Apakah Anda pernah investasi emas? Pilih mana, investasi emas fisik atau berjangka?

Untuk menjawab mana pilihan terbaik antara emas fisik atau emas berjangka, simak penjelasan berikut ini. Selamat membaca!

 

Sponsored Articles:

GKInvest Logo

 

Pilih Investasi Emas Fisik atau Berjangka?

Emas adalah salah satu komoditas andalan dunia yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan beragam fungsi.

Jejak sejarah menunjukkan bahwa emas telah dikenal di peradaban Mesir kuno sekitar 3000 tahun sebelum Masehi. Sejak dulu emas telah menjadi barang yang sangat berharga.

Di era kuno, emas menjadi simbol kekayaan (wealth), kemakmuran (prosperity), dan kerajaan (royalty). Selain itu, emas juga berfungsi sebagai alat tukar dan pembayaran.

Pilihan Investasi Emas Fisik atau Berjangka 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Investasi Emas Logam Mulia VS Investasi Cryptocurrency? Dan Kenapa Pilih Investasi Emas di Tahun 2018?]

 

Kini di era modern, peran emas dalam kehidupan semakin penting. Meski fungsinya sebagai alat pembayaran sudah tergantikan oleh uang, emas masih memiliki fungsi penting lainnya dalam ekonomi.

Emas adalah benda yang mudah dibentuk, namun emas memiliki kekuatan yang tinggi, tahan lama dan tahan terhadap karat. Oleh karenanya, emas bernilai tinggi.

Emas kini tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, tapi juga bernilai sebagai instrumen investasi dan elemen industri.

Salah satu fungsi emas adalah menyimpan kekayaan (store of wealth) dan lindung nilai inflasi (inflation hedge). Hal ini menjadikan emas sebagai salah satu instrumen investasi yang digemari di seluruh dunia.

Emas juga punya nilai industri yang tinggi karena menjadi komponen penting dalam peralatan dan mesin modern seperti smartphone, PC, sampai pesawat. Pasalnya emas merupakan logam yang anti karat dan konduktor yang baik.

Ingin Menjadi Kaya Belajarlah dari Kisah Tambang Emas - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas Batangan adalah Sarana untuk Hedging dan Diversifikasi Portofolio Investasi]

 

Di India dan China, emas merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakatnya. Kedua negara tersebut merupakan konsumen emas terbesar yang menyumbang hampir 50% permintaan emas dunia.

  • Di India, emas menjadi hadiah yang diberikan saat acara budaya tahunan seperti festival Diwali dan Dhanteras.
  • Dalam budaya masyarakat Tionghoa, emas menjadi hadiah ketika Tahun Baru Imlek.

 

Emas Fisik sebagai Instrumen Investasi

Emas merupakan instrumen investasi yang sangat populer. Banyak orang yang membeli perhiasan emas, baik untuk aksesoris maupun untuk investasi.

Emas dalam bentuk perhiasan memiliki nilai estetika dan mudah didapatkan di toko-toko emas. Investasi dalam bentuk perhiasan memang lazim dilakukan, namun kekurangannya adalah nilainya yang tidak mampu menutup inflasi.

 

Kelebihan Investasi Emas Fisik

Emas batangan adalah salah satu bentuk investasi yang cukup populer, termasuk di Indonesia. Investasi emas batangan menjadi salah satu investasi favorit karena harganya stabil dan nilai jual kembalinya tinggi.

Investasi ini sangat cocok dilakukan untuk jangka panjang. Karena harganya stabil, maka emas batangan dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang aman.

Membeli emas batangan juga terjamin karena dilengkapi dengan sertifikat. 

 

Kekurangan Investasi Emas Fisik

Ada kekurangan dalam investasi emas fisik atau batangan. Salah satunya adalah terbatasnya jumlah pemasok. Layanan penjualan emas resmi yang dikenal masyarakat adalah Antam dan Pegadaian.

Meski ada distributor resmi dari Antam dan beberapa bank yang menyediakan fasilitas itu, tetap saja tidak semua orang punya kemampuan dan akses yang mudah untuk memiliki emas fisik yang harganya tergolong mahal. 

Mau Bisnis Investasi Emas Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Alasan Mengejutkan, Kenapa Investasi Logam Mulia Tidak Selalu Menguntungkan]

 

Selain membutuhkan modal yang cukup besar, hal lain yang umumnya menjadi kendala adalah tempat penyimpanannya. Emas yang sudah dibeli memerlukan tempat yang aman.

Safe Deposit Box di bank dapat menjadi solusi, namun tentunya memunculkan pos biaya baru dalam investasi Anda.

 

Emas Berjangka, Investasi Modern Yang Lebih Mudah dan Fleksibel

Sebagai alternatif, tersedia jalur investasi yang lebih modern dan fleksibel, yaitu emas berjangka. Investasi di emas berjangka kini semakin populer di tengah masyarakat.

Berbeda dengan emas batangan, investasi emas di bursa berjangka (kode perdagangan: XAU) tidak dalam bentuk fisik, melainkan kontrak perdagangan yang mengacu pada pergerakan harga di bursa dunia.

12-jenis-investasi-emas-dari-logam-mulia-perhiasan-emas-hingga-perdagangan-emas-berjangka-finansialku

[Baca Juga: 12 Jenis Investasi Emas Dari Logam Mulia, Perhiasan Emas Hingga Perdagangan Emas Berjangka]

 

Salah satu kelebihan investasi emas berjangka adalah bisa dilakukan secara online melalui platform trading. Dengan sistem online, investor bisa bertransaksi di mana saja dan kapan saja. 

Karena bersifat kontrak dan bukan fisik, kelebihan lainnya adalah tipe transaksi yang dua arah, yaitu beli maupun jual. Hal ini akan selalu membuat adanya ketersediaan peluang keuntungan yang dapat Anda manfaatkan baik ketika harga sedang naik maupun turun.

Investasi ini juga bisa dilakukan dengan modal yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan fisik.

Dalam dunia berjangka, ada istilah leverage atau daya ungkit, yaitu kemampuan untuk membeli sejumlah instrumen dengan dana yang lebih kecil.

Dalam perdagangan berjangka leverage dinyatakan dalam perbandingan, contohnya 1:100.

Sebagai ilustrasi, untuk membeli emas fisik 1 kg, diperlukan dana kurang lebih Rp500 juta.

Dalam transaksi berjangka, untuk memudahkan ilustrasi, Anda bisa menyerahkan uang muka atau margin sebesar 1% dari Rp500 juta, yaitu cukup Rp5 juta saja untuk bertransaksi emas senilai 1 kg.

Investasi-Emas-Batangan-3-Finansialku

[Baca Juga: Dimana Sajakah Tempat yang Aman untuk Menjual Emas Kita?]

 

Dengan sistem online pula, maka siapa saja bisa berperan serta dalam perdagangan emas.

Di Indonesia, ada dua bursa yang melaksanakan perdagangan berjangka, yaitu

  • Bursa Berjangka Jakarta (BBJ/JFX)
  • Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI/ICDX)

 

Lazimnya sebuah bursa, untuk turut serta dalam kegiatan transaksi, seorang investor harus melalui pialang atau broker. Ada banyak pialang yang menyediakan jasa transaksi berjangka (futures).

Namun, Anda harus memastikan pialang tersebut terdaftar secara resmi dan di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Tidak hanya itu, pialang yang resmi juga terdaftar sebagai anggota BBJ/BKDI, anggota lembaga Kliring KBI/ICH dan memiliki rekening terpisah (segregated account).

 

GKInvest

Global Kapital Investama Berjangka (GKInvest) adalah satu satu dari sekian banyak pialang resmi yang menyediakan jasa perdagangan emas berjangka.

Selain legal, GKInvest menawarkan biaya transaksi yang paling murah di Indonesia serta beragam fasilitas yang dapat mempermudah transaksi Anda seperti MT4 Booster, VPS dan Signal Trading gratis.

Jika Anda sama sekali belum mengerti tata cara bertransaksi, maka Anda dapat mencoba menggunakan Akun Demo selama 30 hari tanpa perlu menggunakan dana riil.

Dengan cara ini, calon investor memiliki kesempatan untuk belajar dan mengenal perdagangan berjangka tanpa berisiko kehilangan dana. 

Tertarik untuk mencoba? Klik dan daftar untuk mempelajari peluang investasi emas ini sekarang.

GKInvest Banner

 

Jadi, pilih investasi emas fisik atau berjangka? Apakah Anda sudah bisa menjawab dari pertanyaan ini?

Silakan beri komentar Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Emas Fisik – https://goo.gl/XYpXnr

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang