Ketahui harga emas putih dan peluang investasinya! Sejak dulu emas putih selalu menjadi perhiasan primadona.

Selain harganya lebih mahal, banyak orang yang percaya jika emas putih memiliki nilai estetika yang lebih dibanding emas biasa.

Ingin tahu peluang investasinya seperti apa? Mari kita bahas!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Emas Putih Perhiasan Favorit Kaum Hawa

Emas menjadi perhiasan yang melekat dengan kaum hawa, begitu pun dengan saya, saat mulai beranjak dewasa, saya mulai tertarik untuk menggunakan atau hanya mengkoleksi logam mulia ini.

Sebagian uang jajan, saya alokasikan untuk beli perhiasan emas meskipun tidak banyak, ya lumayan lah. Saat itu, saya berpikir bahwa yang penting aset barang berharga saya bertambah.

Hampir semua perhiasan emas yang saya miliki adalah emas putih. Entah kenapa, saya merasa kurang cocok jika menggunakan emas kuning, hehehe.

Nah, jika Anda sama seperti saya, senang mengkoleksi emas putih, Anda harus tetap harus waspada saat membelinya ya, pastikan Anda teliti sebelum membelinya.

Jadi secara kasat mata emas putih ini mirip dengan platinum dan perhiasan berwarna silver lainnya.

Dari segi harga, emas putih lebih tinggi dari harga emas kuning, karena harganya lebih mahal, ada kepuasan sendiri lho saat menggunakannya.

Ketahui Harga Emas Putih dan Peluang Investasinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Untung dan Rugi Membeli Emas (Investasi Emas) Saat Rupiah Melemah]

 

Oh ya, di Indonesia sendiri masih banyak masyarakat yang salah paham tentang logam emas putih dan tidak tahu apakah jenis logam ini bisa dijadikan instrumen investasi atau tidak.

Emas putih sering disangka berbahan baku platinum (platina), padahal karakteristik dan kualitasnya jauh berbeda.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Apa Bedanya Emas Putih dan Platinum?

Emas putih adalah perpaduan antara logam emas dan satu atau lebih logam lain yang berwarna putih seperti perak dan paladium. Sedangkan kandungan emas dalam emas putih sendiri bisa jadi hanya 18 karat, 14 karat, atau lainnya.

Sebagai contoh pembuatan emas putih yang menggunakan 75% emas dicampur dengan 25% perak dan paladium.

Emas kuning juga dibuat dengan cara yang mirip, hanya campurannya saja yang berbeda; misalnya emas kuning yang dibuat dengan 75% emas dicampur 25% tembaga dan seng.

Selain perak, paladium, tembaga, dan seng, nikel juga banyak digunakan dalam pembuatan emas putih, tetapi kini nikel lebih jarang digunakan karena bagi sebagian orang bahan nikel ini bisa menimbulkan alergi.

Jenis-Jenis Investasi Perak yang Perlu Anda Pahami 1 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Investasi Emas Antam Online, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!]

 

Ketika masih baru, emas putih dilapisi dengan bahan logam berwarna putih lainnya, yakni Rodium, untuk membuat warnanya makin berkilau.

Rodium sangat mirip dengan platinum, termasuk warna putihnya; dan inilah yang banyak membuat orang salah paham.

Tanpa lapisan rodium warna emas putih akan nampak lebih kusam, sedangkan rupa emas putih yang telah dipoles rodium akan sangat mirip atau malah lebih cemerlang dibanding platinum.

Untuk menjaga emas putih tetap cemerlang, biasanya emas harus di poles ulang setiap sekitar 12-18 bulan sekali.

 

Adapun platinum adalah logam berwarna putih yang bila digunakan untuk membuat perhiasan maka tidak perlu campuran lain. Berbeda dengan logam emas yang lunak, platinum lebih padat, sehingga ketika dipakai, perhiasan dari platinum akan terasa lebih berat.

Platinum sudah cukup berkilau dengan sendirinya jadi tidak perlu dipoles rodium. Ini membuat harga platinum jauh lebih mahal. Sebuah cincin platinum bisa berharga dua kali lipat emas putih 18 karat.

Ketahui Harga Emas Putih dan Peluang Investasinya 03 Platinum - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas Putih, Apakah Lebih Menguntungkan Dibanding Emas Batangan Biasa?]

 

Karena mahalnya harga platinum, maka di kalangan investor ia dijuluki “emas putih” tetapi sebenarnya maksud “emas putih” disini berbeda dengan emas putih yang disebutkan di awal tadi.

 

Perbandingan Harga Emas Putih dan Platinum

Jika ada yang bertanya “mahal mana, emas putih atau emas biasa?” jawab saja “tidak pasti” kenapa? Karena seperti tadi dijelaskan di awal, sebetulnya emas putih dan emas kuning sama saja, hanya berbeda bahan campurannya.

Meskipun biasanya harga emas putih biasanya selalu lebih mahal dibanding emas biasa, namun hal ini tidak mutlak.

Yang perlu diketahui disini adalah, rodium sebagai bahan campuran emas putih termasuk logam mulia yang sangat mahal. Tak tanggung-tanggung harga rodium sepuluh kali lipat lebih tinggi daripada emas, dan volatilitasnya pun besar.

Ketahui Harga Emas Putih dan Peluang Investasinya 04 Rodium - Finansialku

[Baca Juga: Moms Sudah Tahu, Perbedaan Emas Putih dengan Emas Kuning (Biasa)?]

 

Jadi rodium juga sulit diolah, sehingga jarang sekali digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan secara sendirian. Namun, karena kilaunya yang amat cemerlang maka logam ini merupakan pilihan favorit untuk melapisi emas putih.

Hal ini menyebabkan harga perhiasan dengan emas putih menjadi lebih tidak menentu dibanding emas biasa.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Lalu Bagaimana Jika Perhiasan Emas Putih Dijadikan Barang Investasi?

Di artikel-artikel Finansialku sebelumnya banyak dijelaskan jika berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan sebetulnya tidak terlalu bagus karena harga emas perhiasan akan terpengaruh nilai keindahannya.

Jika Anda membeli seperangkat perhiasan emas sebagai mas kawin hari ini misalnya, lalu sepuluh tahun yang akan datang dijual untuk biaya sekolah anak, maka harga jualnya seolah lebih tinggi tetapi sebenarnya jika dibandingkan dengan inflasi maka akan sama saja dengan harga belinya saat ini.

Jadi perhiasan emas bisa menjadi pelindung nilai kekayaan, tetapi bukan merupakan aset investasi yang bisa berkembang sekian persen dalam jangka waktu satu tahun atau kurang.

Tips Membeli Perhiasan Untuk Investasi 01 Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Investasi Emas Logam Mulia VS Investasi Cryptocurrency? Dan Kenapa Pilih Investasi Emas di Tahun 2018?]

 

Dengan demikian, emas putih sebenarnya bukan pilihan bagus untuk investasi dan harga jualnya bisa jatuh jika dibandingkan dengan harga beli. Apalagi, emas putih yang dipoles rodium membutuhkan perawatan berkala.

Perhiasan emas putih maupun emas berkilau kekuningan biasa akan ideal sebagai harta keluarga atau warisan bagi anak cucu, tetapi kurang cocok bagi penanaman investasi yang mengharapkan imbal hasil besar, apa lagi dalam jangka waktu yang pendek.

Walau demikian nilai investasi emas putih berbeda dengan nilai investasi platinum.

Harga platinum cenderung meningkat dari tahun ke tahun dan digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai barang selain perhiasan, seperti peralatan medis, prostesis, dan alat elektronika.

Sebelum kita memutuskan untuk berinvestasi emas putih, emas biasa, atau platinum ada baiknya kita hitung dulu seberapa besar hasil investasinya nanti.

 

Cara Menghitung Investasi Logam Mulia Menggunakan Aplikasi Finansialku

Sebelum menghitung investasi logam mulia menggunakan Aplikasi Finansialku, pastikan Anda telah mengunduh dan memasang aplikasi ini pada smartphone masing-masing.

 

Mencatat Logam Berharga

 

Langkah-langkah mencatat logam berharga dengan Aplikasi Finansialku:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu Investasi.
  2. Pilih Investasi Logam Berharga pada bagian bawah.
  3. Masukan data yang diperlukan:
    • Tanggal: Berisi tanggal pembelian instrumen investasi.
    • Nama: Berisi nama akun instrumen investasi.
    • Jumlah: Berisi jumlah gram logam mulia yang dibeli.
    • Harga Satuan: Berisi harga satuan logam mulia yang dibeli.
    • Dana Dari: Berisi sumber dana dari Akun Rekening yang Anda gunakan untuk membeli Investasi. Saldo Akun Rekening yang Anda pilih akan akan berkurang sesuai dengan Nilai Investasi. Jika Anda sudah mempunyai investasi sebelum Anda menggunakan Aplikasi Finansialku, silakan pilih “Hibah/Waris” sebagai sumber dana Anda.
    • Tujuan Investasi: Berisi tujuan keuangan yang ingin dicapai melalui investasi ini.
    • Keterangan: Berisi keterangan investasi yang diperlukan.
  4. Klik tombol “Simpan”.

 

 

Menjual Logam Berharga

 

Langkah-langkah menjual logam berharga dengan Aplikasi Finansialku:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu Investasi.
  2. Pilih Investasi Logam Berharga pada bagian bawah.
  3. Pada sisi kanan Investasi yang akan dijual, klik icon opsi pada bagian kanan layar.
  4. Klik “Jual” pada sisi investasi yang akan dijual.
  5. Masukan data yang diperlukan:
    • Tanggal: Berisi tanggal transaksi.
    • Nilai Jual Akhir: Berisi nilai investasi saat akan dijual.
    • Dana Ke: Berisi Akun Rekening dimana Anda akan menampung dana hasil penjualan investasi Anda. Saldo Akun Rekening yang Anda pilih akan akan bertambah sesuai dengan harga jual investasi.
    • Keterangan: Berisi keterangan investasi yang diperlukan.
  6. Klik tombol “Jual”.

 

 

Bagaimana, jadi berinvestasi logam mulia?

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang di sekitar Anda.

Jika Anda juga mengalami kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Perencana Keuangan Finansialku yang akan selalu siap membantu, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • A Muttaqiena. 31 Maret 2015. Mengenal Logam Emas Putih Dan Potensi Investasinya. Seputarforex.com – https://goo.gl/Gn1a7c

 

Sumber Gambar:

  • Harga Emas Putih – https://goo.gl/R3vc9m
  • Emas Putih dan Emas Kuning – https://goo.gl/3LNpaq
  • Platinum – https://goo.gl/knNixW
  • Rodium – https://goo.gl/tuUYB2