Apartemen masih menjadi tren yang kian berkembang hingga saat ini. Lalu, bagaimana cara investasi Apartemen agar cepat untung?

Sebagian besar menilai, memiliki apartemen hanya untuk gaya hidup semata. Padahal dibalik itu semua, kamu bisa mendulang keuntungan jika berinvestasi dari hunian bertingkat satu ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

4+ Tips Investasi Apartemen Cepat Untung!

Lagi lagi dunia properti memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk berinvestasi.

Selain rumah kost, apartemen juga cocok untuk dijadikan aset berinvestasi karena permintaan unit apartemen khususnya di kota-kota besar cenderung lebih diminati dibandingkan perumahan.

Hal ini karena faktor lahan di kota besar semakin minim serta harga tanah yang melambung sehingga pengembang properti juga melirik ke hunian vertikal.

Apalagi apartemen ini biasanya identik dengan kemudahan akses seperti ke pusat perbelanjaan, fasilitas pendidikan, dan sebagainya.

Jika kamu tertarik berinvestasi apartemen, harus ada strategi supaya investasi ini berjalan sesuai rencana, yaitu meraup keuntungan. Lalu bagaimana strateginya? Simak tips berikut ini:

 

#1 Memperhatikan Lokasi dan Status Lahan

Sering dengar istilah ‘posisi menentukan prestasi’? Maka sama halnya dengan lokasi yang menentukan keberhasilan investasi. Lokasi menentukan kenaikan harga dan prospek investasi di masa depan.

Apartemen-Termahal-di-Dunia-4-Finansialku

[Baca Juga: Begini Tips dan Perjuangan Memiliki Apartemen Untuk Millennial]

 

Selain itu pastikan apartemen yang kamu miliki merupakan milik pengembang (bukan memiliki status build, operate, transfer atau BOT).

Status BOT adalah status di mana aset tersebut merupakan milik pemerintah yang dimanfaatkan oleh pihak swasta selama jangka waktu tertentu. Jika waktu perjanjian habis, maka aset akan diserahkan kembali ke pemerintah.

 

#2 Fasilitas Apartemen

Semakin lengkap fasilitas apartemen maka harga sewanya pun semakin tinggi. Dikatakan lengkap jika apartemen memiliki kolam renang, area berolahraga, ruangan bersama, dan fasilitas lainnya.

Biasanya apartemen yang menawarkan fasilitas beragam semakin cocok untuk dijadikan investasi.

 

#3 Keamanan Apartemen

Perhatikan sistem keluar masuk tamu, penghuni serta banyaknya jumlah pengawas keamanan. Apartemen yang aman akan semakin menarik penghuni, dengan begitu harga jualnya pun akan semakin tinggi.

 

#4 Menyediakan Beragam Masa Sewa

Kebutuhan setiap orang pasti berbeda, maka dari itu tidak ada salahnya kamu menyediakan berbagai periode penyewaan apartemen misalnya tahunan atau bulanan.

Sebenarnya, menyewakan dalam kurun waktu tahunan cenderung lebih menguntungkan.

Kamu tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk perbaikan dan perawatan apartemen setelah digunakan oleh penyewa yang lama selama waktu satu tahun tersebut.

5 Hal Investasi Apartemen 04 Apatemen 4 - Finansialku

[Baca Juga: Mengintip 10 Desain Interior Apartemen Minimalis Super Nyaman]

 

Dari budget publikasi juga berkurang karena kamu tidak lagi repot mengiklankan apartemennya. Setidaknya, dalam satu tahun ada jaminan kamu bisa menikmati hasil investasi apartemen.

Tapi jangan terlalu kaku juga, karena sebenarnya peminat yang menyewa apartemen bulanan cenderung lebih banyak. Hal ini karena mengantisipasi kemungkinan berganti pekerjaan, urusan keluarga, dan semacamnya.

Tenang, gak perlu takut kalo apartemen kamu akan kosong lama karena calon penyewa selalu ada.

Menariknya jika apartemen disewakan bulanan, harganya bisa dinaikkan lebih mahal. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan untung hingga 1.5 kali hingga 2 kali lipat jika menyewakan apartemen secara bulanan.

Bahkan, jika penyewa memperpanjang masa sewanya, kamu bisa menaikkan harga sewanya untuk bulan depan.

 

#5 Tawarkan sebagai Lokasi Shooting

Ini sih cara yang cukup jitu untuk mendapat keuntungan berinvestasi apartemen.

Di beberapa kota besar, apartemen sering dijadikan lokasi shooting atau studio foto apalagi saat ini banyak perusahaan yang mencari lokasi baru pengambilan gambar.

Cara ini merupakan langkah efektif untuk segera mendapatkan keuntungan dari investasi apartemen. Terlebih bila pihak yang diajak kerja sama memiliki reputasi yang baik.

Sangat mungkin jika mereka mendekor ulang apartemen kamu jadi lebih baik dari sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan pengambilan gambar.

Beberapa tips inilah yang dapat mendongkrak keuntunganmu berinvestasi apartemen. Selain berorientasi pada keuntungan, jangan sampai lupa untuk merawat dan memastikan apartemen kamu tetap layak huni ya…

 

Inilah Untungnya Berinvestasi Apartemen

Melansir laman Liputan6.com, Kamis (16/5/2019), para investor apartemen menilai bahwa apa yang mereka tekuni saat ini memberikan keuntungan menjanjikan.

Hal ini dinilai karena minat untuk membeli apartemen terus meningkat seiring dengan kenaikan harga perumahan yang sangat tinggi.

Maraknya Apartemen Kelas Menengah Dibawah Rp1 Miliar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Dimana Tinggal? Cek Dulu Tips Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen]

 

Seiring berkembangnya zaman, mobilisasi semakin meningkat. Maka apartemen pun menjadi jawaban untuk menjawab hunian yang diperlukan terutama bagi para pasangan muda yang jarang menghabiskan waktunya di rumah.

Tidak sedikit juga pasangan yang telah berkeluarga pun yang juga memilih apartemen karena akses, fasilitas serta lokasi yang ditawarkan.

Nah buat kamu yang juga berniat atau tengah merintis investasi apartemen, berikut keuntungannya:

 

#1 Harga Jual Terus Meningkat

Rata-rata perkembangan harga jual apartemen bisa mencapai 5 hingga 10 persen per tahun. Seperti Vasanta Innopark, saat pertama kali di-launching tahun 2017 harganya Rp270 juta dan saat ini telah mencapai Rp318 juta.

Cukup menjanjikan bukan?

Kenaikan apartemen melebihi pertumbuhan tingkat inflasi, sehingga kamu tidak perlu takut investasinya termakan inflasi. Layaknya harga properti, apartemen akan selalu mengalami kenaikan harga, baik rendah atau tinggi.

 

#2 Harga Sewa Menjanjikan

Fasilitas yang dimiliki apartemen membuatnya menarik hati banyak orang sehingga berani membayar sewa apartemen dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan menyewa rumah.

Hal ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk para investor yang ingin mencari keuntungan dengan cara menyewakan apartemen tersebut.

 

#3 Apartemen Akan Menjadi Hunian Favorit

Apartemen diperkirakan akan menjadi hunian favorit masyarakat perkotaan, karena lahan perkotaan semakin lama semakin berkurang, sehingga diprediksikan kedepannya hunian vertikal akan menjadi tempat tinggal favorit terutama bagi masyarakat perkotaan.

 

#4 Investasi Berbasis Simpanan

Investasi apartemen bisa dikatakan bentuk investasi berbasis simpanan. Hal ini karena kamu tidak akan mudah tergoda untuk menjadikan investasi tersebut sebagai uang tunai dan menghabiskannya.

Lain cerita saat kamu memilih berinvestasi emas atau valuta asing. Sesekali kamu membutuhkan uang, maka kamu dapat langsung menjualnya demi uang tunai.

Secara tidak langsung, apartemen membantu mengontrol sifat belanja yang impulsif serta membantu mengatur pengeluaranmu.

Sifat apartemen yang tidak terlalu likuid dapat dinilai sebagai aspek positif pada perencanaan keuangan kamu ya.

 

#5 Dapat Dibeli dengan Modal Kecil

Harga apartemen yang ditawarkan cukup beragam, meskipun luasnya sama tetapi lokasi yang berbeda akan menjadi salah satu parameter perbedaan harga tersebut.

Tapi kalo budget kamu belum memenuhi untuk investasi apartemen di pusat kota, alternatifnya kamu bisa mencari apartemen yang bukan berada di pusat kota tetapi peningkatan harganya yang cukup signifikan.

Dengan modal yang jauh lebih kecil dibandingkan investasi properti lainnya, kamu sudah dapat melakukan investasi apartemen.

Pilihan harga apartemen yang beragam sangat menguntungkan bagi investor untuk memilih investasi sesuai dengan kemampuannya.

 

Saatnya Mengawali Investasi Apartemen

Tunggu apalagi? Saatnya kamu menjemput kesuksesan dari keuntungan berinvestasi apartemen. Pilihlah apartemen yang sesuai dengan kriteria dan kemampuan finansialmu ya…

Jangan lupa kamu harus merencanakan segalanya dengan matang ya, terutama masalah keuangan kamu. Kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tuliskan tanggapan dan pertanyaan kamu pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Arthur Gideon. 27 Agustus 2018. 4 Alasan Investasi Apartemen Lebih Menguntungkan. Liputan6.com- https://bit.ly/2EbbE6c
  • Admin. 4 Cara Investasi Apartemen Cepat Untung. Pacificgarden.co.id- https://bit.ly/2HqtAff

 

Sumber Gambar:

  • Apartemen – http://bit.ly/2woYi1S