Selamat hari perempuan internasional 2017, Semoga para wanita Indonesia mulai memegang kendali atas keuangannya dan dapat berinvestasi. Kali ini Finansialku.com akan membagikan beberapa tips investasi yang dapat dijalankan oleh wanita.

 

Rubrik Finansialku

 

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Di Hari Perempuan Internasional 2017, Saatnya Anda Para Wanita Mulai Berinvestasi dan Pegang Kontrol Keuangan

Wanita zaman sekarang pastinya harus lebih tanggung dibandingkan para wanita zaman dahulu. Setidaknya tuga para wanita menjadi lebih berat, karena beban keuangan yang harus ditanggung. Banyak sekali pengeluaran-pengeluaran besar dalam rumah tangga, mulai dari biaya pendidikan anak, biaya untuk utilitas, biaya untuk kesehatan, transportasi dan termasuk kebutuhan-kebutuhan masa depan.

Hari Perempuan Internasional 2017 Saatnya Para Wanita Mulai Berinvestasi dan Pegang Kontrol Keuangan

[Baca Juga: Buktikan! Buktikan! Moms Ini Cara Mengurus Keuangan Keluarga yang Baik (Update)]

 

Salah satu strategi untuk meningkatkan penghasilan adalah dengan cara berinvestasi. Setidaknya ada 5 produk investasi yang dapat dilakukan oleh para wanita. Berikut ini penjelasannya:

 

#1 Deposito

Produk investasi yang pertama dan paling mudah adalah deposito. Anda tidak perlu jago berinvestasi untuk memulai deposito. Anda cukup datang ke bank, tanya informasi mengenai bunga deposito dan kemudian mengisi formulir. Karena sifatnya yang aman, produk deposito memberikan hasil yang paling kecil. Jika Anda belum pernah deposito, maka Anda perlu tahu beberapa fakta mengenai deposito:

Contoh informasi di bank

Deposito 3 bulan – 4% p.a

Deposito 6 bulan – 5% p.a

p.a artinya adalah per tahun

Bagaimana Cara Menyimpan Sertifikat Deposito yang Aman 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menyimpan Sertifikat Deposito yang Aman?]

 

Jika Rini ingin deposito uang sejumlah Rp10.000.000 dalam waktu 3 bulan, berapa bunga yang didapat Rini?

Bunga setelah pajak = 4% x (100% – 20%) = 3,2%

Bunga tahunan dalam Rupiah = 3,2% x Rp10.000.000 = Rp320.000 per tahun

Bunga dalam 3 bulan = [(31+30+31) / 365] x Rp320.000 = Rp80.658 per 3 bulan

 

#2 Obligasi Ritel: ORI – SUKRI – SBR

Mungkin Anda agak asing dengan istilah obligasi ritel, ORI, SUKRI dan SBR. Sebenarnya obligasi adalah surat utang dan surat utang ini dapat dikeluarkan oleh Pemerintah maupun Swasta. Obligasi Ritel yang ada di Indonesia adalah obligasi atau surat utang yang dikeluarkan (dan dijamin) oleh pemerintah. Setidaknya ada obligasi berjenis ORI, SUKRI dan SBR.

Moms, Untuk Kelahiran Mendingan Menabung atau Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Juga Bisa Sukses Berinvestasi, Begini Caranya]

Cara kerjanya mirip seperti deposito, Anda dapat mulai berinvestasi dengan uang minimum Rp5.000.000. Keuntungan yang ditawarkan dalam obligasi ritel disebut dengan kupon. Secara umum kupon obligasi lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito. Keuntungan lainnya adalah pajak obligasi hanya 15%. Cara berinvestasi obligasi ritel sangat mudah, Anda cukup datang ke bank, membuka akun bank dan mengisi formulir.

 

#3 Investasi di P2P Lending

Setiap investor pasti ingin mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan risiko serendah-rendahnya. Terutama jika Anda wanita yang sudah memiliki anak. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan seringkali membuat Anda terbeban. Return yang ditawarkan dalam investasi P2P Lending biasanya relatif tinggi karena risikonya pun tinggi. Dalam investasi P2P Lending, perusahaan akan menyediakan jasa pinjaman dana bagi para debitur dengan menggunakan modal pendanaan dari para investornya. Sebagai investor, Anda tidak perlu melakukan apa-apa, cukup mempertimbangkan data profil risiko debitur yang sudah disediakan perusahaan P2P Lending dan menyetorkan uangnya. Setelah itu perusahaan P2P Lending yang akan mengurus seluruh keperluan pelunasan pinjaman.

apa-yang-harus-diperhatikan-jika-berinvestasi-di-p2p-lending-2-finansialku

[Baca Juga : Bagaimana Cara mulai Berinvestasi di P2P Lending?]

 

Dengan kata lain Anda tidak perlu repot menghabiskan waktu untuk mengurus investasi yang dijalankan. Bukankah menarik jika Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 20% tanpa perlu menghabiskan waktu untuk mengurusi investasi tersebut? Anda dapat menghabiskan waktu untuk mengurus keluarga sementara uang akan terus bekerja untuk Anda.

 

#4 Investasi di Reksa Dana

Jika Anda adalah tipe wanita yang tidak suka menganalisis data-data yang terlalu membingungkan, Anda dapat menggunakan investasi reksa dana. Reksa dana adalah gabungan dari beberapa produk investasi yang beragam. Produk-produk tersebut kemudian dikelola oleh Manajer Investasi yang handal dalam bidangnya. Karena itu dalam investasi reksa dana Anda tidak perlu menguasai seluruh produk investasi. Secara umum investasi reksa dana akan lebih aman daripada menggunakan beberapa instrumen investasi yang terpisah bagi Anda yang tidak memiliki pemahaman mendalam mengenai ragam produk investasi. Anda cukup mencari informasi reksa dana mana yang memiliki peluang pertumbuhan lebih baik.

Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Reksadana Sekarang Semudah Belanja Online]

 

Investasi reksa dana sangat beragam. Mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham. Di dalam masing-masing kategori juga terdapat banyak produk dengan beragam minimum modal yang dapat Anda pilih. Umumnya wanita sangat suka memilih secara detail, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, Anda bebas memilih produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

 

#5 Trading Saham

Pernahkah terpikir untuk memulai trading saham? Memang umumnya trader saham didominasi oleh para pria. Tetapi bukan berarti wanita tidak dapat menjadi seorang trader yang handal. Nyatanya Kyushi Hirooka menyatakan dalam bukunya yang berjudul “The Day Trading Guides for Beginners” menyatakan bahwa wanita memiliki potensi yang lebih baik untuk menjadi seorang trader jika dibandingkan dengan para pria.

Pernyataan ini bukanlah tanpa alasan. Dalam trading saham Anda disarankan untuk berpikir rasional dan tidak mengandalkan emosi. Pria (seharusnya) adalah yang paling ahli dalam mengandalkan rasio dibandingkan dengan emosi. Tetapi pada kenyataannya pria umumnya bertindak lebih impulsif daripada wanita ketika dihadapkan dengan pergerakan dalam pasar saham. Sementara itu wanita yang dianggap lebih sering mengandalkan emosi daripada rasio, lebih mampu menahan rasa ingin menjual atau membeli dalam praktek trading saham.

Hari Perempuan Internasional 2017 Saatnya Para Wanita Mulai Berinvestasi dan Pegang Kontrol Keuangan 4 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Alasan Mengapa Anda Harus Berinvestasi Saham]

 

Wanita adalah sosok yang mampu memperhatikan segala sesuatu secara lebih detail dibandingkan dengan pria yang melihat segala sesuatu secara general. Karena itu trading saham dapat menjadi salah satu jenis investasi yang sesuai dengan sifat tersebut. Salah satu contoh wanita yang berhasil menjadi trader saham sukses di Indonesia adalah Ellen May. Saat ini Ellen May bahkan sudah berhasil membuat buku serta mengadakan pelatihan-pelatihan mengenai trading saham. Walaupun terlihat berisiko dan menakutkan, tetapi sebenarnya Anda memiliki potensi yang baik dalam trading saham. Jadi tidak perlu takut untuk mencoba trading saham.

 

Jadi Jangan Menunda Lagi, Saatnya Mulai Berinvestasi dan Pegang Kontrol Keuangan

Semoga penjelasan mengenai 5 jenis investasi dapat menginspirasi Anda dan membuat Anda menjadi lebih mampu memegang kontrol keuangan. Jika Anda benar-benar pemula dalam berinvestasi, tidak ada salahnya mulai dengan investasi nomor 1 dan 2.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada para wanita terbaik yang Anda kenal, karena mereka juga harus mulai berinvestasi dan pegang kontrol keuangan. Selamat hari perempuan internasional 2017.

 

Apakah Anda pernah beirnvestasi sebelumnya? Silakan share dan bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar

  • Forbes – https://goo.gl/oiwxTx
  • fortunedot.com – https://goo.gl/IdWpK1
  • Ellen May – https://goo.gl/WKCN8p

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku