5 Alasan Mengejutkan, Kenapa Investasi Logam Mulia Tidak Selalu Menguntungkan

Kata siapa investasi logam mulia selalu menguntungkan dan tahan akan risiko inflasi? Jangan salah, nyatanya harga emas juga bisa anjlok tiba-tiba layaknya saham tanpa ada yang tahu kapan dan penyebabnya. Walaupun dinilai aman dan cenderung menguntungkan, emas juga memiliki risikonya tersendiri lho. Mari kita lihat 5 alasan mengejutkan kenapa investasi logam mulia tidak selalu menguntungkan seperti yang Anda pikirkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Sulit Diprediksi, Termasuk Logam Mulia

Pergerakan harga emas batangan, sebagai contoh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) sebenarnya dipengaruhi oleh harga emas global bahkan juga tergantung pada nilai tukar dolar AS dan rupiah. Tonny Mariano, Analis PT Esandar Arthamas Berjangka mengungkapkan bahwa harga emas batangan sebelum tahun 2012 memang memiliki kecenderungan untuk stabil dan terus naik. Namun, sejak 2012 kenaikan atau penurunan harga emas sudah sulit diprediksi.

Pasalnya, kesulitan prediksi ini disebabkan oleh ketidakstabilan faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas, seperti nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Selain nilai mata uang, harga emas global juga dapat jatuh saat dolar menguat dan efeknya adalah terseretnya harga emas, termasuk emas bersertifikat Antam.

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download ebook Investasi Emas

 

Awalnya, logam mulia sangat digemari para investor karena daya tariknya yakni kenaikannya yang cukup signifikan dan cenderung stabil. Sayangnya, kini harga logam mulia sudah mulai berfluktuasi sehingga akan lebih sulit diperkirakan pergerakannya. Mau tahu 5 alasan mengapa investasi logam bisa anjlok? Finansialku akan merangkum 5 alasan mengejutkan mengapa investasi logam mulia tidak selalu menguntungkan seperti yang dikatakan banyak orang:

 

#1 Adanya Paper Gold yang Mempengaruhi Logam Mulia

Dalam jual beli emas, terkadang Anda tidak melakukan transaksi dalam bentuk fisik, namun hanya sebatas kertas kontrak jual beli atau biasa disebut paper gold. Misalnya adalah Emas ETF (Exchange Traded Fund) yang diperdagangkan di bursa efek. ETF (Exchange Traded Fund) merupakan kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya dicatat dan diperdagangkan di bursa efek seperti halnya saham. Dengan demikian bisa dikatakan yang Anda beli bukanlah logam mulia secara fisik, tapi hanya paper gold saja.

5 Alasan Mengejutkan, Kenapa Investasi Logam Mulia Tidak Selalu Menguntungkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Awas, Logam Mulia Palsu! Tips Membeli Logam Mulia untuk Pemula]

 

Kabar buruknya adalah harga paper gold dapat mempengaruhi harga emas secara tidak masuk akal. Paper gold dapat memberikan pengaruh positif (harga naik) atau negatif (harga turun). Tetapi jelas saat kondisi pasar memburuk, paper gold dapat menjatuhkan harga emas secara signifikan. Hal ini dapat terjadi meskipun kondisi supply demand emas sedang stabil.

Nah, kini kabar baiknya: hal ini tidak terlalu berpengaruh untuk transaksi jangka pendek. Namun bagi Anda penggemar investasi logam mulia yang berinvestasi secara jangka panjang kondisi ini bisa menjadi salah satu petunjuk untuk beralih ke jenis investasi lainnya.

 

#2 Adanya Pandangan Berbeda akan Inflasi

Sebelum masuk ke topik terkait, satu pertanyaan bagi Anda:

Apakah Anda memprediksi akan terjadi inflasi di masa depan? Ataukah Anda merasa inflasi tidak mungkin terjadi lagi?

 

Jika Anda percaya bahwa akan terjadi inflasi yang cukup parah dalam jangka dekat, maka besar kemungkinan Anda memilih untuk memegang logam mulia ketimbang uang tunai. Memang betul inflasi terjadi salah satunya karena peningkatan persediaan uang yang terkadang dianggap sebagai penyebab meningkatnya harga. Pandangan inilah yang dipegang oleh mayoritas orang, sehingga emas dinilai sebagai solusi investasi yang aman dan tahan terhadap gerusan inflasi.

pilih-investasi-logam-mulia-bersertifikat-atau-emas-lokal-cukim-1-finansialku

[Baca Juga: Pilih Investasi Logam Mulia Bersertifikat atau Emas Lokal (Cukim)?]

 

Namun ternyata ada pandangan berbeda akan inflasi. Berkebalikan dengan kepercayaan banyak orang, kini muncul pandangan bahwa persediaan uang sebenarnya tidak bertambah, namun pemerintah mengatasinya dengan cara mengganti produksi uang dengan quantitative easing (QE).

QE merupakan sebuah kebijakan moneter dimana bank sentral membuat uang elektronik untuk membeli obligasi jangka panjang. Oleh karena itu, diprediksi tidak akan ada yang namanya kelebihan persediaan uang, dan pada akhirnya tidak akan muncul yang namanya inflasi.

Jika pandangan ini mulai dipercayai banyak orang, maka otomatis logam mulia dinilai sama saja dengan jenis investasi lain. Logam mulia menjadi semakin tidak berharga di mata dunia dan harganya tentu akan terus jatuh. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda ingin berubah pandangan?

 

#3 Tidak Adanya Standar Logam Mulia

Sayangnya dalam dunia investasi logam mulia, tidak ada standar jelas untuk logam mulia. Dan diprediksi standar tersebut tidak akan pernah ada bahkan hingga dunia kiamat. Mengapa demikian? Pada dasarnya tidak ada cukup logam mulia di dunia ini yang bisa dijadikan standar harga emas.

Jika ada standar uang bagi logam mulia, maka sama saja logam mulia sudah difungsikan sebagai uang. Pada zaman dahulu emas pernah digunakan sebagai alat tukar, dimana akibatnya tidak banyak uang yang beredar. Lantas, siapa yang bahagia akan keadaan ini?

12-jenis-investasi-emas-dari-logam-mulia-perhiasan-emas-hingga-perdagangan-emas-berjangka-finansialku

[Baca Juga: 12 Jenis Investasi Emas Dari Logam Mulia, Perhiasan Emas Hingga Perdagangan Emas Berjangka]

 

#4 Nilai Logam Mulia Stabil? Itu Hanya Mitos

Jika Anda memiliki kepercayaan bahwa harga logam mulai itu stabil bahkan cenderung naik, maka sayang sekali Anda hanya mempercayai sebuah mitos. Seperti halnya harga pada umumnya, harga logam mulia dipengaruhi oleh kondisi keseimbangan supply-demand-nya.

  • Semakin banyak emas yang beredar, maka emas dinilai mudah dimiliki dan tidak berharga, oleh karena itu nilainya akan turun (high supply, low demand).
  • Berlaku juga sebaliknya, dimana saat banyak permintaan emas, emas akan semakin sulit ditemukan dan menjadi langka, maka nilainya akan naik akibat kelangkaan. (high demand, low supply)

 

Mengapa emas lebih berharga kini daripada perak atau logam lainnya? Awalnya harga emas dan perak cukup bersaing, namun karena kelangkaan yang terjadi, maka kini harga emas sudah mencapai puluhan kali harga perak. Kondisi ini dapat berubah-ubah sesuai dengan keberadaan emas dan permintaannya. Sehingga hanya mitos jika Anda beranggapan bahwa logam mulai stabil atau cenderung naik. Keadaan ini dapat berubah kapan saja lho.

Investasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 7 Manfaat Emas dan Logam Mulia, Selain untuk Berinvestasi]

 

#5 Logam Mulia adalah Komoditas

Terlalu banyak orang yang menganggap emas adalah logam yang sangat berharga, bahkan menjadi raja dari logam lainnya. Hal ini terjadi karena sejak zaman dahulu emas dijadikan sebuah simbol kekayaan dan kekuasaan. Sebagai contoh emas seringkali digunakan oleh pemimpin atau raja pada tahta atau pakaiannya, yang membedakan status mereka dari rakyat jelata.

Tetapi kenyataan pahitnya adalah: sesungguhnya emas hanyalah sebuah logam biasa. Emas berhasil menjadi jenis logam yang memiliki harga cukup tinggi hanya karena supply-nya tidak mampu mengimbangi demand.

 

Kunci dalam Berinvestasi Logam Mulia

Di luar teori-teori yang muncul dalam investasi logam mulia, kunci dalam berinvestasi emas adalah dengan melihat pergerakannya secara rutin untuk memprediksi nilainya. Tidak ada jenis investasi menguntungkan yang stagnan terus menerus, akan ada fluktuasi yang bergejolak setiap saat. Tentu banyak yang ingin mengetahui masa depan logam mulai, misalkan Anda membayangkan 10 tahun lagi harga emas akan naik 10 kali lipat. Semua orang juga menginginkan hal yang sama. Namun nyatanya prediksi tidak pernah sepenuhnya tepat.

Terbaru! BukaLapak Rilis Buka Emas, Tawarkan Investasi Emas Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Terbaru! BukaLapak Rilis Buka Emas, Tawarkan Investasi Emas Online]

 

Untuk dapat memprediksikan harga emas sedekat mungkin, Anda bisa memulainya dengan memantau harga emas dan kondisi pasar. Bagaimana kondisi supply-demand-nya? Berapa kuat nilai tukar rupiah saat ini? Berapa persentase inflasi tahun ini terhadap tahun-tahun sebelumnya? Jika Anda terus memantaunya, maka Anda akan memperoleh gambaran lebih jelas akan kondisi investasi logam mulia.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai alasan mengejutkan kenapa investasi logam mulia tidak selalu menguntungkan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Clem Chambers. 16 April 2013. 5 Facts To Consider Before Buying Or Selling Gold. Forbes.com – https://goo.gl/bsZ1qs
  • Wuwun Nafsiah. 2 November 2015. Harga Emas Batangan Sulit Diprediksi. Kontan.co.id – https://goo.gl/DbYZWe

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Logam Mulia – https://goo.gl/cCBjN4
  • Logam Mulia – https://goo.gl/3Vr8qK

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2017-08-02T15:29:59+00:00July 20th, 2017|Categories: Emas, Investasi|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment