Setiap orang ingin jadi orang kaya dan orang sukses, bukan? Tak terkecuali Anda. Apabila Anda seorang yang sudah berpasangan, apakah Anda terbuka soal keuangan Anda dengan pasangan? Temukan jawabannya mengapa diperlukan keterbukaan soal keuangan kepada pasangan melalui beberapa penjelasan yang akan dipaparkan bagi Anda agar menjadi orang kaya yang menikmati kesejahteraan dari kekayaan dengan pasangan Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Pasangan dan Keuangan

Setiap hari adalah tahap pengenalan antara Anda dengan pasangan. Dari mengetahui makanan kesukaannya dan setiap hal yang ia sukai, tentu saja menjadi salah satu fokus Anda dalam menjalani hubungan dengannya disamping hal-hal yang ia benci yang perlu Anda ketahui.

Namun, sebuah pertanyaan penting dan sangat mendasar yang harus Anda resapi, bagi Anda para pasangan yang akan menikah untuk menjalin hubungan keluarga atau Anda yang sudah berkeluarga. Seberapa terbukanya Anda mengenal keuangan dengan pasangan Anda?

Ingin Jadi Orang Kaya dan Orang Sukses Terbukalah Dengan Pasangan Soal Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga]

 

Hubungan keluarga adalah hubungan yang sangat kompleks dan seperti yang kita ketahui bersama bahwa keuangan sangat bersifat sensitif terutama dalam hal hubungan. Tahukah Anda sebuah hubungan pertemanan dapat rusak hanya karena berselisih paham mengenai uang? Bahkan sebuah hubungan pernikahan pun dapat menjadi runyam akibat persoalan keuangan yang tidak dibereskan secara tuntas.

Menurut survei yang dilakukan oleh National Foundation for Credit Counseling (NFCC) pada tahun 2013, sekitar 68% pasangan yang telah bertunangan cenderung menunjukkan sikap negatif saat bicara soal keuangan. Bahkan, 5% dari total 802 responden mengaku batal menikah karena membicarakan urusan duit.

 

Jangan Sepelekan Beberapa Hal Ini

Jika Anda ingin kaya dan menikmati hasil jerih lelah Anda dengan sejahtera bersama pasangan, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai keterbukaan keuangan dengan pasangan yang menjadi sorotan penting dalam pembahasan kita kali ini.

Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini]

 

#1 Kejujuran dan Keterbukaan

Kejujuran dan keterbukaan adalah salah satu kunci sebuah hubungan dapat berlangsung termasuk dalam sebuah komitmen dalam keluarga. Seberapa terbukanya Anda dengan pasangan Anda soal keuangan, menentukan kesejahteraan dan kelanggengan hubungan Anda. Apabila suami bekerja, setiap lini sumber pendapatan perlu diinformasikan secara jujur kepada pasangan.

Demikian juga apabila sang istri ikut menolong suami dalam membiayai urusan rumah tangga. Pasangan perlu mengetahui secara jelas dan terperinci akan setiap pendapatan dan pengeluaran bulanan serta setiap perencanaan keuangan keluarga di kemudian hari apabila keluarga tersebut ingin membeli motor, mobil atau rumah.

Ini 14 Hal yang Perlu Anda Ketahui mengenai Ilmu Perencanaan Keuangan Pribadi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 14 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Ilmu Perencanaan Keuangan Pribadi]

 

Selain itu, setiap aset dan utang pun perlu dijabarkan satu per satu. Jangan sampai pasangan tidak mengetahui bahwa Anda sedang memiliki beban pikiran karena utang yang menumpuk dan kena denda karena telat bayar. Tentu saja Anda ingin memiliki pasangan yang dapat mengerti dan memberi support Anda bukan?

Bagi Anda yang sudah menikah, Anda perlu sikap saling menerima satu dengan yang lain karena Anda sudah berikrar janji setia untuk menerima setiap kelebihan dan kelemahan dari pasangan Anda. Milikilah sikap jujur dan jangan enggan untuk terbuka dengan pasangan Anda.

 

#2 Tetapkan Impian dan Tujuan Keuangan Bersama

Selain kejujuran dan keterbukaan, Anda perlu memberi tahu kepada pasangan Anda mengenai impian dan tujuan keuangan uang yang ingin dicapai bersama. Awali dengan membuat pencatatan yang dibuat secara terperinci dan bicarakan juga setiap metode pengelolaan keuangan serta kebiasaan masing-masing dalam menggunakan uang.

Sangat disarankan dalam proses pencatatan seluruh arus masuk dan keluar uang, salah satu pasangan lebih baik dipilih untuk mencatatnya karena apabila dilakukan berdua (suami-istri) pencatatan akan menjadi sangat rumit karena ada kemungkinan masing-masing pasangan berasumsi bahwa pencatatan sudah dilakukan oleh sang istri atau suami.

Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga]

 

Setelah itu, Anda dapat menentukan tujuan keuangan dalam jangka pendek dan jangka panjang, misalnya rencana membeli rumah, mobil atau pendidikan bagi buah hati Anda tercinta.

Apabila Anda mengalami kesulitan dalam mengelola perencana keuangan Anda, ada kalanya Anda memerlukan saran dari profesional untuk menanggulanginya. Tentu saja ada biaya yang tetap harus Anda alokasikan.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku atau Anda juga dapat download di gadget Anda di Google Play Store. Anda sudah memiliki asisten perencana keuangan virtual pribadi. Anda juga dapat menikmati layanan dari Finansialku yang sudah lengkap.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#3 Sepakat dan Hadapi Risiko Bersama

Setiap keputusan yang diambil bersama tentu saja akan ada risiko yang harus diterima juga secara bersama-sama. Hindari sikap saling menyalahkan apabila terjadi risiko yang bahkan diluar kendali atau pertimbangan bersama sebelumnya. Ingatlah bahwa keputusan bersama harus ditanggung bersama juga setiap risikonya.

Investasi untuk Anda yang Keluarga Muda atau Baru Menikah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi untuk Anda yang Keluarga Muda atau Baru Menikah]

 

Setiap perencanaan keuangan yang dibuat bersama, tentukan juga target waktu yang realistis. Sebanyak apakah uang yang dialokasikan untuk tujuan tersebut perlu Anda tetapkan berdua. Disarankan agar membuat tabungan terpisah yang diketahui bersama apabila ingin menabung untuk membeli rumah. Ambil investasi dengan risiko rendah apabila berniat untuk membeli rumah dalam tempo beberapa tahun ke depan.

Lakukan proses pengelolaan keuangan secara konsisten dan transparan. Anda diharuskan untuk saling mengingatkan satu dengan yang lain akan limit belanja bulanan yang sekiranya melebihi dari anggaran yang telah ditetapkan. Tahukah Anda bahwa dengan aplikasi perencanaan keuangan dari Finansialku dapat menolong Anda untuk saling mengingatkan akan hal ini? Penasaran? Ayo segera manfaatkan aplikasi Finansialku bersama pasangan Anda.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Dapat dipastikan bahwa Anda menikmati kekayaan dengan sejahtera yang diawali dengan keterbukaan keuangan dengan pasangan Anda.

 

Masih Pacaran atau Sedang Tunangan Bahkan yang Masih Jomblo, Informasi Ini PENTING untuk Anda

Bagi Anda yang sedang dalam tahap perkenalan dengan calon pasangan, misalnya masih berpacaran atau sudah bertunangan, setiap informasi di atas pun sangat penting untuk Anda ketahui. Sedini mungkin Anda mengenal perencanaan keuangan dalam keluarga akan semakin baik.

Bagi Anda para single fighter atau para jomblo, setiap pengetahuan di atas pun perlu menjadi konsumsi Anda sekalian. Awali dengan sistem perencanaan keuangan pribadi yang mapan dan terkendali. Bagi Anda yang berusia kisaran 20 tahun, segera download e-book Perencanaan Keuangan dari Finansialku secara GRATIS untuk pemuda/pemudi seusia Anda.

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Pentingkah sikap terbuka soal keuangan dengan pasangan? Bagikan pendapat dan pengalaman perencanaan keuangan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda agar mereka juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Adhis Anggiany Putri. 12 Januari 2017. Menikah, Apa Aturan Main Urusan Duit? Kompas.com – https://goo.gl/eruX2q
  • Stanley Christian. 3 Februari 2017. Terbuka Soal Keuangan dengan Pasangan. Detik.com – https://goo.gl/sS5NFF

 

Sumber Gambar:

  • Pasangan Orang Sukses – https://goo.gl/RFdNTH
  • Pasangan Orang Kaya – https://goo.gl/NiJjDY

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana