Hari ini, Rabu (29/01), Kementerian Keuangan resmi buka penawaran Saving Bond Retail Seri 0009 (SBR009) mulai Rp1 juta hingga Rp3 miliar dengan tingkat kupon minimal 6,3 persen.

Sebelum berinvestasi, ada baiknya Anda ketahui beberapa hal dalam artikel Finansialku bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Penawaran Dibuka Hari Ini

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebelumnya telah menetapkan jadwal penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) ritel untuk tahun 2020 di laman resminya, kemenkeu.go.id.

Jadwal penerbitan Surat Berharga Negara tahun ini pertama kali dibuka hari ini, Rabu (29/01) sampai 13 Februari 2020 nanti.

Penawaran yang dibuka untuk investasi ini mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 miliar dengan tingkat kupon mengambang minimal 6,3 persen dan tenor investasi selama 2 tahun, pada 10 Februari 2022.

SBR005 Masih Sepi Peminat, Penjualan di Mitra Tak Jauh dari Target 01 - Finansialku

[Baca Juga: Amankan Dana Anda! Caranya Melalui Investasi SBR009]

 

Pembelian dapat dilakukan pada Mitra Distribusi di antaranya: OCBC NISP, DBS Bank, BAHANA Sekuritas, modalku, Maybank, PaninBank, INVISEE, trimegah, UOB, investree, bareksa.com, CommonwealthBank, BNI, Bank Mandiri, tanamduit, Bank BTN, CIMB Niaga, Permata Bank, HSBC, Mandiri Sekuritas, Bank Danamon, Bank BRI, Danareksa Sekuritas, dan Bank BCA.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan, kemenkeu.go.id, istilah mengambang juga berarti besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali.

Sedangkan kupon minimal diartikan sebagai tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Melansir laman ddtc.co.id, tingkat kupon juga bisa berubah-ubah setiap tiga bulan, mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia, namun tingkat kupon SBR009 ini tidak akan lebih rendah dari 6,30 persen per tahun.

 

Tentang SBR009

Dilansir dari laman Bareksa.com, SBR adalah salah satu alternatif investasi untuk Warga Negara Indonesia yang menawarkan imbalan berupa kupon (bunga).

SBR sendiri merupakan salah satu jenis Surat Berharga Negara (SBN) atau juga yang biasa diketahui banyak orang dengan Surat Utang Negara (SUN). SBR ini diterbitkan oleh pemerintah untuk membiayai anggaran negara.

Menambahi informasi dari laman koinworks.com, SBR juga dapat diketahui sebagai obligasi Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana domestik yang tiidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Tujuan dari penjualan investasi SBR009 sendiri adalah sebagai usaha untuk memperluas basis investor dalam negeri melalui penyediaan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif.

SBR005 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pemerintah Terbitkan 6 Kali, Ini Jadwal SBN Ritel 2020]

 

Selain itu, hasil penerbitan SBR009 ini juga digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran pendapatan dan Belanja Negara (2020) dan mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Dengan kata lain, selain berinvestasi, Anda juga turut berkontribusi untuk kemajuan ekonomi dan pembangunan negeri, lho!

Sesuai dengan istilahnya, SBR punya sifat yang mirip dengan tabungan (saving) atau deposito bank karena tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder.

Hal ini mengartikan bahwa SBR hanya bisa dibeli pada masa penawaran dan disimpan hingga waktu jatuh tempo, kecuali investor memilih fasilitas pencairan awal atau early redemption. Biasanya masa pencairan awal ini bisa diambil setelah setahun berinvestasi.

Dilansir dari laman resmi Kemenkeu, kemenkeu.go.id, fasilitas early redemption ini hanya bisa dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap Mitra Distribusi.

Jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk early redemption sendiri sebesar 50 persen dari total kepemilikan investor.

Karena investasi awal yang sangat rendah, biasanya tenor dari SBR ini tidak akan terlalu panjang, hanya dua tahun saja. Imbalan atau kupon SBR biasanya ditetapkan floating with floor atau mengambang dengan batas minimal seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

 

Keuntungan SBR009

Selain turut berkontribusi dalam membantu keuangan negara, masih ada keuntungan-keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan jika berinvestasi di SBR009.

 

#1 100% Aman

Melakukan investasi di SBR009 tentu sudah terjamin keamanannya, karena pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin seratus persen oleh Pemerintah.

Investasi ini juga mengacu pada dasar hukum yang jelas, yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara.

 

#2 Investasi Awal yang Rendah

Dengan investasi awal yang rendah yaitu Rp1 juta, Anda sudah bisa membeli SBR009. Rendahnya investasi awal juga bisa dimanfaatkan oleh seluruh generasi dalam melakukan investasi yang aman.

 

#3 Kupon yang Ditawarkan Lebih Tinggi

Jika dibandingkan dengan rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN, saat diterbitkan, kupon yang ditawarkan dari investasi SBR009 ini jauh lebih tinggi, lho!

 

#4 Terima Bunga Per Bulan Sampai Jatuh Tempo

Investor dari SBR009 ini, setiap bulannya akan menerima jaminan kupon minimal (floor) atau bunga yang dijanjikan sampai dengan jatuh tempo.

 

Ngomong-ngomong, apakah Anda sudah tahu kesalahan apa saja yang harus dihindari dalam investasi? Yuk, simak video berikut ini:

 

Langkah Membeli SBR009

Untuk Anda yang mulai tertarik untuk membeli SBR009 ini, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini!

 

#1 Registrasi

Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online, disediakan oleh Mitra Distribusi dengan menginput data diri, Nomor SID (Single Investor Identification) atau kode tunggal dan khusus yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan nomor Rekening Surat Berharga.

Untuk Anda yang belum memiliki nomor SID, rekening, dana, dan/atau surat berharga, Anda dapat langsung menghubungi Mitra Distribusi yang terdaftar.

 

#2 Pemesanan

Setelah berhasil melakukan registrasi, Anda dapat langsung melakukan pemesanan SBR009. Jangan lupa untuk membaca ketentuan serta memorandum terlebih dahulu, ya!

 

#3 Pembayaran

Setelah pemesanan berhasil diverifikasi, Anda akan mendapatkan kode pembayaran melalui email atau SMS sesuai dengan kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Investasi Obligasi SBR004 2 Finansialku

[Baca Juga: Ketahuilah Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara Supaya Anda Membawa Keuntungan Maksimal]

 

Kode pembayaran yang Anda dapatkan digunakan untuk melakukan penyetoran dana Investasi melalui Bank persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) atau Pos/Lembaga Persepsi lainnya yang tersedia dalam batas waktu yang ditentukan.

 

#4 Konfirmasi

Ketika pembayaran berhasil, Anda akan memperoleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi bahwa Anda telah berhasil menyelesaikan transaksi bersama dengan alokasi SBR009 pada tanggal setelmen atau penerbitan.

 

Sebelum melakukan investasi, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan para ahli dan profesional melalui aplikasi Finansialku, ya! Karena aplikasi ini sudah diakui dan terdaftar di OJK, sehingga Anda bisa berkonsultasi dengan aman dan nyaman.

 

Jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi ini pada rekan-rekan Anda yang tertarik mendalami dunia investasi, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 29 Januari 2020. SAVINGS BOND RITEL SERI SBR009 MASA PENAWARAN 27 JANUARI 2020 – 13 FEBRUARI 2020. Kemenkeu.go.id – http://bit.ly/2vvoH0M
  • Abdul Malik. 27 Januari 2020. Mulai Ditawarkan, Ini Keuntungan Investasi SBR009 Dibanding Deposito dan Obligasi. Bareksa.com – http://bit.ly/37HqG0k
  • Dian Kurniati. 27 Januari 2020. Pemerintah Tawarkan Investasi SBR009 Mulai Rp1 jutaan Hari Ini, Mau?. News.ddtc.co.id – http://bit.ly/2GxdK0W
  • Hanum Kusuma Dewi. 27 Maret 2019. Ini Perbedaan SBR dengan Surat Berharga Negara Lainnya. Bareksa.com – http://bit.ly/3aOJFry

 

Sumber Gambar:

  • SBR009 – https://bit.ly/313I2ld