Eks Menteri Koordinator bidang Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution ditunjuk menjadi Komisaris Utama Komut Smartfren.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Darmin Nasution Jadi Komut Smartfren

Darmin Nasution, eks Menteri Koordinator bidang Perekonomian Indonesia ditunjuk menjadi Komisaris Utama atau Presiden Komisaris Smartfren.

“Mulai hari ini (Kamis) dan seterusnya, kami akan mendapatkan support yang luar biasa dengan hadirnya Presiden Komisaris baru yaitu Pak Darmin Nasution,” kata Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys mengutip Katadata.

 

Masuknya sosok Darmin di posisi Presiden Komisaris diharapkan membawa angin segar bagi operator yang identik dengan warna merah tersebut.

 

Darmin resmi menjadi Komisaris Utama menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Gandi Sulistiyanto Soeherman. Adapun, Gandi saat ini menjabat sebagai Wakil Komisaris perseroan.

Sebelumnya, Darmin Nasution juga menjadi deputi senior gubernur Bank Indonesia dan sempat menjadi Pejabat Pelaksana Tugas Harian Gubernur Bank Indonesia.

Pria berumur 71 tahun itu juga pernah menjabat sebagai Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan pada tahun 2005-2006. Dan sebagai Direktur Jendral Pajak pada tahun 2006-2009.

Angkat Darmin Nasution Jadi Komut Smartfren, Berharap Lebih Baik! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Ekonomi Empat Sektor: Apa Saja Kegiatannya?]

 

Sejalan dengan perubahan susunan komisaris, Direktur Utama Smartfren, Merza Fachys berharap ada perubahan baru yang bisa membawa Smartfren memperoleh kinerja lebih baik ke depan atau setidaknya mampu menjaga pertumbuhan pendapatan semester I 2020.

Pada enam bulan pertama 2020, pendapatan Smartfren tumbuh 42% menjadi Rp 4,3 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Smartfren menargetkan pendapatan sebesar senilai Rp 6,98 triliun pada 2020 atau meningkat 10% dibandingkan tahun lalu.

“Kami mencoba mempertahankan pertumbuhan pendapatan tersebut,” kata Direktur Smartfren Antony Susilo

 

Dari sisi profitabilitas, Smartfren masih tetap berharap bahwa hingga akhir tahun ini, rugi bersih perusahaan bisa terus ditekan.

Katadata mewartakan pada tahun 2019 perusahaan mencatat rugi bersih Rp 2,18 triliun. Nilai tersebut turun dari rugi bersih pada 2018 sebesar Rp 3,55 triliun.

“Kalau diperhatikan bottom line dari tahun ke tahun kami melihat terus menurun. Sekarang, kami masih berusaha makin mengecilkan ruginya,” katanya.

 

Adapun pada semester I tahun ini, rugi bersih perusahaan mencapai Rp 1,22 triliun, yang mana angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan capaian periode sama tahun lalu Rp 1,07 triliun.

Setelah masuknya Darmin dalam tim pengawas Smartfren, susunan Dewan Komisaris menjadi, sebagai berikut:

  • Presiden Komisaris: Darmin Nasution
  • Wakil Presiden Komisaris: Gandi Sulistiyanto Soeherman
  • Komisaris Independen: Sarwono Kusumaatmadja
  • Komisaris Independen: Reynold Manahan Batubara

 

Jangan lupa cek juga 5 kunci sukses dari Steve Job untuk melengkapi informasi yang Anda terima pada artikel ini:

 

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Syahrizal Sidik. 14 Agustus 2020. Darmin Nasution Diangkat Jadi Komut Smartfren. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/31UUPYj
  • Ihya Ulum Aldin. 14 Agustus 2020. Darmin Nasution jadi Komut Smartfren, Kerugian Ditargetkan Turun. Katadata.co.id – https://bit.ly/310khwf
  • Admin. 16 Agustus 2020. Angkat Darmin jadi Komut, Smartfren Optimistis Tatap Lelang Frekuensi 2,3 GHz. Indotelko.com – https://bit.ly/3g0dBm6
  • Admin. 14 Agustus 2020. Mantan Menko Darmin Nasution Resmi Jadi Komut Smartfren, Ini Jajaran Lengkap Komisaris Perusahaan. Tribunnewsmaker.com – https://bit.ly/3g1zUYu

 

Sumber Gambar:

  • Darmin Nasution 01 – https://bit.ly/3fZAdmz
  • Darmin Nasution 02 – https://bit.ly/2EckrYb