Pernah mengunjungi mall Summarecon di Bekasi dan beberapa real estate di daerah Kepala Gading? Soetjipto Nagaria-lah pendirinya. Inilah tips Investasi Properti Ala Soetjipto Nagaria!

Mau tahu kisah sukses Soetjipto Nagaria?

Simak pembahasannya melalui artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tips Sukses Investasi Properti Soetjipto Nagaria

Perusahaan properti Summarecon memang tidak bisa dipandang sebelah mata, terutama dalam bisnis properti yang patut diacungi jempol. 

Dialah Soetjipto Nagaria, pendiri raksasa properti Summarecon yang menurut majalah Globe Asia dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia ke-111 dengan total kekayaan mencapai US$305 juta atau setara dengan Rp4,4 triliun.

Dengan jumlah kekayaan sebesar itu, ternyata kekayaannya tersebut sempat mengalami penurunan satu tahun sebelumnya, yang mencapai angka US$310 juta atau setara dengan Rp4,5 triliun.

Jika Anda ingin melihat beberapa proyek sukses dari Soetjipto Nagaria melalui Summarecon, Anda bisa melihat pusat bisnis dan perumahan elite di Kelapa Gading, termasuk di Serpong, Tangerang dan juga Summarecon Mall Bekasi yang termasuk mall paling cozy dan diminati.

 

Biografi Singkat Soetjipto Nagaria

Semasa kecil, Soetjipto Nagaria mengecap bangku sekolah di TK hingga SMA PA HOA di daerah kota Jakarta Barat. Patekoan Tjoang Hoa HWE Koan School atau PA HOA merupakan sebuah sekolah Tiong Hoa pertama yang berdiri di zaman colonial Belanda.

Soetjipto Nagaria melanjutkan pendidikannya pada tahun 1964 di jurusan Teknik Kimia ITB Bandung setelah lulus dari PA HOA.

Setelah lulus dari ITB, Soetjipto Nagaria sempat mengadu nasib mencoba peruntungan bekerja di sebuah pabrik cat.

Tips Investasi Properti Ala Soetjipto Nagaria, Pendiri Summarecon 02 Soetjipto Nagaria - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Investasi Properti Memberikan Kebebasan Keuangan Untuk Anda?]

 

Ayahanda Soetjipto Nagaria yang adalah seorang pengusaha bangunan sempat mendorong Soetjipto Nagaria untuk mendirikan perusahaannya sendiri ketika ia bekerja.

Akhirnya, Soetjipto Nagaria bersama dengan beberapa temannya membeli tanah dan bangunan rumah-rumah di cluster tidak terlalu luas di daerah Tebet, Kemang, Cipete Jakarta Selatan.

banner -investasi property asset atau liabilitas (1)

Bersama dengan dua keluarga lain, Soetjipto Nagaria di tahun 1975 membangun tanah rawa di daerah urban, Jakarta, yang saat ini sering dikenal dengan nama Kelapa Gading.

Usahanya tersebut berkembang hingga sekitar tahun 1990-an, Summarecon mulai muncul dan merambah ke wilayah Tangerang dan membangun Summarecon Serpong.

728x90 hitung sekarang Rencanakan Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Rencanakan Keuangan

 

Di tahun 2012, Summarecon mulai berekspansi ke daerah Bekasi dan mendirikan Summarecon Bekasi, di luar pulau dan juga Summarecon Bandung di tahun 2015.

Di tahun 2013, Soetjipto Nagaria masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Pria yang gemar dengan olahraga tenis, berenang dan juga senam pernafasan chi kung ini aktif dalam kegiatan sosial di lembaga kemanusiaan yang melibatkan relawan dari lintas agama dan bangsa bersama dengan istrinya, Liliawati Rahardjo Soetjipto melalui Yayasan Budha Tzu Chi.

Sebelum membahas tentang tips investasi properti ala Soetjipto Nagaria, sudahkah Anda memprioritaskan pengaturan dan perencanaan keuangan untuk meraih sukses keuangan di masa depan?

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat arus keuangan Anda setiap hari dengan lebih mudah dan praktis melalui gadget pintar Anda.

Selain mencatat keuangan setiap hari, Anda juga menikmati fitur lainnya seperti merencanakan dana membeli barang dan merencanakan liburan Anda bersama keluarga atau sahabat.

Manfaatkan free trial-nya untuk menikmati lebih lanjut setiap fitur Aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam finansial.

Jika Anda tertarik untuk berlangganan, Anda bisa langsung berlangganan selama 1 tahun untuk menghemat biaya registrasi dan juga mendapatkan keuntungan tambahan, yaitu mendapatkan kursus online gratis selama 1 tahun yang akan dipandu oleh Konsultan Perencana Keuangan Profesional Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tips Investasi Properti Ala Soetjipto Nagaria

Ingin tahu rahasia sukses bagaimana berinvestasi dari seorang Soetjipto Nagaria, yang kerap dipanggil Tjip sebagai nama akrabnya?

Ini dia Tips sukses investasi properti dari Soetjipto Nagaria!

 

#1 Membangun Kepercayaan

Kepercayaan dan mampu dipercaya adalah sebuah sikap yang sangat mahal harganya. Individu yang memilikinya seperti memiliki sebuah berlian yang dicari oleh kebanyakan orang.

Kepercayaan merupakan harta yang mahal, dan sebagai seorang pengusaha, memiliki kepercayaan dari para klien adalah salah satu soft skill yang perlu dimiliki.

Memupuk kepercayaan membutuhkan waktu, proses yang tidak lama yang membentuk sebuah pengalaman kerjasama yang tak terlupakan.

Dengan adanya komitmen tinggi untuk membangun kepercayaan, Soetjipto Nagaria berusaha untuk menjadi pribadi yang mampu dipercaya tidak hanya oleh rekan sekerja, tetapi juga bagi klien, kolega dan juga pelanggan.

Soetjipto Nagaria sangat menjunjung tinggi sebuah kepercayaan.

Dalam bisnis properti, Soetjipto Nagaria selalu menjaga kepercayaan agar proyek properti tidak molor, tetap pada jalur target pembangunan sehingga tidak mengecewakan banyak pihak, terutama para pelanggannya.

Kepercayaan tinggi dari konsumen sangat menolong perkembangan dari bisnis properti. Ini adalah sebuah janji. Demikianlah Summarecon bisa dipercaya.

728x90 hitung sekarang Investasi Saham
300x250 - Hitung Sekarang Investasi Saham

 

Miliki ebook perencanaan keuangan Anda yang sesuai dengan usia Anda dengan men-download secara gratis dari Finansialku. Berikut ini daftar bukunya:

 

Selain Buku Perencanaan Keuangan, Anda juga dapat mengunduh secara gratis berbagai ebook Panduan Berinvestasi secara Mudah dan Praktis. Berikut daftar bukunya:

 

Bagi Anda para pebisnis, agar tidak kelimpungan dalam mengatur keuangan bisnis pribadi, segera pisahkan laporan keuangan pribadi dengan laporan keuangan bisnis Anda melalui ebook gratis dari Finansialku yang berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#2 Memiliki Panutan

Setiap orang pasti memiliki sesosok figur yang dikagumi dan memberikan inspirasi tertentu agar semakin semangat dan termotivasi.

Figur seorang idola tersebut akan membawa banyak dampak dalam kehidupan seseorang. Setiap karakter dan apa pun yang melekat padanya akan diikuti.

Lantas, siapakah idola dari Soetjipto Nagaria sehingga menjadi seorang pebisnis properti hebat?

Tips Investasi Properti Ala Soetjipto Nagaria, Pendiri Summarecon 03 Summarecon - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Yang Perlu Anda Ketahui Saat Anda Ingin Melakukan Investasi Properti atau Bisnis Properti]

 

Idola dari Soetjipto Nagaria ternyata bukanlah sesosok orang tetapi sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang properti dengan skala yang lebih besar dari Summarecon tentunya.

Perusahaan tersebut adalah Mirvac dari Australia dan Sun Hung Kai dari Hong Kong.

Soetjipto Nagaria mengidolakan kedua perusahaan properti besar tersebut dikarenakan setiap produk yang diluncurkan oleh kedua perusahaan tersebut selalu laris manis dikejar oleh para konsumen, bahkan ketika kondisi ekonomi sedang mengalami penurunan sekalipun, produk dari kedua perusahaan tersebut tetap laris.

Idola kita akan memberikan inspirasi akan kesuksesan masa depan kita.

 

#3 Meminimalkan Utang Bisnis

Dalam bisnis, utang itu sudah biasa. Jika seseorang membutuhkan modal untuk berusaha, biasanya mereka akan berutang pada bank sebagai jalan meminjam modal untuk membangun atau mengembangkan usaha.

Namun, utang yang terlalu besar akan membuat perjalanan sebuah perusahaan tidak mulus.

Untuk menanggulanginya, PT Summarecon Agung Tbk menekan angka utang perusahaan dan lebih menitikberatkan pada peningkatan pendapatan dari kualitas produk yang dihasilkan.

Tak heran bahwa Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo, sebuah lembaga resmi yang mengontrol seluruh obligasi perusahaan yang menerbitkan surat utang, memberikan rating A+ kepada PT Summarecon Agung Tbk karena reputasinya yang baik sebagai perusahaan yang memiliki manajemen keuangan dengan tingkat utang perusahaan yang rendah.

Tips Investasi Properti Ala Soetjipto Nagaria, Pendiri Summarecon 04 Berhutang - Finansialku

[Baca Juga: Potensi Investasi Properti Di Nusa Dua Bali Yang Perlu Anda Ketahui!]

 

Bahkan, pada tahun 2010, PT Summarecon Agung Tbk dinobatkan sebagai satu-satunya perusahaan properti yang mendapatkan rating A.

Sebagai informasi, perusahaan dengan rating A bahkan rating A+ adalah pencapaian terhebat dari sebuah perusahaan dengan tingkat utang yang rendah.

Perusahaan dengan tingkat utang yang tinggi akan membuat perusahaan tidak stabil, demikian menurut Soetjipto Nagaria, pendiri Summarecon.

Soetjipto Nagaria tidak ingin perusahaan propertinya mengalami penurunan dan kehancuran sehingga salah satu strategi yang ia lakukan adalah dengan menekan tingkat utang perusahaan.

 

#4 Pilih Mitra yang Zero Complaint

Mitra pengembang properti tentu saja kontraktor dan tidak mudah memang memiliki kontraktor yang sifatnya zero complaint, demikian juga Summarecon.

Tak tanggung-tanggung, Summarecon akan memberikan bonus tambahan berupa insentif kepada mitra pengembang atau kontraktor yang berhasil bekerja sama dengan Summarecon.

Inilah salah satu strategi untuk mencapai kepuasan bagi para konsumen.

Dengan jaminan kepuasan, setiap konsumen tentu tidak akan dirugikan dan selalu terpuaskan jika pengembang propertinya adalah Summarecon.                                              

 

#5 Mengembangkan Kultur Perusahaan

Perusahaan yang sehat tentu ditunjang oleh sumber daya manusia yang juga berkualitas dengan potensi dan kinerja yang dapat diandalkan sesuai bagian, kemampuan dan passion mereka.

Reputasi perusahaan akan terjaga bahkan meningkat dengan kultur perusahaan yang semakin dikembangkan.

Tips Investasi Properti Ala Soetjipto Nagaria, Pendiri Summarecon 05 Kultur Perusahaan - Finansialku

[Baca Juga: 9 Tempat Terbaik Untuk Investasi Properti Di Dunia. Apakah Indonesia Termasuk?]

 

Soetjipto Nagaria melalui Summarecon meningkatkan kualitas perusahaan dari dalam dengan membangun kultur perusahaannya. Summarecon diakui memiliki aturan baku yang dijalankan oleh semua karyawannya.

Dengan demikian, setiap karyawan dapat bekerja dengan langkah yang seirama menuju target perusahaan yang semakin sukses.

 

Rahasia sukses Tjip!

Seperti yang dijelaskan diatas tips investasi properti ala Soetjipto Nagaria terdiri dari membangun kepercayaan, memiliki panutan, meminimalkan utang bisnis, pilih mitra yang zero complaint, dan mengembangkan kultur perusahaan.

5 point tersebutlah yang menjadi rahasia sukses Tjip serta diharapkan dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.

 

Apa yang Anda amati dan dapat ditiru dari rahasia sukses Soetjipto Nagaria? Tuliskan pendapat Anda pada kolom yang tersedia di bawah!

Anda dapat menuliskan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga bisa membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam perencanaan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Aulia Akbar. 26 Agustus 2018. 5 Tips Jitu Pendiri Raksasa Properti Summarecon. Moneysmart.id – https://goo.gl/VCBUc6
  • Admin. Biografi Sutjipto Nagaria Pendiri Summarecon Agung Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia. Beonpreneur.com – https://goo.gl/PYzqae

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Properti – https://goo.gl/arpsjF
  • Soetjipto Summarecon – https://goo.gl/WtR9QV
  • Summarecon – https://goo.gl/J3o71t
  • Berutang – https://goo.gl/CCQtz3