Para vlogger YouTube, sudahkah kamu mengetahui peran pemasaran email marketing dalam channel YouTube? Jika kamu menganggap email marketing hanya sebatas menjual produk atau jasa dengan program promosi atau diskon via email, maka kamu tidak salah.

Tetapi nyatanya, email marketing memiliki banyak fungsi lainnya lho. Mari kita lihat tips dan peranan email marketing (pemasaran email) untuk para vlogger YouTube.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kenali Dahulu Apa itu Email Marketing (Pemasaran Email)

Jadi, apa sih sebenarnya email marketing itu? Email marketing merupakan sebuah jenis pemasaran langsung dengan cara pengumpulan alamat email dan pemasaran produk atau jasa kepada kumpulan alamat email tadi. Kedengarannya memang sederhana, namun fungsinya lebih dari sekedar memasarkan produk atau jasa lho.

Sayangnya, walaupun sangat sederhana, masih banyak perusahaan yang salah menjalankannya, dimana mereka cenderung mengirimkan email kepada pihak-pihak yang bahkan tidak menginginkan atau bahkan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Tips dan Peranan Email Marketing (Pemasaran Email) untuk Para Vlogger YouTube 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers]

 

Dengan kata lain, tujuan dari email marketing tersebut, jadi tidak tercapai jika target yang dituju tidak sesuai dengan kenyataannya. Lalu bagaimana solusinya?

Kini, banyak ahli marketing yang sudah mempelajari kesalahannya dan mencari solusi cerdas untuk menarik pelanggan.

Misalkan, dengan memberi alternatif pelanggan untuk subscribe dalam mailing list jika mereka tertarik dengan informasi atau promo yang ditawarkan.

Kabar baik bagi para vlogger YouTube, ternyata email marketing ini juga bisa dimanfaatkan olehmu. Penasaran dengan keuntungan dan manfaat email marketing bagi channel YouTube kamu?

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan mengulas seluk beluk email marketing dan keuntungannya bagi kamu para vlogger.

 

Keuntungan Pengumpulan Alamat Email bagi Vlogger

Sebagai vlogger, kamu tidak menawarkan sebuah produk atau jasa. Tetapi tentunya kesuksesan seorang vlogger pun tidak terlepas dari unsur pemasaran.

Sesungguhnya kamu sedang menjalani proses membangun sebuah komunitas YouTube yang memiliki minat dan ketertarikan serupa.

Dalam komunitas inilah kamu bisa berbagi informasi dan memperoleh pengetahuan serta melatih kemampuan menuju arah yang lebih baik.

Namun, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan email marketing dan pengumpulan alamat email walaupun kamu bukanlah pihak perusahaan yang sedang berusaha menggaet pembeli.

Cara Cepat Mendapatkan 1.000 Viewer YouTube dalam Sehari 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Mendapatkan 1.000 Viewer YouTube dalam Sehari]

 

Disini, kamu memanfaatkan email marketing untuk menggaet viewers. Saat memperoleh subscriber terhadap mailing list kamu, kamu memperoleh akses langsung ke inbox mereka lho.

Dengan kata lain kamu tidak perlu lagi mengandalkan ingatan mereka untuk membuka update vlog terbarumu.

Dengan adanya pesan pengingat langsung bagi mereka, mereka diingatkan secara otomatis akan update terbaru darimu. Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal kepada ribetnya mengingatkan subscriber akan update terbaru via media sosial. Menarik bukan?

Intinya disini email marketing bukan dimanfaatkan sebagai ajang promosi, tetapi sebagai sarana bagi vlogger untuk memberikan info tambahan bagi para subscriber yang memang berminat mengetahui info terbaru darimu.

 

Cara Mendapatkan Email Subscriber di Channel YouTube Kamu

Nah, setelah mengetahui manfaatnya, kini pertanyaan utamanya adalah:

Bagaimana caranya mendapatkan email subscriber tersebut pada channel YouTube saya?

 

Caranya sesungguhnya mudah saja, pertama-tama kamu perlu memastikan bahwa kamu memberikan apa yang subscriber-mu inginkan. Sehingga kesalahan target pemasaran yang meleset tidak terulang kembali.

Jangan melulu hanya memberi update vlog terbaru yang biasa diperoleh semua viewers. Kamu bisa menarik minat mereka dengan memberikan sesuatu yang LEBIH.

Maksudnya, berikanlah nilai lebih jika mereka menjadi email subscriber-mu. Misalkan saja, berikan bloopers atau behind the scene dari vlog terbaru, atau buatlah sebuah forum diskusi mengenai topik yang lebih mendalam.

Dengan memberikan nilai tambah, maka ada sesuatu yang akan menjadi daya tarik mailing list. Jika konten dalam channel YouTube dan mailing list sama-sama saja, sama artinya dengan menghapuskan daya tarik tambahan tersebut.

Ampuh Ini Cara Membuat Vlog di Youtube untuk Pemula 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ampuh! Ini Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula]

 

Dengan konten berkualitas dalam pesan email-mu, kamu bukan saja menambah email subscriber, namun juga mencegah banyaknya unsubscriber.

Jangan lupa untuk mengajak viewers untuk menjadi email subscriber dengan memberikan mention pada awal atau akhir video dengan kata-kata dan penawaran menarik.

Berikan juga link langsung untuk menjadi email subscriber yang memudahkan mereka mendaftar. Ingatlah bahwa viewers tidak suka dibuat repot, jadi lakukan sebisamu untuk memudahkan mereka menjadi email subscriber kamu.

 

Cara Mempertahankan Email Subscriber di Channel YouTube Kamu

Layaknya pacar atau pasangan, mempertahankan hubungan kerap kali lebih sulit daripada mendapatkannya. Kamu bisa saja mendapatkan pasangan dengan mudah, tapi jarang ada hubungan yang berhasil sampai ke jenjang pernikahan dan bahkan sampai kakek nenek.

4 Hal Yang Perlu Dihindari Vlogger Baru pada Chanel YouTube 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Dihindari Vlogger Baru pada Channel YouTube]

 

Serupa kasusnya dengan email subscriber. Mendapatkan email subscriber lebih mudah daripada mempertahankannya. Namun ironisnya, kamu harus mempertahankan email subscriber-mu jika ingin channel YouTube lebih sukses.

Sebenarnya teorinya mudah, yaitu mempertahankan konten untuk selalu relevan dan menarik. Namun, memang teori lebih mudah daripada praktiknya.

Untuk mengakalinya, cobalah berikan link untuk konten terbaru dan selalu berikan tambahan keuntungan bagi email subscriber seperti telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Berikan alasan jelas mengapa mereka harus subscribe dalam mailing list-mu.

Jika memungkinkan, kamu bisa saja memberikan giveaway dengan syarat tertentu, salah satunya adalah dengan menjadi email subscriber-mu. Cara ini cukup efektif, namun belum tentu berlangsung lama, karena bisa saja viewers unsubscribe setelah masa giveaway berakhir.

Tetapi tidak ada salahnya dicoba bukan? Namun selalu ingat untuk menjaga email tetap singkat dan menarik ya, jangan biarkan email terlalu panjang dan membuat viewers malas membacanya.

Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger - finansialku 02

[Baca Juga: Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger]

 

TIPS Email Marketing Bagi Vlogger

Setelah mengetahui keuntungan dan cara mendapatkan email subscriber, apakah kamu masih ragu akan kesuksesan mailing list tersebut?

Mungkin saja, karena banyak yang gagal membuat mailing list yang sukses dengan banyak subscriber. Agar kamu tidak berakhir seperti mereka, mari kita lihat beberapa tips mudah yang bisa kamu aplikasikan untuk meningkatkan peluang sukses dalam email marketing.

 

Tips pertama untuk meningkatkan probabilitas sukses dalam email marketing adalah dengan membuat email yang ramah bagi smartphone atau mobile-friendly, yang dimaksud dengan mobile-friendly adalah sebagai berikut:

  • Isi tidak terlalu panjang dan bertele-tele
  • Ukuran (size) email tidak terlalu besar sehingga menghabiskan kuota
  • Tidak mencantumkan gambar atau video yang tidak mobile-friendly

 

Selain itu, tips kedua adalah berikan nilai lebih atau konten eksklusif bagi para email subscriber sehingga mereka bisa menikmati manfaatnya dibandingkan orang lain.

 

Tips ketiga yaitu selalu konsisten. Konsistensi sangatlah penting dalam menjadi seorang vlogger, karena secara tidak langsung viewers yang loyal akan selalu menunggu update darimu.

Sebaiknya selalu konsisten bukan hanya dalam update konten terbaru, namun dalam sosial media dan email marketing juga. Dengan konsistensi niscaya kamu akan melihat jalan kesuksesan yang terbuka lebih luas lagi.

 

Bagaimana Cara Menambah Komentar Dari Viewers pada Video Blog YouTube Kamu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menambah Komentar Dari Viewers pada Video Blog YouTube Kamu?]

 

Manfaatkan Email Marketing (Pemasaran Email) Sekarang Juga

Kini kamu sudah mengerti bahwa email marketing atau biasa disebut pemasaran email bukan hanya untuk perusahaan yang menjual produk atau jasa saja.

Email marketing juga bisa kamu manfaatkan demi kesuksesan channel YouTube-mu. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi kamu para vlogger untuk memperluas jalan kesuksesan channel YouTube-mu ya!

 

Disclaimer: Penggunaan channel YouTube hanya sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan dan kepentingan lainnya. Finansialku tidak berafiliasi dengan channel YouTube tersebut.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips dan peranan email marketing (pemasaran email) untuk para vlogger YouTube lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vlog Nation. How To Grow Your Vlog Channel’s Reach with Email Marketing. Vlognation.com – https://goo.gl/AAAojS

 

Sumber Gambar:

  • Email Marketing – https://goo.gl/YrbnPP
  • Vlogger YouTube – https://goo.gl/wmnT8u

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang