you give her a house, she’ll give you a home. If you give her groceries, she’ll give you a meal. If you give her a smile, she’ll give you her heart. She multiplies and enlarges what is given to her. So, if you give her any crap, be ready to receive a ton of shit!”

 

Betul sekali, sosok wanita merupakan sosok yang hebat dibalik tubuh mungil mereka yang terlihat rapuh.

Meski demikian, memiliki karakter kuat dan tangguh bukanlah sesuatu yang diperoleh secara cuma-cuma. Namun Anda pasti bisa memilikinya.

Berikut adalah 10 ciri-ciri perempuan berkarakter kuat dan tangguh di mata pria :

 

#1 Independen

Seorang wanita berkarakter kuat dan tangguh menurut pria tampak dari kemandiriannya. Wanita yang independen cenderung tidak suka berada di bawah tanggung jawab seseorang.

Meski sudah menikah, mereka tidak akan bergantung dengan suaminya dan cenderung punya karier yang terus berkembang, serta tahu jelas apa yang diminatinya.

Emansipasi Wanita Hal Yang Bisa Kamu Petik Dari Tokoh Wanita Ini, Dijamin Sukses! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!]

 

Menurut pria, mereka lebih mengagumi perempuan independen yang bisa memosisikan dirinya terhadap orang lain. Dengan kata lain, tetap menghargai orang lain dan bisa beradaptasi dalam berbagai situasi.

 

#2 Punya Kendali

Tidak diragukan jika pria menyukai perempuan yang terkadang manja. Namun bukan berarti pria membenci perempuan yang punya kendali.

Pria juga menyukai perempuan yang tahu bagaimana menyuarakan pendapat, serta tidak mudah diperdaya karena punya kendali penuh terhadap dirinya.

Bukan masalah jika memiliki sifat manja, namun perempuan harus tetap bisa menguasai keadaan saat diperlukan.

 

#3 Bisa Dipercaya

Bukan hanya perempuan, semua orang memang lebih menghargai mereka yang jujur dan bisa dipercaya ketimbang mereka yang suka berbohong dan penuh tipu daya.

Oleh karena itu, pria juga sangat menyukai perempuan kuat yang bisa dipercaya Mereka tahu apa saja yang harus dan pantas diucapkan dan mana yang tidak, sehingga mereka selalu menjaga setiap janji dan perkataannya.

 

#4 Berdedikasi Tinggi

Perempuan berkarakter kuat dan tangguh juga tampak saat dirinya berkomitmen akan sesuatu. Pria menjelaskan, wanita kuat dan tangguh umumnya berdedikasi tinggi.

Perbedaan Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karir 04 Perbedaan Sikap - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Sebagai contoh, saat berumah tangga, perempuan dengan dedikasi tinggi akan selalu berusaha memberikan waktu dan perhatiannya bagi keluarganya.

Mereka akan selalu mencari tahu bagaimana cara yang baik dan benar untuk mengerjakan perannya.

 

#5 Selalu Berusaha Menjadi Lebih Baik

Perempuan berkarakter kuat dan tangguh tahu bahwa untuk bertahan di dunia yang kejam dibutuhkan sebuah evolusi. Dengan demikian, dirinya tak akan berhenti dan puas di satu titik.

Mereka akan selalu berupaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Orang dengan karakter ini termasuk tipe yang terus menggali potensi dan kualitas yang ada dalam dirinya.

Inilah alasan kuat kenapa banyak lelaki lebih tertarik dengan tipe wanita seperti ini.

 

#6 Rendah Hati

Meski berkepribadian kuat dan tangguh, wanita tipe ini tak akan segan untuk terus membekali dirinya dan belajar dari siapapun.

Mereka juga tak pernah meremehkan orang lain, selalu terbuka terhadap kritikan dan menerima perbedaan sebagai suatu hal yang perlu dihormati dan dihargai.

Kenali Peluang Usaha Melakukan Bisnis Online Untuk Wanita Karir 02 - Finansialku

 [Baca Juga: 11 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses seperti Anda]

 

Hal ini membuat wanita kuat dan tangguh paham bahwa normal jika ada perbedaan dalam sebuah hubungan, sehingga mereka selalu menghargai suaminya meski terkadang ada perbedaan.

 

#7 Menghargai Diri Sendiri

Tahukah Anda, meski mereka rendah hati, perempuan berkarakter kuat tahu bahwa mereka juga perlu menghargai dirinya sendiri. Mereka tahu bahwa dirinya berharga dan perlu dijaga dengan baik.

Seorang wanita dengan mental yang tangguh memahami pentingnya self care. Melalui self care, mereka mendapatkan semangat dan motivasi untuk terus bergerak maju mencapai tujuan.

 

#8 Berani Menghadapi Tantangan

Perempuan yang kuat dan tangguh juga tidak pernah mundur menghadapi sebuah tantangan.

Tantangan menerima jabatan tinggi di perusahaan, bepergian ke tempat baru, atau bahkan konflik dengan teman bukanlah penghalang bagi wanita bermental baja.

Tengok Perbedaan Pria dan Wanita Dalam Mengelola Keuangan. Apakah Benar 02 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Pasalnya, mereka tahu bahwa menghindari tantangan tidak akan membawa mereka ke mana pun.

Ciri khas dari wanita berkarakter kuat adalah memiliki kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan dan rasa takutnya. Mereka juga tidak membiarkan siapa pun atau apa pun membatasi potensi yang mereka miliki.

 

#9 Bertanggung Jawab

Perempuan kuat dan tangguh juga selalu bertanggung jawab atas apa yang diperbuatnya. Hal ini yang terkadang menghasilkan kesuksesan bagi mereka.

Di saat orang lain yang gagal menyalahkan keadaan dan orang lain, perempuan kuat dan tangguh akan bertanggung jawab dan mencari solusi dari kegagalan tersebut.

Mereka tidak membuang-buang waktu untuk mencari alasan akan kegagalannya dan selalu siap bertanggung jawab.

 

#10 Percaya Diri

Wanita tangguh tidak suka membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Meski membandingkan diri sebagai bentuk motivasi bukanlah hal yang buruk, namun kepercayaan diri dibutuhkan untuk tetap bisa berdiri tegap di tengah banyaknya kendala.

Terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat Anda minder serta membentuk standar kebahagiaan yang tidak realistis.

Seorang wanita berkarakter kuat tidak terpaku pada standar berdasarkan orang lain. Mereka berusaha keras mencapai standarnya sendiri.

 

Anda Juga Bisa Sukses!

Menjadi perempuan berkarakter kuat dan tangguh memang bukanlah hal yang mudah. Ada kalanya perasaan untuk dipahami lebih dominan daripada memahami.

Tapi, ketahuilah bahwa pada dasarnya perempuan adalah sosok yang hebat, yang mampu membuat Anda memiliki karakter kuat dan tangguh, serta membuat pria jatuh hati karenanya.

Jadi, pupuklah karakter-karakter di atas dan jadilah perempuan berkarakter kuat dan tangguh!

 

Bagaimana? Apakah Anda merupakan seorang perempuan berkarakter kuat dan tangguh berdasarkan ciri-ciri di atas?

Tinggalkan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa juga untuk share artikel ini kepada teman-teman Anda agar lebih bermanfaat. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Fajar Laksmita Dewi. 10 Maret 2019. Ini 7 Tanda Wanita Punya Pesona Kuat di Mata Pria. Idntimes.com – http://bit.ly/2YBBis2
  • Dyah Ayu Lestari. 8 Juli 2019. 6 Ciri Wanita Berkarakter Kuat, Apakah Anda Salah Satunya?. Hellosehat.com – http://bit.ly/2OxCCfX
  • Admin. 30 November 2017. 5 Tanda Kamu Adalah Wanita Kuat, Tangguh dan Mandiri di Era Ini. Fimela.com – http://bit.ly/2K5pLgy

 

Sumber Gambar:

  • Wanita Berkarakter Kuat dan Tangguh – http://bit.ly/2YiyiFQ

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal