Istilah payment gateway mungkin bukan istilah yang terlalu umum bagi banyak orang. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan payment gateway ini?

Masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana definisi payment gateway.

 

Definisi Payment Gateway

Kemajuan teknologi membantu banyak orang dan membuat hidup jadi terasa lebih mudah. Salah satunya adalah dengan adanya payment gateway atau gerbang pembayaran.

Payment gateway sebenarnya merupakan sistem pembayaran yang dapat memudahkan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.

Saat ini, belanja online telah menjadi suatu gaya hidup. Banyak orang lebih memilih untuk melakukan pembelian barang secara online daripada secara offline seperti transaksi di toko konvensional.

Sedangkan, kegiatan berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan menjadi kegiatan hiburan untuk melihat-lihat atau mencuci mata saja.

Semakin banyaknya pembeli yang lebih menyukai kegiatan belanja secara online, maka para penjual juga banyak yang mulai membuka tokonya secara online pula.

Mulai dari toko online sendiri, perantara atau broker, reseller, hingga dropshipper. Saat Anda membuka toko online, maka pembayaran biasanya juga dilakukan secara online.

 

Ada banyak pertimbangan yang dimiliki pembeli saat ia melakukan pembelian secara online. Mulai dari banyaknya pilihan atau variasi barang, hingga metode pembayaran.

Semakin mudah metode pembayaran yang disediakan oleh toko online, maka semakin mudah pembeli untuk melakukan transaksi.

Saat ini, salah satu metode pembayaran yang paling mudah adalah payment gateway. Secara umum, sistem payment gateway ini sama seperti sistem yang dimiliki oleh PayPal.

Untuk melakukan pembayaran, Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transaksi di ATM, bank, menulis cek, atau mengirim wesel.

Dengan memiliki akun PayPal dan mengisi nominal uang pada virtual akun, maka transaksi sudah bisa dilakukan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Payment gateway merupakan gerbang atau media transaksi yang bertujuan untuk memudahkan pengguna, baik penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi.

Payment gateway ini umum digunakan dalam e-commerce untuk memberikan otorisasi proses pembayaran melalui berbagai metode pembayaran.

Dalam payment gateway, Anda bisa melakukan transaksi dengan menggunakan metode pembayaran apapun. E-commerce yang menggunakan payment gateway dapat menerima pembayaran melalui transfer bank atau kartu kredit.

Anda juga bisa melakukan transaksi dengan menggunakan direct debit seperti BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI.

Selain itu, Anda yang menggunakan e-wallet seperti T-cash dan XLTunai juga bisa melakukan pembayaran dengan metode tersebut.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Mekanisme Kerja Payment Gateway

Payment gateway bekerja dengan mekanisme yang aman dan canggih.

Pada saat pembeli atau pelanggan toko online dan memutuskan membeli produk yang mereka inginkan, data ini akan diteruskan oleh payment gateway ke prosesor pembayaran di bank Anda.

Selanjutnya, prosesor akan meneruskan informasi pembayaran ini ke asosiasi penerbit kartu yang Anda gunakan. Misalnya Visa atau Mastercard.

Setelah itu, bank terkait akan menerima informasi ini dan memberikan respon balasan ke prosesor.

Balasan yang diberikan ini dalam kode khusus dan juga konfirmasi status transaksi, apakah berhasil atau tidak.

Lalu prosesor meneruskan informasi ini ke payment gateway dan diteruskan ke website toko online serta pemegang kartu hingga status transaksi dinyatakan berhasil.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Sistem Keamanan Payment Gateway

Saat Anda melakukan pembayaran secara online, berarti data Anda berada di dunia maya dan menjadi rentan terhadap pencurian data atau penipuan online.

Dan hal ini juga sudah termasuk ke dalam risiko yang sudah diperkirakan oleh pihak payment gateway.

Untuk melindungi data konsumen, payment gateway menerapkan prosedur standar pengamanan untuk menghindari pencurian data dan memastikan keamanan dari data yang Anda miliki.

 

#1 Address Verification System (AVS)

Alat ini akan melakukan pemeriksaan terhadap rincian tagihan pelanggan yang disesuaikan dengan alamat yang terdaftar pada kartu.

Definisi Payment Gateway 02 Payment Gateway 2 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram]

 

#2 Card Security Code (CVV)

Pada saat melakukan transaksi, biasanya pelanggan akan diminta memasukkan 3 digit terakhir yang ada di bagian belakang kartu debit atau kredit.

Cara ini juga merupakan langkah keamanan berlapis yang diterapkan untuk memastikan keamanan data Anda.

 

#3 3D Secure Password

Untuk melakukan otorisasi pembayaran, pihak payment gateway juga menerapkan keamanan berupa password 3D.

Sistem payment gateway ini sendiri telah dibuat seaman mungkin untuk memastikan pengguna bisa melakukan transaksi secara aman. Akan tetapi, keamanan akun Anda tetap saja berada di dalam kendali Anda.

Karena itu, sebelum melakukan transaksi pembayaran secara online, pastikan lebih dulu bahwa Anda telah berada di website yang tepat.

Jangan sembarangan memberikan akses kartu kredit yang Anda miliki kepada sembarang website atau orang yang Anda tidak yakin.

 

Payment Gateway Populer

Penggunaan payment gateway saat ini sudah menjadi hal yang populer di Indonesia. Ada beberapa channel payment gateway yang populer di Indonesia, di antaranya adalah:

 

#1 FinPay

Channel payment gateway dari perusahaan Telkom ini merupakan salah satu channel yang populer di Indonesia.

FinPay telah melayani pembayaran online sejak 30 Mei 2012 dan saat ini telah bekerja sama dengan banyak perusahaan yang ada di Indonesia, seperti provider kartu kredit VISA dan  Mastercard, dan juga berbagai e-commerce besar seperti LivingSocial, Plasa.com, AppsFoundry, Telkomsel, dan TelkomVision.

Definisi Payment Gateway 03aa FinPay - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Sampai Ketipu! Ini Trik Aman Membeli Mobil Secara Online]

 

#2 iPaymu

iPaymu membantu memudahkan pengguna dalam bertransaksi menggunakan layanan internet untuk berbagai keperluan.

Mulai dari pembayaran produk, belanja online, sumbangan, produk berlangganan, pengiriman uang, hingga penarikan uang dengan tiga model bisnis, yakni solusi bisnis ecommerce, payment gateway, dan layanan merchant.

Definisi Payment Gateway 04aa iPaymu - Finansialku

[Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman & Terhindar dari Toko Online Penipu]

 

#3 Veritrans

Menggunakan Veritrans membantu Anda menerima pembayaran dari berbagai channel pembayaran.

Veritrans mendukung pembayaran dari kartu kredit dan debit, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay, XL Tunai, T-Cash, bank transfer dan bahkan pembayaran yang dilakukan melalui minimarket yang sudah terintegrasi melalui VT-Web, VT-Direct, dan VT-Link.

Definisi Payment Gateway 05a Veritrans - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal 10 Perusahaan Fintech Indonesia]

 

#4 Doku

Doku telah bekerja sama dengan lebih dari 800 platform bisnis di Indonesia.

Termasuk perusahaan besar seperti Garuda Indonesia, AirAsia, Guvera, UNICEF, WWF, Java Jazz Production, RajaKarcis, Mulia Hotel, dan Bank of South Pacific.

Sehingga transaksi pembayaran online pada platformplatform tersebut bisa lebih mudah.

Definisi Payment Gateway 06a Doku - Finansialku

[Baca Juga: Cara Pembayaran Online ketika Belanja di Toko Online]

 

Payment Gateway: Model Bisnis Masa Depan

Teknologi payment gateway dianggap sebagai inovasi yang akan menjadi model bisnis masa depan ke arah transaksi online.

Dalam payment gateway, mekanisme pembayaran yang dilakukan berjalan serba otomatis sehingga akan lebih memudahkan pihak-pihak yang melakukan transaksi.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh payment gateway membuat pihak penjual dan pembeli sama-sama mendapatkan keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan transaksi.

Sehingga tidak mustahil minat masyarakat terhadap sistem transaksi online menjadi semakin tinggi dan penggunaan payment gateway sebagai bagian dari transaksi online akan menjadi semakin lazim.

 

Itulah definisi payment gateway yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai payment gateway? Tuliskan pertanyaan Anda pada kolom di bawah.

Dan jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikan artikel ini kepada kenalan dan kerabat Anda lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Yasha. 27 Februari 2018. Payment Gateway di Indonesia: Panduan Lengkap. Dewaweb.com – https://goo.gl/4BJJDH
  • Admin. 7 April 2017. Apa Itu Payment Gateway. Neoteker.or.id – https://goo.gl/YX3L1K

 

Sumber Gambar:

  • Payment Gateway 1 – https://goo.gl/9LWEkv
  • Payment Gateway 2 – https://goo.gl/RP9hVZ
  • FinPay – https://goo.gl/DH2mFS
  • iPaymu – https://goo.gl/oLWRuZ
  • Veritrans – https://goo.gl/TsvRsg
  • Doku – https://goo.gl/MXN2Yd
Summary
Definisi Payment Gateway Adalah
Article Name
Definisi Payment Gateway Adalah
Description
Istilah payment gateway mungkin bukan istilah yang terlalu umum bagi banyak orang. Apa sebenarnya definisi payment gateway ini?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo