Anda berniat menjual properti? Apakah Anda ingin menjualnya dengan usaha sendiri atau meminta bantuan jasa properti?

Sebelum mengambil langkah, sebaiknya perhatikan dulu plus minus menggunakan jasa properti. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perlukah Menggunakan Jasa Properti?

Ketika Anda berniat menyewakan atau menjual properti yang Anda miliki, kira-kira apa cara yang Anda pikirkan? Berusaha sendiri untuk menawarkannya ke orang lain? Atau cari alternatif menggunakan jasa properti?

Sebenarnya langkah apapun yang Anda ambil tidak ada yang salah, tapi lebih baik gali informasi selengkap mungkin, terlebih jika Anda sebelumnya tidak ada pengalaman soal menjual properti.

Kira-kira, perlukah Anda menggunakan jasa ini? Jawabannya ‘tergantung’. Dalam arti, tergantung berapa lama waktu yang Anda sediakan untuk menyewakan atau menjual properti.

Selain itu, patokan harga serta beberapa faktor lainnya bisa mempengaruhi perlu atau tidaknya Anda menggunakan jasa properti.

Sehingga, beberapa diantara mereka yang berniat menjual properti memang memilih untuk meminta bantuan agen properti supaya lebih simple.

Milenial Gaji UMR Beli Properti Bisa, Gini Lho Caranya! - Finansialku

[Baca Juga: Milenial Gaji UMR Beli Properti? Bisa, Gini Lho Caranya!]

 

Jasa properti kian menjamur, Anda pun tidak akan sulit untuk mendapatkannya. Tapi, inilah yang harus diwaspadai karena Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan ketika menggunakan jasa properti.

 

Inilah Keuntungan Menggunakan Jasa Properti

Tertarik menggunakan agen properti? Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika bertemu dengan agen yang kredibel dan terpercaya. Apa saja untungnya? Berikut penjelasannya!

 

#1 Hemat Waktu dan Energi

Melansir laman jendela360.com (Kamis, 11/7/2019), jika dibandingkan dengan mengandalkan usaha sendiri, sepak terjang jasa properti memang lebih efektif sehingga menghemat waktu dan energi.

Tidak mudah lho menemukan pembeli atau penyewa yang potensial. So, dengan jasa properti semuanya akan diurus oleh mereka dan Anda hanya tinggal menunggu hasilnya.

 

#2 Tidak Perlu Negosiasi

Namanya sistem jual beli, pasti ada tawar menawar alias negosiasi. Termasuk jika Anda menjual properti.

Bagi sebagian orang yang tidak terbiasa dan berpengalaman dalam proses negosiasi ini, pasti lebih memilih untuk menyerahkan ke pihak lain yaitu agen properti.

Jasa properti yang baik akan bernegosiasi atas nama Anda, yang bisa memaksimalkan profit Anda. Lagi pula, menggunakan agen properti akan mendorong pembeli potensial.

 

#3 Lebih Terencana

Terkadang karena kita kurang memahami tentang kondisi pasar properti, seringkali terjebak saat akan menyewakan atau menjual properti. Supaya tidak jadi merugi, biasanya jasa properti lebih mengetahui kondisi pasar properti terkini.

Jasa ini bisa tahu pasar yang berkembang, bagaimana menetapkan harga yang tepat, dan cara terbaik mengiklankan properti Anda sehingga segala sesuatunya lebih terencana.

Tips Mudah Berbisnis Properti Untuk Pemula 1 Finansialku

[Baca Juga: Selamatkan Properti Anda! Ini Panduan Terlengkap Tentang Asuransi Banjir]

 

Itulah beberapa kelebihan atau keuntungan jika Anda akan meminta bantuan jasa properti. Mungkin cukup menggiurkan ya, karena Anda tidak perlu ribet untuk mempersiapkan ini itu yang diperlukan.

Tapi jangan gegabah, karena banyaknya jasa properti saat ini maka Anda harus selektif dalam memilih. Nantinya bukan untung malah buntung.

 

Waspada, Kekurangan Menggunakan Jasa Properti

Seperti dua sisi mata uang, ada kelebihan ada juga kekurangannya. Jika Anda mendapatkan jasa properti yang terpercaya mungkin tidak akan mengalami hal-hal ini.

Itulah sebabnya penting untuk selektif dan waspada dalam memilih jasa properti. Bila Anda merasa tidak nyaman dengan agen tertentu, segera beralih ke agen yang lain.

 

#1 Membayar Komisi

Salah satu pengorbanan yang harus dilakukan sebagai timbal balik kepada jasa properti adalah membayar komisi.

So, jangan kaget karena komisi tersebut bisa mencapai 6 persen dari harga jual properti Anda. Nilai 6 persen ini dari harga jual total, bukan dari keuntungan yang Anda dapat dari penjualan.

Alternatifnya, Anda bisa kurangi komisi dengan menggunakan jasa agen yang murah, tapi tentu Anda lebih berisiko kehilangan kesempatan untuk menikmati keuntungan yang telah disebutkan di atas.

 

#2 Terikat Kesepakatan

Ruang gerak Anda akan lebih terbatas ketika melibatkan jasa properti dalam proses penjualan. Sehingga Anda tidak bisa leluasa menjual properti kepada orang lain.

Definisi Lessor dan Lessee 02 Properti Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Tips Investasi Properti Ala Soetjipto Nagaria, Pendiri Summarecon]

 

Hal ini bisa saja jadi hambatan terlebih jika Anda sebagai pemilik properti ingin cepat menjual properti. Meski begitu, pemilik properti bisa mengajukan perjanjian dengan agen bahwa masing-masing bisa mencari calon pembeli.

Kendati demikian, ada juga pemilik yang ingin bebas dari kesepakatan bersama satu agen saja agar propertinya cepat laku. Maka, sebagai pemilik Anda harus mengetahui bahwa kesepakatan penjualan properti dengan agen masih bisa dinegosiasikan.

 

#3 Kesibukan Jasa Properti Mempengaruhi Performanya

Selain Anda, jasa properti mungkin punya klien lainnya sehingga bisa jadi properti Anda tidak memperoleh perhatian yang seharusnya.

Carilah jasa properti yang profesional, karena semakin sibuk agen, semakin mungkin Anda mengalami frustrasi karena sulit dihubungi atau kendala lainnya.

Jasa properti adalah sales yang bagus, mereka paham caranya “mempromosikan” diri sehingga Anda bisa saja tergiur dengan mudah untuk mengiyakan jasanya.

Maka dari itu, kumpulkan banyak informasi agar dapat meminimalisasi pengalaman buruk karena memilih agen yang salah.

 

Memilih Jasa Properti Bersertifikasi

Jasa properti bisa dibilang bisnis yang bisa meraup keuntungannya cukup besar. Maka jangan heran kalau bisnis ini semakin banyak diminati.

Salah satu cara memilih agen properti yang terpercaya adalah dengan memilih agen atau broker yang telah bersertifikat.

Memiliki sertifikat/lisensi, maka agen properti dianggap sudah memiliki kemampuan menjalankan pekerjaan sebagai broker.

Tips Mudah Berbisnis Properti Untuk Pemula 3 Finansialku

[Baca Juga: Para Investor Properti Wajib Memahami Jenis Pajak Properti]

 

Tak dipungkiri, masih banyak agen properti yang belum memilikinya karena kurang tahu bagaimana cara mendapatkan sertifikat ini.

Aturan jasa properti memiliki sertifikasi sangat penting karena Indonesia telah memberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sehingga broker properti asing akan mudah masuk ke Indonesia dan persaingan antar broker pun akan semakin ketat.

Bersikap hati-hati dan waspada adalah hal yang harus Anda lakukan. Jangan sampai properti yang awalnya akan disewakan atau dijual malah hilang begitu saja tanpa bekas.

Sedikit referensi, ada beberapa perusahaan properti ternama di Indonesia, yang sudah masuk sebagai daftar perusahaan properti berkelas. Apa saja itu? Berikut rinciannya:

 

#1 PT Alam Sutera Realty Tbk.

Perusahaan ini sudah terkenal sebagai pengembang pembangunan seperti beberapa bangunan yang berhasil diselesaikannya, sebut saja Alam Sutera, Alam Sutera Office Tower dan juga Silkwood Residences.

Perusahaan yang ada di Serpong, Tangerang ini semakin dikenal berkat kinerja baiknya yang bisa diandalkan. Bahkan perusahaan Alam Sutera terkenal setelah tol Alam Sutera pada km 15 tol Jakarta-Perak dibuka.

 

#2 PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR)

Berada di urutan kedua, PT Lippo Karawaci Tbk. adalah perusahaan ternama yang juga berhasil melakukan usaha terintegrasi yaitu diversifikasi berupa hunian, kota mandiri, apartemen, hotel, rumah sakit, mall bahkan hingga kawasan industri.

Perusahaan dengan jumlah nilai aset mencapai Rp57,63 triliun sampai dengan kuartal pertama di tahun 2018 ini terus mengalami peningkatan, terhitung dari tahun 2017 dengan jumlahnya yang mampu mencapai hingga Rp56,77 triliun.

 

#3 PT Bumi Serpong Damai Tbk.

Perusahaan properti ini merupakan perusahaan real estate yang mencakup kawasan komersial, industri, perumahan, fasilitas umum hingga lapangan golf.

Melalui pembangunan gedung inilah yang menjadikan perusahaan ternama ini mulai dikenal oleh para masyarakat sebagai perusahaan pengembang kelas kakap.

 

#4 PT Ciputra Development Tbk.

Perusahaan pengembang ini didirikan oleh Begawan properti Ciputra dengan total aset mencapai Rp32,29 triliun.

Proyek andalan dari PT Ciputra seperti superblok Citra Plaza Nagoya yang ada di Batam serta Citra Maja Raya sebagai rumah murah dengan luas 2.600 hektar yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten.

 

#5 PT Agung Podomoro Land Tbk.

Proyek yang saat ini sedang dipasarkan oleh PT Agung Podomoro Land Tbk. adalah Podomoro Park dengan luas mencapai 100 hektar yang berada di Bandung Selatan.

Kesuksesan dari proyek yang digarapnya menjadikan perusahaan pengembang ini masuk sebagai perusahaan nomor 5 diantara deretan properti terbesar di Indonesia.

 

Selektif dalam Memilih

Properti adalah aset yang Anda miliki, maka ketika ada niat untuk menyewakan atau menjualnya haruslah selektif dalam memilih langkah yang tepat.

Tidak ada salahnya berusaha sendiri menawarkan kepada calon pembeli, tapi jika terlalu berisiko lebih baik meminta bantuan jasa properti.

Nantinya setelah properti Anda berhasil terjual, jangan salah langkah dalam menggunakan uangnya ya. Lakukanlah perencanaan keuangan Anda agar uang tersebut terarah penggunaannya.

Tidak perlu khawatir, Anda dapat manfaatkan aplikasi Finansialku supaya finansial Anda lebih terencana dengan baik.

Download sekarang di Google Play Store atau lakukan registrasi di komputer Anda.

 

Kini Anda tahu apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa properti dalam berjual beli properti.  Jika Anda memiliki pengalaman dengan jasa properti, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar.

Jangan lupa untuk menjadi teman yang baik bagi rekan Anda dengan membagikan artikel bermanfaat ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ismawati. 13 Juli 2018. Plus Minus Menggunakan Jasa Agen Properti. Jendela360.com- https://bit.ly/2G787H0

 

Sumber Gambar:

  • Jasa Properti 01 – http://bit.ly/2SLYFh8

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG