Kenapa sih dana darurat untuk bisnis itu penting? Ternyata, ada banyak manfaat dari emergency fund yang satu ini, lho!

Ikuti tips pentingnya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Selain Untuk Pribadi, Ketahui Juga Dana Darurat Untuk Bisnis

Dana darurat untuk bisnis adalah salah satu hal yang bisa menjadi penyelamat bisnis itu sendiri. Ada beberapa hal yang bisa terkendali, terselamatkan, lebih baik, jika dana ini sudah ada.

Sebaiknya sesegera mungkin Anda mengetahui apa saja manfaatnya.

 

Manfaat Dana Darurat Dalam Bisnis

Dana darurat memang begitu penting untuk bisnis atau usaha. Pastikan untuk terus menyimpan dana ini, jangan sampai terambil karena kebutuhan pribadi atau kebutuhan bisnis yang kurang penting.

Simak apa saja manfaat lebih spesifik dari dana ini.

 

#1 Mengurangi Kemungkinan Utang

Memang benar adanya di luar sana banyak bisnis yang bergerak karena utang. Namun, bukankah akan lebih baik jika nilai utang dipangkas sebanyak mungkin atau justru tidak punya utang sama sekali.

Daripada ke depannya harus utang karena suatu hal, lebih baik siapkan saja dana darurat.

Simak Di Sini Manfaat Dana Darurat Untuk Bisnis Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Kebebasan Keuangan Bisa Dicapai dengan Bisnis Waralaba?]

 

#2 Pertahanan Terbaik Untuk Hal Tak Terduga

Salah satu pengertian dana darurat adalah sebuah dana yang akan dialokasikan untuk sesuatu yang darurat atau tidak terduga. Inilah tugas dari dana ini, siap membantu bisnis Anda tetap utuh meskipun ada hal tak terduga yang datang.

Setiap pebisnis seharusnya menyadari hal ini. Bisnis merupakan salah satu bagian dari roda ekonomi, yang mana bisa berada di bawah dan di atas.

Beruntunglah jika selama ini bisnis yang Anda jalankan baik-baik saja. Namun bukan berarti, Anda tidak menyiapkan segala sesuatu di masa depan yang bisa jadi itu merupakan hal buruk.

 

#3 Bisa Diandalkan Untuk Perbaikan Alat Usaha

Mungkin saja ke depannya alat usaha yang dimiliki membutuhkan perbaikan. Apalagi jika memang usaha yang Anda jalankan benar-benar mengandalkan sebuah alat, pasti benar-benar menjadi kewajiban untuk menyiapkan dana darurat.

Ada alat usaha yang rusak dan tak bisa digunakan lagi, maka proses produksi akan terhenti. Daripada menjemput kerugian, lebih baik sedari awal siapkan dana darurat.

 

 

#4 Mencegah Kasus Hukum di Masa Depan

Penting untuk mengetahui perbedaan tabungan dan dana darurat. Tabungan tetap harus ada dalam suatu bisnis, bisa itu tabungan khusus bisnis Anda atau tabungan Anda sendiri sebagai pebisnis single.

Kasus hukum bisa jadi di masa depan, dan pasti akan membutuhkan dana darurat, bukan sekadar tabungan.

 

#5 Menjaga Produktivitas Karyawan

Boleh jadi suatu saat nanti bisnis Anda akan ‘karam’, dan boleh jadi para karyawan juga telah mengetahuinya. Mereka mungkin akan merasa khawatir dalam bayang-bayang pemutusan kerja karena kondisi bisnis Anda.

Padahal, apa yang seharusnya Anda lakukan adalah menjaga produktivitas mereka. Supaya produktivitas mereka tetap baik, persiapkan dana darurat.

Kelak jika sudah ada dana ini, maka sekacau apapun kondisi perusahaan, karyawan akan tetap semangat dan malahan berpotensi pengantar bisnis Anda ke puncak lagi.

Simak Di Sini Manfaat Dana Darurat Untuk Bisnis Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rahasia Terbongkar! Ini 7 Mindset Capai Tujuan Bisnis Rumahan]

 

#6 Persiapan Untuk Peluang Bisnis yang Tiba-Tiba

Alokasi dana darurat tentunya juga bisa digunakan untuk peluang bisnis yang tiba-tiba ada. Semenjak bisnis seharusnya bersifat dinamis, pastinya Anda harus bisa melihat peluang yang ada.

Peluang seharusnya bisa segera direalisasikan supaya menjadi keuntungan lebih untuk perusahaan.

Untuk mengaplikasikan hal ini, Anda tidak akan merasa keberatan jika sudah ada dana darurat. Itulah pentingnya dana darurat yang terakhir, bisa diandalkan untuk peluang bisnis yang datang tiba-tiba.

 

Yuk, Rencanakan Dana Darurat Untuk Bisnis Anda Sekarang

Dari daftar di atas, seharusnya bisa membuat Anda menyimpulkan bahwa dana darurat memang penting adanya. Banyak hal bisa terselamatkan dari dana ini. cara menyimpan dana darurat sebenarnya juga tidak sulit.

Sebab Anda hanya perlu menyisihkan sebagian keuntungan per periodenya. Terus sisihkan keuntungan yang didapat sekian persen sampai Anda sudah merasa cukup.

Jika Anda masih merasa sulit melakukannya, ingat manfaat-manfaat di atas.

Simak Di Sini Manfaat Dana Darurat Untuk Bisnis Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Punya Uang Tapi Ingin Mulai Bisnis? Gini Caranya]

 

Jika Anda masih bingung, konsultasikanlah dengan ahli keuangan untuk mendapat rekomendasi tepat mengenai dana darurat untuk bisnis Anda. Anda bisa terhubung dengan perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku.

Finansialku adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Download aplikasinya untuk kemudahan Anda mengatur dana darurat untuk bisnis Anda.

playstore icon
appstore icon

 

Ternyata, manfaat dana darurat untuk bisnis sangat banyak bukan? Ya, karenanya jangan lupa sebarkan informasi bermanfaat ini pada sesama pebisnis di sekitar Anda, terima kasih.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Jordhi Farhansyah. 17 April 2020. Wajib Dimiliki, Ini 10 Manfaat Dana Darurat untuk Bisnis. Blog.mokapos.com – https://bit.ly/3lH6BOO

 

Sumber Gambar:

  • Dana Darurat 1 – https://bit.ly/3bkGJnp
  • Dana Darurat 2 – https://bit.ly/2Gem9cC
  • Dana Darurat 3 – https://bit.ly/31ORhI4