Bagaimana cara berhemat agar hidup sejahtera? Melalui rubrik ini, Finansialku.com memberi 5 kiat sederhana dalam berhemat yang dapat Anda coba. Selamat mencoba!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Hemat vs Konsumerisme

Bagi sebagian kalangan, hidup hemat merupakan suatu hal yang cukup sulit untuk dilakukan apalagi kalau baru akan memulainya. Disamping berbagai kebutuhan pokok, terkadang keinginan untuk membelanjakan uang diluar anggaran karena tergiur berbagai iklan dan promo dari kartu kredit, dapat membuat rencana untuk berhemat menjadi gagal. Berbagai godaan seringkali muncul dan membuat anggaran jajan menjadi membengkak. Akhirnya kita terjebak dengan gaya hidup yang konsumerisme. Jangankan untuk menabung, menghemat biaya sehari-hari saja sering kali masih “kecolongan” karena senang belanja. Apakah Anda salah satunya? Tidak ada salahnya untuk mencoba terus menerus untuk dapat hidup berhemat. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk dapat berhemat secara sederhana.

Inilah 5 Cara Sederhana Berhemat agar Hidup Sejahtera 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menikmati Hidup dengan 7 Rahasia Berhemat]

 

#1 Perencanaan Anggaran Belanja

Banyak orang cenderung tidak menganggarkan anggaran belanja bulanan mereka sehingga membawa mereka kepada suatu bencana yang mereka ciptakan dengan sendirinya. Apabila Anda berkeinginan untuk menyimpan uang, hal ini tentu saja berkaitan erat dengan perencanaan anggaran belanja bulanan Anda. Dengan mengetahui secara jelas mengenai apa yang Anda inginkan selanjutnya, Anda akan mampu menghentikan keinginan diri untuk jajan diluar anggaran belanja Anda, kecuali membelanjakan barang kebutuhan/keperluan.

Catatlah seluruh anggaran yang akan Anda belanjakan untuk kebutuhan pokok. Kebutuhan ini adalah segala kebutuhan yang memang harus ada untuk kelangsungan hidup Anda. Tentu saja, Anda perlu untuk dapat membedakan manakah kebutuhan dan manakah keinginan. Terkadang ada orang yang tidak memiliki rencana untuk belanja, namun ketika sedang berada di mall, tiba-tiba melihat suatu barang yang bagus dan ingin membelinya tanpa menimbang bahwa ia sudah memiliki barang tersebut di rumah dan barang tersebut di rumah masih dapat dipakai tanpa harus membeli yang baru.

 

#2 Alokasikan Uang untuk Tabungan

Pada umumnya orang-orang yang konsumerisme cenderung hanya memiliki sisa uang sedikit saat akhir bulan. Sebetulnya yang Anda perlukan adalah menyimpan/menabung saat setelah menerima gaji/pendapatan setiap bulannya. Walaupun Anda hanya dapat menyimpan beberapa puluh ribu rupiah saja, apabila Anda terus melakukannya, maka uang Anda semakin lama akan semakin berlipat kali ganda.

Dengan menabung uang setiap bulannya, Anda akan menghindarkan diri dari “bencana” keuangan. Anda perlu memikirkan dana darurat juga disamping tabungan. Hal ini dimaksudkan untuk dana sewaktu-waktu yang bersifat darurat dan harus dikeluarkan. Ingat, gunakan dana darurat hanya untuk masa-masa genting, misalnya terkena imbas Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sehingga Anda harus mencari pekerjaan baru disamping Anda juga untuk sementara waktu tidak memiliki pemasukan seperti biasanya tiap bulan.

Ini 4 Cara Berhemat agar Hidup Menjadi Nikmat - Finansialku

[Baca Juga: Ini 4 Cara Berhemat agar Hidup Menjadi Nikmat]

 

#3 Simpan Uang Kembalian

Pernahkah Anda mendapatkan uang kembalian yang nilai uangnya dinilai kecil apalagi recehan berupa koin? Tips berikutnya agar Anda dapat hidup berhemat adalah menyimpan uang kembalian setiap setelah transaksi yang menghasilkan uang recehan. Simpan uang tersebut dalam sebuah toples. Pada suatu saat, Anda akan menyaksikan bahwa setiap uang recehan tersebut apabila dengan tekun dikumpulkan setiap hari maka akan menjadi berkali lipat.

 

#4 Belanja Hemat di Tempat Berkualitas

Hidup hemat bukan berarti mengabaikan kualitas dan juga mutu dari barang yang kita beli. Jangan membeli barang asal murah tetapi tidak memiliki umur panjang dalam penggunaannya. Hal ini malahan membuat boros karena ketika barang tersebut rusak, Anda perlu membelinya lagi. Memang benar bahwa harga terkadang tidak pernah berbohong. Harga mahal karena kualitas lebih baik atau lebih tinggi. Ketika Anda membeli barang, perhatikan juga apakah barang tersebut berkualitas baik dan memiliki usia pemakaian yang lama atau tidak. Misalnya seorang ibu rumah tangga akan membeli panci, maka lebih baik membeli panci dengan harga lebih mahal sedikit dengan kualitas stainless steel yang usia pemakaiannya tahan lama.

Cara Hemat Pengeluaran, Jika Anda Memelihara Hewan Peliharaan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Pengeluaran, Jika Anda Memelihara Hewan Peliharaan]

 

#5 Bawa Bekal dan ke Kantor

Gaya hidup hemat juga erat kaitannya dengan tidak sembarangan jajan. Apabila Anda cenderung orang yang suka “lapar mata” ketika melihat makanan. Cukup sulit rasanya untuk mengekang diri dan mengendalikan keinginan. Mungkin Anda perlu membawa bekal sendiri ke kantor dan juga cemilan dari rumah sehingga dapat menolong Anda untuk tidak sembarangan jajan di luar rumah. Selain makanan yang disiapkan dari rumah terjamin kesehatannya, masak di rumah dan mempersiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga dapat menjadi satu alternatif jitu untuk dapat menghemat. Anda dapat memaksimalkan anggaran belanja bahan makanan sehari-hari untuk dapat menghemat uang Anda. Hal ini agar uang Anda tidak mengalir seperti “keran air” karena jajan yang tak terkendali. Malahan Anda dapat menyimpan lebih banyak uang untuk ditabung. Apabila Anda sedang berjalan-jalan bersama, bawalah bekal makanan ringan dari rumah agar menolong Anda untuk tidak jajan diluar.

 

Belajar Mengendalikan Diri

Terkadang ada orang yang sudah menganggarkan setiap kebutuhannya sehari-hari dalam daftar yang panjang termasuk alokasi untuk tabungan yang sudah tersisihkan, namun ketika menghadapi “dunia nyata” saat berbelanja, sering kali keinginan mendominasi sehingga bon belanjaan kembali membengkak dan melebihi anggaran belanja yang seharusnya. Ditambah pula alokasi tabungan yang tadinya akan ditabung, malahan diambil untuk membayar kelebihan belanja tersebut.

Pengendalian diri diperlukan untuk mengekang keinginan akan jajan sehingga pengeluaran diluar anggaran belanja tidak akan membengkak bahkan tidak ada yang namanya jajan karena sudah memiliki niat yang kuat untuk tidak jajan. Berikan motivasi kepada diri Anda dengan menggunakan target-target tertentu agar Anda tidak jajan dan harus berhemat bahkan menabung. Misalnya dengan memiliki target untuk menyekolahkan anak di sekolah yang terbaik sehingga harus mengendalikan jajan Anda dan lebih banyak menabung.

Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera - Finansialku

[Baca Juga: Hemat Dompet Anda Agar Masa Depan Terjamin dan Sejahtera]

 

Berikan komentar Anda perihal berbagai macam kesulitan yang Anda hadapi ketika ingin menghemat dan menabung pada kolom yang tersedia di bawah ini. Apabila Anda membutuhkan konsor seputra penataan arus keuangan Anda, Finansialku.com akan membantu Anda dengan senang hati. Bagikan juga setiap informasi yang Anda dapatkan kepada orang-orang yang Anda kenal mengenai setiap informasi dari artikel Finansialku.com Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Lazy Man. 13 January 2017. 5 Simple Ways To Save Money From Month To Month. Lazymanandmoney.com – https://goo.gl/5XEj7k
  • Agustin Wahyuningsih. 17 Desember 2015. 15 Tips Hemat Hidup Sebulan untuk Kamu yang Isi Dompetnya Pas-pasan. Brilio.net – https://goo.gl/8UMtqy

 

Sumber Gambar:

  • Saving Money – https://goo.gl/j3sblZ
  • Konsumerisme – https://goo.gl/DvjeA1

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang