Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja

Bagaimana contoh lamaran kerja dan email lamaran kerja yang benar? Apa saja hal yang perlu diketahui saat sebelum lamaran pekerjaan? Kali ini Finansialku akan membahas tentang men-download template lamaran pekerjaan dan contoh email lamaran kerja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Download Template Lamaran Pekerjaan [Gratis]

Saat menulis lamaran pekerjaan, seseorang biasanya membuat surat lamaran pekerjaan. Untuk jenis surat ini, formatnya harus menekankan pada kemampuan yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan. Sebagai dokumen resmi, ada beberapa aturan penulisan tentang apa yang harus dicantumkan dalam surat termasuk juga formatnya. 

Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

Manager HRD sudah berpengalaman dalam membaca berbagai jenis surat lamaran pekerjaan. Jadi, hal yang paling penting adalah bagaimana membuat dari apa yang dibuat menjadi berbeda. Format penulisan surat lamaran yang berbeda akan membuat isinya lebih dipertimbangkan. Terutama jika memang isi lamaran sangat berbobot, maka pelamar bisa dipertimbangkan menjadi kandidat utama.

 

Free Download CV dan Cover Letter

Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja 02 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
Namatrue
Telepon
Kotatrue
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Previous
Next

 

Untuk cara pengisian CV (curriculum vitae) atau resume, silakan cek penjelasan berikut ini.

 

Surat Lamaran Pekerjaan

Paragraf pembuka menjelaskan tentang tujuan penulisan. Tulis posisi yang diinginkan dalam melamar pekerjaan dan dimana menemukan informasi lowongan pekerjaan. Apabila informasi diperoleh dari rekan yang bekerja di instansi tersebut, cantumkan pula nama dan posisinya.

Paragraf inti menjelaskan tentang kualifikasi yang dimiliki. Mengapa kualifikasi tersebut layak dipertimbangkan dalam instansi. Seberapa signifikan bantuan yang bisa diberikan dan berapa banyak nilai yang selama ini diperoleh pelamar (misalnya terkait pelatihan dan pencapaian di pekerjaan sebelumnya).

Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Skill Management Trainee yang Harus Dimiliki oleh First Jobber]

 

Paragraf penutup mencakup kesimpulan surat dan harapan agar diterima. Perlu disampaikan pula ucapan terima kasih pada pihak yang menjadi penerima surat. Jangan lupa tambahkan “Respectfully yours,”.

Surat Lamaran Pekerjaan Berbahasa Inggris

Berikut ini contoh surat lamaran dalam Bahasa Inggris, atau yang disebut juga dengan cover letter:

Name   : Ava Isla
Address : Merdeka Street, 26
City, State, Zip Code: Malang, Jawa Timur, 65112
Phone Number: 0341 – 342275
Email Address: contact@avaisla.com
Date : July 1st, 1985

Name : Sudjana, M.Pd
Title: Recommendation Letter
Company: PT ABCDEFG
Phone Number: 0341 – 123456
Address: Nusa Indah Street, 1000
City, State, Zip Code: Malang, Jawa Timur, 65112

Isi surat mengandung keterangan bahwa yang bersangkutan keluar dari pekerjaan karena sebab-sebab masuk akal. Misalnya saja pindah domisili. Hal ini diperkuat juga dengan beberapa bukti bahwa tidak ada indikasi bahwa pelamar berencana mengundurkan diri akibat suatu kesalahan baik perusahaan maupun personal.

Di dalam surat dijelaskan juga tentang kompetensi dan sisi positif dari pelamar. Mengapa pelamar perlu dipilih menjadi pegawai dan apa saja kelebihan pelamar dibanding dengan calon lainnya.

 

Surat Lamaran Pekerjaan Berbahasa Indonesia

Untuk surat lamaran pekerjaan dengan Bahasa Indonesia, formatnya kurang lebih sama. Namun, sebaiknya pelamar benar-benar memperhatikan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia. Contohnya adalah sebagai berikut:

Nama: Ava Isla
Alamat : Jalan Merdeka 26
Kota, Provinsi dan KodePos: Malang, Jawa Timur, 65112
Nomor Telepon: 0341 – 342275
Alamat Email: contact@avaisla.com
Tanggal : 1 Juli 1985

Nama Perusahaan: PT Berita Cepat/ CepatBaca.com
Nama HRD: Bapak Ahmar Radja
Alamat: Jalan Anggrek No. 500, Surabaya


Yogyakarta, 20 Maret 2017

 

Yth. Kepala HRD PT Berita Cepat / CepatBaca.com

Di tempat

 

Setelah mendapat info yang menyatakan bahwa lembaga Bapak/Ibu membutuhkan pegawai di bagian pemasaran, saya mengajukan permohonan untuk diterima sebagai pegawai sesuai dengan lowongan tersebut.

Saya memiliki pengalaman menjadi pegawai bagian pemasaran PT Radja Rasa. Sebagai salah satu lulusan terbaik Universitas Banu Putera, saya memiliki latar belakang yang sangat relevan dengan bagian pemasaran. Selain itu, saya juga pernah menjadi manager ekstra kurikuler koperasi bagian pemasaran. Keuntungan yang pernah saya peroleh bersama tim dari penjualan 1 tahun mencapai 50%.

Karena perusahaan ini membutuhkan pegawai yang memiliki kemampuan menulis buku jurnal disamping pemasaran, maka pengalaman saya sebagai sekretaris RAT Koperasi Simpan Pinjam Adi Husada Yogyakarta akan sangat membantu. Saya memiliki pengalaman tersebut dari hasil magang secara sukarela.

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan:

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Ijazah S1
  • Transkrip Nilai
  • Akta Mengajar
  • Pas foto
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Sertifikat dan Piagam Penghargaan

Saya berharap, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan dan berkenan menerima saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat Saya,

 

Ava Isla

 

Contoh Email Lamaran Kerja

Sebelum menulis surat lamaran kerja secara online, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Berikut adalah penjelasannya.

 

Poin 1: Keprofesionalan Email

Maksud dari keprofesionalan email adalah nama dan alamat email jangan sampai terkesan alay. Tunjukkan profesionalisme dalam email seperti jenis nama “lingga.tanisya@gmail.com” atau “lingga.tan@gmail.com”. Hindari kata-kata alay saat mendaftar pekerjaan lewat email seperti nama “lingga.cantiq@gmail.com”. Nama tersebut akan mengurangi wibawa dan keprofesionalan pelamar.

 

Poin 2: Hal-hal Tentang Kepenulisan

Pembaca akan mengetahui kepada siapa saja email lamaran pekerjaan. Jika pelamar mengirim ke banyak pembaca sekaligus, maka akan menimbulkan kesan tidak memprioritaskan instansi yang dituju. Oleh karena itu, lebih baik menulis dengan lebih teliti, jangan sampai salah nama dan tujuan harus satu persatu.

Subject email ditulis dengan rapi dan detail. Jangan kosongkan karena bisa jadi email akan ditandai saat subjeknya penting. Agar lebih aman, selain attachment file surat lamaran pekerjaan juga perlu ditulis di badan email.

Download Template Lamaran Pekerjaan dan Contoh Email Lamaran Kerja 04 - Finansialku

[Baca Juga: Penyebab Frustrasi Saat Mencari Kerja, Yang Mungkin Tidak Anda Sadari]

 

Lampiran sebaiknya berbentuk PDF agar format tidak berubah. Untuk hasil scan harus dikompres agar ukurannya tidak lebih dari 2,5 MB. Untuk meningkatkan kepercayaan pembaca, tambahkan juga signature di alamat email.

 

Cara apa yang akan Anda pilih untuk menulis surat lamaran pekerjaan? Mengapa demikian? Kemukakan alasan tersebut dan bagikan juga informasi ini pada teman yang membutuhkan pekerjaan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nurazizah Zaenudin. Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Lengkap 2017. Skipnesia.com – https://goo.gl/WVOj2r
  • Alison Doyle. 02 April 2017. Recent College Graduate Cover Letter Example. Thebalance.com – https://goo.gl/4ieqSw
  • Dewa. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Yang Baik. Dewa-surat.com – https://goo.gl/S4Nzj9

 

Sumber Gambar:

  • Application – https://goo.gl/Y5p3Ly
  • Send CV – https://goo.gl/gDersu

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-11-21T10:38:26+00:00 May 10th, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Anisa 4 July 2017 at 11:21 - Reply

    Sip makasi kakak …..

    • Finansialku
      Finansialku 6 July 2017 at 09:17 - Reply

      Hi Anisa, terima kasih telah mengunjungi Finansialku.com
      Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download