Gadai Efek Pegadaian bisa jadi SOLUSI Anda! Yaaa, manfaatkan aset untuk memenuhi kebutuhan mendesak tanpa kehilangan status kepemilikan Aset!

Ketahui produk baru Gadai Efek dari Pegadaian melalui ulasan berikut ini!

 

Sponsored Article

Logo Pegadaian

 

Investasi Di Mata Kaum Milenial

Salah satu strategi dalam mewujudkan tujuan keuangan masa depan adalah dengan berinvestasi, termasuk mengamankan kekayaan dari gerusan inflasi yang kian menggila semakin bertambahnya tahun.

Ada banyak pilihan investasi yang bisa mengamankan kekayaan, salah satunya adalah investasi saham yang dipercaya dapat memberikan keuntungan besar sesuai dengan tingkat dan manajemen risiko dari para investornya.

Gadai Efek Pegadaian Definisi dan 3 Keunggulan Gadai Efek 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kini Investasi Emas Semudah Isi Pulsa di Pegadaian Digital, Ga Ribet!]

 

Dewasa ini, para kaum milenial yang berusia kisaran 18 hingga 30 tahun mulai melek finansial dan tertarik untuk menanamkan sebagian dari portofolio mereka dalam instrumen investasi saham maupun obligasi.

Terbukti bahwa pertumbuhan investor saham dari kalangan milenial mengalami peningkatan sebesar 116,78% pada tahun 2019, seperti yang dilansir dari Bursa Efek Indonesia.

Apalagi dengan akses informasi yang semakin dipermudah dengan semakin majunya perkembangan teknologi informasi, semakin mempengaruhi peningkatan tersebut.

Namun, ada kalanya kebutuhan mendesak itu bisa saja terjadi, apalagi jika dana darurat sudah menipis atau bahkan tidak ada sama sekali, alhasil investor, mau tidak mau, harus melepaskan salah satu atau beberapa aset dari investasi mereka.

Jika investasi saham akan dikorbankan, apalagi jika nilai sahamnya sedang dalam posisi yang kurang menguntungkan, tentu investor akan merugi, betul?

Dari sisi inilah, Pegadaian hadir dengan mottonya “mengatasi masalah tanpa masalah” melalui produk teranyar mereka, yaitu Gadai Efek.

 

Mengenal Gadai Efek

Gadai Efek merupakan pemberian pinjaman dengan jaminan kepemilikan surat berharga, bisa berupa saham dan obligasi.

Tak perlu khawatir kehilangan saham atau obligasi, nasabah dapat tetap memenuhi kebutuhan mendesak mereka melalui fasilitas Gadai Efek dari Pegadaian.

Fasilitas Gadai Efek ini dapat dimanfaatkan oleh nasabah kapanpun dan dalam berbagai kondisi. Baik pada saat nilai saham mengalami penurunan maupun pada saat nilai saham sedang mengalami kenaikan.

Gadai Efek ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu layanan yang dapat membantu nasabah dalam mengoptimalkan aset yang nasabah miliki.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS BATANGAN/PERHIASAN Untuk PEMULA

Mockup Ebook Panduan Berinvestasi Emas Batangan

Download Ebook Sekarang

 

Apakah Semua Saham & Obligasi Dapat Digadaikan?

Selain Gadai Emas, Pegadaian juga memiliki Produk Gadai Efek yang menerima 2 jenis jaminan, berupa Obligasi dan Saham, namun tidak semua jenis obligasi dan saham yang diterima.

Berikut ini jenis-jenisnya:

 

#1 Obligasi

Tidak semua surat pernyataan utang atau obligasi dapat diterima oleh produk Gadai Efek.

Jenis obligasi yang dapat digadaikan di Pegadaian, yaitu Obligasi Pemerintah, Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Surat Utang Negara (SUN) dengan usia minimal 180 hari sebelum jatuh tempo.

 

#2 Saham

Produk Gadai Efek Pegadaian menerima saham dengan indeks LQ45, yaitu indeks saham yang terdiri dari 45 perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu dari Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu, saham yang digadaikan harus memiliki haircut kurang dari sama dengan 30% (≤30%), dimana haircut merupakan Pengurang nilai saham yang besarannya di terbitkan oleh KPEI (Kliring Penjamin Efek Indonesia) dan jumlah minimal penerimaannya adalah 1 lot (100 Lembar).

Gadai Efek Pegadaian Definisi dan 3 Keunggulan Gadai Efek 03 - Finansialku

[Baca Juga: MUDAH! Begini Sistem, Syarat dan Cara Gadai Emas Di Pegadaian Digital]

 

Keunggulan Gadai Efek

Bagi Anda yang akan memanfaatkan keunggulan dari produk Gadai Efek dari Pegadaian, antar lain:

 

#1 Proses Cepat, Mudah dan Aman

Pegadaian mengerti akan kebutuhan mendesak dari para nasabahnya. Oleh sebab itu, proses dari pencairan dana melalui produk Gadai Efek pun tidak akan memakan waktu dan proses yang terbilang cepat.

Hanya dengan mendatangi langsung kantor Pegadaian unit efek atau melakukan pengajuan melalui Aplikasi Pegadaian Digital.

Para nasabah pun tidak perlu khawatir, karena produk Gadai Efek ini diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

#2 Aset Tetap Dimiliki

Tak perlu khawatir akan kehilangan aset saham atau obligasi karena di tangan Pegadaian, kepemilikan aset Anda dijaga keamanannya.

Selain status kepemilikan efek yang tetap melekat pada nasabah, hak corporate action pun akan tetap dimiliki.

 

#3 Sewa Modal Terjangkau Dan Waktu yang Fleksibel

Anda dapat memanfaatkan dana yang telah dicairkan dari Produk Gadai Efek untuk berbagai keperluan dengan sewa modal yang terjangkau dan jangka waktu yang fleksibel, dimana nasabah dapat menebusnya kapan saja sesuai dengan keinginan.

Pinjaman yang dapat diajukan mulai dari Rp 1.000.000 (satu juta rupiah) sampai dengan Rp 5.000.000.000 (lima miliar rupiah) untuk nasabah individu dan Rp 20.000.000.000 (dua puluh miliar rupiah) untuk nasabah korporasi.

Total pelunasan dihitung berdasarkan jumlah uang pinjaman ditambah dengan sewa modal yang sudah berjalan.

Selain itu, para nasabah dapat melakukan simulasi perhitungan uang pinjaman yang terdapat pada Aplikasi Pegadaian Digital yang dapat di download di Google Play Store atau Apple Apps Store.

 

Biaya Fasilitas Gadai Efek

Berbagai biaya penyertaan dalam menggunakan fasilitas Gadai Efek adalah sebagai berikut:

Jenis Biaya Biaya Keterangan
Biaya Mutasi Kustodian Rp 49.500

per jenis efek/transaksi

(Free sampai 31 Desember 2020)

Biaya Administrasi 0,25%

dari uang pinjaman/pengajuan untuk 90 hari

(Free sampai 31 Desember 2020)

Biaya Sewa Modal 3,75%* Per 90 hari

Catatan: *) 0,625% untuk 15 hari pertama, selanjutnya menggunakan perhitungan harian 0,0416% per hari

 

Percayakan Pada Gadai Efek

Terburu-buru menjual saham demi memenuhi kebutuhan mendesak bisa jadi buah simalakama bagi para investor. Percayakan saja masalah Anda dengan Gadai Efek. Aset saham aman, kebutuhan mendesak terselesaikan, kondisi hati pun nyaman.

Gunakan aset Anda tanpa harus kehilangan status kepemilikan dengan Produk Gadai Efek dari Pegadaian yang akan mengatasi masalah tanpa masalah.

Informasi lebih lanjut tentang Gadai Efek Pegadaian, bisa mengunjungi  www.pegadaian.co.id atau www.sahabatpegadaian.com. Selain itu, Anda bisa menghubungi Call Center Pegadaian di 1500-569 dan Whatsapp di 0812 1800 3757

 

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika Anda membutuhkan konsultasi seputar masalah keuangan sebelum mengajukan gadai? Konsultasi Gratis saja dengan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Pegadaian.co.id – https://bit.ly/2DG3vK0 dan https://bit.ly/2EVFMGl
  • Sahabat Pegadaian. Sahabatpegadaian.com – https://bit.ly/3i7gRhl

 

Sumber Gambar:

  • Pegadaian – https://bit.ly/335EaSf
  • Milenial – https://bit.ly/2GCQKRv
  • Keluarga Baru – https://bit.ly/3lWTMQK