Apakah Anda ingin menjadi seorang investor properti sukses? Lakukan 7 tips berikut ini dan buktikan bahwa kesuksesan Anda sudah ada dalam genggaman Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pesan Berharga untuk Anda – Investor Sukses

“Realize that whatever your job or work is, you also need to be an investor. You must wake up in the morning telling yourself, “I’m an investor. I’m building financial health. Today is the day I could find an opportunity and make a deal.”

 

Sadarilah bahwa apapun pekerjaan Anda, Anda juga perlu menjadi investor. Anda harus bangun di pagi hari mengatakan pada diri sendiri, “Saya seorang investor. Saya membangun kesehatan keuangan. Hari ini adalah hari dimana saya dapat menemukan peluang dan membuat kesepakatan.”

Kutipan diatas dibuat oleh Gary Keller, seorang entrepreneur dan pendiri Keller Williams Realty International, sebuah perusahaan real estate terbesar dunia.

Ada 7 Tips Jitu Menjadi Investor Properti Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kredit Rumah: Kalkulator KPR, Contoh Produk dan Cara Cepat Lunasi KPR]

 

7 Tips Menjadi Investor Properti Sukses

Investasi properti bisa mendatangkan keuntungan asalkan paham soal strategi dalam menjalankannya.

Nah, seringkali investor yang terjun dalam sektor ini hanya sekadar ikut-ikutan saja karena melihat keuntungan dari investasi ini sangat menggiurkan.

Setiap orang memiliki pengalaman masing-masing dalam menjalankan bisnis properti. Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda mampu meraih kesuksesan melalui bisnis properti Anda dan lakukan 7 tips sukses berikut ini.

 

#1 Lakukan Berdasarkan Penglihatan Anda, Bukan Berdasarkan Asumsi

Asumsi seringkali mengarah kepada suatu kesalahan, entah itu asumsi broker, developer, penjual atau asumsi lainnya. Asumsi perlu ada pembuktian. Perlu dibuktikan kebenarannya di depan mata dan kepala kita sendiri.

Asumsi berasal dari kata ”assume” yang berarti mengira, menganggap atau mengharap. Semua pengertian itu bermakna tidak pasti. Tahukah Anda bahwa jika Anda sebagai investor, Anda harus memiliki keyakinan yang tinggi terhadap semua aset investasi Anda.

Pernah Coba Simulasi KPR dengan Kalkulator KPR - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pernah Coba Simulasi KPR dengan Kalkulator KPR ?]

 

Robert T. Kiyosaki pernah bercanda mengenai kata ASSUME.

Ia membagi kata tersebut demikian: ASS—U—ME

Tentu saja pengertian dari kalimat tersebut memiliki arti yang tidak baik.

Jika Anda sebagai investor mengandalkan jurus asumsi, maka sama saja Anda adalah seorang spekulan. Anda bisa membuktikannya!

 

#2 Tentukan Target (Rencana Bisnis)

Setiap investor dituntut untuk memiliki perencanaan bisnis yang baik. Bagi Anda para investor pemula, rencanakan target Anda untuk jangka waktu tertentu.

Misalnya, Anda memiliki target untuk mendapatkan aset hot deal senilai Rp500 juta pada tahun pertama. Sesuaikan target tersebut dengan kemampuan Anda membayar cicilan. Setelah itu, pada tahun kedua, tingkatkan menjadi Rp1 miliar, dan berikut seterusnya.

Konsultasi Apakah Ada Investasi Terbaik dan Investasi Paling Aman untuk Pemula 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apakah Ada Investasi Terbaik dan Investasi Paling Aman untuk Pemula?]

 

Anda dapat menggunakan cara berikut ini dalam usaha untuk merealisasikan tujuan Anda.

Misalnya, Anda memiliki target Rp10 miliar dalam jangka waktu 10 tahun. Tuliskan target tersebut dan tempel di tempat-tempat yang selalu terlihat jelas ketika kita ada di rumah atau di kantor.

Cara tersebut akan memicu semangat dan mengingatkan kita untuk selalu fokus pada tujuan kita.

 

#3 Buat Manajemen Waktu yang Baik

Apakah Anda salah satunya yang terseret dengan budaya ngaret? Hampir semua orang Indonesia pernah terlambat dan terkena dampaknya.

Sebagai seorang investor properti sukses, Anda harus mampu membagi waktu, kapan Anda harus berhubungan dengan bank, kapan mencari aset baru, kapan mengelola aset dan lain sebagainya.

Pengalaman para investor mengatakan bahwa, jika Anda sudah mendapatkan satu transaksi, mencari aset baru akan menjadi petualangan yang mengasyikkan. Intinya, jangan sampai lupa waktu!

 

#4 Lakukan Manajemen Keuangan/Biaya dengan Ketat

Banyak investor properti sukses yang mendapatkan hot deal, namun juga banyak di antara mereka yang kemudian menyesal tanpa akhir. Utang menumpuk, kredit macet dan aset pun lenyap.

Tahukah Anda penyebab utamanya?

Penyebab utamanya adalah buruknya manajemen keuangan.

Bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan dari kita tidak memiliki manajemen keuangan yang baik, khususnya manajemen keuangan pribadi dan keluarga. Jika Anda mau menjadi investor properti sukses, kondisi itu harus dibenahi.

Investor Properti Harus Tahu 7 Strategi Transaksi Tanpa Modal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Properti Harus Tahu 7 Strategi Transaksi Tanpa Modal]

 

Misalnya, jika Anda mendapatkan cash back dan cash flow positif, maka Anda harus mengatur itu semua untuk kebutuhan sesuai prioritas. Utamakan pelunasan biaya-biaya transaksi (mungkin Anda mendapatkan pinjaman dari KTA atau kartu kredit), pembayaran cicilan dan sebagainya.

Jangan gunakan uang tersebut untuk bersenang-senang atau kebutuhan konsumtif!

 

#5 Lakukan Manajemen Modal dengan Bijaksana

Karena kadang Anda mendapatkan cash back (idealnya setiap transaksi memberikan cash back), pengelolaan uang lebih ini harus dilakukan dengan bijaksana.

Jika Anda mampu untuk memanfaatkannya untuk modal lagi (misalnya untuk down payment transaksi berikutnya atau untuk diputar di bisnis), Anda akan menjadi investor yang sukses. Namun, kalau digunakan untuk hal lain yang tidak ada kaitannya dengan investasi, hasilnya jelas akan berbeda.

 

#6 Gunakan Logika, Bukan Emosi

Dalam bertransaksi properti, Anda sebaiknya tidak melibatkan emosi. Anda harus dengan teliti menghitung cashflow, cash back, cicilan per bulan dan lain sebagainya.

Kalau emosi mulai ambil alih, rasa suka terhadap properti akan menjadi dominan. Akibatnya, uang tidak menjadi pertimbangan. Padahal, investor harus sesedikit mungkin mengeluarkan uang untuk mendapatkan sebanyak mungkin keuntungan.

Warren Buffet pernah mengatakan bahwa seorang investor tidak boleh kehilangan uang sepeser pun.

Para Investor Properti, Ketahuilah 6 Sumber Dana Ini! Gunakan Seoptimal Mungkin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor Properti, Ketahuilah 6 Sumber Dana Ini! Gunakan Seoptimal Mungkin]

 

#7 Mulailah Sekarang

Berhentilah berpikir dan mempertimbankan banyak hal. Orang “pintar” biasanya terlalu banyak pertimbangan dan analisis sehingga sulit memulai.

Segeralah menjalani prosesnya dan yakinlah bahwa Anda adalah investor properti sukses.

 

Belajar dari Investor Properti Sukses

Belajar dari seorang ahli selalu lebih cepat dan lebih murah daripada belajar dari pengalaman Anda sendiri. Untuk itu, investasikan uang dan waktu Anda untuk berguru pada pakar properti. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah strategi Anda sudah tepat atau belum.

Oleh sebab itu, jika Anda serius ingin memiliki portofolio properti yang luar biasa, pastikan Anda dikelilingi tim yang andal seperti akuntan, perencana keuangan, pengamat properti, developer, kontraktor dan bahkan agen properti. Jangan lupa juga untuk menjaga hubungan pertemanan  Anda dengan pihak bank.

 

Sudahkah Anda melakukan tips di atas untuk menjadi investor properti sukses?

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom di bawah ini mengenai pengalaman Anda menjadi seorang investor. Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Joe Hartanto. September 2009. Property Machine Cash. Jakarta: PT Gramedia.
  • Admin. 28 Desember 2016. 5 TIPS MENJADI INVESTOR PROPERTI YANG SUKSES!. 99.co – https://goo.gl/ezmsfd
  • Admin. 25 Juni 2015. 7 Modal Sukses Menjadi Investor Properti. Blogurbanidno.com – https://goo.gl/6XdH9G

 

Sumber Gambar:

  • Investor Properti – https://goo.gl/n6dYrS
  • Investor Properti Sukses – https://goo.gl/uRS2az

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang