Apa yang harus dilakukan agar booth pameran bisa ramai?  Pameran merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada pasar. Kali ini Finansialku akan membahas apa yang perlu dilakukan pebisnis agar booth di pameran bisa ramai dikunjungi dan menghasilkan keuntungan yang optimal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Pameran untuk Memperkenalkan Bisnis

Pameran adalah salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada pasar. Baik itu bisnis makanan, barang-barang fashion seperti pakaian, tas, sepatu, bahkan hingga perumahan dan kendaraan. Saat ini sudah banyak penyelenggara pameran yang mengakomodasi berbagai sektor bisnis untuk memasarkan bisnisnya melalui pameran. Ketika sebuah bisnis mengikuti pameran, ada banyak peluang baru yang bisa didapatkan. Peluang tersebut bukan hanya peluang untuk menjual produknya kepada konsumen, tetapi juga memiliki peluang untuk bertemu dengan distributor yang dapat memasarkan produknya ke target pasar yang baru.

Ini 7 Hal yang Perlu Dilakukan oleh Pebisnis Agar Booth di Pameran Ramai 02 - Finansialku

[Baca Juga: Coworking Space, Solusi Tempat Kerja untuk Pebisnis Pemula [Update]]

 

Untuk mengikuti sebuah pameran, Anda harus membayar biaya sewa booth kepada penyelenggara pameran. Pada dasarnya biaya tersebut adalah expense atau pengeluaran yang bersifat occasional, bukan bagian dari pengeluaran rutin produksi. Karena itu Anda harus mendapatkan keuntungan yang optimal dari pameran tersebut. Walaupun demikian, keuntungan yang dimaksud disini tidak harus selalu berbentuk nominal uang. Keuntungan tersebut bisa berbentuk keuntungan yang tidak terlihat. Misalnya Anda dapat meningkat brand awareness,  menemukan pasar baru atau channel baru, bahkan dapat mengenali kompetitor-kompetitor Anda yang juga menggelar bisnisnya di pameran tersebut.

Hanya saja untuk mendapatkan keuntungan tersebut Anda harus mampu membuat booth tersebut menjadi efektif. Untuk itu kali ini Finansialku akan membahas beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar booth pameran dapat menghasilkan keuntungan yang optimal bagi bisnis Anda:

 

#1 Analisis Lokasi dan Calon Pengunjung Pameran

Ada banyak pilihan pameran yang dapat Anda ikuti. Sebelum memilih pameran tersebut Anda harus menganalisa lokasi pameran serta siapa saja calon pengunjung pameran tersebut. Tujuan Anda mengikuti sebuah pameran tentu saja untuk menjual produk atau memperluas channel pemasaran produk Anda. Pastikan lokasi pameran tersebut diadakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Misalnya jika target pasar bisnis Anda adalah kalangan menengah ke atas, Anda harus memastikan lokasi pameran diadakan sesuai dengan wilayah yang akan dikunjungi oleh kalangan menengah ke atas. Jangan sampai Anda membuatnya di lokasi yang sekiranya tidak akan dikunjungi oleh orang yang memiliki kemampuan ekonomi menengah ke atas.

3 Kunci Sukses Pebisnis Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 3 Kunci Sukses Pebisnis Online yang Harus Anda Jalankan]

 

Selain lokasi, Anda juga harus menganalisis siapa saja calon pengunjung pameran tersebut. Tentu calon pengunjung ini akan banyak dipengaruhi oleh lokasi pameran, tetapi kurang akurat jika Anda hanya men-generalisir calon pengunjung melalui lokasi diadakannya pameran. Anda juga harus menganalisis seperti apa karakteristik orang-orang yang biasanya datang ke lokasi tersebut secara lebih spesifik. Siapa mereka, apa yang mereka sukai, apa yang biasanya mereka cari di tempat tersebut. Dengan begitu pertimbangan Anda untuk memilih pameran mana yang akan diikuti menjadi semakin matang.

 

#2 Kenali Profil Penyelenggara

Profil penyelenggara pameran juga merupakan faktor penentu yang penting. Ketika berbicara mengenai event, penyelenggara harus menjunjung tinggi tanggung jawab dan profesionalisme. Kenali terlebih dahulu siapa penyelenggara pameran yang ingin diikuti. Bagaimana track record penyelenggara tersebut pada event-event sebelumnya. Dalam setiap event pasti pernah terjadi sebuah masalah, tetapi jika pun sebelumnya pernah terjadi masalah dalam event yang diselenggarakan, Anda perlu mencari tahu bagaimana respon penyelenggara dalam menyelesaikan masalah. Dari situ Anda dapat menilai tanggung jawab dan profesionalisme penyelenggara.

7 Pebisnis Sukses yang Memulai dari Garasi - Steve Jobs dan Wozniack - Apple - Finansialku

[Baca Juga: 7 Pebisnis Sukses yang Memulai Bisnis dari Garasi]

 

Jangan sampai Anda mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh tim yang tidak bertanggungjawab dan hanya ingin menerima keuntungan semata. Jika salah memilih penyelenggara pameran, bisa-bisa Anda tidak mendapatkan fasilitas yang sudah dijanjikan, akibatnya pameran tidak memberikan keuntungan yang berarti bagi bisnis Anda. Sementara Anda harus tetap membayar biaya sewa booth yang merupakan expense perusahaan. Memang penyelenggara pameran juga mencari keuntungan, tetapi tidak ada salahnya Anda mengharapkan fasilitas yang baik dari pihak penyelenggara karena Anda juga membayar untuk mendapatkan tempat di pameran tersebut.

 

#3 Buat Desain Booth yang Menarik

Setiap pameran yang baik tentu akan dikunjungi oleh banyak pengunjung. Anda bukanlah satu-satunya orang yang mengikuti pameran tersebut. Tentunya ada puluhan atau bahkan ratusan booth lainnya yang menawarkan produk-produk yang serupa dengan produk yang Anda tawarkan. Pertanyaannya, bagaimana caranya agar booth yang Anda miliki dapat menonjol di antara sekian banyak booth lain tersebut?

Selain menjual produk yang berkualitas, Anda juga harus membuat sebuah booth yang menarik. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menarik perhatian pengunjung dari pandangan pertama. Sebelum pengunjung sempat melihat produk dan bertanya-tanya mengenai produk yang dijual, Anda sudah dapat menarik perhatian mereka dengan desain booth yang menarik.

Pebisnis Harus Kuasai 3 Jenis Komunikasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Harus Kuasai 3 Jenis Komunikasi]

 

#4 Berikan Promo Menarik bagi Pengunjung Booth

Dalam pameran Anda tentu mengharapkan keuntungan sebesar-besarnya. Jika memungkinkan itulah saat yang tepat untuk ‘membersihkan’ gudang Anda dengan menjual produk yang sudah lama tidak terjual sekaligus mengeluarkan produk-produk terbaru. Ingat, pameran pada umumnya dapat memberikan Anda akses kepada banyak calon pembeli yang mungkin belum pernah mengetahui produk Anda sebelumnya. Manfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan calon pembeli sebanyak-banyaknya. Anda dapat memberikan promo tertentu yang membuat orang semakin tertarik untuk mengunjungi booth Anda.

Kalaupun Anda tidak bertujuan utama menjual produk di pameran tersebut melainkan hanya ingin mengembangkan brand awareness bisnis yang dijalani, promo-promo ini dapat menarik banyak perhatian pengunjung. Cobalah pikirkan promo apa yang paling optimal untuk ditawarkan di pameran yang Anda ikuti.

 

#5 Sewa Tenaga Pemasaran yang Menarik

Anda mungkin sering melihat SPG (Sales Promotion Girl) atau SPB (Sales Promotion Boy) yang ada di booth perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan tersebut menyewa SPG dan SPB untuk menawarkan produk-produknya. Mereka biasanya terlihat cantik dan menarik. Mengapa hal ini penting?

kenali-10-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-pilih-lokasi-bisnis-waralaba-finansialku

[Baca Juga: Kenali 10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Lokasi Bisnis Waralaba]

 

Karyawan adalah orang yang bertemu langsung dengan calon pembeli, secara langsung mereka merepresentasikan produk yang Anda jual. Sebaik apapun produk yang Anda jual, jika tenaga pemasarnya tidak merepresentasikan kualitas yang baik tersebut, maka pembeli tetap tidak akan tertarik. Namun tenaga pemasar yang dimaksud disini tidak harus selalu seperti SPG atau SPB yang berpenampilan sangat cantik atau sangat tampan. Anda harus menyesuaikan tenaga pemasar tersebut dengan produk yang akan dijual serta siapa calon pembeli yang Anda harapkan. Jika Anda ingin image bisnis terlihat profesional maka carilah tenaga pemasar yang terlihat profesional, berikan seragam yang rapi dan membuatnya terlihat sangat profesional. Jangan lupa juga untuk memperhatikan detail seperti makeup, cara berbicara, dan lainnya. Pastikan tenaga pemasar yang Anda miliki benar-benar merepresentasikan nilai dan produk yang ingin Anda tunjukkan kepada calon pembeli.

 

#6  Catat Database Pengunjung

Setelah mendapatkan pembeli atau paling tidak calon pembeli di pameran yang diikuti, jangan lupa untuk mencatat database mereka. Dengan database nantinya Anda dapat mem-follow up para pembeli dan calon pembeli tersebut. Apakah mereka puas dengan produk yang Anda jual, atau apakah mereka ingin membeli produk lainnya yang serupa atau yang dapat melengkapi produk tersebut di kemudian hari. Anda sudah mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti sebuah pameran, jangan sampai hasilnya hanya dapat dirasakan pada hari itu.

Menemukan Lokasi Terbaik untuk Bisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Menemukan Lokasi Terbaik untuk Bisnis Waralaba]

 

Pertimbangkan Setiap Detail

Mengikuti pameran adalah salah satu cara yang cukup praktis untuk mengenalkan atau mengembangkan image dan positioning bisnis Anda di mata pasar. Hanya saja ada biaya yang harus diperhitungkan sebagai expense tambahan untuk mengikuti pameran tersebut. Karena itu pertimbangkan setiap detail mengenai pameran dengan matang. Expense yang Anda keluarkan untuk mengikuti pameran tersebut tidak boleh terbuang percuma. Harus ada keuntungan yang sepadan yang didapatkan oleh bisnis Anda dengan membayar biaya tersebut.

 

Menurut Anda, keuntungan seperti apa yang pebisnis ingin dapatkan pada acara pameran? Silakan beri komentar dan pendapat Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Akbar. 28 April 2017. Mau Ikut Pameran? Lakukan 7 Langkah Ini Supaya Booth-mu Ramai. Duitpintar.com – https://goo.gl/NYn7M6

 

Sumber Gambar:

  • Exhibition – https://goo.gl/BU0SR7 dan https://goo.gl/raBXyr

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku