Memiliki investasi di bidang properti tentu akan sangat menjanjikan, tapi masih banyak yang bingung antara investasi rumah vs investasi tanah. Kira-kira lebih untung investasi rumah atau investasi tanah ya?

Kali ini Finansialku akan membahas mengenai investasi rumah vs investasi tanah. Agar lebih jelas, Yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Di Bidang Properti

Indonesia merupakan salah satu negara yang dapat dikatakan sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan di bidang properti, maka dari itu banyak orang yang ingin berinvestasi di bidang properti.

Setiap investasi pasti memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Hal itu tergantung dari pengetahuan dan pengalaman setiap orang dalam melakukan usaha investasinya masing-masing.

Seperti Apa Jual Rumah Lewat Agen Properti Apakah Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Meski Banyak Hambatan Saat Investasi Properti, Tapi Ada Juga Jalan Keluarnya]

 

Jika Anda sudah menetapkan pilihan investasi, pelajari lebih dalam seluk-beluk dari investasi tersebut. Tidak terkecuali dengan investasi di bidang properti.

Ada banyak pilihan investasi properti yang diminati seperti investasi tanah dan investasi rumah.

Investasi rumah atau tanah ini sangat cocok bagi semua kalangan, terutama bagi Anda yang belum memiliki hunian dan ingin mulai berinvestasi properti sejak dini.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah lebih baik memilih investasi rumah atau investasi tanah terlebih dahulu?

 

Perbedaan Investasi Rumah vs Investasi Tanah

Sebelum Anda memilih antara investasi rumah atau tanah, yuk ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya, berikut ini:

 

#1 Investasi Rumah

Berinvestasi dalam bentuk rumah, Anda akan mengeluarkan dana yang lebih besar jika dibandingkan dengan investasi tanah. Hal ini karena harga rumah lebih tinggi daripada harga tanah.

Ada orang yang membeli rumah untuk tempat tinggal dan ada pula yang membeli rumah kedua hanya sebagai investasi masa depan seperti untuk diberikan ke anak cucu.

Anda perlu mengetahui bahwa membeli rumah untuk investasi ini dapat dilakukan dengan dua cara. Kini, ada kebijakan pemerintah dengan mengadakan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Program ini membuat DP rumah hanya diberikan sekitar 10% dengan bunga cicilan flat hanya 5%.

Sudah Yakin Simak Dulu 5+ Kerugian Membeli Rumah Dengan KPR 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Investasi Rumah Kost via KPR? Cek Penjelasannya!]

 

Pertama, dengan membeli rumah yang ingin Anda beli secara tunai, cara ini akan cocok jika Anda telah memiliki uang cash sejumlah harga rumah yang Anda inginkan.

Lebih baik jika uang yang sudah disediakan tersebut adalah dana yang telah dipisahkan dari kebutuhan utama seperti asuransi, dana darurat, tabungan, investasi dan kebutuhan utama lainnya.

Nilai plus lainnya dari investasi rumah ini, yaitu ‘rumah’ relatif mudah untuk dijual dan juga bisa diagunkan ke bank, selain itu, rumah juga dapat disewakan sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Rumah bisa dijadikan hanya sebagai instrumen investasi atau bisa pula ditempati. Untuk kenaikan harga rumah per tahunnya berkisar antara 15-20%.

Namun yang menjadi bahan pertimbangan jika Anda memilih investasi rumah adalah biaya perawatan yang besar.

Biaya perawatan ini dapat terjadi kapan pun seperti cat yang mulai mengelupas, hama rayap, genteng bocor, biaya keamanan dan sebagainya. Jika tidak segera diperbaiki maka harga rumah Anda bisa menurun.

Jangan hanya serta merta membeli rumah atau tanah sebagai bentuk investasi yang hanya bergerak di harga yang sama. Anda harus bisa memberikan nilai tambah agar harganya bisa naik.

Jika pada bangunan rumah Anda bisa memberikan nilai tambah dengan menjadikannya sebagai ruko, café kecil, dikontrakkan, disewa per kamar, studio musik, dan yang lainnya.

 

#2 Investasi Tanah

Membeli tanah tentu lebih murah jika dibandingkan dengan membeli rumah, karena belum ada bangunan yang berdiri di atasnya.

Sebagai gambaran, harga rumah sekitar 20% lebih mahal daripada harga tanah kavling di area dan luas yang sama. Jadi, jika harga tanah di sebuah area adalah Rp10 juta/m2 maka jika sudah ada rumahnya, harganya menjadi Rp12 juta/m2.

Jika Anda hanya memiliki dana terbatas dan belum mampu membeli rumah, tidak ada salahnya jika Anda investasi tanah terlebih dahulu.

Pahami Investasi Tanah Yang Mendatangkan Keuntungan dan Keberhasilan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor WAJIB Tahu Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah]

 

Peluang nilai tambah pada tanah dapat dikatakan lebih kecil. Jika lahan yang Anda miliki cukup luas dan strategis, Anda bisa sewakan lahan tersebut sebagai lahan parkir.

Berinvestasi tanah juga tidak kalah menguntungkannya dengan investasi rumah. Harga tanah bisa meningkat sekitar 20-25% setiap tahunnya.

Maka jika Anda membeli tanah di tahun sekarang, maka harganya akan naik hingga dua kali lipat di lima tahun mendatang.

Namun untuk mendapatkan capital gain yang optimal, Anda harus pandai dalam memilih lokasi tanah yang akan dibeli. Hal ini karena perkembangan harga tanah juga berhubungan dengan perkembangan tata kota.

Jika daerah di sekitar tanah Anda terus mengalami perkembangan dalam segi infrastruktur jalan, dan bangunan lainnya, maka kenaikan gain bisa mencapai 100-200%.

Selain itu, investasi tanah ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan apapun. Namun Anda tetap harus menjaga aset tanah ini, misalnya dengan cara memberi pagar pembatas atau menanami tanah dengan tumbuhan.

Sementara kekurangannya adalah Anda masih memiliki tugas untuk membangun rumah di tanah tersebut. Sayangnya investasi tanah jarang menghasilkan penghasilan tambahan karena jarang ada yang mau menyewa.

Dalam memilih investasi dalam bentuk tanah ini juga, Anda harus pandai memilih kondisi tanah, seperti bentuk tanah, kerataan dan kepadatan tanah, ukuran tanah, dan hadap tanah.

Biasanya patokan tanah ideal adalah lebar tanahnya di kisaran 40% hingga 75%. Tanah ideal itu biasanya berukuran 12×20 m2, 8×18 m2 dan lain sebagainya.

 

Pilihlah Investasi Sesuai Kebutuhan

Setelah membaca penjelasan di atas, mana kira-kira investasi yang lebih menguntungkan bagi Anda? Untuk menjawab pertanyaan ini tentu Anda sendiri yang lebih tahu mana yang lebih menguntungkan bagi Anda.

Dengan melihat berbagai perbandingan di atas, Anda dapat menyesuaikan investasi yang cocok untuk Anda pilih.

Tentunya Anda juga harus menyesuaikannya dengan kondisi finansial dan tujuan dari investasi Anda di masa yang akan datang.

Rumah bisa menjadi solusi bagi Anda untuk memiliki sebuah tempat tinggal. Sementara bila ingin menghindari risiko yang besar, tanah bisa Anda pertimbangkan untuk dimiliki.

Yang terpenting adalah lakukan riset dan pikirkan dengan matang sebelum memilih, agar investasi yang dilakukan dapat memberikan manfaat lebih besar dalam kehidupan Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui risiko dalam investasi properti agar dapat mengantisipasinya terlebih dahulu. Anda bisa mengetahuinya melalui video pada channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Eka Utami. Investasi Tanah atau Rumah: Mana yang Lebih Menguntungkan? Qerja.com – https://bit.ly/2Ld7jDe
  • Admin. Ini Perbandingan Investasi Rumah dan Tanah. Carajadikaya.com- https://bit.ly/2Zqp3E2

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Rumah Vs Investasi Tanah – http://bit.ly/2kagyK0

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang