SIPP online adalah salah satu akses layanan terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan. Apakah Anda sudah mendaftar di fasilitas ini?

Jika belum, yuk ikuti panduan daftar SIPP online dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Bekerja di sebuah perusahaan membutuhkan jaminan untuk keselamatan dan keamanan lainnya, karena bekerja adalah kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran yang terkadang membuat diri kita jatuh sakit.

Untuk itu perlu adanya sebuah fasilitas atau jaminan kesehatan yang berasal dari aktivitas kita, sebagai tenaga kerja. Adapun untuk kemudahan membuatnya bisa dengan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

Akun SIPP Online merupakan layanan data BPJS, termasuk BPJS Ketenagakerjaan.

 

Step by Step Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Akun ini merupakan sebuah bentuk kemudahan yang diberikan oleh pemerintah dan penyelenggara BPJS Ketenagakerjaan sebagai bentuk fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan pelayanan.

Dengan adanya akun tersebut, Anda sebagai tenaga kerja yang sibuk bekerja dapat mencari informasi secara online, tanpa harus datang ke lokasi BPJS. Untuk mengetahui langkah mudahnya, bisa dilihat beberapa poin di bawah ini.

 

#1 Buka Website

Akun SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan bisa dibuat dengan membuka web-nya terlebih dahulu, Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka website dari SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan di sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Dengan meng-klik alamat url tersebut Anda akan langsung terhubung dengan web. Tetapi jika kesulitan, Anda bisa mencarinya di google. Dengan mengetik nama sesuai dengan url tersebut.

 

#2 Klik Daftar

Setelah Anda berhasil masuk ke web-nya, Langkah yang kedua, Anda harus klik “Daftar” agar dapat masuk ke halaman web tersebut.

Setelah Anda klik daftar, akan muncul kolom yang sudah siap untuk diisi data diri Anda seperti berikut.

Langkah Mudah Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2020 02

[Baca Juga: Definisi SIPP Online Adalah]

 

#3 Memasukkan Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP)

Langkah yang ketiga, Anda harus mengisi kolom yang ada di bawah ini dengan Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP), disertai dengan divisi Anda di perusahaan.

Karena ini data untuk BPJS Ketenagakerjaan, data harus dipastikan sesuai dengan pekerjaan Anda.

Langkah Mudah Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2020 03

[Baca Juga: Kenali Cara Beli Rumah Pakai BPJS, KPR BPJS Ketenagakerjaan]

 

#4 Isi Kolom Pendataan Pengguna

Setelah Anda mengisi data sesuai dengan data perusahaan, Anda bisa melanjutkan langkah berikutnya. Anda harus mengisi kolom untuk data pengguna, user login, kemudian klik next.

 

#5 Selesaikan Pendaftaran dan Lakukan Aktivasi

Data perusahaan sudah, data diri Anda sudah, lalu langkah berikutnya adalah Anda harus mengisi kolom untuk data sebagai user KPJ.

Selesaikan pendaftaran hingga tuntas, kemudian tunggu ada email masuk untuk melakukan aktivasi akun.

 

#6 Klik Akses yang Dikirim Via Email

Masuk ke email, kemudian Anda harus klik sesuai dengan arahan email, lalu Anda akan terhubung dengan web SIPP. Jika sudah terhubung, berarti Anda telah berhasil membuat akun SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

Langkah Mudah Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan 2020 04

[Baca Juga: E-Klaim BPJS: Panduan Klaim BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek]

 

#7 Selesaikan Proses Pendaftaran

Silahkan Login untuk memastikan data Anda benar-benar sesuai, sekaligus memastikan akun Anda sukses. Setelah itu Anda hanya tinggal menikmati layanan kemudahan dari akun ini.

 

Mudahnya Mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Membuat akun online BPJS Ketenagakerjaan merupakan langkah yang mudah untuk menggunakan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan, baik berupa informasi terkait perubahan peraturan atau kebijakan, hingga pelayanan terkait perubahan data baru dari Anda sendiri.

Anda bisa mengubah data baru Anda secara online dan kemudian konfirmasi ke BPJS Pusat.

Demikian mengenai penjelasan tentang langkah-langkah yang mudah untuk membuat akun SIPP Online Ketenagakerjaan yang diberikan oleh pihak BPJS dan pemerintah kepada masyarakat.

Cara yang mudah tersebut akan memudahkan baik orang yang tidak terbiasa menggunakan smartphone maupun orang yang sibuk bekerja.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu pelayanan menjadi lebih baik.

 

Jadi, jangan lupa mendaftar SIPP online BPJS Ketenagakerjaan ya! Karena pastinya Anda dan keluarga akan sangat mudah dalam mengakses fitur serta layanan.

Bagikan artikel ini pada orang terdekat agar mereka juga bisa merasakan fitur menarik dari BPJS Ketenagakerjaan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bivisyani Questibrilia. 24 Juni 2019. SIPP Online: Panduan Lengkap BPJS Ketenagakerjaan 2019. Jojonomic.com – http://bit.ly/311B4xh

 

Sumber Gambar:

  • SIPP 01 – http://bit.ly/2U4KK8G
  • SIPP 02 – http://bit.ly/2O55Yjc
  • SIPP 03 – http://bit.ly/38JPRPH