Bila Nanti Saatnya T’lah Tiba, Apakah Dana Pendidikan Telah Tersedia?

Apa yang ada di benak Anda ketika Anda pertama kalinya mempunyai seorang balita? Apakah dana pendidikan telah tersedia?

Mungkin pendidikan bukanlah salah satu hal yang ada di pikiran Anda, karena masih belum waktunya bagi Anda untuk menentukan pendidikan apa yang akan diambil oleh sang balita nantinya.

Anda tentu akan lebih mengutamakan kebutuhan balita agar balita tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal tersebut memang merupakan hal yang wajar untuk dilakukan, tetapi apabila nanti saatnya telah tiba sang anak harus sekolah atau kuliah, apakah dana pendidikannya telah tersedia?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Anda

Memang pendidikan belum menjadi suatu hal yang mendesak apabila sang anak masih belum memasuki usia sekolah, tetapi bukan berarti pendidikan tidaklah penting.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, setiap orangtua pasti menganggap penting pendidikan bagi anak mereka. Tetapi kebiasaan setiap orang adalah tidak akan memikirkan sesuatu jika belum pada waktunya.

Termasuk salah satunya mungkin pendidikan anak.

Bila Nanti Saatnya T'lah Tiba, Apakah Dana Pendidikan Telah Tersedia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Persiapkan Tabungan dan Investasi Pendidikan Anak Sejak Dini]

 

Biasanya, kebanyakan keluarga tahu bahwa pendidikan adalah salah satu yang penting bagi sang anak.

Tetapi ketika berusia 2 tahun atau lebih, biasanya pendidikan anak baru dipikirkan, mau disekolahkan dimana nantinya dan bagaimana tentang dananya.

Dan juga jarang sekali ada yang merencanakan pendidikan anak mereka sampai kuliah nanti. Ini adalah hal yang sudah biasa terjadi dan sangat wajar. Apakah Anda juga seperti itu?

Sebenarnya hal tersebut bukan termasuk hal yang buruk, bahkan memikirkan 2 tahun sebelum anak Anda masuk sekolah juga merupakan hal yang baik.

Tetapi jika ada yang lebih baik, bukankah Anda pasti ingin melakukan yang lebih baik untuk anak Anda?

Jika Anda memikirkan 1-2 tahun sebelum anak Anda masuk sekolah, berarti sang anak masih berusia 2-3 tahun.

Pendidikan Karakter untuk Anak SD, SMP dan SMA 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan]

 

Kita sebagai orangtua pasti ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak kita dan kita sadar bahwa pendidikan itu penting.

Penting karena pendidikan anak juga akan menentukan karakter anak, arah masa depan anak, dan banyak hal lagi. Dan tentu saja ketika anak Anda sudah sekolah, Anda ingin anak sekolah dengan baik dan rajin.

Tetapi apabila nanti saatnya telah tiba, bahwa anak Anda berhasil belajar dengan baik dan ingin ke perguruan tinggi atau sekolah ternama, apakah dana pendidikan telah tersedia?

 

Bila Nanti Saatnya T’lah Tiba, Apakah Dana Pendidikan Telah Tersedia?

Kita sebagai orangtua mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan dana pendidikan anak baik sang anak dapat belajar dengan baik ataupun tidak, apalagi jika sang anak dapat belajar dengan baik sesuai dengan kemauan kita sebagai orangtua.

Akan sangat mengecewakan bagi sang anak, jika kita sebagai orangtua dapat menuntut tetapi tidak dapat melakukan kewajiban kita sebagai orangtua.

Oleh karena itu, pertanyaan ini sangatlah penting untuk Anda pikirkan dan Anda jawab, apakah dana pendidikan telah tersedia apabila nanti anak Anda sudah saatnya untuk masuk sekolah atau perguruan tinggi?

7 Alasan Utama Kenapa Pendidikan Manajemen Keuangan Penting untuk Keluarga Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kesalahan Perencanaan Dana Pendidikan yang Dilakukan Oleh Orangtua]

 

Langkah-Langkah Praktis Untuk Menyediakan Dana Pendidikan Anak

Ada beberapa langkah-langkah praktis yang dapat Anda lakukan agar dana pendidikan anak Anda tersedia apabila saatnya telah tiba.

 

Langkah 1

Anda harus mulai mendatangi pameran pendidikan atau ke sekolah-sekolah yang menjadi pilihan Anda untuk menyekolahkan anak Anda. Anda dapat meminta brosur mulai dari jenjang KB sampai dengan SMA (jika ada).

Tujuannya adalah untuk mendapatkan perkiraan biaya sekolah anak Anda nantinya.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Langkah 2

Setelah mendapatkannya Anda harus menghitung total biaya per jenjangnya, mulai dari KB, TK, SD, SMP dan SMA, termasuk kuliah.

Jika Anda memiliki beberapa pilihan sekolah, Anda harus menghitung total dari setiap sekolah yang menjadi pilihan Anda. Tujuannya adalah agar Anda memiliki beberapa perbandingan nantinya.

 

Langkah 3

Setelah Anda mendapatkan total biaya dari sekolah-sekolah yang berbeda, Anda dapat mulai menghitung berapa besar dana yang harus Anda alokasikan dari sekarang untuk mencapai total dana tersebut.

Anda dapat menghitung secara manual, contohnya jika total dana Rp36 juta, dan Anda masih memiliki 3 tahun, maka Anda hanya perlu menabung Rp12 juta per tahun atau Rp1 juta per bulan mulai dari sekarang.

Itu jika Anda tidak menabungkan Rp1 juta tersebut di bank atau instrumen lain yang dapat menghasilkan bunga atau keuntungan.

Inilah Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak]

 

Atau Anda dapat menghitungnya dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau mengunjungi website Finansialku.com. Anda juga bisa klik tombol di bawah ini:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Langkah 4

Setelah Anda mendapatkan jumlah yang harus Anda tabung, Anda dapat membandingkan, sekolah mana yang sesuai dengan anggaran Anda. Anda harus menghitung mulai dari SD, SMP, SMA dan terutama kuliah.

Biasanya dana pendidikan kuliahlah yang terbesar dan terpenting, karena di dunia kerja, jarang sekali perusahaan yang meminta nilai SD, SMP ataupun SMA, tetapi kuliah dimana dan bagaimana pengalaman di kuliah.

Merencanakan Dana Pendidikan SD, SMP dan SMA dengan Uang Les. Ini Contoh Perencanaan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pendidikan SD, SMP dan SMA Beserta Uang Les. Ini Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Oleh karena itu, sangat penting sekali Anda memberikan pendidikan kuliah yang terbaik, apalagi jika anak Anda termasuk anak yang berprestasi.

Jangan sampai Anda tidak berhasil menyediakan dana pendidikan anak apabila saatnya telah tiba.

 

Lakukan Perencanaan Dana Pendidikan Sejak Dini

Jika memang Anda menganggap penting pendidikan anak Anda dan Anda ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak Anda, Anda harus mulai memikirkannya dari sekarang (jika Anda belum pernah memikirkannya).

Anda bahkan harus memikirkannya pada saat Anda baru menikah.

Menabunglah untuk kebutuhan masa depan, salah satunya untuk perencanaan dana pendidikan buah hati Anda nantinya, selain dana persalinan untuk istri Anda.

Lakukanlah perencanaan dana pendidikan sedini mungkin, sehingga dana pendidikan sudah tersedia apabila saatnya telah tiba.

 

Terima kasih Anda telah membaca artikel ini hingga selesai.

Apakah artikel ini membantu Anda untuk menyediakan dana pendidikan anak? Apakah informasi di dalam artikel ini menambah wawasan Anda dan menyadarkan Anda pentingnya dana pendidikan anak?

Apakah Anda memiliki teman atau rekan kerja yang membutuhkan informasi dan wawasan ini? Bagikan artikel ini agar Anda dapat membantu mereka yang membutuhkan.

 

Sumber Gambar:

  • Dana Pendidikan Telah Tersedia 1 – https://goo.gl/A3qyd4
  • Dana Pendidikan Telah Tersedia 2 – https://goo.gl/eHdcVM

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download