Virus corona lagi-lagi membuat ulah. Kali ini, karena penyebaran wabahnya, harga masker N95 melonjak jadi 2 jutaan!

Simak informasi selengkapnya di artikel Finansialku satu ini, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Harga Masker N95 Seharga Smartphone

Akibat masifnya penyebaran wabah virus corona di beberapa negara di dunia, permintaan masyarakat terhadap produk masker tipe N95 melonjak sejak beberapa waktu ke belakang.

Hal ini ditengarai karena ancaman penyebaran wabah virus corona yang dikatakan bisa juga menyebar udara.

Oleh karena itu, masyarakat berlomba-lomba untuk membeli masker tipe N95 sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

Kenaikan ini terjadi di beberapa apotek di Indonesia, termasuk di antaranya adalah di daerah Pasar Pramuka, Jakarta Timur.

Melansir laman money.kompas.com, seorang karyawan toko yang menjual alat medis, Eko, mengatakan harga masker N95 sudah mencapai Rp2 juta per boks, padahal harga awalnya hanya Rp200 ribu per boks.

“Sekarang rata-rata toko jual per boksnya Rp1,5 sampai Rp2 juta, naik karena barangnya langka. Per boksnya isi 20 buah masker.” Ungkap Eko seperti yang dikutip dari laman tribunnews.com, Selasa (04/02).

Virus Corona Makin Mencekam, Korban Tewas Jadi 425 Orang! 01

[Baca Juga: Gawat! Ada WNI Terinfeksi Virus Corona di Singapura]

 

Dia menuturkan kalau masker ini mengalami kenaikan harga secara bertahap. Awalnya, harga sempat naik ke Rp500 ribu per boks hingga sekarang, mencapai Rp2 juta per boks.

“Dari satu minggu kemarin mulai susah barangnya. Awalnya harga naik Rp500 ribu, terus Rp1 juta, kemarin Rp1,5 juta, tapi hari ini (Selasa, 04/02) jadi Rp2 juta.” Katanya.

Dihimpun dari laman yang berbeda, Sarah, seorang penjual masker di Pasar Pramuka juga mengatakan hal serupa. Dia mengatakan, masker jenis N95 adalah masker yang paling banyak dicari dan stoknya yang paling menipis.

Hal ini dikarenakan masker jenis N95 adalah masker yang paling banyak dicari karena memiliki kualitas lebih baik untuk menangkal polutan dan virus.

“Dilapisi lapisan karbon aktif itu, yang beli banyak dari China, Vietnam juga ada.” Kata Sarah seperti yang dikutip dari laman cnnindonesia.com, Selasa (04/02).

Meningkatnya permintaan masyarakat pada beberapa produk masker utamanya masker N95 akhirnya membuat Honesti Basyir selaku Direktur Utama PT Bio Farma terpaksa menaikkan harga karena stok yang tidak sepadan dengan permintaan yang menggunung.

“Semua orang lagi panik, sehingga kelangkaan supply, jadi harganya naik.” Ungkap Honesti seperti dikutip dari laman money.kompas.com, Rabu (05/02).

Bukan Hanya Tubuh, Virus Corona Juga Serang Ekonomi Global 01

[Baca Juga: Duh, Virus Corona Sudah Tewaskan 425 Orang di Tiongkok Hari Ini]

 

Serupa dengan Honesti, Verdi Budidarmo selaku Direktur Utama PT Kimia Farma juga mengakui adanya kelangkaan masker N95 di apotek-apotek Kimia Farma.

“Masker milik kita diambil BNPB untuk langkah preventif. Masker itu disebar di pintu-pintu gerbang yang ada di Indonesia, terutama untuk petugas (di bandara dan pelabuhan.” Kata dia dikutip dari laman money.kompas.com, Rabu (05/02).

Menanggapi kenaikan harga hingga 70 persen ini, Direktur Utama BUMN Pertamedika IHC turut mengimbau pemerintah untuk mengendalikan harga masker di dalam negeri.

“Saya mengimbau agar pemerintah baik dari Kementerian Kesehatan maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk turun tangan agar memberitahukan jangan sampai harga masker di dalam negeri mahal.” Katanya seperti dilansir laman ayobandung.com, Selasa (04/02).

Dia juga berharap agar masker saat ini bisa dikendalikan dan kembali normal karena keberadaannya sangat dibutuhkan dan merupakan hak dari individu ketika sakit.

Waduh! Masker Wajah Bisa Tangkal Virus Corona_ 01

[Baca Juga: Lakukan 5 Langkah Ini Agar Tidak Tertular Virus Corona]

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini. Donasi bersama Finansialku!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Penyebaran virus corona rupanya masih menjadi momok menakutkan bagi seluruh warga negara di berbagai belahan dunia.

Finansialku tidak pernah bosan mengingatkan Anda untuk melakukan pencegahan-pencegahan dini baik dalam hal fisik maupun finansial dengan menyiapkan asuransi kesehatan yang bisa Anda beli di aplikasi Finansialku yang tersedia di App Store dan Google Play Store.

 

Sumber Referensi:

  • Akhdi Martin Pratama. 5 Februari 2020. Ini Biang Kerok Melonjaknya Harga Masker N95. Money.kompas.com – http://bit.ly/3bhvcEU
  • Bima Putra. 4 Februari 2020. Harga Masker N95 di Pasar Pramuka Naik Jadi Rp2 Juta Per Boks. Jakarta.tribunnews.com – http://bit.ly/2Uvl59A
  • Admin. 4 Februari 2020. Wabah Corona, Harga Masker Rp1,7 Juta dari Semula Rp195 Ribu. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2UtsQg7
  • Danar Jatikusumo. 5 Februari 2020. Geger Virus Corona, Harga Masker Naik Hingga 70 Persen. Liputan6.com – http://bit.ly/2OwzTRA
  • Admin. 4 Februari 2020. Harga Masker Naik Rp1,3 Juta Per Boks, Pemerintah Diminta Kendalikan Pasar. Ayobandung.com – http://bit.ly/2S0Qv60

 

Sumber Gambar:

  • Masker – http://bit.ly/2SmxXfn