Benjamin Franklin dikenal sebagai salah satu Bapak Pendiri yang merancang Deklarasi Kemerdekaan dan Konstitusi Amerika Serikat.

Simak kisah singkat perjuangannya dan kata-kata motivasi Benjamin Franklin berikut ini!

Dijamin, hal ini akan membuat siapa saja yang membacanya memiliki semangat yang berkobar. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Benjamin Franklin

Benjamin Franklin lahir di Boston pada 17 Januari 1706. Pada usia 43 tahun, Benjamin Franklin mulai berfokus pada sains, eksperimen, dan penemuan.

Kecintaannya pada sains membuatnya segera menemukan kompor hemat panas yang disebut kompor Franklin untuk membantu kebutuhan rumah tangga secara efisien. Dia kemudian menemukan sirip renang, glass armonica (alat musik) dan bifokal.

Pada awal 1750-an Benjamin Franklin mulai mempelajari listrik.

Eksperimen layang-layangnya yang terkenal dan pengamatannya yang lain membuktikan sifat listrik dan kilat serta membawa ketenaran secara internasional bagi Benjamin Franklin.

Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 02 - Finansialku

[Baca Juga: 25 Rahasia Kebiasaan dan Kehidupan Orang Kaya yang Jarang Diketahui Orang]

 

Benjamin Franklin pun mengembangkan sayap dengan minatnya pada politik.

Pada 1757, ia melakukan perjalanan ke Inggris untuk mewakili Pennsylvania dalam pertarungannya dengan keturunan keluarga Penn tentang siapa yang harus mewakili Koloni. Dia tinggal di Inggris hingga 1775 sebagai perwakilan kolonial dari beberapa negara.

Kemudian, Benjamin Franklin terpilih dalam Kongres Kontinental Kedua dan bekerja pada tim beranggotakan lima orang untuk menyusun Deklarasi Kemerdekaan.

Meskipun sebagian besar tulisannya adalah karya Thomas Jefferson, sebagian besar kontribusinya adalah karya Benjamin Franklin.

Pada 1776 Franklin menandatangani Deklarasi Kemerdekaan, dan kemudian berlayar ke Prancis sebagai duta besar ke Pengadilan Louis XVI.

Sudahkah Anda melakukan pencatatan keuangan hari ini?

Ingat ya! Pencatatan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar Anda bisa melakukan evaluasi pengeluaran dari pemasukan yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga bisa lebih mengontrol arus keuangan setiap harinya. Jika ingin lebih mudah, jangan lupa gunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang sangat membantu Anda untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk soal catatan keuangan.

Jika belum memiliki aplikasinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 03 - Finansialku

[Baca Juga: Enam Persiapan Sebelum Memiliki Anak yang Harus Dilakukan Setiap Pasangan Muda, Termasuk Anda!

 

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan sangat penting untuk dilakukan agar Anda dapat mengetahui hal apa saja yang dapat Anda rencanakan secara keuangan saat ini dan masa mendatang.

Meskipun terlihat mudah, masih saja banyak orang yang melakukan kesalahan saat mempraktikkannya.

Itulah mengapa Anda sangat disarankan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Anda bisa mempelajarinya dari berbagai sumber relevan yang terpercaya, salah satunya ialah ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Di dalamnya terdapat sejumlah pembahasan beserta simulasi yang dapat membantu Anda agar lebih mudah dalam memahaminya.

Semua ilmu tersebut, dapat Anda peroleh secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun.

Tunggu apalagi? Yuk miliki, praktikkan, dan rasakan manfaatnya!

 

Kehidupan Keluarga Benjamin Franklin

Pada tahun 1723, Benjamin Franklin pindah dari Boston ke Philadelphia dan menginap di rumah John Read, di mana ia bertemu dan merayu putrinya yang bernama Deborah.

Setelah pindah ke London pada tahun 1724, Benjamin Franklin kembali ke Philadelphia pada tahun 1726 dan mengetahui bahwa Deborah telah menikah namun ditinggalkan sang suami setelah beberapa bulan pernikahannya.

Bapak Pendiri negara adidaya ini akhirnya menyalakan kembali asmara dengan Deborah Read dan dia mengambilnya sebagai istri pada 1730.

Mereka memiliki putera pertama yang diberi nama Francis yang lahir pada tahun 1732 namun mengalami kemalangan yang akhirnya merenggut nyawanya karena sakit cacar.

Di tahun 1743, lahirlah puteri dari Benjamin Fanklin dengan Deborah yang diberi nama Sarah.

Dua kali Benjamin Franklin pindah ke London, pada 1757 dan lagi pada 1764, tanpa Deborah, yang menolak meninggalkan Philadelphia.

Kunjungan kedua adalah yang terakhir kalinya pasangan itu bertemu. Deborah meninggal pada tahun 1774 karena stroke pada usia 66 tahun.

Benjamin Franklin meninggal pada 17 April 1790 dalam usianya yang ke-84, dan 20.000 orang menghadiri pemakamannya.

 

Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin

#1 “The way to secure peace is to be prepared for war. They that are on their guard, and appear ready to receive their adversaries, are in much less danger of being attacked, than the supine, secure, and negligent.”

“Cara untuk mengamankan perdamaian harus bersiap untuk perang. Mereka yang berjaga-jaga, dan tampaknya siap untuk menerima musuh mereka, berada dalam bahaya yang jauh lebih kecil untuk diserang, daripada yang terlentang, aman dan lalai.”

 

#2 “Be not sick too late, nor well too soon.”

“Jangan terlambat untuk sakit terlambat, juga jangan sembuh terlalu cepat.”

 

#3 “There are two ways of being happy — we may either diminish our wants or augment our means — either will do, the result is the same; and it is for each man to decide for himself, and do that which happens to be the easiest. If you are idle or sick or poor, however hard it may be to diminish your wants, it will be harder to augment your means.”

“Ada dua cara untuk bahagia – kita bisa mengurangi keinginan kita atau menambah kemampuan kita – keduanya memiliki hasil yang sama. Setiap orang memiliki keputusan bagi dirinya sendiri, dan melakukan apa yang paling mudah untuk dilakukan. Jika Anda menganggur atau sakit atau miskin, betapapun sulitnya untuk mengurangi keinginan Anda, akan lebih sulit lagi untuk menambah kemampuan Anda.”

 

Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 04 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Nonton Film “Orang Kaya Baru”, Simak Dulu Kilas Balik Azim Premji]

 

#4 “If you are active and prosperous, or young, or in good health, it may be easier for you to augment your means than to diminish your wants. But if you are wise, you will do both at the same time, young or old, rich or poor, sick or well; and if you are wise, you will do both in such a way as to augment the general happiness of society.”

“Jika Anda aktif dan makmur, atau muda, atau dalam kesehatan yang baik, mungkin lebih mudah bagi Anda untuk menambah sarana Anda daripada mengurangi keinginan Anda. Tetapi jika Anda bijak, Anda akan melakukan keduanya pada saat yang sama, muda atau tua, kaya atau miskin, sakit atau sehat; dan jika Anda bijak, Anda akan melakukan keduanya sedemikian rupa untuk meningkatkan kebahagiaan masyarakat secara umum.”

 

#5 “Having lived long, I have experienced many instances of being obliged by better information or fuller consideration to change opinions, even on important subjects, which I once thought right, but found to be otherwise.”

“Setelah berumur panjang, saya telah mengalami banyak pengalaman melalui berbagai informasi yang lebih baik atau pertimbangan yang lebih penuh untuk mengubah pendapat, bahkan pada hal-hal yang penting, yang pernah saya anggap benar, tetapi ternyata malah sebaliknya.”

 

#6 “Some, to make themselves considerable, pursue learning; others grasp at wealth; some aim at being thought witty; and others are only careful to make the most of a handsome person; but what is wit, or wealth, or form, or learning, when compared with virtue? It is true we love the handsome, we applaud the learned, and we fear the rich and powerful; but we even worship and adore the virtuous.”

“Beberapa orang berusaha untuk menjadikan diri mereka penting adalah dengan belajar; yang lain berusaha dengan meraih kekayaan; beberapa lainnya menempuhnya dengan kecerdasan; dan yang lain hanya berhati-hati untuk memanfaatkan orang yang tampan; tetapi apakah kecerdasan, atau kekayaan, atau bentuk, atau pembelajaran, jika dibandingkan dengan kebajikan? Memang benar kita mencintai yang memiliki paras menawan, kita memuji yang terpelajar, dan kita takut pada yang kaya dan berkuasa; tetapi kita bahkan menyembah dan memuja yang saleh.”

 

 

#7 “A new truth is a truth, an old error is an error.”

“Kebenaran yang baru adalah sebuah kebenaran, kesalahan yang lama adalah sebuah kesalahan.”

 

#8 “It is a common error in friends, when they would extol their friends, to make comparisons, and to depreciate the merits of others.”

“Ini adalah kesalahan umum dalam hubungan pertemanan, yaitu ketika mereka akan memuji teman-teman mereka dengan tujuan membuat perbandingan, dan untuk menurunkan nilai-nilai orang lain.”

 

#9 “Each year one vicious habit rooted out, in time might make the worst man good throughout.”

“Setiap tahunnya akan ada satu kebiasaan jahat yang dicabut, dan pada waktunya kelak mungkin akan membuat orang yang terburuk menjadi lebih baik.”

 

Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 05 - Finansialku

[Baca Juga: Penting Gak Penting! 10 Benda Termahal di Dunia yang Pernah Dibeli Orang Kaya Raya]

 

#10 “A fat kitchen makes a lean will.”

“Dapur yang gemuk membuat keinginan yang ramping.”

 

#11 “Don’t go to the doctor with every distemper, nor to the lawyer with every quarrel, nor to the pot for every thirst.”

“Jangan pergi ke dokter dengan setiap keluhan sakit, atau ke pengacara dengan setiap pertengkaran, atau ke teko untuk setiap kehausan.”

 

#12 “An ounce of prevention is worth a pound of cure.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati.”

 

#13 “The worship of God is a duty; the hearing and reading of sermons may be useful; but if men rest in hearing and praying, as too many do, it is as if a tree should value itself in being watered and putting forth leaves, tho’ it never produced any fruit.”

“Penyembahan kepada Tuhan adalah kewajiban; mendengar dan membaca khotbah mungkin bermanfaat; tetapi jika seseorang beristirahat dalam pendengaran dan berdoa, seperti yang dilakukan oleh banyak orang, seolah-olah sebuah pohon yang seharusnya menghargai dirinya sendiri karena disirami dan ditumbuhi daun, sebaliknya pohon itu tidak pernah menghasilkan buah apa pun.”

 

#14 “Eat to live, and not live to eat.”

“Makan untuk hidup, dan tidak hidup untuk makan.”

 

#15 “When you incline to have new clothes, look first well over the old ones, and see if you cannot shift with them another year, either by scouring, mending, or even patching if necessary. Remember, a patch on your coat, and money in your pocket, is better and more creditable, than a writ on your back, and no money to take it off.”

“Saat Anda cenderung memiliki pakaian baru, lihatlah lebih dulu pada pakaian yang lama, dan lihat apakah Anda tidak dapat berganti pakaian dengan mereka satu tahun lagi, baik dengan menjelajahi, memperbaiki, atau bahkan menambal jika perlu. Ingat, tambalan di mantel Anda, dan uang di saku Anda, akan lebih baik dan lebih dapat terpuji, daripada tulisan di punggung Anda, dan tidak ada uang untuk melepasnya.”

 

Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 06 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : 5 Hal yang Dilakukan Oleh Orang Kaya! Ini Kunci Sukses Dari Jack Canfield!]

 

#16 “When there is so much to be done for yourself, your family, and your country, be up by peep of day! Let not the sun look down and say, ‘Inglorious here he lies!”

“Ketika ada begitu banyak yang harus dilakukan untuk diri sendiri, keluarga Anda, dan negara Anda, bangunlah setiap hari! Jangan sampai matahari melihat ke bawah dan berkata, “Di sini dia berbohong!”

 

#17 “Don’t misinform your Doctor nor yur Lawyer.”

“Jangan salah memberikan informasi kepada Dokter atau Pengacara Anda.”

 

#18 “To expect people to be good, to be just, to be temperate, etc., without showing them how they should become so, seems like the ineffectual charity mentioned by the apostle, which consisted ion saying to the hungry, the cold and the naked, be ye fed, be ye warmed, be ye clothed, without showing them how they should get food, fire or clothing.”

“Mengharapkan orang menjadi baik, adil, bersahaja, dan lain sebagainya, tanpa menunjukkan kepada mereka bagaimana mereka harus berbuat, tampaknya seperti amal yang tidak efektif yang disebutkan oleh rasul, diantaranya mengatakan kepada yang lapar, dingin dan telanjang, untuk diberi makan, dihangatkan, berpakaian, tanpa menunjukkan kepada mereka bagaimana mereka harus mendapatkan makanan, api atau pakaian.”

 

#19 “He’s the best physician that knows the worthlessness of the most medicines.”

“Dia adalah dokter terbaik yang mengetahui ketidakberdayaan sebagian besar obat-obatan.”

 

#20 “Would you live with ease, do what you ought and not what you please.

“Apakah Anda akan hidup dengan mudah, melakukan apa yang seharusnya dan bukan apa yang Anda inginkan.”

 

#21 “God heals, and the Doctor takes the Fees.”

“Tuhan menyembuhkan, dan dokter mengambil bayarannya.”

 

Inspirasi Hidup dari Confusius, Benjamin Franklin, Blaise Pascal dan Joel Zimmerman 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Bagaimana Cara Bertahan dari Badai Kehidupan Antara Orang Kaya dan Orang Miskin?]

 

#22 “He that is known to pay punctually and exactly to the time he promises, may at any time, and on any occasion, raise all the money his friends can spare.”

“Dia yang dikenal membayar tepat pada waktu yang dijanjikannya, dapat setiap saat, dan pada setiap kesempatan, mengumpulkan semua uang yang dapat diberikan teman-temannya.”

 

#23 “This is sometimes of great use.”

“Ini terkadang sangat bermanfaat.”

 

#24 “When I am employed in serving others, I do not look upon myself as conferring favors, but as paying debts. I have received much kindness from men to whom I shall never have an opportunity of making the least direct returns; and numberless mercies from God, who is infinitely above being benefited by our services. Those kindnesses from men I can, therefore, only return on their fellow-men, and I can only show my gratitude for those mercies from God by a readiness to help His other children.”

“Ketika saya dipekerjakan untuk melayani orang lain, saya tidak memandang diri saya sebagai pemberi bantuan, tetapi sebagai pembayar hutang. Saya telah menerima banyak kebaikan dari orang-orang dimana saya tidak akan pernah memiliki kesempatan mengembalikan secara langsung; dan rahmat yang tak terhitung jumlahnya dari Tuhan, jauh dari segala layanan yang kami berikan. Kebaikan dari orang-orang yang saya dapat, oleh karena itu, hanya kembali pada sesamanya, dan saya hanya dapat menunjukkan rasa terima kasih saya atas belas kasihan dari Allah dengan kesiapan untuk membantu anak-anak-Nya yang lain.”

 

#25 “Life, like a dramatic piece, should not only be conducted with regularity, but it should finish handsomely.”

“Hidup, seperti karya dramatis, tidak hanya harus dilakukan dengan keteraturan, tetapi harus selesai dengan baik.”

 

#26 “God helps them who help themselves.

“Tuhan menolong mereka yang membantu diri mereka sendiri.”

 

#27 “Men are subject to various inconveniences merely through lack of a small share of courage, which is a quality very necessary in the common occurrences of life, as well as in a battle. How many impertinences do we daily suffer with great uneasiness, because we have not courage enough to discover our dislike.”

“Orang tunduk pada berbagai ketidaknyamanan hanya karena kurangnya bagian kecil dari keberanian, yang merupakan kualitas yang sangat diperlukan kehidupan secara umum, serta dalam pertempuran. Berapa banyak ketidaksopanan yang kita alami setiap hari, kegelisahan yang membawa penderitaan yang disebabkan oleh tidak cukupnya keberanian untuk menemukan ketidaksukaan kita.”

 

#28 “The art of getting riches consists very much in thrift. All men are not equally qualified for getting money, but it is in the power of every one alike to practice this virtue.”

“Seni mendapatkan kekayaan terdiri dari penghematan. Semua manusia tidak memiliki kualifikasi yang sama untuk mendapatkan uang, tetapi semua orang memiliki kekuatan untuk mempraktikkan kebajikan ini.”

 

#29 “Having been poor is no shame, being ashamed of it is.”

“Menjadi miskin bukanlah hal yang memalukan, malu karena kemiskinan tersebut.”

 

#30 “Our opinions are not in our own power; they are formed and governed much by circumstances that are often as inexplicable as they are irresistible.”

“Pendapat kami tidak terletak dalam kekuatan kami sendiri; pendapat kami dibentuk dan diperintah oleh keadaan yang sering kali tidak dapat dijelaskan seperti halnya pendapat itu sendiri yang tidak dapat dibendung.”

 

#31 “Tricks and treachery are the practice of fools, that don’t have brains enough to be honest.”

“Trik dan pengkhianatan adalah praktik orang bodoh, yang tidak punya pikiran untuk sebuah kejujuran.”

 

#32 “After all, wedlock is the natural state of man. A bachelor is not a complete human being. He is like the odd half of a pair of scissors, which has not yet found its fellow, and therefore is not even half so useful as they might be together.”

“Bagaimanapun, ikatan pernikahan adalah kondisi alami manusia. Seorang bujangan bukanlah manusia yang lengkap. Dia seperti bentuk yang aneh dari setengah gunting, yang belum menemukan rekannya, dan karenanya mereka akan berguna sebagaimana mereka bersama.”

 

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan. Tuliskan komentar dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 117 Best Benjamin Franklin Quotes. Sportsfeelgoodstories.com – https://bit.ly/2Nq6eLF
  • Admin. Benjamin Franklin Biography. Biography.com – https://bit.ly/2LEqS8r
  • Admin. Benjamin Franklin Quotes. Brainyquote.com – https://bit.ly/2GU7f75
  • Hannah Hutyra. 112 Benjamin Franklin Quotes That Light The World. Keepinspiring.me – https://bit.ly/2JgKMU7

 

Sumber Gambar:

  • Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 1 – http://bit.ly/2SdhOZl
  • Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 2 – http://bit.ly/32rXPuI
  • Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 3 – http://bit.ly/2YWmLbq
  • Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 4 – http://bit.ly/2xLna4u
  • Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 5 – http://bit.ly/2LiWBMR
  • Kata-kata Motivasi Benjamin Franklin 6 – http://bit.ly/2YSotdN