Beberapa waktu lalu, jagat maya dipenuhi dengan viralnya berita seorang alumni, bernama Fredy Chandra. Fredy Chandra berikan liburan gratis kepada 65 gurunya.

Siapakah Fredy Chandra, dan apa yang menjadi latar belakang Fredy Chandra melakukan hal ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Siapakah Fredy Chandra?

Fredy Chandra, namanya tiba-tiba mencuat di jagat maya karena ia memberikan liburan gratis kepada 65 gurunya dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

Fredy Chandra merupakan seorang pria sukses asal Kota Pekalongan, Jawa Tengah yang saat ini tinggal di Jakarta.

Fredy Chandra adalah Alumni SMAN 1 Pekalongan yang lulusan tahun 1993 yang berprofesi sebagai pengusaha FO (Fiber Optik) bawah laut.

Dulunya, Fredy Chandra adalah seorang murid biasa yang sama seperti murid-murid lainnya.

Seperti dilansir oleh Detik.com, Selasa (26/9/170):

“Menurut Sulikin, Kepala SMAN 1 Pekalongan, Fredy Chandra, merupakan alumnus dari SMAN 1 Pekalongan tahun 1993. Tidak ada hal yang menonjol selama menjadi murid di SMA N 1 Pekalongan. Beberapa guru mengatakan, perilakunya sangat biasa, seperti halnya murid-murid lainnya. Dia sekarang menjadi pengusaha kabel FO bawah laut dan tinggal di Jakarta.”

 

Semasa sekolah, Fredy Chandra pernah mengalami kecelakaan yang cukup parah, sehingga menyebabkan Fredy Chandra harus terbaring koma beberapa hari. Dalam kondisi koma, Fredy Chandra bermimpi dijenguk oleh para gurunya dari tingkat SD hingga SMA.

Seorang Alumni, Fredy Chandra Berikan Liburan Gratis Ke Luar Negeri Kepada 65 Gurunya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Dari sini, awal mula Fredy Chandra memiliki cita-cita untuk membahagiakan para gurunya.

Setelah sadar, Fredy Chandra bernazar kelak ingin mengajak para gurunya liburan keluar negeri jika ia sukses dan memiliki rezeki lebih.

 

Guru Liburan Gratis, Nazar Fredy Chandra Terlaksana

Juli 2017 lalu, Sulikin, Kepala SMAN 1 Kota Pekalongan kedatangan tamu istimewa, seorang pria yang telah lulus dari sekolah sejak 24 tahun lalu.

Fredy Chandra tiba-riba datang ke SMAN 1 Pekalongan untuk mengajak para guru yang pernah mengajarnya berlibur ke luar negeri.

Semula Sulikin hanya menganggap ajakan ini sebagai candaan saja. Namun dugaan Sulikin salah, seperti yang dilansir oleh kompas.com, Rabu (27/9/19)

“Tiga bulan sejak pertemuan itu, niatnya terwujud. Hanya saja karena kebanyakan guru Fredy Chandra sudah tua dan pensiun, destinasi perjalanan yang semula ke Eropa diubah ke Malaysia dan Singapura. Karena banyak guru sudah tua, saya sarankan yang dekat-dekat saja.”

 

Tepatnya pada 19 September lalu, Sulikin dan rombongan guru yang pernah mengajar Fredy Chandra berangkat ke Bandara Soekarno Hatta.

Bukan hanya guru SMAN 1 Pekalongan yang diberangkatkan, namun juga guru Fredy Chandra di SMP Negeri 1 Pekalongan dan SD Sampangan.

Totalnya mencapai 65 orang.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Sulikin dan rombongan guru disambut hangat oleh Fredy Chandra dan keluarga. Ketulusan Fredy Chandra dapat dirasakan oleh para guru yang pernah memberikan ilmu kepadanya.

Fredy Chandra merangkul satu per satu gurunya, ia memperlihatkan kerinduan yang dalam seolah sudah lama tidak bertemu dengan orang tuanya. Selama di bandara Fredy Chandra bercengkrama dengan para gurunya, bahkan ia sempat memijiti beberapa gurunya.

“Anak ini tulus sekali. Ketemu gurunya seperti ketemu orang tuanya yang lama tidak pernah bertemu. Jadi, dirangkul satu-satu, ada yang dipijitin, macem-macem, pokoknya seneng sekali,”

 

Sulikin merasa terharu melihat perlakuan Fredy Chandra kepada para gurunya, meskipun Sulikin tidak pernah mengajar Fredy Chandra sewaktu ia menimba ilmu di SMAN 1 Kota Pekalongan.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Liburan Gratis Dengan Pelayanan Kelas 1

Karena kesibukannya, Fredy Chandra tidak ikut liburan ke Malaysia dan Singapura dengan para gurunya.

Dia hanya mengantarkan ke Bandara Soekarno Hatta saja. Akan tetapi, Fredy Chandra menjamin akan memberikan pelayanan liburan kelas 1 untuk para gurunya.

Fredy Chandra ingin para gurunya nyaman menikmati perjalanan liburan mereka. Fredy Chandra berpesan kepada biro perjalanan untuk melayani para gurunya sebaik mungkin selama perjalanan, jangan sampai ada sedikit pun keluhan yang datang dari gurunya.

Fredy Chandra memantau perjalanan para gurunya melalui ponsel.

Seorang Alumni, Fredy Chandra Berikan Liburan Gratis Ke Luar Negeri Kepada 65 Gurunya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Keuangan di Usia 40 an! Ini Rencana Keuangan Usia 40 an!]

 

Seluruh biaya perjalanan mulai dari transportasi, hotel, uang saku hingga biaya pembuatan paspor semuanya ditanggung oleh Fredy Chandra. Bahkan, Fredy Chandra menyiapkan pendamping dengan kursi roda hingga dokter untuk mendampingi para guru yang sudah sepuh.

Awalnya, beberapa guru memang sudah memiliki tujuan untuk pergi berlibur ke Malaysia atau Singapura. Namun, karena satu dan lain hal mereka belum berkesempatan kesana.

Mengutip Detik.com, Selasa (26/9/17):

“Sebenarnya memang mempunyai rencana ke sana, tapi tabungannya selama ini belum tercukupi,”

 

Jelas Fauziyah, guru yang pernah mengajar Fredy Chandra mata pelajaran Agama.

Para guru menikmati objek wisata di negeri tetangga selama lima hari dan baru kembali ke Kota Pekalongan pada 24 September kemarin.

Menariknya, sepulang dari negara tetangga, cerita yang menggetarkan hati ini dituangkan di blog pribadi Kepala SMAN 1 Pekalongan dengan judul ‘Muridku Gila’.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

Dalam kisah ini, para guru yang pernah mengajar Fredy Chandra merasa bangga kepadanya.

Pasalnya, anak zaman sekarang, jangankan untuk mengajak gurunya liburan, untuk mengingat gurunya saat papasan di jalan pun sudah sulit.

Fredy Chandra salah satu orang sukses yang bisa kita contoh saat kelak kita sukses.

Fredy Chandra tidak melupakan begitu saja jasa besar para gurunya yang telah mendidik ia sehingga menjadi orang sukses seperti sekarang ini.

Cerita ini menyadarkan kita bahwa seseorang tidak akan bisa sukses seperti saat ini tanpa adanya didikan dan bimbingan yang diberikan oleh para gurunya. Mulai saat ini cobalah untuk balas budi guru kita masing-masing walaupun hanya dengan silaturahmi.

 

Silakan bagikan tulisan ini jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat untuk orang-orang sekitar Anda. Jangan sungkan untuk bertanya atau berdiskusi, silakan isi kolom komentar!

 

Sumber Referensi:

  • Robby Bernardi. 26 September 2017. Hebat! Mantan Murid Ajak 65 Guru Piknik Gratis ke Luar Negeri. Detik.com – https://goo.gl/E1ikco
  • Ihsanudin. 27 September 2017. Kisah Fredy Candra, Murid “Gila” yang Terbangkan 65 Gurunya Jalan-jalan ke Luar Negeri. Kompas.com – https://goo.gl/GFCzcZ

 

Sumber Gambar:

  • Fredy Chandra Berikan Liburan Gratis – https://goo.gl/rpZJ7p dan https://goo.gl/sdGKTu
  • Fredy Chandra – https://goo.gl/VA2wmU

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang