Apakah Anda sedang mencari investasi yang cocok untuk dana pendidikan anak? Apakah investasi emas bisa digunakan untuk dana pendidikan anak.

Jika Anda sedang merencanakan dana pendidikan anak Anda dan sedang mencari investasi apa yang cocok, maka simak artikel berikut ini mengenai investasi emas untuk dana pendidikan anak Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persiapan Dana Pendidikan

Setiap orang tua pasti ingin melihat anaknya menjadi orang yang sukses dan dapat membantu orang lain dengan pekerjaannya kelak.

Selain bekal berupa nasihat dan nilai-nilai yang ditanamkan di keluarga, para orang tua tentu akan senang melihat anaknya bersekolah. Apalagi jika anak Anda bisa sekolah hingga jenjang sarjana atau master.

Tetapi muncul lagi pertanyaan, bagaimana caranya menyiapkan dana pendidikan anak dari anak mulai masuk playgroup atau taman kanak-kanak sampai menjadi sarjana atau master?

Apalagi dana pendidikan anak ini dari tahun ke tahun selalu naik dan makin lama menjadi sangat mahal. Lalu, kapan tepatnya harus merencanakan pendidikan untuk anak?

Biaya pendidikan anak memang mahal dan perlu dibuat sebuah rencana untuk memenuhi dananya. Semakin dini Anda merencanakannya, maka Anda akan semakin tenang.

Investasi Emas Untuk Dana Pendidikan Anak 02 Dana Pendidikan Anak 1 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Pendidikan Anak: Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas, Lebih Baik Mana?]

 

Mengapa Anda akan semakin tenang jika Anda merencanakannya sedini mungkin?

Jawabannya yaitu Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkannya.

Anda bisa memulai dengan nominal berapa pun, dan juga dapat bereksperimen dimana Anda akan menyimpan dana pendidikan untuk anak Anda kelak.

Jika Anda menyiapkannya bahkan sebelum Anda memiliki anak, tentu akan lebih meringankan lagi.

Dan bagaimana jika Anda terlambat menyiapkan dana pendidikan tersebut?

Tidak ada kata telat untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Anda hanya memerlukan usaha yang lebih ketika Anda belum mempersiapkannya. Sebaiknya dana ini dipersiapkan 2 tahun sebelum anak Anda memulai sekolah.

Jika Anda tidak menyiapkannya, maka akan terasa berat di kemudian hari.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Solusi untuk mempersiapkan dana pendidikan yang semakin lama semakin mahal ini yaitu Anda dapat melakukan investasi, atau Anda juga bisa mulai menabung di tabungan.

Tapi jika Anda menyimpannya di tabungan, apakah Anda yakin akan aman dari risiko inflasi jika tingkat inflasi pendidikan sudah lebih dari 5% dan bahkan bisa mencapai 10%?

Lalu bagaimana jika Anda menaruh dana pendidikan anak di sebuah instrumen investasi?

Tentu bisa terhindar dari risiko inflasi, tetapi selanjutnya pertanyaannya adalah apakah aman jika menaruhnya pada sebuah instrumen investasi?

Sebelum Anda menaruh dana pendidikan anak Anda di sebuah instrumen investasi. Apakah Anda sudah tahu apa saja investasi yang tersedia untuk menyimpan dana Pendidikan anak Anda?

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Berdasarkan asetnya, investasi digolongkan dari segi aspek modal dan kekayaan yang ditanamkan. Investasi dapat berupa real asset dan financial asset.

Real asset adalah investasi yang berwujud, seperti tanah, gedung, rumah, logam mulia dan lain sebagainya.

Sedangkan, financial asset adalah investasi berupa dokumen atau surat-surat, contohnya investasi saham, reksa dana, obligasi, dan lain-lain.

Sekarang Anda sudah tahu jenis-jenis investasi yang bisa digunakan untuk menyimpan dana pendidikan anak Anda.

Pertanyaan selanjutnya yaitu investasi mana yang paling cocok? Bagaimana dengan investasi emas? Apakah investasi emas bisa digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak?

Mari simak artikel berikut untuk mengetahui apakah investasi emas bisa digunakan untuk menyimpan dana pendidikan anak Anda.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak

Apa saja keuntungan dari investasi emas? Berikut ini adalah keuntungan dari berinvestasi emas.

 

#1 Proses Investasi yang Sederhana

Anda tidak perlu repot-repot belajar bagaimana caranya memilih investasi emas.

Anda juga tidak perlu pergi ke sekuritas atau menemui manajer investasi untuk mulai berinvestasi.

Anda cukup mendatangi pegadaian atau Bank Syariah yang menyediakan investasi emas. Anda juga hanya perlu menyimpannya dan ketika waktu yang dibutuhkan, Anda bisa langsung menjualnya.

Investasi Emas Untuk Dana Pendidikan Anak 03 Dana Pendidikan Anak 2 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-Hati Dengan Investasi Emas Bodong! Kenali dan Amati Modus Penipuannya Sekarang!]

 

#2 Terhindar dari Risiko Inflasi

Dengan Anda berinvestasi emas, maka Anda dapat terhindar dari risiko inflasi, karena kenaikan harga emas biasanya melebihi tingkat inflasi. Tetapi tidak menutup kemungkinan adanya kerugian (harga turun).

Tetapi, jika kondisi ekonomi sedang bertumbuh, maka harga emas cenderung tetap atau bisa naik dari waktu ke waktu. Lebih menguntungkan bukan daripada disimpan di bank?

 

#3 Likuid

Tidak perlu khawatir bila Anda mempertanyakan apakah akan mudah untuk menjualnya menjadi uang? Tentu saja sangat mudah, Anda bisa langsung datang ke pegadaian yang sudah ada dimana-mana cabangnya.

Anda juga bisa menjualnya ke toko emas. Anda tidak perlu menunggu berhari-hari supaya investasi Anda cair. Anda hanya butuh waktu beberapa jam untuk mencairkan emas Anda ke dalam rupiah.

Investasi Emas Untuk Dana Pendidikan Anak 04 Dana Pendidikan Anak 3 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Waktu yang Terbaik Memulai Tabungan Pendidikan Anak]

 

#4 Kepemilikan Utuh

Dengan Anda memiliki emas, Anda menjadi pemilik emas Anda sendiri, dan tidak ada yang akan mengaku bahwa emas yang Anda miliki bukan milik Anda. Anda memiliki emas Anda sepenuhnya.

Jika Anda berinvestasi saham atau reksadana, Anda tidak dapat memiliki perusahaan yang Anda investasikan.

 

#5 Bebas Pajak

Ya betul sekali, investasi emas ini bebas pajak, karena emas ini merupakan bahan baku jadi tidak termasuk objek pajak. Keuntungan yang akan Anda dapatkan murni untuk Anda semua.

Sangat menguntungkan bukan berinvestasi emas? Lalu, apakah bisa investasi emas digunakan untuk dana pendidikan anak?

Jawabannya adalah tentu saja bisa, tetapi alangkah baiknya jika Anda berinvestasi pada instrumen investasi lainnya juga, tidak hanya menaruh uang investasi Anda di emas saja.

PENTING! Perlukah Menyiapkan Dana Pendidikan Saat Anak Masih Balita 2 Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua, Kenali Perbedaan Risiko Tabungan Pendidikan Anak dan Asuransi Pendidikan Anak]

 

Harga emas memang sering naik, tetapi bagaimana jika harga emas satu kali turun? Apakah Anda sanggup menghadapi kerugian itu?

Jika Anda berinvestasi pada instrumen lainnya, Anda bisa terhindar dari risiko harga pasar yang menurun.

Berikut adalah perhitungan sederhana, jika Anda ingin berinvestasi pada emas untuk dana pendidikan anak Anda.

Anggap bahwa biaya untuk kuliah anak saat ini adalah sebesar Rp100 juta. Asumsi kenaikan biaya pendidikan adalah 10% per tahun.

Jika saat ini anak Anda masih berusia 2 tahun, dan usia masuk kuliah adalah 18 tahun, maka berapa yang harus diinvesatasikan setiap bulannya?

Asumsikan harga emas saat ini adalah Rp650.000, maka simak penjelasannya berikut:

  • Asumsi pesimistis hasil investasi emas adalah 4% per tahun, maka Anda harus berinvestasi sebesar Rp1.843.435 per bulan (kurang lebih 3 gram emas per bulan).
  • Asumsi moderat hasil investasi emas adalah 8% per tahun, maka Anda harus berinvestasi sebesar Rp1.273.285 per bulan (kurang lebih 2 gram emas per bulan).
  • Asumsi optimis hasil investasi emas adalah 12% per tahun, maka Anda harus berinvestasi sebesar Rp853.686 per bulan (kurang lebih 1 gram emas per bulan).

 

Pastikan Anda Mengetahui Investasi yang Tepat Untuk Anda

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa investasi emas memiliki keuntungan masing-masing dan memiliki harga yang sangat beragam.

Jika Anda merencanakannya sejak dini, maka Anda tidak akan merasa berat untuk mempersiapkan dana pendidikan anak Anda di kemudian hari nanti.

 

Setelah membaca artikel ini, Anda sudah tahu bahwa investasi emas bisa digunakan untuk persiapan dana pendidikan anak yang sangat penting untuk Anda.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bahwa investasi emas bisa digunakan untuk persiapan dana pendidikan anak.

Tinggalkan juga pendapat dan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Emas – https://goo.gl/rbtMep
  • Dana Pendidikan Anak 1 – https://goo.gl/C5qdV6
  • Dana Pendidikan Anak 2 – https://goo.gl/1YLHGv
  • Dana Pendidikan Anak 3 – https://goo.gl/cvxc5S

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang