Pilihan antara asuransi kesehatan atau asuransi jiwa yang cocok bagi kaum lajang bisa menjadi hal membingungkan. Untuk itu hal penting ini perlu diketahui.

Cek selengkapnya dalam artikel berikut.

 

Kaum Lajang, Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

Memilih jenis asuransi yang tepat kerap menjadi masalah yang cukup membingungkan bagi kaum lajang atau single yang sudah berpenghasilan tetap.

Pendapat yang diberikan oleh orang-orang di sekitar malah kadang makin menyulitkan mereka untuk menjatuhkan pilihan.

Ini karena sebagian berpendapat bahwa asuransi kesehatan sebaiknya diutamakan, sedangkan sebagian lainnya menilai asuransi jiwa lebih penting.

Sebenarnya, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa sama-sama memberikan manfaat bagi para lajang. Namun, sama-sama bermanfaat bukan berarti tidak berbeda.

Kaum Lajang, Sebaiknya Pilih Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Untuk Single?]

 

Tentunya, pemahaman yang lebih mendalam diperlukan oleh para kaum lajang agar dapat mengalokasikan sebagian pendapatannya secara optimal pada asuransi yang tepat.

Nah, sebelum menjatuhkan pilihan, sebaiknya simak dahulu ulasan lengkap soal kedua asuransi tersebut menurut Lifepal.co.id.

 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan perlindungan kepada nasabah dari kerugian finansial akibat risiko penyakit dengan cara memberikan penggantian biaya pengobatan maupun perawatan.

Bukan hanya perlindungan atas risiko penyakit, asuransi kesehatan juga memberikan manfaat untuk menanggung biaya rawat gigi, pemeriksaan dan perawatan kehamilan, serta risiko kesehatan lainnya.

Asuransi kesehatan juga amat beragam jenisnya. Dari sisi sistem klaim atau penggantian biayanya, ada yang sistem cashless, dan ada pula yang sistem cash reimbursement.

Ada pula asuransi kesehatan yang hanya memberikan manfaat rawat inap saja, dan tidak memberikan manfaat rawat jalan. Tentu, kedua manfaat tersebut bisa didapatkan sekaligus dengan premi yang lebih tinggi.

Selain itu, dapat dengan mudah pula ditemukan, asuransi kesehatan yang sifatnya hanya sebagai tambahan dari asuransi jiwa unit link.

Perlu dicatat, asuransi kesehatan seperti ini hanya memberikan manfaat yang amat kecil ketimbang asuransi kesehatan murni.

 

Asuransi Jiwa

Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa merupakan asuransi yang memberikan manfaat berupa perlindungan atas kerugian finansial keluarga, jika sang nasabah meninggal dunia, maupun cacat tetap dan total.

Asuransi jiwa akan memberikan uang santunan kepada ahli waris untuk menggantikan sumber penghasilan keluarga yang hilang akibat kepergian nasabah, atau ketidakmampuan nasabah untuk melanjutkan mencari nafkah akibat cacat tetap dan total.

Asuransi jiwa ada empat jenisnya. Yang pertama adalah asuransi jiwa berjangka (term life), yakni asuransi jiwa yang memberikan pertanggungan hanya dalam jangka waktu tertentu, misal 5, 10, 20 dan 30 tahun.

Kedua, ada asuransi jiwa seumur hidup (whole life), yakni asuransi jiwa yang memberikan proteksi sepanjang masa hidup nasabah. Pada umumnya, usia yang ditanggung hingga 99 atau 100 tahun.

Ketiga, asuransi jiwa unit link, yakni produk yang memberi perlindungan jiwa dengan tambahan manfaat investasi dan sedikit manfaat asuransi kesehatan.

Premi yang kita bayarkan sebagian untuk premi asuransi jiwa, investasi, dan sisanya untuk premi asuransi kesehatan.

Terakhir atau keempat, ada asuransi jiwa dwiguna, yang memberikan perlindungan jiwa ditambah manfaat berupa tabungan. Jadi, premi akan dialokasikan untuk tabungan dan biaya asuransi jiwa.

Setelah membaca ulasan lengkap tentang asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, tentunya kita sepakat jika keduanya sama pentingnya.

Tapi, kembali lagi, untuk kita yang masih lajang, manakah yang paling tepat?

Asuransi kesehatan akan sangat membantu meringankan atau bahkan meniadakan beban finansial atas biaya pengobatan dan perawatan saat kita sakit.

Asuransi kesehatan dapat dipakai hingga beberapa kali dan tentunya melindungi uang kita yang diperuntukan bagi tujuan keuangan lainnya.

Asuransi jiwa tak kalah penting, karena semua manusia pasti meninggal dunia dan kita tidak akan pernah tahu kapan kita akan dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.

Beberapa asuransi jiwa menanggung biaya pengobatan penyakit yang diderita sebelum meninggal dunia dan memberikan uang pertanggungan untuk keluarga apabila kita meninggal dunia.

 

banner -cara memilih dan alasan penting asuransi kesehatan

 

Apa pendapatmu Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berdiskusi lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Ayosemarang.com, isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Ayosemarang.com

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/2Prkvci