Ingin tahu definisi ekonomi pembangunan?

Artikel ini akan membahas definisi ekonomi pembangunan dan serba-serbi dari ekonomi pembangunan.

 

Definisi Ekonomi Pembangunan

Sebagian dari Anda mungkin masih belum mengetahui apa itu ekonomi pembangunan dan apa yang dipelajari pada ilmu ekonomi pembangunan?

Secara umum, ekonomi pembangunan adalah sebuah cabang ilmu ekonomi yang menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh negara yang sedang berkembang dan mencari solusi atau cara-cara untuk mengatasi permasalahan tersebut agar pembangunan ekonomi dapat berkembang dengan lebih cepat.

 

Perbedaan Ekonomi Pembangunan dan Pembangunan Ekonomi

Tahukah Anda bahwa ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi merupakan 2 hal yang berbeda?

Menurut pakar ekonomi pembangunan asal Indonesia Lincolin Arsyad, ekonomi pembangunan adalah bidang studi dalam ilmu ekonomi yang mempelajari tentang masalah-masalah ekonomi di negara-negara berkembang dan kebijakan-kebijakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi.

Sedangkan, pembangunan ekonomi adalah suatu usaha dalam perekonomian guna mengembangkan kegiatan ekonomi sehingga infrastruktur dapat meningkat, pertumbuhan ekonomi dapat semakin meningkat dan berkembang, taraf pendidikan serta teknologi semakin maju.

Jika ditelaah lebih jauh, definisi pembangunan ekonomi telah dikemukakan oleh beberapa ahli ekonomi, di antaranya adalah:

  • Adam Smith, menjelaskan bahwa definisi pembangunan ekonomi adalah proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi. Bertambahnya penduduk suatu negara harus diimbangi dengan kemajuan teknologi dalam produksi untuk memenuhi permintaan kebutuhan dalam negeri.
  • Schumpeter, menjelaskan bahwa definisi pembangunan ekonomi adalah perubahan pendapatan per kapita dan pendapatan nasional yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terputus.
  • Sadoro Sukirno, menjelaskan bahwa definisi pembangunan ekonomi adalah proses untuk meningkatkan pemasukan atau pendapatan perkapita suatu negara dengan cara mengolah potensi ekonomi menjadi bentuk rill.
  • Simon Kuznets, menjelaskan bahwa definisi pembangunan ekonomi adalah meningkatnya kemampuan suatu negara untuk menyediakan beragam barang yang dibutuhkan penduduknya dalam jangka panjang.

 

Definisi-Ekonomi-Pembangunan-02-Finansialku

[Baca Juga: Definisi Defisit Adalah]

 

Dari berbagai definisi di atas, kesimpulannya: pembangunan ekonomi adalah suatu usaha yang dilakukan oleh negara sedangkan ekonomi pembangunan adalah suatu ilmu ekonomi yang harus dipelajari untuk mewujudkan pembangunan ekonomi tersebut.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari ilmu ekonomi pembangunan, sebaiknya Anda perlu mengetahui secara detail dari ekonomi pembangunan tersebut.

Seperti awal mula berkembangnya ilmu ekonomi pembangunan, tujuan dari ekonomi pembangunan, fungsi ekonomi pembangunan, ruang lingkup yang dipelajari di ekonomi pembangunan, dan materi apa saja yang ada di ilmu ekonomi pembangunan. Semuanya akan di bahas di artikel ini.

 

Awal Mula Berkembangnya Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan bukanlah merupakan ilmu yang baru ada, karena bidang ilmu ekonomi ini sedikit terabaikan oleh beberapa sebab.

Pertama, beberapa negara berkembang sebelum perang dunia ke-2 merupakan daerah jajahan, sehingga negara penjajah merasa tidak perlu memperhatikan perkembangan daerah jajahan tersebut.

Kedua, masih kurangnya keinginan dari para pemimpin negara atau daerah yang dijajah untuk membahas masalah-masalah pembangunan ekonomi.

Mereka memiliki dasar pemikiran bahwa pembangunan ekonomi hanya dapat dilakukan jika penjajahan berakhir.

Oleh karena itu, mereka hanya berfokus untuk mendeklarasikan kemerdekaan negaranya dan belum memikirkan masalah-masalah pembangunan ekonomi negara mereka.

Terakhir, penelitian dan analisis mengenai masalah pembangunan ekonomi masih terbatas.

Pasalnya, pada masa perang dunia ke-2 para ekonom (khususnya ekonom barat) lebih memfokuskan perhatiannya terhadap masalah pengangguran dan krisis ekonomi.

Penyebabnya, pada dekade awal abad ke-20 masalah depresi dan pengangguran dianggap masalah utama yang harus diatasi.

Definisi-Ekonomi-Pembangunan-03-Perang-Dunia-II-Finansialku

[Baca Juga: Definisi Buku Besar Adalah]

 

Akan tetapi, kondisi mulai berubah setelah perang dunia ke-2 berakhir.

Penelitian dan analisis terhadap pembangunan ekonomi mulai berkembang dan meningkat secara signifikan.

Hal tersebut didasari oleh beberapa hal. Pertama, meningkatnya keinginan dari negara-negara bekas jajahan untuk mengejar ketertinggalan mereka dengan negara bekas penjajahnya.

Beberapa negara seperti Indonesia, India, dan Pakistan merupakan negara bekas penjajahan yang masyarakatnya relatif miskin dan menghadapi masalah kependudukan yang cukup serius.

Kedua, meningkatnya perhatian negara-negara maju terhadap negara sedang berkembang, sehingga negara maju bersedia untuk membantu proses pembangunan di negara sedang berkembang.

Negara-negara maju melakukan hal tersebut karena alasan ekonomi agar hubungan mereka dengan negara sedang berkembang (terutama hubungan perdagangan) dapat berjalan dengan baik.

Dan alasan terakhir, negara maju ingin memperoleh dukungan dalam perang ideologi antara Blok Barat dan Blok Timur.

 

Tujuan Ekonomi Pembangunan

Ilmu ekonomi pembangunan memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai berbagai macam isu yang terjadi dalam pembangunan ekonomi saat ini, yang dihadapi dan ditemukan di negara-negara sedang berkembang.

Permasalahan yang dibahas adalah mengenai kebijakan-kebijakan pembangunan baik secara teoritis maupun fakta aktual yang terjadi di negara-negara berkembang dan transisi di seluruh dunia.

Khususnya, negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, dan negara-negara transisi di Eropa.

 

Fungsi Ekonomi Pembangunan

Secara umum, ekonomi pembangunan memiliki fungsi dalam menciptakan upaya-upaya dalam memperbaiki taraf hidup masyarakat di negara sedang berkembang.

Sedangkan bagi civitas atau pelajar, ekonomi pembangunan berfungsi sebagai ilmu dalam memahami permasalahan perekonomian negara-negara berkembang di dunia.

Jika dianalisis satu per satu, beberapa fungsi ekonomi pembangunan adalah sebagai berikut:

 

#1 Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan GDP

Dengan memahami dan mengaplikasikan dengan baik ilmu dari ekonomi pembangunan, maka pertumbuhan ekonomi negara dapat meningkat.

Oleh karena itu, penciptaan lapangan kerja juga akan meningkat yang akan memengaruhi tingkat pendapatan nasional.

 

#2 Menurunkan Tingkat Pengangguran dan Kemiskinan

Melanjutkan dari poin 1, karena adanya penciptaan lapangan pekerjaan dalam jumlah besar, maka pendapatan per kapita masyarakat juga akan meningkat.

Akibatnya, pengangguran dan tingkat kemiskinan akan mengalami penurunan.

 

#3 Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Dengan mengaplikasikan ekonomi pembangunan, pendidikan masyarakat juga dapat meningkat.

Peningkatan pendidikan tersebut akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena pendidikan dan kemampuan ekonomi merupakan faktor dari peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Hak-Karyawan-00-Finansialku

[Baca Juga: Definisi Depresiasi Adalah]

 

#4 Terbentuknya Faktor Modal

Memahami dan mengaplikasikan ekonomi pembangunan dengan baik tentunya pembangunan ekonomi negara pasti berkembang.

Pembangunan ekonomi yang berjalan lancar dan terus berkembang akan membuat masyarakat memikirkan hal selain kebutuhan pokok dan mulai menginvestasikan modalnya pada sektor ekonomi.

 

#5 Mendatangkan Bantuan dari Dalam dan Luar Negeri

Sebuah negara bisa mendapatkan bantuan dana jika memiliki kemampuan ekonomi yang bagus atau dengan kata lain memiliki pembangunan ekonomi yang lancar dan terus berkembang.

Pembangunan ekonomi yang pesat bisa mengundang investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi.

 

Ruang Lingkup Ekonomi Pembangunan

Pembahasan dalam ekonomi pembangunan mencakup definisi ekonomi pembangunan, teori-teori pembangunan ekonomi, dan masalah-masalah yang sedang terjadi dalam pembangunan negara-negara berkembang.

Masalah tersebut akan dipisahkan berdasarkan perspektif ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Beberapa cakupan bahasan ekonomi pembangunan di antaranya adalah:

  • Pertumbuhan ekonomi
  • Kemiskinan
  • Pembentukan modal
  • Pengerahan tabungan
  • Bantuan luar negeri (investasi)

 

Materi Ekonomi Pembangunan

Materi yang biasanya dibahas dalam ilmu ekonomi pembangunan dibagi balam beberapa bagian.

Untuk materi dasar, Anda akan mempelajari ekonomi makro, ekonomi mikro, teori-teori pembangunan ekonomi, ekonometrika, sejarah pemikiran ekonomi, dan perencanaan pembangunan ekonomi.

Untuk materi lanjutan biasanya materi akan dibagi dalam 3 bagian, yaitu ekonomi industri dan perdagangan, ekonomi moneter dan keuangan, serta ekonomi kawasan dan lingkungan.

Definisi-Ekonomi-Pembangunan-04-Perang-Dunia-II-Finansialku

[Baca Juga: Definisi Kliring Adalah]

 

#1 Ekonomi Industri dan Perdagangan

Materi yang dibahas adalah:

  • Ekonomi pertanian (khususnya Indonesia sebagai negara agraris), membahas tentang usaha tani yang beroperasi di pasar yang penuh dengan ketidakpastian.
  • Ekonomi Industri yang membahas tentang perusahaan atau industri yang beroperasi dipasar yang penuh dengan ketidakpastian.
  • Ekonomi sumber daya manusia yang membahas tentang bekerjanya pasar tenaga kerja dan kinerja yang dihasilkan, pengambilan keputusan pekerja maupun calon pekerja serta kebijakan pemerintah di bidang ketenagakerjaan.
  • Ekonomi internasional yang membahas tentang berbagai teori dan kebijakan perdagangan internasional serta sisi keuangan dalam ekonomi internasional

 

#2 Ekonomi Moneter dan Keuangan

Materi yang dibahas adalah:

  • Ekonomi moneter yang akan menganalisis para pelaku moneter menjalankan mekanisme transmisi dalam lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dan makro.
  • Ekonomi keuangan yang membahas lembaga dan instrumen keuangan sebagai pranata sektor keuangan yang secara bersama-sama dengan pranata sektor riil saling berinteraksi dan mempengaruhi perekonomian secara makro.
  • Ekonomi keuangan publik yang membahas peranan pemerintah dalam perekonomian dengan menggunakan kerangka teori ekonomi mikro dan makro.
  • Ekonomi perbankan yang membahas bank sebagai lembaga yang menjalankan fungsi intermediasi dengan menerima simpanan dan menyalurkan kredit.

 

#3 Ekonomi Kawasan dan Lingkungan

Materi yang dibahas adalah:

  • Ekonomi regional dan perkotaan yang membahas dasar-dasar ekonomi regional dan ekonomi perkotaan serta bentuk kebijakan yang harus dilakukan dalam menghadapi persoalan kewilayahan dan perkotaan.
  • Ekonomi perumahan dan permukiman yang membahas rumah sebagai tempat tinggal, baik yang merupakan barang privat maupun barang publik, serta hubungan antara permukiman dan pembangunan ekonomi kawasan.
  • Ekonomi publik yang membahas peranan pemerintah (sektor publik) dalam perekonomian, khususnya dalam menanggulangi kegagalan pasar. Pembahasan difokuskan pada penelaahan perilaku, baik individu, pemerintah, maupun perusahaan dalam kaitannya dengan kebijakan publik yang ditetapkan pemerintah, serta dampak kebijakan publik terhadap kesejahteraan dan keadilan.
  • Ekonomi sumber daya alam dan lingkungan yang membahas sumber daya alam dan lingkungan yang berperan sebagai masukan (input) sekaligus sebagai faktor yang akan terpengaruh oleh kegiatan produksi dan konsumsi.

 

Pentingnya Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan merupakan ilmu ekonomi yang digunakan dalam upaya negara berkembang untuk melakukan pembangunan ekonomi.

Sangat penting bagi Anda terutama yang bekerja di pemerintahan seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk sangat memahami dan mengaplikasikan ilmu dalam ekonomi pembangunan.

Anda juga dapat membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan pembangunan ekonomi salah satunya dengan cara meningkatkan kegiatan ekonomi dan berinvestasi pada sektor ekonomi.

 

Apakah definisi ekonomi pembangunan ini berguna bagi Anda? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih!  

 

Sumber Referensi:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Juli 2012. Buku Pedoman Akademik Program Studi Sarjana (S1) Ekonomi Pembangunan. Unpad.ac.id – https://goo.gl/paXUNW
  • Admin. Maret 2010. Ekonomi Pembangunan. Sudjilah.lecture.ub.ac.id – https://goo.gl/9BExw2
  • Admin. 27 Desember 2016. 10 Fungsi Ekonomi Pembangunan di Indonesia. Dosenekonomi.com – https://goo.gl/SAkY5a
  • Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Katolik Parahyangan. Deskripsi Mata Kuliah. Ekbang.unpar.ac.id – https://goo.gl/UBXZyk

 

Sumber Gambar:

  • Ekonomi Pembangunan – https://goo.gl/iNJRoN
  • Pembangunan Ekonomi – https://goo.gl/nCpFwa
  • Perang Dunia II – https://goo.gl/KKrZB6
  • Ekonomi – https://goo.gl/gcBdxK

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang