Apa Bedanya Kartu Kredit Visa dan Kartu Kredit MasterCard?

Apa perbedaan Kartu kredit Visa vs MasterCard?

Meskipun kedua provider ini memberikan fasilitas kartu kredit yang dapat digunakan di mana saja, tetapi tentunya ada perbedaan yang ditawarkan.

Mari kita lihat apa bedanya kartu kredit Visa dan MasterCard sebelum Anda menentukan pilihan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal Kartu Kredit Visa dan MasterCard Lebih Dalam

Meski kerap melihatnya pada sudut kartu kredit Anda, ternyata masih banyak lho yang belum mengetahui apa itu Visa dan MasterCard. Dengan kata lain, banyak yang masih asal pilih dalam menentukan kartu kredit. Dengan demikian, Anda tidak bisa memanfaatkan fitur-nya dengan maksimal.

Oleh karena itu, Finansialku mengajak Anda untuk melihat beberapa perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard sebelum menjatuhkan pilihan.

Sebelum masuk lebih jauh mengenai perbedaannya, sebaiknya Anda mengenal provider kartu kredit ini lebih dahulu.

Apa Bedanya Kartu Kredit Visa dan Kartu Kredit MasterCard 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Perbedaan Karakteristik Antara Kartu Debit dan Kartu Kredit. Yang Mana Pilihan Anda?]

 

Berikut merupakan deskripsi singkat dari kedua perusahaan yang menerbitkannya termasuk tujuannya dalam membuat alat transaksi elektronik yang hampir setiap hari kita gunakan:

 

Visa

Visa merupakan sebuah perusahaan teknologi global yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan dan perekonomian di seluruh dunia. Dengan produk, pengetahuan, pengalaman, dan pemikiran yang berbeda untuk membawa perubahan yang positif.

Visa International Service Association (VISA.INC) sendiri berlokasi di Foster City, California dan terus mengembangkan kerja samanya dengan berbagai pedagang (merchant) di seluruh dunia demi kemudahan nasabahnya.

 

MasterCard

MasterCard Worldwide, penerbit MasterCard berlokasi di Purchase, New York. Dengan produk-produk inovatifnya, MasterCard Worldwide bertujuan untuk mengubah cara hidup masyarakat dengan transaksi elektronik dengan teknologi yang canggih.

 

Pahami Perbedaan Karakteristik Antara Kartu Debit dan Kartu Kredit. Yang Mana Pilihan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cek Dulu Kondisi Ini Sebelum Anda Ganti Kartu Kredit]

 

Keduanya sebenarnya adalah provider kartu kredit, yang bekerja sama dengan banyak merchant di seluruh dunia demi kemudahan bertransaksi elektronik bagi nasabahnya.

Namun setelah mengetahui asal usulnya, Anda juga sebaiknya mengetahui perbedaan keduanya untuk memilih mana provider yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan beberapa perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard.

 

Perbedaan Kartu Kredit Visa dan MasterCard

Meskipun memberikan fasilitas yang serupa, provider kartu kredit Visa dan MasterCard tentunya bersaing memberikan penawaran dan fitur terbaik bagi penggunanya.

Anda pun tentu ingin mengetahui perbedaan keduanya sebelum mengambil keputusan terkait provider kartu kredit ini bukan? Dengan demikian, Anda bisa memilih provider dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tanpa panjang lebar lagi, mari melihat beberapa perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard berikut ini:

 

#1 Perusahaan

Perbedaan yang sudah sangat jelas tentunya adalah perusahaan yang menerbitkannya.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, Visa merupakan produk dari Visa International Service Association (VISA.INC). Sedangkan MasterCard adalah produk dari MasterCard Worldwide.

 

#2 Cakupan Wilayah atau Jangkauan

Pada intinya, kartu kredit berlogo Visa atau MasterCard akan bisa digunakan pada merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan provider tersebut.

Meski telah melebarkan sayap cukup lama, masing-masing kartu memiliki wilayah kekuasaannya masing-masing. Visa umumnya lebih banyak digunakan di wilayah Asia, sedangkan MasterCard banyak digunakan di wilayah Amerika dan Eropa.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Fitur dan Benefit

Meskipun kerap menerbitkan jenis kartu kredit dengan fitur yang serupa, masih terdapat perbedaan kecil antara manfaat (benefit) keduanya.

Pada kesempatan kali ini, jenis kartu kredit yang akan dibahas adalah kartu kredit terbitan Visa dan MasterCard yang jauh berbeda. Dengan kata lain, bukanlah kartu kredit Classic, Gold, dan Platinum.

 

#1 Visa Signature

Sebuah kartu kredit eksklusif yang diperuntukan bagi pengusaha dan profesional ternama. Syarat pengajuannya pun cukup sulit karena mencakup penilaian kelayakan harta (misalnya: deposito, tabungan, investasi, rekening koran, dan sebagainya).

Manfaat dan Keuntungan:

  • Limit sangat besar (mulai dari Rp100 juta hingga tak terbatas)
  • Fasilitas lengkap (misal: airport lounge facility, travel assist, hingga keanggotaan golf club)

 

#2 Visa Infinite

Lagi-lagi kartu kredit eksklusif yang tidak bisa dimiliki secara umum karena salah satu syarat pengajuannya adalah telah memiliki aset senilai US$100 ribu atau Rp1 miliar dalam bentuk tunai.

Selain itu, Anda juga harus berstatus nasabah premium yang telah memiliki rekening, deposito, atau investasi dari bank penerbit kartu.

Manfaat dan Keuntungan:

  • Limit kartu besar (mulai dari Rp50 juta hingga tak terbatas)
  • Fasilitas lengkap (misal: asuransi perjalanan, travel assist, akses jet pribadi hingga special priority pass)

 

Memilih Kartu Kredit Sesuai dengan Fitur yang Dibutuhkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Syariah. Apa Benar Kartu Kredit Tanpa Bunga?]

 

#3 World MasterCard

Sebuah kartu terbitan MasterCard yang memiliki fitur serupa dengan Visa Infinite. Selain itu, syarat pengajuannya juga hampir sama dengan Visa Infinite.

Namun, untuk menghindari biaya tahunan, Anda wajib bertransaksi lebih dari Rp75 juta dalam setahun.

Manfaat dan Keuntungan:

  • Dapat diterima di mayoritas negara di dunia.
  • Fasilitas kemudahan dalam melakukan reservasi di airport, dan lainnya. Kartu ini juga memberikan layanan Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas Anda.

 

#4 World Elite MasterCard

Merupakan kartu dalam tingkatan tertinggi terbitan MasterCard. Kartu ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan hidup jet set yang senang bepergian (traveling) di seluruh dunia.

Manfaat dan Keuntungan:

  • Kemudahan dalam berbagai aspek (misal: reservasi hotel berkelas tinggi, di airport, restoran mewah, dan lainnya).
  • Fitur Identity Theft Resolution Service, yaitu layanan untuk melindungi identitas Anda.

 

#4 Keamanan dan Perlindungan

Sebuah transaksi online selalu berisiko terutama dari segi keamanan data-data yang di-input secara online.

Dengan demikian, penting bagi provider kartu kredit untuk selalu memberikan perlindungan bagi nasabahnya demi antisipasi segala bentuk penipuan dan penyalahgunaan.

Dari segi keamanan pemakaian kartu kredit, keduanya juga menerapkan sistem yang berbeda, yaitu sebagai berikut:

  • VISA menawarkan sistem keamanan nasabah berupa pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela “Verified by VISA”. Pin statis atau OTP ini akan dikirimkan pada saat Anda hendak melakukan transaksi ke nomor telepon genggam yang Anda daftarkan.
  • MasterCard menawarkan proteksi nasabah berupa Secure Code. Secure Code ini merupakan kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online. Pin tersebut dapat Anda buat sendiri secara online sehingga tidak perlu repot-repot ke bank.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#5 Biaya yang Muncul

Salah satu biaya yang pasti muncul saat Anda bertransaksi menggunakan kedua provider kartu kredit ini adalah biaya transaksi. Biaya transaksi ini tentunya berbeda-beda. Untuk studi kasus Visa dan MasterCard, biaya transaksinya adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda bertransaksi di luar negeri, maka kartu kredit Visa akan mengenakan biaya sebesar 1% dari total transaksi Anda.
  • MasterCard memiliki biaya yang berbeda-beda, yaitu berkisar 0,2% hingga 1% tergantung dari lokasi transaksi dilakukan.

 

Mengambil Keputusan Sesuai Kebutuhan Anda

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda memperoleh pencerahan mengenai provider kartu kredit mana yang sebaiknya Anda pilih.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan jenis-jenis kartu yang bisa dipilih dari masing-masing provider.

Jangan ragu untuk menanyakan langsung mengenai informasi kartu lainnya ke perusahaan provider terkait.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa bagikan juga informasi ini bagi teman-teman yang sedang kebingungan dalam memilih kartu kredit.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai perbedaan kartu kredit Visa dan MasterCard lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Visa. Visa.com – https://goo.gl/LauLge
  • MasterCard. Mastercard.us – https://goo.gl/sDB2rt

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit Visa dan MasterCard – https://goo.gl/gUJLhj
  • Kartu Kredit Visa dan Kartu Kredit MasterCard – https://goo.gl/PxweCa

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-11-08T15:21:05+00:00 September 12th, 2017|Categories: Kartu Kredit, Utang|Tags: , , , , |2 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

2 Comments

  1. Pugel 22 September 2017 at 06:18 - Reply

    Bagus untuk dibaca tetapi sedikit membosankan karena banyak kalimat yg diulang ulang melainkan langsung ke topik. Mohon dievaluasi. Terima kasih

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:26 - Reply

      Hi Pak Pugel
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Terima kasih atas sarannya, akan menjadi bahan perbaikan untuk editorial.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download