Apakah Anda pernah mengetahui investasi emas bodong? Apakah Anda pernah membaca mengenai investasi emas bodong?

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa ciri yang bisa Anda pahami untuk mengetahui bagaimana modus penipuan investasi bodong yang sedang marak di masyarakat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengapa Ada Investasi Bodong?

Investasi merupakan sebuah cara untuk menambah pendapatan tanpa harus mencari pekerjaan, lembur, atau bekerja di saat weekend.

Investasi juga bisa menjadi alat bantu bagi orang yang memiliki tujuan keuangan dan ingin mencapai tujuan tersebut sesuai dengan rencana dan targetnya.

Setiap investasi pasti menjanjikan hasil optimal yang akan dirasakan di masa mendatang. Apalagi ketika Anda sudah melewati usia produktif, investasi dapat membantu keuangan Anda tetap stabil.

Semakin pentingnya investasi membuat sebagian besar pelaku bisinis atau investor menaruh minat yang tinggi untuk berinvestasi. Pilihannya pun sudah sangat beragam.

Anda bisa memulai untuk berinvestasi portofolio (seperti saham, reksa dana, obligasi, dan lain-lain), investasi aset nyata (seperti emas, rumah, tanah, dan lain lain), serta investasi lainnya.

Investasi pun memiliki prospek yang menjanjikan peluang keuntungan yang sangat besar, namun tentu saja di setiap keuntungan pasti selalu ada nilai minusnya.

Apa yang akan Anda lakukan bila ingin memulai untuk berinvestasi? Apakah Anda akan memelajari semua keuntungan dan risiko yang akan dihadapi?

Jika ya, maka Anda termasuk salah satu investor yang melek akan informasi. Lalu, bagaimana jika ada orang yang tidak mau mencari informasi mengenai investasi yang akan diambilnya?

Tidak dapat dipungkiri, bahwa informasi yang kurang memang menyebabkan banyak orang terjerumus dengan investasi bodong, salah satunya investasi emas bodong.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda tahu alasan investasi emas lebih digemari oleh masyarakat Indonesia?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa emas merupakan investasi yang memiliki risiko rendah, bahkan tidak ada risikonya. Selain itu, harga emas dari tahun ke tahun selalu naik.

Tingginya minat akan emas menyebabkan banyak tawaran investasi emas di masyarakat.

Jenis investasi emas yang ditawarkan pun cukup beragam, seperti emas batangan, perhiasan hingga tawaran untuk berinvestasi emas dalam bentuk High Yield Investment Program (HYIP).

Banyak orang yang tertarik investasi emas ini karena melihat temannya bahkan saudaranya yang sukses memperoleh uang jumlah besar dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Sayangnya, kebanyakan investor emas ini memprioritaskan keuntungan. Padahal, investasi emas ini lebih cocok untuk investor yang hanya ingin melindungi nilai uang mereka terhadap inflasi,pajak dan faktor ekonomi lainnya.

Bagi Anda yang ingin memulai investasi emas, ada baiknya Anda mencari panduan yang tepat.

Finansialku membagikan ebook gratis yang bisa Anda download sebagai panduan dalam investasi emas bagi pemula.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Lakukan sekarang juga dan rasakan manfaatnya!

 

Kenali Investasi Emas Bodong

Supaya Anda tidak tertarik bahkan tergiur mengikuti investasi emas bodong, ada baiknya Anda mengenali ciri-ciri investasi emas bodong yang ada di pasaran.

Berikut ciri-cirinya:

 

#1 Return Selangit, Risiko Rendah, Bahkan Tidak Berisiko Sama Sekali

Sebagai investor, Anda harus mempertanyakan risiko dan return yang akan didapatkan saat mulai berinvestasi. Jika investasi tersebut memberikan return yang tinggi, sebaiknya Anda berhati-hati.

Terdapat sebuah investasi yang memberikan bunga 1% per hari, bahkan 5% per harinya. Para pelaku ini, memanfaatkan keinginan masyarakat yang ingin imbalan sebesar-besarnya.

Kita harus tahu bahwa setiap investasi yang memiliki bunga lebih tinggi dari inflasi, pasti memiliki risiko yang tinggi juga.

Jika Anda tidak teliti, maka Anda akan terjerumus dengan investasi bodong. Hal ini yang dimanfaatkan oleh pelaku investasi emas bodong untuk mendapatkan persetujuan Anda untuk berinvestasi.

Investasi-Emas-Bodong-02-Finansialku

[Baca Juga: Jika Strategi Investasi Emas Terbaik Ini Anda Lakukan, Anda Akan Mendapatkan Banyak Keuntungan]

 

#2 Membayar Kewajiban Uang Muka

Setelah Anda setuju mengikuti investasi emas bodong ini, para pelaku sering meminta uang muka dengan diiming-imingi keuntungan yang berlipat ganda.

Para pelaku ini juga akan meyakinkan Anda, bahwa semakin besar uang yang disetorkan, maka semakin besar keuntungan yang didapatkan.

Inilah taktik yang sering digunakan oleh pelaku investasi emas bodong.

 

#3 Anda Dijanjikan Return Dalam Waktu yang Singkat

Jika mengikuti investasi emas bodong, Anda akan diyakinkan oleh si pelaku bahwa investasi yang dilakukan ini akan berbuah manis dalam waktu yang singkat.

Janji palsu si pelaku ini akan terealisasi dalam satu atau tiga bulan. Padahal, setiap jenis investasi pasti membutuhkan waktu invest yang lama, bahkan lebih dari 3 bulan.

Investasi yang Menguntungkan 02 Emas - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Investasi Emas Antam Online, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!]

 

#4 Pengelolaan Sumber Dana yang Tidak Jelas

Para pelaku investasi emas bodong ini biasanya mengelola uang investasi yang didapatkannya dengan skema ponzi atau money game.

Skema ini menjalankan proses pembagian keuntungan pada nasabah dengan memakai uang milik investor baru. Dengan kata lain, skema ini hanya sebuah akal-akalan perputaran uang saja. Itu lah mengapa uang tidak akan bertambah dengan tiba-tiba.

Lebih baik simpan uang Anda di bank yang lebih jelas dalam mengelola uangnya.

 

#5 Produk Investasinya Menawarkan Berbagai Macam Pilihan Level

Jika Anda memperhatikan investasi emas bodong, para penipu ini akan menawarkan produk dengan berbagai macam pilihan level.

Istilah paket yang paling banyak digunakanya adalah paket silver, gold dan platinum.

Masing-masing level memiliki kewajiban yang berbeda-beda, seolah-olah dijanjikan sebuah keuntungan yang berlipat ganda.

Mengetahui Untung Rugi Tabungan Emas 01- Finansialku

[Baca Juga: Pilihan Investasi Emas Fisik atau Berjangka? ]

 

#6 Legalitas yang Meragukan, Bahkan Tidak Mengantongi Izin

Anda dapat menghindari investasi bodong jika Anda mengenali keraguan latar belakang dari si pelaku investasi bodong tersebut.

Anda harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang riwayat perusahanan yang menawarkan jasa investasi, cara pemasarannya, serta pencatatannya di OJK, Badan Pengawas Pasar Modal, Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK), dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEPTI)

Anda dapat menghubungi call center OJK di 1500655 atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

 

Cek Legalitasnya, Pastikan Anda Berinvestasi yang Aman dan Terjamin

Anda memegang kendali penuh terhadap setiap keputusan keuangan. Jika ingin berinvestasi, pastikan Anda sudah memelajari perusahaannya, investasinya, hingga untung dan ruginya.

Pastikan alasan Anda berinvestasi karena ingin mencapai tujuan keuangan, bukan karena untung yang selangit.

Jika Anda, menemukan bisnis investasi emas bodong atau investasi bodong lainnya, lebih baik langsung laporkan OJK untuk menghindari banyaknya korban karena investasi emas bodong tersebut.

 

Bagikan artikel ini agar teman atau saudara Anda dapat terhindar dari investasi bodong lainnya.

Jika Anda memiliki teman atau saudara yang memiliki pengalaman melakukan investasi emas bodong, silakan tinggalkan komentar untuk berbagi cerita dengan pembaca lainnya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 13 Maret 2013. Tips Mengenal Investasi Emas Bodong. Kontan.co.id – https://goo.gl/F9VvfG
  • Sylke Febrina Laucereno. 8 Maret 2018. Jangan Tertipu, Kenali Ciri-Ciri Investasi Bodong Ini. Detik.com – https://goo.gl/zMmp9S
  • Admin. 7 Februari 2018. Mengenal 7 Ciri-Ciri Investasi Emas Bodong. Sahabatpegadaian.com – https://goo.gl/irTGFD

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Emas Bodong 1 – https://goo.gl/jQkXrj
  • Investasi Emas Bodong 2 – https://goo.gl/TLx3Gw
Summary
Hati-Hati Dengan Investasi Emas Bodong! Kenali dan Amati Modus Penipuannya Sekarang!
Article Name
Hati-Hati Dengan Investasi Emas Bodong! Kenali dan Amati Modus Penipuannya Sekarang!
Description
Apakah Anda pernah mengetahui investasi emas bodong? Apakah Anda pernah membaca mengenai investasi emas bodong?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo