Apakah ada investasi terbaik dan investasi paling aman untuk pemula? Coba bayangkan, jika Anda seorang yang baru mau melakukan investasi, investasi apakah yang akan Anda pilih? Banyak sekali orang yang baru belajar investasi, bingung untuk menjawab pertanyaan ini. Hal ini pula yang membuat banyak orang sulit untuk memulai investasi. Pada rubrik kali ini kita akan membahas hal tersebut, “apakah ada investasi terbaik dan paling aman untuk pemula?”

 

Rubrik Finansialku

rubrik-ask-the-financial-planner

 

Investasi Untuk Pemula

Seperti yang sudah kita ketahui, investasi adalah salah satu hal yang penting dan harus dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan. Mengapa demikian? Karena hanya dengan menabung, tingkat pengembaliannya atau bunga tabungannya tidak akan dapat mengalahkan tingkat inflasi yang ada, sehingga setiap tahunnya kita perlu menabung lebih besar lagi untuk mencapai tujuan keuangan.

Dengan berinvestasi, Anda dapat memperoleh tingkat pengembalian investasi diatas tingkat inflasi yang ada. Investasi merupakan salah satu langkah strategis untuk mencapai tujuan keuangan Anda di masa depan. Bagi seorang pemula, sangat sulit untuk menemukan instrumen investasi mana yang cocok bagi mereka. Pemula biasanya memiliki ketakutan atau keraguan bahwa mereka akan mengalami kerugian dan kehilangan uang mereka saat berinvestasi.

Konsultasi Apakah Ada Investasi Terbaik dan Investasi Paling Aman untuk Pemula 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim]

 

Salah satu teman kami bertanya melalui Facebook Finansialku mengenai investasi terbaik dan investasi paling aman:

 

Pertanyaan: Selamat sore Finansialku. Saya ingin sekali mendapatkan pencerahan tentang investasi. Jujur, saya adalah orang yang belum sama sekali mengetahui tentang investasi alias sebagai pemula. Apakah ada investasi terbaik dan investasi paling aman untuk saya? Mohon jawabannya. Terima kasih banyak Finansialku.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan silakan like Facebook Finansialku dan kirimkan pertanyaan Anda.

 

Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja instrument investasi. Di bawah ini beberapa instrumen investasi yang sebenarnya dapat dipilih oleh para pemula.

 

#1 Emas

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang relatif cukup aman untuk dilakukan. Emas juga adalah salah satu investasi yang dirasakan memiliki keuntungan sedikit diatas inflasi yang membuat orang cukup tertarik dengan nilainya yang stabil. Oleh karena itu, investasi emas menjadi salah satu pilihan investasi yang cukup menarik.

Tetapi seperti investasi lainnya, investasi emas juga memiliki risiko. Nilai beli atau jual emas dapat mengalami penurunan, meskipun tidak se-fluktuatif instrumen investasi yang lain. Anda yang berinvestasi emas juga memiliki risiko kehilangan dan rentan akan penipuan tentang kadar kemurniannya.

Download E-Book Panduan Investasi Emas Untuk Pemula (GRATIS)

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

#2 Reksa Dana

Reksa Dana adalah wadah dimana masyarakat mengumpulkan dananya untuk dikelola oleh manajer investasi ke dalam suatu portofolio investasi. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, cukup banyak pemula yang disarankan untuk memulai investasi di reksa dana karena tingkat pengembalian investasinya yang baik dan tingkat risiko yang cukup rendah, karena dana masyarakat tersebut dikelola ke beberapa portofolio investasi. Setiap investasi, termasuk reksa dana juga memiliki risiko, yaitu kemungkinan adanya penurunan nilai reksa dana.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

 

#3 Saham

Investasi saham tergolong investasi yang dapat memberikan keuntungan yang relatif lebih tinggi daripada investasi lainnya. Tetapi tentu saja risikonya juga seimbang dengan tingkat pengembalian hasil investasinya. Investasi saham berarti Anda menanamkan uang Anda dengan membeli saham perusahaan tertentu.

Tentu saja ada kemungkinan nilai saham tersebut dapat jatuh atau perusahaan dimana Anda menanamkan uang Anda mengalami kebangkrutan. Seperti yang mungkin sudah Anda pernah dengar, low risk low expected gain dan high risk high expected gain.

 

#4 Waralaba (Franchise)

Ini adalah salah satu investasi yang banyak juga dilakukan oleh para pemula. Mereka menginvestasikan uang mereka untuk membuka usaha atau membeli franchise. Jika usaha mereka berjalan dengan baik, bukan hanya mereka akan mendapatkan penghasilan setiap bulannya (cashflow), tetapi nilai usaha atau aset mereka juga akan meningkat seiring berjalannya waktu. Tetapi risikonya pun besar, karena jika tidak berjalan dengan baik, modal yang sudah digunakan untuk usaha, dapat habis begitu saja.

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi?]

 

Apakah Ada Investasi Terbaik dan Investasi Paling Aman untuk Pemula?

Seperti yang sudah kita ketahui, bagi seorang pemula, sangat sulit untuk menemukan instrumen investasi mana yang cocok bagi mereka, karena biasanya mereka memiliki ketakutan atau keraguan bahwa mereka akan mengalami kerugian dan kehilangan uang mereka saat berinvestasi. Tetapi jika Anda melihat beberapa instrumen investasi yang dapat menjadi pilihan bagi pemula, setiap investasi memiliki risikonya masing-masing.

 

Tidak ada investasi yang tidak memiliki risiko. Click to Tweet

 

Jadi bisa dikatakan, tidak ada satu instrumen investasi yang dapat dikatakan paling aman, karena tingkat keamanan seseorang berbeda-beda tergantung tipe investor seperti apa orang tersebut, bahkan untuk seorang pemula sekali pun. Mungkin bagi si A, reksa dana adalah investasi yang paling aman untuk dia, tetapi bagi si B, emas adalah investasi yang paling aman, atau untuk si C berbisnis atau membuka usaha adalah investasi yang paling aman untuknya.

Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar]

 

Dan seperti yang sudah saya katakan, bahwa tingkat pengembalian investasi selalu diikuti dengan risiko yang ada. Besarnya risiko biasanya berbanding lurus dengan tingkat pengembaliannya. Oleh karena itu, tidak ada juga satu instrumen investasi yang terbaik untuk semua orang yang baru ingin belajar berinvestasi.

 

Investasi Terbaik = sesuai kebutuhan untuk mencapai tujuan keuangan Click to Tweet

 

Oleh karena itu, ketika Anda ingin berinvestasi, ada beberapa hal yang lebih penting yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Tentukan tujuan keuangan Anda ketika Anda berinvestasi, apakah untuk dana darurat, dana hari tua, dana pendidikan anak, dan lain sebagainya, sehingga Anda mengetahui seberapa besar tingkat pengembalian yang Anda inginkan ketika berinvestasi dan berapa jangka waktu investasinya.
  2. Pilih satu instrumen investasi terlebih dahulu dan gunakan mekanisme cost averaging dalam berinvestasi (berinvestasi bulanan seperti menabung, bukan dengan jual beli).
  3. Pengalaman dalam berinvestasi adalah hal yang dibutuhkan seorang pemula, bukan keuntungan yang besar. Jadi Anda dapat memulai berinvestasi sambil mempelajari lebih dalam tentang investasi yang ada, bukan menunda berinvestasi karena merasa belum ahli.

 

Pengalaman Adalah Guru Terbaik

Jika Anda adalah seorang pemula, jangan mencari investasi yang terbaik dan paling aman, tetapi mulailah berinvestasi dengan jumlah yang lebih kecil. Berinvestasilah seperti menabung, sehingga Anda dapat merasakan keuntungannya terlebih dahulu, walau mungkin tidak sebesar orang yang sudah lama berinvestasi dan lebih mahir dibandingkan Anda. Dengan mulai berinvestasi, Anda akan mendapatkan pengalamannya. Pengalaman tersebut akan menjadi guru yang terbaik bagi Anda. Selamat berinvestasi.

 

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda? Jika informasi ini bermanfaat bagi Anda, begitu pula bagi orang lain. Bagikan kepada teman-teman atau rekan Anda yang juga baru ingin memulai berinvestasi.

 

Sumber Gambar:

  • Business People – https://goo.gl/1jsMtT
  • Rupiah – https://goo.gl/zQSKdb

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com