Pemerintah akan segera mengeluarkan obligasi ritel yang pertama di bulan ini melalui investasi SBR009. Sudahkah menyiapkan dana investasi?

Simak ulasan Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pemerintah Keluarkan Investasi SBR009

Kementerian Keuangan telah menetapkan jadwal penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) ritel untuk sepanjang tahun 2020 seperti yang di langsir dari Kontan.co.id.

Bagi Anda para investor yang berminat dengan investasi obligasi ritel, tahun ini akan diterbitkan sebanyak 6 kali, dan penerbitan yang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 dengan nama investasi SBR009.

Amankan Dana Anda! Caranya Melalui Investasi SBR009 (1)

[Baca Juga: 5 Tips Menabung Usia 20 an yang Ga Bakal Lupa, Pasti Bisa Nabung, Terbukti 99% Berhasil]

 

Berdasarkan informasi dari Luky Alfirman, selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), penerbitan SBN Ritel tahun ini berkisar Rp40 triliun sampai Rp60 triliun, juga lebih kecil dari target yang dipatok pada tahun 2019 yaitu Rp60 triliun sampai Rp80 triliun.

Hal ini dikarenakan pemerintah hanya mampu mengumpulkan Rp49,89 triliun dari penerbitan SBN Ritel sepanjang tahun 2019 silam.

Investasi  ini disebut-sebut cocok bagi para generasi milenial karena investasi SBR009 ini menawarkan kupon minimal yang tidak berubah hingga jatuh tempo.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai investasi SBR009, apakah Anda sudah tahu cara merencanakan keuangan Anda sesuai usia? Download E-Book Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini:

 

Tujuan Penerbitan Investasi SBR009

Tujuan dari penjualan investasi SBR009 ini adalah untuk memperluas basis investor dalam negeri melalui penyediaan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif.

Selain itu, hasil penerbitan SBR009 ini digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020. 

 

Keuntungan Investasi SBR009

Di langsir dari Pengadaan.we.id, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui investasi SBR009, antara lain sebagai berikut:

  1. Investasi di Surat Berharga Negara sangat aman, karena pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin 100% oleh Pemerintah. Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara

  2. Salah satu kelebihan yang menarik untuk para milenial, SBR009 adalah instrumen investasi surat berharga negara yang bisa dibeli mulai Rp1 juta

  3. Pada saat diterbitkan (Pasar Perdana), kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN

  4. Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) yang dibayarkan setiap bulan sampai dengan jatuh tempo

  5. SBR009 merupakan instrumen investasi yang tidak bisa diperdagangkan sewaktu waktu. Namun pembeli tak perlu khawatir karena jalan keluar berupa early redemption, tanpa dikenakan redemption cost

  6. Dapat dipinjamkan atau di jamin oleh pihak lainnya, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi Efek. Kebijakan meminjam atau penjaminan SBR009 mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak
  7. Real Time Pemesanan SBR009 akan langsung tersimpan di sistem Kementerian Keuangan dan mendapatkan kuota pemesanan

Amankan Dana Anda! Caranya Melalui Investasi SBR009 (2)

[Baca Juga: Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil!]

 

Setelah mengetahui keuntungan dari investasi SBR009, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis investasi lainnya yang bisa jadi pilihan investasi Anda. Unduh secara gratis E-Book Panduan Berinvestasi dari Finansiaku berikut ini:

 

Cara Pembelian Investasi SBR009

Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Layanan Mitra Distribusi (MiDis) dengan sistem online yang merupakan sebuah portal investasi Surat Berharga Negara (SBR) online.

Bagi para calon investor dapat melakukan pemesanan Surat Berharga Negara (SBR) secara online melalui kantor MiDis untuk melakukan registrasi.

Lakukan 4 tahap pembelian pembelian investasi SBR009 melalui prosedur berikut ini:

  • Lakukan registrasi atau pendaftaran dengan sistem online melalui MiDis.
  • Baca ketentuan dalam Memorandum Informasi sebelum melakukan pemesanan investasi SBR009.
  • Verified order akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) via sistem elektronik MiDis atau email kepada investor. Billing code digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.
  • Dapatkan bukti konfirmasi kepemilikan SBR009 via sistem elektronik MiDis melalui email yang terdaftar.

 

Mitra Distribusi (MiDis) akan menyampaikan pemesanan pembelian SBR009 melalui sistem ekonomi dengan sistem e-SBN.

 

Jadwal Penerbitan SBN Ritel Tahun 2020

Selain investasi SBR009 di bulan Januari 2020, para investor yang mengejar keuntungan melalui investasi obligasi ritel juga dapat menyiapkan diri untuk berinvestasi  melalui investasi obligasi lainnya yang telah dijadwalkan oleh pemerintah:

  • 27 Januari 2020: SBR009

  • 24 Februari 2020: SR012

  • 23 Juni 2020: SBR010

  • 28 Agustus 2020: ST007

  • 1 Oktober 2020: ORI017

  • 26 Oktober 2020: ST008

 

Namun, apakah tahun ini investasi obligasi ritel hanya sebatas 6 kali seperti jadwal di atas?

Menurut pernyataan Luky Alfirman, selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), pemerintah masih dapat menambah penerbitan SBN ritel di tahun ini di luar jadwal yang sudah ditetapkan.

 

Investasi SBR009 Sesuai Kebutuhan & Tujuan Keuangan

Persiapkan investasi dan dana Anda sesuai dengan kebutuhan investasi dan tujuan keuangan Anda. Gunakan Aplikasi Finansialku untuk memudahkan Anda melakukan pencatatan investasi dan mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Nikmati fasilitas tanya jawab langsung dengan Konsultan Perencana Keuangan bersertifikat dari Finansialku dengan berlangganan Aplikasi Finansialku Mode PREMIUM. Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk harga berlangganan ekonomis.

 

Sudah siap untuk melakukan menjadi investor melalui investasi SBR009? Finansialku juga deo yang tidak kalah menarik yaitu 5 Tips Membiasakan Diri dalam Berinvestasi !! Coba Dulu, Rasakan Manfaatnya, DIJAMIN GA NYESEL!! Anda bisa tonton di bawah ini.

 

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan atau teman yang membutuhkan informasi mengenai investasi SBR009.

Gunakan fasilitas chatting dengan Konsultan Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda dengan setiap solusi jitu agar Anda dapat keluar dari masalah keuangan yang menghantui Anda!

 

Sumber Referensi:

  • BCA. Sukuk Negara Ritel Seri SR 009. Bca.co.id – https://bit.ly/37UqgTL
  • Kemenkeu. Saving Bond Ritel. Kemenkeu.go.id – https://bit.ly/2NvCxXh
  • Grace Olivia. 7 Januari 2020. Pemerintah akan terbitkan SBN ritel enam kali tahun ini, simak jadwalnya. Kontan.co.id – https://bit.ly/2QIaS7n
  • Admin. 7 Januari 2020. SBR009 Terbit 27 Januari 2020. Pengadaan.web.id – https://bit.ly/2FFwHxX

 

Sumber Gambar:

  • Investasi (1) – https://bit.ly/2uV1TXT
  • Investasi (2) – https://bit.ly/371AT7r